Friday, 25 September 2020

Penilaian Tengah Semester 1 MATEMATIKA Kelas 6


PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
SEMESTER 1 KELAS 6
SDN KERTASARI 01 PEBAYURAN BEKASI
Tahun Pelajaran 2020/2021

No. Absen           : ...................... 
Nama Siswa        : …………….……….
Hari, Tanggal      : Jum'at, 25 September 2020
Alokasi Waktu    : 60 Menit
Mata Pelajaran    : MATEMATIKA

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !

Bilangan Bulat (Materi soal 1 sampai 4)
Bilangan bulat bernilai positif dinamakan bilangan asli, terdiri dari 1, 2, 3, 4, dst
Gabungan bilangan nol dan bilangan asli dinamakan bilangan cacah terdiri dari 0, 1, 2, 3, 4, dst 
Bilangan bulat terdiri atas 3 macam bilangan. Bilangan tersebut adalah bulat positif, bilangan nol, dan bilangan bulat negatif.
Contoh membaca bilangan positif dan negatif : 
90 dibaca postif sembilan puluh atau sembilan puluh. 
-90 dibaca negatif sembilan puluh.

1. Bilangan bulat terdiri .... macam
a. satu
b. dua
c. tiga
d. empat

2. Cara penulisan bilangan bulat positif adalah dengan menambahkan tanda atau tanpa tanda …
a. -
b. +
c. >
d. <

3. Pesawat terbang pada ketinggian 150 meter dari permukaan laut. Kalimat tersebut ditulis +150 m atau 150 m, dibaca …
a. negatif seratus lima puluh meter
b. positif seratus lima puluh meter
c. seratus lima puluh meter
d. jawaban b dan c betul

4. Seseorang mampu menggali sumur hingga kedalaman 10 meter di bawah permukaan tanah. Kalimat di atas dapat ditulis –10 meter dibaca …
a. negatif 10 meter
b. positif 10 meter
c. 10 meter
d. negatif 110 meter

5. Perhatikan garis bilangan disamping. Bilangan bulat yang terletak 3 satuan sebelum 2 adalah …
a. 1
b. -1
c. 0
d. 2


(Materi soal 6 sampai 9)
Bandingkan bilangan bulat dibawah ini, beri tanda :
> (lebih)
< (kurang)
= (sama dengan)
Contoh: 
-10 …. -6 hasilnya adalah -10 <  -6  dibaca –10 kurang dari –6
10 …. 6 hasilnya adalah 10 > 6 dibaca 10 lebih dari 6
10 … 10 hasilnya adalah 10 = 10 dibaca 10 sama dengan 10 

6. –12 ... 0 hasilnya ….
a. –12 > 0
b. –12 < 0
c. –12 = 0
d. –12 > 0

7. –5 ... –11 hasilnya ….
a. –5 > –11
b. –5 < –11
c. –5 = –11
d. –5 > –11

8. 34 ... 34 hasilnya ….
a. 34 > 34
b. 34 < 34
c. 34 = 34
d. 34 > 34

9. –7 ... 7 hasilnya –7 < 7 dibaca 
a.  tujuh kurang dari tujuh
b. negatif tujuh kurang dari tujuh
c. tujuh lebih dari tujuh
d. negatif tujuh lebih dari tujuh


(Materi soal 10 sampai 12)
Cara penjumlahan bilangan bulat positif dan negatif



Contoh1: 9 + (–6) = ...
Bilangan 9 atau positif 9, artinya maju 9 langkah ke depan dari 0
Bilangan –6 atau negatif 6 artinya mundur 6 langkah ke belakang dari 9
Jadi, hasil dari 9 + (–6) adalah 3
Contoh1: (–8) + 4 = ...
Bilangan –8 atau negatif 8, artinya bilangan tersebut mundur 8 langkah ke belakang dari 0.
Bilangan 4 atau positif 4, artinya bilangan tersebut maju 4 langkah ke depan
Jadi, hasil dari (–8) + 4 adalah –4
Contoh3: (–7) + (–3) = ...
Bilangan –7 atau negatif 7, artinya bilangan tersebut mundur 7 langkah ke belakang dari 0
Bilangan –3 atau negatif 3, artinya bilangan tersebut mundur 3 langkah ke belakang
Jadi, hasil dari (–7) + (–3) adalah –10

10. 3 + (–4) = ...
a. 7
b. -7
c. 1
d. -1

11. (–3) + 4 = …
a. 7
b. -7
c. 1
d. -1

12. (–3) + (–4) = …
a. 7
b. -7
c. 1
d. -1


(Materi soal 13 sampai 15)
Contoh: 4 – (–5) = ...
Bilangan 4 atau positif 4, artinya maju 4 langkah ke depan dari 0
–5 atau negatif 5, artinya mundur 5 langkah ke belakang
Jadi, hasil dari 4 – (–5) adalah 9

13. 6 – (–8) = ...
a. -12
b. 12
c. -14
d. 14

14. 2 – (–15) = ...
a. 14
b. 15
c. 16
d. 17

15. 22 – (–18) = ...
a. 40
b. 50
c. 60
d. 70


(Materi soal 16 sampai 18)
Contoh: (–8) – (–4) = ...
Bilangan –8 atau negatif 8, artinya bilangan tersebut mundur 8 langkah ke belakang dari 0
Bilangan –4 atau negatif 4, artinya mundur 4 langkah ke belakang
Jadi, hasil dari (–8) – (–4) adalah –4

16. (-11) – (–9) = ...
a. -2
b. 2
c. -4
d. 4

17. (-30) – (–15) = ...
a. -12
b. -13
c. -14
d. -15

18. –9 – (–13) = 
a. 4
b. 5
c. 6
d. 7


(Materi soal 19 sampai 20)
Sifat komutatif adalah operasi hitung dua bilangan yang ditukarkan tempatnya tersebut hasilnya sama. 
Sifat assosiatif dalam penjumlahan adalah mengelompokkan tiga bilangan atau lebih dengan urutan berbeda

19. Penjumlahan 7 + 13 = 13 + 7 bersifat …
a. komunikatif
b. asosiatif
c. distributif
d. komutatif

20. 7 – (4 – 2) = 7 – 2 = n. n adalah
a. 4
b. 5
c. 6
d. 7


II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !

21. Suhu udara puncak Jayawijaya mencapai 8 derajat Celcius di bawah 0 derajat Celcius. Kalimat di atas dapat ditulis –8 derajat Celcius dibaca …. 

22. Lawan bilangan positif adalah bilangan… 

23. -56 dibaca ....

24. 234 dibaca … 

25. –5 ... –11 hasilnya –5 > –11 dibaca … 

26. –13, –6, –10, 0, –7, 2, 5, –4 urutan bilangan bulat yang terkecil hingga terbesar adalah… 

27. (-13) + 7 = … 

28. 10 + (–15) = … 

29. 3 – (–3) = ... 

30. (-55) – (–25) = ... 


III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!

31. Apakah yang dinamakan dengan bilangan cacah? 

32. Ibu membagikan uang jajan untuk anak-anaknya. Udin mendapatkan Rp 5.000 Adik Udin mendapatkan Rp 2.000 Kakak pertama Udin mendapatkan Rp 12.000 Kakak kedua mendapatkan Rp 10.000. Urutkanlah uang jajan yang diterima dari yang terbesar ke yang terkecil!

33. Apa yang dimaksud dengan Sifat komutatif?

34. Apa yang dimaksud sifat assosiatif dalam penjumlahan?

35. Lengkapilah garis bilangan dibawah dengan memasukkan bilangan positif dan bilangan negatif secara beraturan.

 






Selamat Mengerjakan

No comments:

Post a Comment

Soal Tema 2 IPS Kelas 6

SOAL UH/PTS/UAS TEMA 2  KELAS 6 SEMESTER I  Kompetensi Dasar IPS I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang...