Saturday, 23 January 2021

Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera_Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan

 

BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH SD KELAS 6

Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera

Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan



 

(Tugas Daring Tanggal 13-01-2021 - 19-01-2021)

 

 

 

 

Nama Siswa         : ………………………………..

Kelas                    : VI (Enam)

Sekolah                 : SDN KERTASARI 01

 

 


Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan
Pembelajaran 1 (Hari Rabu, 13 Januari 2021)

Lihat di buku tema kalian, baca halaman 2, lalu jawab pertanyaan dihalaman 3



Ayo Mengamati

1. Apa saja kegiatan masyarakat yang ditunjukkan pada gambar di atas?

Jawaban: Kerja bakti membersihkan lingkungan, menanam pohon bersama, antre untuk membayar pajak, dan melaksanakan siskamling.

2. Mengapa warga masyarakat melakukan kegiatan seperti pada gambar?

Jawaban: Semua kegiatan itu merupakan kewajiban masyarakat.

3. Apa saja kewajibanmu sebagai warga negara dalam kehidupan seharihari?

Jawaban: Menaati undang-undang yang berlaku, belajar, menjaga kerukunan dengan teman, menghormati orang tua dan orang yang lebih tua dan menjaga kebersihan lingkungan.

4. Bagaimana cara menunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan?

Jawaban: Menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan, dan menyirami tumbuh-tumbuhan yang ada di rumah.


Baca Tema Halaman 4

Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia

Proklamasi berasal dari kata “proclamatio”, (dari bahasa Yunani), yang memiliki arti ‘pengumuman resmi kepada seluruh rakyat’. Pengumuman yang dimaksud adalah pengumuman yang berhubungan dengan ketatanegaraan.

Setiap bangsa pasti menginginkan kemerdekaan karena kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai. Begitu juga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia pernah mengalami masa penjajahan cukup lama dan membuat rakyatnya menderita. Karena alasan itulah bangsa Indonesia bekerja sama, bahu membahu dengan sekuat tenaga berjuang untuk memperoleh kemerdekaannya.

Perjuangan bangsa Indonesia terwujud secara resmi setelah Soekarno-Hatta, atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. 

Proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan Soekarno-Hatta memiliki makna bahwa bangsa Indonesia telah merdeka dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh negara-negara lain. Indonesia menjadi bangsa dan negara yang memiliki kedudukan yang sama dan sederajat serta memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan negara-negara lain yang sudah merdeka dalam hubungan internasional.

Proklamasi kemerdekaan juga memiliki makna yang lain, di antaranya sebagai berikut.

a. Proklamasi sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia.
b. Proklamasi sebagai awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
c. Proklamasi kemerdekaan sebagai titik tolak perubahan hukum kolonial menjadi hukum nasional.
d. Proklamasi menjadi pintu gerbang menuju masyarakat yang adil dan makmur.

Kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai oleh setiap bangsa di dunia, begitu juga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia telah mengambil sikap untuk menentukan nasib sendiri dalam segala aspek kehidupan. Bangsa Indonesia memiliki kewajiban untuk mempertahankan kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan yang telah diraih, dengan cara meningkatkan taraf kehidupan bangsanya, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Proklamasi kemerdekaan dapat dijadikan jembatan emas bagi bangsa Indonesia menuju masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur.

Jawab pertanyaan di halaman 5

1. Apa judul teks pada bacaan di atas?
Jawaban: Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia.

2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?
Jawaban: Makna proklamasi.

3. Informasi apa yang diperoleh dari bacaan berdasarkan kata kunci?
Jawaban: Proklamasi memiliki makna bahwa bangsa Indonesia telah merdeka dan berdaulat, Indonesia mencapai puncak perjuangannya, Indonesia lahir sebagai NKRI, Indonesia menjadi negara yang menganut hukum nasional, dan Indonesia telah mencapai pintu gerbang untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur.

4. Apa yang dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan?
Jawaban: Selalu mengingat jasa para pahlawan, belajar lebih tekun untuk memajukan bangsa, peduli terhadap lingkungan, dan menjaga kerukunan agar keutuhan NKRI terjaga.


Kerja Sama dengan Orang Tua

Apa kepedulian keluargamu sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu? Apakah yang kamu lakukan bersama keluargamu merupakan bagian dari memaknai kemerdekaan yang diraih para pahlawan kita? Diskusikan bersama orang tuamu. Kemudian, tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.
Jawaban: Kembangkan jawaban siswa


Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan
Pembelajaran 2 (Hari Kamis, 14 Januari 2021)

Lihat halaman 7 di buku tema kalian, baca wacana nya lalu jawab pertanyaan yang ada di halaman 8 dan 9

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1. Apa judul bacaan di atas? Apa kata kunci pada judul bacaan di atas? Apa isi bacaan di atas sudah sesuai dengan kata kunci yang kamu sebutkan?
Jawaban: Judul bacaan tersebut adalah Kampung Rajawati. Kata kuncinya adalah kampung. Isi bacaan tersebut belum sesuai dengan kata kunci yang saya sebutkan karena isi bacaan lebih banyak menggambarkan pengelolaan sampah di kampung tersebut, bukan menggambarkan kampung secara umum.

2. Bagaimana dengan pengelolaan sampah di sekitarmu? Apa yang dapat kamu lakukan terhadap sampah di rumahmu?

Jawaban: Sampah rumah tangga biasanya hanya dibuang dan dibakar di pekarangan. Masih belum ada pengelolaan untuk memanfaatkan sampah. Sampah yang ada d rumah saya biasanya saya buang di pekarangan belakang.


Halaman 9 

Ayo bernyanyi 

Kalian yang sudah mengetahui lagu “Aku Cinta Lingkungan” silahkan langsung nyanyikan, kalau yang belum tahu lagunya silahkan cari di Youtube, lalu nyanyikan oleh kalian masing-masing), klu sudah hafal jawab pertanyaan di bawah ini:

Ayo Berlatih

Apa isi lagu tersebut? Apakah kamu menyanyikan lagu di atas sesuai dengan interval lagunya? Apakah kamu mengetahui apa yg dimaksud dengan interval lagu? Coba tuliskan yang dimaksud interval pada kolom berikut.

Jawaban: Interval lagu adalah jarak antar nada-nada yang ada pada suatu lagu.


Halaman 11 
Ayo Mengamati

Perhatikan kedua gambar berikut dan jawablah pertanyaan di bawah ini!


1. Apakah kamu melihat adanya perbedaan pada kedua gambar tersebut? Tunjukan perbedaan pada gambar di atas.

Jawaban: Perbedaan tinggi badan, ukuran tubuh, ukuran pakaian, warna pakaian, dan alas kaki.

2. Tahukah kamu yang dimaksud masa puber? Baik anak laki-laki maupun anak perempuan akan mengalami masa puber. Apa ciri-ciri anak laki-laki dan perempuan pada masa puber?

Jawaban: Ciri-ciri masa puber pada anak

Laki-laki :

Tumbuh rambut pada ketiak dan kemaluan, tumbuh jakun pada leher, suara membesar, dan mengalami mimpi basah

Perempuan :

Bagian dada membesar, tumbuh rambut pada kemaluan dan ketiak, pinggul membesar, dan mengalami menstruasi.


Halaman 12
Kerja Sama dengan Orang Tua

Diskusikan bersama orang tuamu tentang masa puber. Kemudian, bersama orang tuamu amatilah anak-anak di sekitar lingkunganmu yang sedang mengalami masa puber. Tuliskan nama anak yang sedang mengalami masa puber dan ciri-ciri anak tersebut.

Jawaban: Kembangkan Jawaban Siswa


Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan
Pembelajaran 3 (Hari Jum’at, 15 Januari 2021)

Baca wacana yang ada di halaman 13 di buku tema kalian, lalu jawab pertanyaan mengamati yang ada di halaman 14

Ayo Mengamati

Amatilah gambar. Kemudian, tuliskan hasil pengamatanmu!

Jawaban: Warga di lingkungan tersebut memberlakukan aturan khusus yaitu menetapkan pukul 18.30-21.00 sebagai waktu belajar. Hal ini menunjukkan bahwa mereka memahami betul tentang hak pendidikan bagi seluruh warganya terutama bagi pelajar.

Halaman 15
Ayo Berdiskusi

Bersama seorang temanmu, diskusikan tentang hal berikut!

1. Apakah yang dimaksud dengan kewajiban?

Jawaban : Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

2. Apa kewajibanmu sebagai seorang siswa, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumahmu?

Jawaban : Belajar, menghormati orang tua dan guru, mengerjakan tugas sekolah, menjaga kebersihan, membantu orang tua, dan menaati peraturan sekolah.

3. Bagaimanakah sikapmu terhadap kewajiban yang kamu miliki?

Jawaban : Menerimanya dengan rasa tanggung jawab.

4. Mengapa kamu harus bersikap seperti jawabanmu pada soal nomor 3?

Jawaban : Karena dibalik kewajiban yang saya lakukan, saya juga mendapatkan hak baik di rumah dan di sekolah. Sehingga dengan melaksanakan kewajiban, hak dan kewajiban menjadi seimbang.


Halaman 16
Ayo Berlatih

Apa upaya yang dapat dilakukan untuk mengisi kemerdekaan? Tuliskan dalam tabel berikut!

No

Upaya Untuk Mengisi Kemerdekaan

1.

Rajin beribadah sesuai agama

2.

Mengikuti upacara bendera dengan khitmat

3.

Ikut serta dalam lomba yang diadakan dilingkungan tempat tinggal

4.

Membantu pekerjaan orang tua di rumah

5.

Membersihkan rumah

6.

Berdoa untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia

7.

Menyanyikan lagu Indonesia raya

8.

Membaca biografi para pahlawan nasional

9.

Berkunjung ke monumen-monumen pahlawan

10.

Menonton film Indonesia yang menceritakan kisah pahlawan nasional


Halaman 17
Ayo Membaca

Baca tentang “Kerukunan di Kampung Wonorejo, Papua” Lalu Jawab pertanyaan di Halaman 19.

Ayo Berlatih

A. Jawablah pertanyaan di bawah ini secara lisan!

1. Apa judul bacaan di atas?

Jawaban : Berdasarkan teks yang ada judulnya adalah Kerukunan di Kampung Wonorejo, Papua

2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?

Jawaban : Kerukunan Kampung.

3. Apakah informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci pada judul?

Jawaban : Perbedaan masyarakat di Kampung Wonorejo baik dari suku, agama, dan budaya, tetap mampu mewujudkan kehidupan yang rukun. Selain itu, warga Kampung Wonorejo juga mampu hidup berdampingan dengan warga Kampung Kibay dalam kerukunan, toleransi, gotong royong, dan kedamaian.


B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan menuliskan pada kolom tersedia!

1. Apa yang dapat kamu lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan?

Jawaban : Lebih semangat dalam belajar, mengikuti lomba yang diadakan di lingkungan tempat tinggal, dan menjaga kerukunan antar sesama.


2. Bagaimana pelaksanaan kewajibanmu sebagai warga masyarakat? 

Jawaban : Saya selalu berusaha melaksanakan kewajiban sebagai warga masyarakat seperti menghormati tetangga, menjaga kebersihan lingkungan, dan menjaga kerukunan dengan tetangga.


Halaman 20
Kerja Sama dengan Orang Tua

Apa makna kemerdekaan bagimu dan keluargamu? Coba diskusikan bersama orang tuamu. Kemudian, tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.



Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan
Pembelajaran 4 (Hari Sabtu, 16 Januari 2021)

Lihat Halaman 21 di buku tema kalian, Amati Gambarnya lalu jawab pertanyaannya

Ayo Mengamati


Apa yang sedang dilakukan oleh Siti dan teman-teman? Bagaimana caramu menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah.

Jawaban: Siti, Edo, dan Dayu sedang menamam pohon. Kepedulian terhadap lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan, menamam tumbuhan, merawat tumbuhan yang ada di sekolah.

Lihat Halaman 24, Ayo Membaca: “Bentuk Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan” lalu jawab pertanyaannya di Halaman 25 Ayo Berlatih

Apa judul yang tepat untuk bacaan di atas? Coba temukan kata kunci pada judul teks! Lalu tuliskan kata kunci tersebut ke dalam kolom di bawah ini. Tuliskan juga informasi yang terdapat pada teks berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.

Jawaban: Judul bacaan yakni pentingnya Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan.

No

Kata Kunci

Perkiraan Informasi yang Terdapat dalam Teks Berdasarkan Kata Kunci

1

Remaja peduli lingkungan

Kegiatan pecinta alam menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kepedulian remaja terhadap lingkungan. Beberapa kegiatan pecinta alam di antaranya adalah melakukan reboisasi, menciptakan tempat sampah, menanam pohon di halaman rumah, dan menghemat air.

2

Dampak peduli lingkungan

Hutan dan pinggiran jalan akan terlihat hijau dan asri penuh pepohonan, udara di lingkungan sekitar menjadi sejuk, dan mengurangi dampak pemanasan global.


Halaman 26 
Ayo Mengamati


Amatilah gambar di atas. Gambar manakah yang menunjukkan masa remaja? Berdasarkan gambar di atas, ingat kembali ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki. Kemudian, tuliskan jawabanmu.

Jawaban: Gambar ke-4 dan dan ke-5 dari kiri.
Ciri-ciri pubertas anak laki-laki:
- Badan bertambah tinggi dan besar.
- Otot dada dan bahu melebar.
- Tumbuh jakun dan suara menjadi berat.
- Tumbuh kumis, jambang, janggut, rambut ketika dan disekitar kelamin.
- Terkadang juga tumbuh rambut di dada.
- Mulai berjerawat.
- Mengalami mimpi basah.


Halaman 27 Tuliskan jawaban kalian tentang 

Ciri Fisik Pubertas pada Anak Perempuan

No

Ciri Fisik Pubertas Pada Anak Perempuan

1

Badan bertambah tinggi dan besar

2

Pinggung melebar

3

Payudara mulai membesar

4

Mulai menstruasi

5

Mulai berjerawat


Halaman 28
Kerja Sama dengan Orang Tua

Apakah kamu sudah memasuki masa puber? Apa yang harus kamu lakukan saat mengalami masa puber? Diskusikan bersama orang tuamu. Kemudian, tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut!


Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan
Pembelajaran 5 (Hari Senin, 18 Januari 2021)

Lihat Halaman 29 di buku tema kalian, 

Ayo Menulis

Apakah yang dimaksud dengan poster? Coba tuliskan pengetahuanmu tentang poster!

Jawaban: Poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum biasanya berupa pengumuman atau iklan.

Baca baik-baik halaman 30-31,

Pada Halaman 32 Ayo Membaca: “Jadi Aktivis Peduli Lingkungan, Bocah Ini Kumpulkan 650 Kg Koran Bekas”. Lalu pada halaman 33 Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apa judul bacaan di atas?

Jawaban: Jadi Aktivis Peduli Lingkungan, Bocah Ini Kumpulkan 650 Kg Koran Bekas.

2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas? Sebutkan dua kata kunci pada judul bacaan di atas!

Jawaban: Aktivis lingkungan, Koran bekas

3. Apa informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci?

Jawaban: Flavian Abe Sam merupakan anak yang peduli terhadap lingkungan. Ia mengumpulkan dan mendaur ulang lebih dari 650 kg koran dan 60 telepon genggam tak terpakai. Sejak usia 6 tahun, ia tertarik pada gerakan lingkungan. Ia kemudian sering mengikuti kampanye lingkungan.

4. Apakah isi bacaan dalam teks sama dengan isi informasi sesuai kata kunci berdasarkan perkiraanmu?

Jawaban: Iya sama


Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama orang tuamu carilah bacaan mengenai kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.
Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkaan bacaan yang kamu temukan bersama orang tuamu.
1. Apa judul bacaan yang kamu temukan bersama orang tuamu?
2. Apa kata kunci pada judul bacaan? Sebutkan dua kata kunci pada bacaan!
3. Apa informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci?
4. Apakah isi bacaan setelah kamu membaca semua teks sama dengan isi bacaan sesuai kata kunci berdasarkan perkiraanmu? Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut!


Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan
Pembelajaran 6 (Hari Selasa, 19 Januari 2021)

Lihat Halaman 36 dan 37 di buku tema kalian, Baca baik-baik lalu jawab pertanyaannya

Ayo Berlatih

Ada bacaan dengan judul “Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah”.

Coba temukan kata kunci pada judul tersebut. Lalu tuliskan kata kunci tersebut ke dalam kolom di bawah ini. Tuliskan juga perkiraan informasi yang terdapat pada teks berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.

Jawaban:

No

Kata Kunci

Perkiraan Informasi yang terdapat dalam Teks Berdasarkan Kata Kunci

1.

Bahaya jajan tidak sehat

 

Tidak semua jajanan di sekitar sekolah itu sehat. Terkadang para penjual menambahkan bahan berbahaya pada jajanannya. Perlu waspada terhadap jajanan yang berwarna mencolok

2.

Dampak jajan tidak sehat

 

Jajanan tak sehat sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat merusak organ-organ tubuh anak. Dampaknya mungkin tidak langsung terlihat, namun akan terlihat dalam jangka waktu yang lama.


Pada halaman 37 sampai 38, ada teks yang harus kalian baca berjudul “Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah”.

Ayo Berlatih

Setelah membaca teks di atas apakah isi bacaan sama dengan isi bacaan sesuai kata kunci berdasarkan perkiraanmu?

Jawaban: Sama


Ayo Mengamati

Pada halaman 39, kalian diminta mengamati gambar alat musik yang disajikan. Kemudian ada halaman 40, kalian diminta menyebutkan nama alat musik tersebut beserta daerah asalnya.

Apa musik yang dimainkan pada gambar di atas? Dari daerah manakah alat musik tersebut? Tuliskan pada kolom berikut.

Jawaban
1. Angklung, berasal dari Jawa Barat.
2. Gamelan Bali, berasal dari Bali.
3. Tifa, berasal dari Papua.
4. Gordang Sambilan, berasal dari Sumatra Utara.


Ayo Bernyanyi

Pada halaman 40, disajikan sebuah lagu tradisional berjudul “Mariam Tomong”. Nyanyikan lagu tersebut buat video mu ya. 

Ini lirik lagunya:

Salendang ma diginjang kain panjang ma ditoru
Pangeol ni gonting ma songondengke ma mango lu
O Mariam Tomong dainang si napang masin
O Mariam Tomong dainang si napang masin


Ayo Mengamati

Pada halaman 41, kalian diminta mengamati isi lagu di atas berdasarkan syairnya.

Jawaban: Lagu Mariam Tomong berisi lirik yang menggambarkan kasih sayang seorang ibu yang berusaha menidurkan anaknya, berharap anaknya bermimpi indah. Dalam lirik lagu ini juga terdapat harapan-harapan sang ibu terhadap anaknya kelak.


Kerja Sama dengan Orang Tua

Diskusikan dengan orang tuamu tentang hal-hal yang merupakan kewajibanmu sebagai anggota keluarga! Tuliskan hasil diskusimu pada kotak berikut!




ULANGAN HARIAN/PENILAIAN HARIAN (UH/PH)
Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan
 (Hari Rabu, 20 Januari 2021)

Kerjakan soal-soal berikut ini !
PPKn
1. Gambar di bawah ini merupakan contoh kewajiban di ….


2. “menjaga ketenangan dan ketertiban di lingkungan sekolah” merupakan contoh …. di sekolah

Bahasa Indonesia
(teks bacaan untuk soal untuk nomor 3 dan 4)

Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia

Proklamasi berasal dari kata “proclamatio”, (dari bahasa Yunani), yang memiliki arti ‘pengumuman resmi kepada seluruh rakyat’. Pengumuman yang dimaksud adalah pengumuman yang berhubungan dengan ketatanegaraan.

Setiap bangsa pasti menginginkan kemerdekaan karena kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai. Begitu juga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia  pernah mengalami masa penjajahan cukup lama dan membuat rakyatnya menderita. Karena alasan itulah bangsa Indonesia bekerja sama, bahu membahu dengan sekuat tenaga berjuang untuk memperoleh kemerdekaannya.

Perjuangan bangsa Indonesia terwujud secara resmi setelah Soekarno-Hatta, atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan Soekarno-Hatta memiliki makna bahwa bangsa Indonesia telah merdeka dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh negara-negara lain. Indonesia menjadi bangsa dan negara yang memiliki kedudukan yang sama dan sederajat serta memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan negara-negara lain yang sudah merdeka dalam hubungan internasional.
3. Judul teks bacaan di atas adalah ….
4. Kata kunci pada judul bacaan di atas adalah ….

IPA
(teks bacaan untuk soal nomor 5 dan 6)

Kampung Rawajati

Di Kampung Hijau Rawajati, selain peduli untuk membuat lingkungan hijau oleh tanaman, terlihat juga kesadaran warga yang cukup tinggi untuk andil terhadap pengelolaan sampah dengan bijak. Sebuah sentra pengumpulan sampah disediakan di area kampung untuk menampung aneka sampah rumah tangga. Para ibu turut andil dengan memisahkan sampah dapur seperti kulit bawang, batang sayuran, kulit buah, dan kulit telur kemudian dikumpulkan di sentra bersama dengan sampah kebun. Campuran sampah dapur dan sampah kebun dari warga kemudian diolah menjadi kompos. Setiap warga diperbolehkan mengambil kompos untuk penyubur tanaman.
5. Yang termasuk dalam sampah dapur adalah ….
6. Campuran sampah dapur dan sampah kebun dari warga kemudian diolah menjadi ….

IPS
7. Perilaku positif terhadap makna Proklamasi Kemerdekaan adalah …..
8. Salah satu contoh upaya mengisi kemerdekaan dalam bidang keagamaan adalah …

SBdP 

 

9. Lagu “Mariam Tomong” diciptakan oleh …
10. Lagu “Mariam Tomong” berasal dari daerah …

Kunci Jawaban
PPKn
1. Lingkungan masyarakat
2. Mentaati peraturan
Bahasa Indonesia
3. Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia
4. Makna Proklamasi
IPA
5. Kulit bawang, batang sayuran, kulit buah, dan kulit telur
6. Kompos
IPS
7. perilaku kreatif, kritis, mandiri, berani membela kebenaran, dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip, asas-asas serta tujuan hidup bernegara
8. Rajin beribadah sesuai agama masing-masing
SBdP
9. Guru Nahum Situmorang
10. Daerah Tapanuli



No comments:

Post a Comment

Soal Tema 2 IPS Kelas 6

SOAL UH/PTS/UAS TEMA 2  KELAS 6 SEMESTER I  Kompetensi Dasar IPS I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang...