RINGKASAN MATERI TEMATIK KELAS VI
TEMA 1 SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP
SUBTEMA 2 HEWAN SAHABATKU
edisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
TEMA 1 SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP
SUBTEMA 2 HEWAN SAHABATKU
edisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
Nama Siswa : ………………Kelas : VI (Enam)Sekolah : SDN KERTASARI 01
Buku ini dikumpulkan lagi ke guru kelas sebagai bahan penilaian
Dan untuk siswa yang memiliki Buku Paket Tema 1 tetap diisi di buku temanya sebagai bahan belajar siswa
Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema 2 Hewan Sahabatku
Pembelajaran 1 :
Halaman 62
Ayo Mengamati
Negara-negara di Asia Tenggara memiliki banyak jenis hewan. Beberapa di antaranya ada yang dijadikan sebagai makanan, simbol negara, atau dijadikan binatang peliharaan. Baca teks berikut dan amatilah gambarnya.
Gajah putih dianggap suci oleh beberapa negara di Asia Tenggara seperti Myanmar, Kamboja, dan Thailand. Menjaga gajah putih adalah usaha yang sangat mahal, karena pemiliknya harus menyediakan makanan khusus untuk gajah.
Halaman 63
Indonesia dikaruniai luas wilayah lautan lebih besar dibandingkan luas daratan. Luas lautan Indonesia mencapai 5,8 juta km2. Di dalam lautan Indonesia tersimpan potensi perikanan yang cukup besar Salah satunya ikan tuna.
Ikan tuna adalah salah satu ikan yang paling banyak dicari negara lain, seperti Jepang, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.
Tahukah kalian burung yang hidup di negara tetangga kita? Burung Takur Dahan hidup di Malaysia. Hewan ini termasuk hewan yang dilindungi negara.
Hewan-hewan di atas merupakan sebagian dari hewan yang hidup di Asia Tenggara. Bisakah kamu menemukan hewan lainnya? Catatlah temuanmu pada tempat yang telah disediakan.
Jawaban:
Hewan-hewan yang hidup di Asia Tenggara
- Myanmar: Harimau Indo-China, Gajah, merak hijau
- Kamboja: Kouprey (lembu hutan), Lumba-lumba, banteng, macan dahan, beruang madu, gajah, burung ibis
- Laos: Gajah India, Lumba-lumba Irawaddy, owa jambul hitam, kukang, harimau, gajah, bangau sarus
- Vietnam: Saola (kerbau air), Langur kaki merah, rangkong papan, monyet hidung pesek, pygmy, python
- Filipina: Kerbau dan Elang Filipina, rusa, babi, burung beo
- Indonesia: Komodo dan Elang Jawa, Gajah, harimau, kera, kerbau, sapi, babi hutan, badak, kuda, anoa, burung cendrawasih, burung kakatua, merak, tapir, kasuari, komodo
- Thailand: Gajah, harimau, macan tutul, monyet siamang, badak, buaya, lembu
- Malaysia: Harimau Malaya, tapir, rusa, badak, orangutan, monyet siamang
- Singapura: Singa, Kancil,landak, rubah, kadal
- Brunei: Bekantan, Harimau, singa, monyet
- Timor Leste: Buaya, Kuskus tutul, rusa, monyet, kakatua, lumba-lumba, paus, babi hutan, biawak, kakoak, lori
Halaman 64
Kelompokkanlah hewan-hewan yang ada di dalam teks dan yang kamu temukan ke dalam diagram Venn berikut berdasarkan cara perkembangbiakannya.
Jawaban:
Amatilah gambar dan lengkapilah diagrammu dengan hewan-hewan berikut.
Halaman 65
Bacalah teks berikut dalam hati.
Setiap hewan memiliki kemampuan berkembang biak. Dengan berkembang biak, hewan dapat melestarikan jenisnya. Tahukah kamu bagaimana cara hewan berkembang biak.
Ovipar
Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur disebut ovipar. Contohnya ayam dan jenis burung lainnya. Dapatkah kamu menyebutkan hewan ovipar lainnya?
Jawaban:
Hewan lainnya yang berkembangbiak dengan cara ovovipar adalah katak, kupu-kupu, cicak, capung, tokek, nyamuk, belibis, angsa, kumbang, bebek, dll.
Vivipar
Hewan ovipar yang lain diantaranya katak, kupu-kupu, cicak, capung, tokek, nyamuk, belibis, angsa, kumbang, bebek, dll. Selain bertelur, ada juga hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan disebut vivipar Sapi, kucing, dan gajah adalah contoh hewan vivipar. Dapatkah kamu menyebutkan hewan vivipar lainnya?
Jawaban:
Hewan lainnya yang berkembangbiak dengan cara vivipar adalah kera, kuda, ikan paus, kambing, singa, harimau, unta, kerbau, jerapah, kelinci, lumba-lumba, dll.
Ovovivipar
Adakah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur sekaligus melahirkan? Ada, contohnya adalah ular. Berapa jenis ular tidak selamanya melahirkan anaknya. Kadang-kadang pada saat mengeluarkan anakanaknya, masih ada anak ular yang terbungkus cangkang telurnya. Perkembangbiakan seperti ini dikatakan bertelur sekaligus beranak (ovovivipar). Dapatkah kamu menyebutkan contoh hewan ovovivipar lainnya?
Jawaban:
Hewan lainnya yang berkembangbiak dengan cara ovovivipar adalah diantaranya ikan pari, ikan hiu, bunglon, iguana, platypus, kadal, kuda laut, salamander, dll.
Berdasarkan bacaan di atas, lengkapilah diagram dengan menambahkan contoh hewan lainnya.
Jawaban:
Tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar.
Jawaban:
1. Manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar antara lain:
- Embrio hewan dapat terlindung dari lingkungan karena ada cangkang yang membungkusnya, misalnya dari suhu lingkungan yang terlalu dingin atau panas.
- Di dalam cangkang telur terdapat amnion sebagai sumber protein, air serta dapat melindungi embrio dari guncangan serta benturan.
- Di dalam cangkang telur dilengkapi dengan kuning telur sebagai cadangan makanan bagi embrio.
- Telur dapat ditempatkan di sarang yang telah dibangun oleh induk sehingga diharapkan dapat terlindung dari predator, misalnya telur penyu yang diletakkan di dalam lubang pasir yang kemudian ditutup.
2. Manfaat perkembangbiakan hewan secara vivipar yaitu:
- Induk dapat membawa embrio yang berkembang di dalam tubuhnya sehingga menghindari serangan dari predator.
- Kebutuhan makanan saat embrio berkembang dapat terjamin oleh induknya.
Ayo Membaca
Kondisi geografis di Asia Tenggara membantu penduduknya memanfaatkan hewan dalam kehidupan sehari-hari. Ikan banyak dijual dan dikonsumsi, hewan ternak banyak yang dijual di dalam negeri bahkan sampai ada yang mengekspornya.
Halaman 67
Kamu bisa belajar lebih banyak mengenai kegiatan ekonomi di kawasan Asia Tenggara terkait kondisi geografisnya.
Potensi Ekonomi Negara-Negara Anggota ASEAN
Kawasan Asia Tenggara terletak pada jalur perdagangan dunia. Kawasan ini menjadi jembatan antara kawasan Eropa dan Asia Timur. Oleh karena itu, Asia Tenggara menjadi wilayah persaingan bagi pihak-pihak yang ingin memanfaatkan kedudukan strategis kawasan ini. ASEAN berperan sebagai wadah untuk menghindari persengketaan yang mungkin timbul. Dengan posisi yang strategis ini, setiap negara di kawasan Asia Tenggara memiliki kekayaan sumber daya yang menjadi kekuatan negara.
Brunei Darussalam
Negara ini terkenal dengan kekuatan sumber daya alam berupa minyak bumi dan gas alam. Brunei menjadi negara di Asia Tenggara yang memiliki pendapatan per kapita tertinggi karena gas alamnya.
Filipina
Filipina adalah sebuah negara kepulauan yang mata pencaharian sebagian besar penduduknya adalah di bidang pertanian. Filipina berhasil menjadi salah satu negara di dunia yang dapat membangun dan mengembangkan pertaniannya dengan baik. Beberapa produk unggulan hasil pertaniannya diekspor ke berbagai negara, seperti nanas, padi, kelapa, dan gula. Hasil pertanian ini juga yang menunjang perkembangan ekonomi negara ini.
Halaman 68
Indonesia
Sebagai negara kepulauan terbesar di kawasan ini, Indonesia memiliki ragam sumber daya alam yang sangat kaya. Banyak hal yang dapat dikembangkan untuk memperkuat perkembangan ekonomi Indonesia. Saat ini Indonesia mengekspor minyak dan gas bumi, tekstil, dan produk-produk dari kayu. Pertambangan menjadi salah satu pintu masuk para pengusaha mancanegara ke Indonesia. Keindahan alam Indonesia pun merupakan daya tarik yang menjadi sumber devisa negara dari sektor pariwisata.
Kamboja
Di Kamboja mengalir Sungai Mekong. Daerah di sekitar Sungai Mekong merupakan daerah yang subur. Mata pencaharian penduduk Kamboja adalah pertanian. Hasil pertanian Kamboja yang besar adalah padi dan karet.
Laos
Laos bertetangga dengan Kamboja. Negara ini dilewati oleh aliran Sungai Mekong. Sama seperti di Kamboja, kegiatan pertanian banyak dilakukan di sepanjang aliran sungai ini. Sebagian besar hasil pertanian dinikmati oleh masyarakat Laos.
Halaman 69
Malaysia
Kegiatan ekonomi utama penduduk Malaysia adalah di bidang pertanian, pertambangan, dan perindustrian. Perdagangan internasional merupakan salah satu kegiatan ekonomi Malaysia yang mengalami pertumbuhan tercepat. Peralatan elektronik, minyak, dan gas bumi diekspor ke negara lain. Produk dari kayu, minyak sawit, karet, tekstil, sepatu, dan bahan-bahan kimia diperdagangkan di dunia internasional
Myanmar
Mata pencaharian utama penduduk Myanmar adalah pertanian, perkebunan, dan pertambangan. Padi merupakan hasil utama dari pertanian di sana. Myanmar merupakan salah satu negara penghasil padi terbesar di Asia Tenggara.
Singapura
Singapura merupakan negara paling maju di kawasan ASEAN.
Letak Singapura sangat strategis. Saat ini Singapura menjadi negara transit teramai di Asia.
Halaman 70
Thailand
Thailand sering disebut sebagai lumbung padi di Asia Tenggara. Padi memang merupakan hasil per tanian terbesar dari negara ini. Selain itu, perkebunan, kehutanan, pertambangan, dan industri juga
merupakan kegiatan ekonomi penduduk Thailand. Saat ini, penghasilan utama Thailand adalah sektor pariwisata. Keunikan bangunan budaya di Thailand menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mancanegara.
Vietnam
Setelah pulih dari Perang Vietnam, negara ini mulai berkembang di berbagai sektor perekonomiannya. Pariwisata dan turisme mendukung perkembangan ekonomi. Bidang pendukung lainnya seperti usaha jasa di bidang perhotelan, restoran, serta transportasi juga turut berkembang pesat.
Halaman 71
Di pelajaran sebelumnya, kamu sudah memilih dua negara ASEAN dan membandingkannya dalam hal kehidupan sosial budaya.
Untuk melengkapi informasimu tentang kedua negara tersebut, bandingkanlah negara-negara tersebut dari kehidupan ekonominya. Tulislah hasilnya dalam bentuk diagram Venn berikut.
Jawaban:
Indonesia vs Thailand
Perbedaan :
- Mata uang Indonesia adalah rupiah, sedangkan malaysia adalah baht.
- Penghasilan utama Indonesia adalah pertanian, sedangkan Thailand adalah pariwisata.
- Indonesia masih mengimpor beras sementara Thailand merupakan lumbung padi Asia.
- Angka pengangguran di Indonesia sangat tinggi, sementara Thailand angka penganggurannya sangat rendah.
- Jumlah eskpor Indonesia rendah sedangkan ekspor Thailand lebih tinggi
Persamaan
- Keduanya merupakan negara agraris
- Kedua negara terletak di Asia Tenggara.
- Kedua negara beriklim tropis.
- Kedua negara memiliki kekayaan sumber daya alam yang beragam.
- Keduanya menghasilkan sumber daya alam pertanian
Sampaikan hasilnya pada teman sebelahmu dan gurumu.
Ekonomi masing-masing negara anggota ASEAN diharapkan dapat bergerak lebih cepat. Hal ini dimungkinkan melalui berbagai kerjasama yang positif antarnegara dalam wadah organisasi ASEAN.
Halaman 72
Ayo Menulis
Kamu sudah belajar bagaimana membuat kesimpulan dari teks laporan yang dibaca. Hari ini kamu akan belajar bagaimana membuat kesimpulan dari teks yang kamu dengar.
Kamu akan mendengarkan gurumu membaca teks laporan dan mencatat fakta-faktanya.
Simaklah dengan saksama teks yang dibacakan oleh guru.
Bebek
Bebek adalah unggas yang hidup di darat tetapi menyukai perairan. Penduduk Indonesia banyak memanfaatkan daging dan telur bebek untuk kebutuhan sehari-hari.
Bulu bebek tidak pernah basah meskipun ia berenang dan menyelam. Hal itu karena bulunya memiliki kelenjar minyak. Lapisan minyak berguna untuk membuat suhu tubuh bebek tetap hangat di malam hari.
Gunakan diagram berikut untuk mencatat ide pokok yang kamu temukan!
Jawaban:
Paragraf 1
Ide Pokok:
Bebek adalah unggas darat yang menyukai perairan.
Paragraf 2
Ide Pokok:
Bulu bebek tidak pernah basah saat berenang dan menyelam
Kesimpulan:
Bebek adalah unggas darat yang menyukai perairan, namun bulu bebek tidak pernah basah saat berenang dan menyelam
Sampaikan temuanmu kepada teman di kelasmu. Kamu dapat menuliskan temuanmu tersebut ke dalam bentuk tulisan dan memperlihatkannya kepada gurumu.
Pembelajaran 2 :
Halaman 74
Ayo Mencoba
Pahamilah lagi kelima sila Pancasila berikut.
1. Ketuhanan yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Halaman 75
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut terkait penerapan sila keempat dari Pancasila. Diskusikan jawabanmu bersama teman sekelas.
1. Apa pendapatmu tentang sikap Santi?
Jawaban:
Sikap Santi dan keluarganya cukup beralasan karena peternakan itu dapat menghidupi keluarga dan membiayai sekolahnya. Namun, tergangunya warga sekitar dengan bau dari peternakan juga harus diperhatikan. Seharusnya santi dan keluarganya lebih mengutamakan kepantingan orang banyak daripada kepentingan pribadi.
2. Apa pendapatmu tentang sikap penduduk?
Jawaban:
Sikap penduduk tentunya wajar. Kotoran ayam dari kandang ayam keluarga Santi menyebabkan pencemaran udara berupa bau yang mengganggu kenyamanan warga.
Halaman 76
3. Apa yang sebaiknya Santi lakukan dalam menghadapi masalahnya?
Jawaban:
Sebaiknya Santi dan orang tuanya memindahkan kandang ayamnya jauh dari pemukiman warga. Lokasi tempat pemeliharaan yang jauh dari pemukiman warga tentunya tidak akan mengganggu kenyamanan warga.
4. Apa yang sebaiknya penduduk lakukan terhadap keberadaan peternakan ayam?
Jawaban:
Sebaiknya penduduk memusyawarahkan mengenai dampak dari peternakan milik keluarga Santi agar Santi dan keluarganya tidak kehilangan mata pencaharian dan masyarakat pun tidak terganggu dengan bau yang ditimbulkan dari peternakan tersebut.
Halaman 77
Carilah tiga contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila pada sila keempat.
Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan. Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.
Jawaban:
Tiga contoh perilaku atau sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila pada sila keempat yaitu:
- Melakukan musyawarah. Contohnya saat pemilihan ketua kelas.
- Mematuhi dan menjalankan hasil musyawarah dengan itikad baik. Contohnya melaksanakan tugas piket sesuai jadwal yang telah disepakati sebelumnya.
- Tidak memaksakan pendapat sendiri pada orang lain. Contohnya saat melakukan diskusi kelompok harus mendengarkan pendapat yang disampaikan oleh anggota kelompok yang lain.
Halaman 78
Operasi hitung mana yang menunjukkan besarnya uang yang dibelanjakan Ibu?
1. 2 × Rp1.500,00 × 2 × Rp10.000,00
2. 2 × Rp1.500,00 + 2 × Rp10.000,00
3. ( 2 + 2 ) × ( Rp1.500,00 + Rp10.000,00 )
Tuliskan jawabanmu pada tempat di bawah ini.
Jawaban:
= (2 × Rp1.500,00) + (2 × Rp10.000,00)
= Rp3.000,00 + Rp20.000,00
= Rp23.000,00
Halaman 79
Udin menemukan soal sebagai berikut.
8 + 4 × 6 − 4 =
1. Temukan jawaban sebanyak mungkin dan jelaskan caramu menemukannya.
Jawaban:
8 + 4 x 6 – 4
= 8 + (4 x 6) – 4
= 8 + 24 – 4
= 32 – 4
= 28
2. Jawaban yang benar adalah 28. Adakah strategimu yang menghasilkan jawaban yang sama? Jelaskan.
Jawaban:
Dalam matematika, apabila terdapat persamaan yang tidak memiliki tanda kurung, maka berlaku aturan kabataku (kali-bagi, tambah-kurang). Artinya adalah bahwa kita mendahulukan perkalian serta pembagian terlebih dahulu, baru kemudian disatukan dengan operasi pertambahan dan pengurannya.
Diskusikan jawaban soal berikut dengan temanmu.
4 + 7 × 3
Apa yang terjadi apabila kamu menjumlahkan terlebih dahulu?
Jawaban:
4 + 7 × 3
= 11 x 3
= 33
Halaman 80
Apa yang terjadi apabila kamu mengalikan terlebih dahulu?
Jawaban:
4 + 7 × 3
= 4 + 21
= 25
Diskusikan jawaban soal berikut dan diskusikan jawabannya dengan temanmu.
15 − 16 : 2
Apa yang terjadi apabila kamu mengurangkan terlebih dahulu?
Jawaban:
15 − 16 : 2
= (-1) : 2
= -0,5
Apa yang terjadi apabila kamu membagi terlebih dahulu?
Jawaban:
15 − 16 : 2
= 15 – 8
= 7
Halaman 81
Dapatkah kamu menjawab soal berikut?
17 − 9 + 5
Apa yang terjadi apabila kamu melakukan pengurangan terlebih dahulu?
Jawaban:
17 − 9 + 5
= 8 + 5
= 13
Apa yang terjadi apabila kamu melakukan penjumlahan terlebih dahulu?
Jawaban:
17 − 9 + 5
= 17 – 14
= 3
Halaman 82
Kerjakan soal berikut dan diskusikan dengan temanmu.
8 × ( 2 + 6 )
Jawaban:
8 × ( 2 + 6 )
= 8 x 8
= 64
Halaman 83
INGAT
Langkah operasi hitung adalah sebagai berikut.
1. Selesaikan operasi di dalam kurung
2. Selesaikan perkalian dan pembagian
3. Selesaikan penjumlahan dan pengurangan
Sekarang selesaikan soal berikut.
1. 16 + 4 × 2 = …
Jawaban:
16 + 4 × 2
= 16 + 8
= 24
2. 10 – 6 – 2 = …
Jawaban:
10 – 6 – 2
= 4 – 2
= 2
3. 81 : 9 – 6 = …
Jawaban:
81 : 9 – 6
= 9 – 6
= 3
4. ( 19 + 2) : 3 = …
Jawaban:
( 19 + 2) : 3
= 21 : 3
= 7
5. 25 – 12 : 3 = …
Jawaban:
25 – 12 : 3
= 25 – 4
= 21
6. 49 – 6 × 5 = …
Jawaban:
49 – 6 × 5
= 49 – 30
= 19
7. 15 : (9 – 4) = …
Jawaban:
15 : (9 – 4)
= 15 : 5
= 3
8. 18 + 49 : 7 = …
Jawaban:
18 + 49 : 7
= 18 + 7
= 25
Gunakan tanda kurung untuk menyelesaikan soal berikut.
27 + 19 − 10 : 2 × 3
Jawaban:
27 + 19 − 10 : 2 × 3
= (27 + 19) − (10 : 2 × 3)
= 46 – 15
= 31
Pembelajaran 3 :
Halaman 85-88
Ayo Mencoba
Melempar dan Menangkap Bola
Halaman 89
Ayo Berlatih
Halaman 90
Ayo Menulis
Paragraf 1
Ide Pokok :
Hewan bertelur sekaligus melahirkan
Paragraf 2
Ide Pokok :
Ular bertelur sekaligus melahirkan
Kesimpulan :
Hewan yang berelur dan melahirkan contohnya adalah ular.
Pembelajaran 4 :
Halaman 92
Apa yang harus dilakukan Edo saat ketiga teman lainnya datang?
Jawaban:
Mengajaknya untuk bersama-sama menikmati ikan bandeng asap dari Sidoarjo.
Halaman 93
Apa yang harus dilakukan ketiga teman Edo saat tahu bahwa jumlah potongan ikan tidak cukup untuk semua orang?
Jawaban:
Menolak tawaran Edo, karena jumlah potongan ikan hanya cukup untuk enam orang.
Apa yang sebaiknya dilakukan oleh Edo, Dayu, Beni, Udin, Siti, dan Lani agar semua mendapat bagian ikan yang sama?
Jawaban:
Memotong ikan menjadi 6 potongan yang sama besar.
Pahamilah lagi kelima sila Pancasila berikut.
1. Ketuhanan yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Perhatikan jawabanmu. Apakah sudah sesuai dengan penerapan sila keempat? Perbaiki jawabanmu apabila dibutuhkan, kemudian diskusikan hasilnya dengan teman sekelasmu.
Carilah tiga contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai sila keempat Pancasila.
Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan. Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.
Halaman 94
Jawaban:
Tiga contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai sila keempat Pancasila:
1. Melakukan musyawarah saat hendak memilih Ketua Kelas,
2. Mematuhi dan menjalankan hasil musyawarah dengan itikad baik,
3. Tidak memaksakan pendapat sendiri pada orang lain.
Ayo Menulis
Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah mendengarkan teks laporan yang dibacakan oleh gurumu dan membuat catatan pada diagram. Kamu juga sudah mengumpulkan fakta-fakta yang ada dalam bentuk tulisan.
Simaklah kembali gurumu yang akan membacakan teks laporan yang berbeda. Catat ide pokoknya pada diagram berikut.
Bunglon
Bunglon adalah hewan reptil sejenis kadal kecil yang biasa hidup di pohon. Tampilannya mirip hewan purba. Bunglon jantan biasanya mempunyai tanduk, sirip, dan gelambir leher.
Bunglon memiliki kemampuan untuk mengubah warna kulitnya. Bunglon tidak bisa berubah kulit ke semua warna, hanya ke warna-warna tertentu saja.
Jawaban:
Paragraf 1
Ide Pokok:
Bunglon adalah hewan reptil
Paragraf 2
Ide Pokok:
Bunglon dapat berubah warna
Halaman 95
Tulislah kesimpulan pada tempat yang disediakan.
Jawaban:
Kesimpulan:
Bunglon adalah hewan reptil yang dapat berubah warna.
Ayo Berlatih
Halaman 96
A. Tulislah jawabanmu pada tempat yang tersedia.
Jawaban:
Diketahui:
- Jumlah teman Edo ada 5 orang
- 4 kardua berisi 2 ikan = 4 x 2 = 8 ikan
- 4 kardus berisi 3 ikan = 4 x 3 = 12 ikan
Ditanyakan: Jumlah ikan bandeng yang dapat dibawa masing-masing teman Edo.
Jawab:
4 x 2 + 4 x 3 : 5
= ((4 x 2) + (4 x 3)) : 5
= (8 + 12) : 5
= 20 : 5
= 4
Jadi, masing masing teman Edo mendapatkan 4 ikan bandeng
Tukarkan jawabanmu dengan jawaban temanmu.
B. Jawablah soal berikut.
1. 245 – (3 × 63) =
Jawaban:
245 – (3 × 63)
= 245 – 189
= 56
2. (56 + 24) : 8 =
Jawaban:
(56 + 24) : 8
= 80 : 8
= 10
3. 90 × (6 : 3 ) =
Jawaban:
90 × (6 : 3 )
= 90 x 2
= 180
4. (300 + 60 ) × (12 : 4 ) =
Jawaban:
(300 + 60 ) × (12 : 4 )
= 360 x 3
= 1.080
C. Perhatikan soal berikut. Tuliskan jawabanmu pada tempat yang disediakan.
1. 1000 + 3000 × 2 =
Jawaban:
1000 + 3000 × 2
= 1.000 + 6.000
= 7.000
2. 50 × 3 : 2 =
Jawaban:
50 × 3 : 2
= 150 : 2
= 75
3. 200 − 200 : 2 =
Jawaban:
200 − 200 : 2
= 200 – 100
= 100
4. 9 × 10 − 20 + 10 =
Jawaban:
9 × 10 − 20 + 10
= 90 – 20 + 10
= 70 + 10
= 80
Sampaikan jawabanmu kepada gurumu.
Pembelajaran 5 :
Halaman 98-99
Ayo membaca
Judul bacaan: Kegiatan Ekonomi Negara-Negara ASEAN
Halaman 100
Jawaban:
Indonesia VS Siangapura
Perbedaan:
- Indonesia Menganut sistem Ekonomi Pancasila, Singapura menganut sistem Ekonomi pasar yang maju.
- Indonesia bergantung pada hasil Ekspor hasil pertanian dan Import barang-barang Industri, sedangkan Singapura sangat bergantung pada Ekspor dan pengolahan barang Import khususnya di bidang Manufaktur (sektor Elektronik,)
- Indonesia memiliki pendapatan yang rendah sedangkan Singapura termasuk negara Asia Tenggara yang berpendapatan paling tinggi.
- Komiditas ekspor Indonesia adalah kelapa sawit, batu bara, kakao, energy geothermal, sedangkan Singapura mesin dan peralatan, bahan bakar, kimia, makanan, barang jadi.
- Tujuan ekspor utama Indonesia adalah China Jepang dan Amerika Serikat, sedangkan Singapura adalah Malaysia Hong Kong, China, dan Indonesia
Persamaan:
- Kedua negara melakukan ekspor dan impor dalam melakukan kegiatan ekonomi
- Kedua negara sama-sama berada di jalur perdagangan internasional
- Kedua negara sama-sama berada di kawasan Asia Tenggara.
- Kedua negara sama-sama negara kepulauan
- Kedua negara sama-sama memanfaatkan pelabuhan untuk kegiatan ekspor dan import.
Ayo Berkreasi
Halaman 101
Ayo Berlatih
A. Gunakanlah angka-angka 3, 4, 6, dan operasi hitung yang sesuai untuk jawaban yang tersedia. Pakailah tanda kurung apabila diperlukan. Berapakah hasil operasi hitungmu? Bagaimana kamu menemukan hasilnya? Apakah kamu menemukan jawaban lebih dari satu? Jelaskan.
Jawaban:
1) 8
= ( 3 x 4 ) – 4
= 12 – 4
= 8
2) 10
= ( 4 x 4 ) – 5
= 16 – 6
= 10
3) 6
= ( 3 x 4 ) – 6
= 12 – 6
= 6
Halaman 102
Tukarlah jawabanmu dengan jawaban temanmu. Sampaikan hasilnya kepada gurumu.
B. Buatlah satu soal dengan angka yang berbeda. Berikan soalmu kepada dua orang temanmu dan minta mereka untuk menjawabnya.
Jawaban:
5 + ( 24 : 4 )
= 5 + 6
= 11
C. Jawablah soal berikut. Tulislah hasilnya pada tempat yang tersedia.
1.) 3 + 125 : 25 =
Jawaban:
= 3 + 125 : 25
= 3 + ( 125 : 25 )
= 3 + 5
= 8
2.) 2205 + 93 : 3 – 1241 =
Jawaban:
= 2.205 + 93 : 3 – 1.241
= 2.205 + ( 93 : 3 ) – 1.241
= 2.205 + 31 – 1.241
= 2.236 – 1.241
= 995
3.) 209 × 12 : 3 =
Jawaban:
= 209 x 12 : 3
= 209 x (12 : 3 )
= 209 x 4
= 836
Pembelajaran 6 :
Halaman 104-105
Ayo Mencoba
Cara Memukul Bola
Halaman 106
Ayo Membaca
Judul bacaan Tahukah kamu kelelawar?
Contoh laporan
Simaklah gurumu dengan saksama.
Hiu Gergaji
Hiu gergaji hidup di Danau Sentani. Hiu gergaji dikenal dengan nama pari atau hiu sentani karena memang hidup di Danau Sentani, Papua.
Hiu gergaji menggunakan giginya yang berjumlah 14 hingga 22 gigi gergaji. Ia menggunakan giginya ini untuk mencari makan dan pertahanan diri. Tubuhnya berwarna keabu-abuan dan ramping. Ia dapat berenang dengan cepat.
Jawaban:
Kesimpulan :
Hiu gergaji hidup di Danau Sentani. Hiu ini memiliki gigi gergaji, berwarna keabu-abuan, dan dapat berenang dengan cepat.
Sampaikan hasilnya kepada teman kelompokmu dan serahkan kepada gurumu.
Halaman 107-108
Ayo Menulis
Siti dan teman-temannya diundang menghadiri acara syukuran di rumah Udin. Di sana banyak makanan. Di meja sebelah kiri ada ayam goreng, sate ayam, dan ikan bakar. Di meja sebelah kanan terlihat ada rendang dan soto ayam. Wah, Siti dan teman-temannya bingung memilihnya. Semua terlihat enak. Beni mulai berjalan mengambil 10 tusuk sate ayam, 2 rendang, dan sepotong ikan bakar. Siti mengambil 3 tusuk sate saja. Edo mengingatkan Beni agar mengambil makanan secukupnya saja.
Jawablah pertanyaan berikut dan diskusikan dengan teman kelompokmu.
Apa pendapatmu tentang sikap Beni?
Jawaban:
Beni anak yang rakus, alangkah baiknya jika mengambil makanan secukupnya saja.
Apa pendapatmu tentang sikap Siti?
Jawaban:
Siti hanya mengambil 3 tusuk sate saja, sehingga cukup untuknya
Apa pendapatmu tentang sikap Edo?
Jawaban:
Edo mengingatkan Beni agar mengambil makanan secukupnya saja dan jangan berlebihan.
Halaman 109
Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan. Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.
Jawaban:
- Bersikap adil, dengan menghargai semua teman, guru dan semua pegawai-pegawai di sekolah
- Menghormati hak-hak orang lain, dengan minta ijin sebelum meminjam barang milik teman.
- Suka memberi pertolongan, dengan membantu teman yang kesulitan memahami pelajaran.
- Tidak boros, ditunjukan dengan mengambil makanan secukupnya saja.
- Tidak bergaya hidup mewah, dengan menggunakan pakaian sesuai aturan sekolah.
- Tidak merugikan kepentingan orang lain, dengan mematuhi peraturan yang ada di sekolah
- Suka bekerja keras, ditunjukan dengan belajar rajin dan tekun.
- Menghargai hasil karya orang lain dengan memberikan pujian terhadap hasil pekerjaan teman.
PENILAIAN HARIAN (PH) KELAS 6
TEMA 1 SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP
SUBTEMA 2 HEWAN SAHABATKU
- Negara yang punya julukan negeri gajah putih adalah negara ….
- Komodo adalah hewan khas yang ada di negara ….
- Indonesia dikaruniai beraneka ragam jenis hewan, diantaranya disebabkan oleh ….
- Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur disebut ….
- Kelinci dan kucing adalah termasuk hewan ….
- Sungai Mekong terdapat di negara ….
- Sapi dan kambing banyak dipelihara manusia untuk dimanfaatkan ….
- 334 – 4 x 75 = …. hasil dari operasi hitung campuran ini adalah ….
- 1000 + 2000 x 5 = …. hasil dari operasi hitung campuran ini adalah ….
- Selalu bermusyawarah dan mengutamakan kepentingan banyak orang adalah bentuk
Jawaban:
- Thailand
- Indonesia
- Indonesia memiliki iklim tropis
- Ovipar
- Vivipar
- Kamboja
- Dagingnya
- 34
- 11.000
- Keempat
No comments:
Post a Comment