PANDUAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH SD KELAS 6
Tema 3 Tokoh dan Penemuan
Subtema 1 Penemuan Yang Mengubah Dunia
Edisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
Nama Siswa : ………
Kelas : VI (Enam)
Sekolah : SDN KERTASARI 01
Buku ini dikumpulkan lagi ke guru kelas sebagai bahan penilaian
Dan untuk siswa yang memiliki Buku Paket Tema 3 tetap diisi di buku temanya sebagai bahan belajar siswa
Tema 3 Tohoh dan Penemuan
Subtema 1 Penemuan yang Mengubah Dunia
Pembelajaran 1 (Hari Pertama)
Lihat di buku tematik halaman 1, 2, 3, 4, 6, 7, 8, 9
Tahukah kalian proses perjalanan arus listrik pada lampu-lampu di rumahmu? Bacalah teks berikut dalam hati! Pahami isinya dengan baik!
Listrik, Pengubah Wajah Dunia
Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia. Michael Faraday adalah tokoh penemu arus listrik. Faraday lahir pada tahun 1791 di Newington, Inggris. Ia berasal dari keluarga miskin dan hanya sebentar merasakan pendidikan di sekolah. Dengan perjuangan keras dan semangat pantang menyerah, ia akhirnya berhasil membuat alat sederhana pertama yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik.
Tahukah kamu? Bagaimana perjalanan arus listrik hingga sampai ke rumahmu?
Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara. Gelombang elektromagnetik terbentuk dari hasil perubahan medan magnet dan medan listrik yang terjadi terus menerus.
Proses tersebut kemudian memicu terjadinya arus yang kemudian kita kenal sebagai arus listrik. Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah.
Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan.
Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah. Rangkaian kabel tersebut umumnya berada di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding rumah untuk sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas. Rangkaian listrik di dalam rumah dapat berupa rangkaian seri atau rangkaian paralel.
Rangkaian seri dan paralel merupakan jenis-jenis rangkaian yang dipakai untuk menyambungkan dua ataupun lebih komponen listrik sehingga menjadi satu kesatuan utuh. Bila dilihat dari cara penyusunannya, rangkaian seri disusun dengan cara bersambung atau sejajar dan rangkaian paralel disusun berderet.
Contoh rangkaian seri dalam kehidupan sehari-hari adalah lampu senter. Rangkaian yang disusun seri pada lampu senter adalah baterai, karena hanya terdapat satu lampu pada senter. Hal tersebut yang menyebabkan lampu senter menyala sangat terang namun baterainya cepat habis. Rangkaian seri dan paralel juga bisa ditemui pada lampu-lampu di rumah.
Betapa penting peranan listrik bagi kehidupan manusia. Tanpa listrik, tentunya kita akan mendapatkan banyak kesulitan dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari. Namun demikian, kita juga harus tetap bijaksana menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari.
Teks tersebut terdiri atas 5 paragraf. Jawab pertanyaan berikut berdasarkan paragraf pada teks tersebut!
• Paragraf 1:
Apa topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis?
Topik permasalahan mengenai penemuan arus listrik oleh Michael Faraday.
• Paragraf 2:
a. Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik?
Arus listrik merupakan gelombang elektromagnetik atau gelombang yang mampu merambat, meskipun tanpa media perantara
b. Bagaimana proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga sampai di rumah penduduk? Jelaskan secara berurutan!
Arus listrik yang dihasilkan dari generator di pusat pembangkit listrik.
Kemudian, disalurkan melalui kabel jaringan listrik tegangan tinggi berupa menara-menara tinggi menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah.
Lantas, arus listrik disalurkan menuju ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan.
• Paragraf 3:
a. Apa yang terjadi dengan arus listrik saat tiba di rumah warga? Jelaskan secara berurutan!
Saat tiba di rumah warga, arus listrik mengalir ke rangkaian kabel listrik di dalam rumah.
Rangkaian ini biasanya berada di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding untuk sakelar.
Kemudian, colokan listrik untuk digunakan pada peralatan elektronik
b. Apa manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga?
Manfaatnya, yakni dihubungkan ke berbagai peralatan elektronik seperti televisi, kulkas, dan kipas angin
c. Apa perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel?
Rangkaian seri disusun secara bersambung atau sejajar dan paralel disusun secara berderet
• Paragraf 4:
Apa kesimpulan dari isi teks tersebut?
Penggunaan rangkaian seri pada lampu senter, bisa membuat nyala lampu senter lebih terang, tetapi baterai cepat habis
• Paragraf 5:
Adakah pesan yang disampaikan oleh penulis? Jelaskan dengan singkat!
Ada, yakni listrik berperan penting bagi manusia. Aktivitas sehari-hari dapat terhambat tanpa listrik. Jadi, lebih baik menggunakan listrik secukupnya
Ayo Berdiskusi
Bongkarlah senter yang kamu miliki!
Amati komponen-komponen yang terdapat pada senter, seperti berikut ini:
Kenali setiap bagian komponen tersebut kemudian tuliskan dalam tabel berikut beserta fungsinya!
No
|
Nama Komponen
|
Fungsi Komponen
|
1
|
Baterai
|
Penyuplai arus listrik
|
2
|
Reflektor
|
Memfokuskan cahaya lampu
senter
|
3
|
Logam penghantar
|
Menghantarkan arus listrik
dari baterai ke lampu
|
4
|
Saklar
|
Menghubungkan dan memutus
arus listrik yang mengalir ke lampu
|
Amati rangkaian listrik sederhana pada lampu senter tersebut dengan teliti!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman!
1. Bagaimana posisi lempengan logam untuk membuat lampu menyala?
Posisi logam sebagai penghubung arus listrik yang keluar dari baterai menuju ke lampu
2. Apa komponen yang sebaiknya digunakan untuk mengganti lempengan logam tersebut, yang biasanya terdapat pada rangkaian lampu di rumah?
Kabel tembaga yang dilapisi karet. Dikarenakan mampu menghantarkan listrik lebih baik dan menghindari korsleting
Tuliskan proses perjalanan arus listrik pada rangkaian listrik senter tersebut secara rinci dan berurutan!
Dalam keadaan normal, lampu senter mati, namun bila saklar dihidupkan, arus listrik yang tersimpan pada baterai akan mengalir dari terminal positif (+) baterai menuju saklar.
Kemudian, arus listrik mengalir menuju lampu sehingga lampu senter menyala.
Dari lampu, arus listrik mengalir kembali ke terminal negatif (-) baterai hingga berhenti jika saklar dimatikan.
Nah, sekarang kamu akan mencoba membuat rangkaian listrik sederhana seperti pada senter. Tentukan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat 1 rangkaian sederhana! Tuliskan pada tabel berikut!
Percobaan
Membuat Rangkaian Listrik Sederhana
|
|
Nama
bahan dan alat
|
Fungsi
|
Jumlah
yang diperlukan
|
Bahan
yang diperlukan
|
Bohlam 3,8 volt
|
penghasil cahaya
|
1 buah
|
Baterai 1,5 volt
|
sumber arus listrik
|
2 buah
|
Dudukan baterai
|
dudukan baterai
|
1 buah
|
Papan triplek
|
alas rangkaian
|
20 x 30
cm
|
Kabel
|
penghantar listrik
|
30 cm
|
Alat yang
digunakan
|
Tang
|
memotong dan menyambung
kabel
|
1 buah
|
Gunting
|
memotong kabel
|
1 buah
|
Ayo Mengamati
Perhatikan bola lampu yang terdapat di dalam kelas dan nyalakan lampu tersebut! Menurutmu, apa perbedaan antara masa sebelum ada listrik dan setelah ada listrik?
Tuliskan hasil diskusimu pada bagan berikut!
|
|
Sebelum
ada listrik
- Penerangan kurang pada
malam hari
- Tidak bisa berkomunikasi
jarak jauh
- Mengisi bak air harus
menimba
- Menghaluskan bumbu dengan menumbuk
|
Setelah
ada listrik
- Penerangan semakin
terang pada malam hari
- Bisa berkomunikasi jarak
jauh
- Banyak tersedia
alat-alat elektronik
- Menghaluskan bumbu
dengan blender elektrik
- Mengisi bak air dengan menyalakan saklar
|
Jawaban:
Beragam benda dan peralatan rumah tangga sebelum ada listrik:
- Setrika arang
- Lumpang untuk menumbuk bumbu
- Kipas bambu atau kipas kertas
Beragam benda dan peralatan rumah tangga setelah ada listrik:
- Setrika listrik
- Rice Cooker
- Ponsel, Telepon
- Blender
- Kipas elektrik
Pembelajaran 2 (Hari Kedua)
Lihat di buku tematik halaman 10, 11, 12, 13, 14
Michael Faraday menemukan generator penghasil arus listrik. Dengan adanya listrik, banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh. Listrik membuat orang hidup lebih nyaman karena banyak pekerjaan yang dapat terbantu. Ayo, kita pelajari lebih lanjut.
Ayo Mengamati
Lihat gambarnya pada buku tema mu.
Di kamar Edo, benda-benda apa saja yang menggunakan listrik?
Radio, Kipas angin, lampu ruangan, dan lampu belajar
Apa manfaat listrik untuk Edo?
Listrik bermanfaat untuk mendukung kegiatan belajar Edo ketika malam hari
Sekarang, amatilah sekitarmu! Coba tuliskan manfaat listrik yang kamu temukan!
1. Lampu untuk menyinari ruangan atau sebagai penerangan
2. Berkomunikasi jarak jauh menggunakan handphone.
3. Mendapatkan air dengan pompa air elektrik.
4. Menghaluskan bumbu dengan blender.
5. Mendapatkan hiburan dengan menyaksikan televisi.
Begitu banyak manfaat listrik bagi kehidupan kita. Dengan adanya listrik kita dapat menonton televisi, menyalakan radio, menyalakan lampu dan lain-lain. Kalian pasti pernah mengalami pemadaman listrik. Apa yang kalian rasakan saat itu?
Saya merasa terhambat ketika melakukan sesuatu
Jawaban Gambar 1:
Sudah, dengan bersekolah bisa mendapatkan pendidikan
Jawaban Gambar 2:
Sudah, karena orang tuanya mendengarkan pendapatnya
Jawaban Gambar 3:
Belum, karena dia mendapat bully-an dari teman-temannya yang membuatnya takut
Jawaban Gambar 4:
Belum, alasannya karena orang tuanya lebih peduli dengan aktivitasnya sendiri
Sekarang, carilah contoh hak dalam kehidupan sehari-harimu!
Hak di rumah
|
Hak di sekolah
|
Hak di tengah masyarakat
|
- Mendapatkan makanan
& minuman
- Mendapatkan uang jajan
- Bermain
- Mendapatkan kasih sayang
|
- Mendapatkan ilmu
- Membaca buku di
perpustakaan
- Berteman
- Mengikuti kegiatan
sekolah
|
- Berpendapat
- Membangun rumah
- Mengadakan acara
- Menggunakan jalan umum
|
Apa yang dimaksud dengan hak?
Hak merupakan sesuatu yang berhak dimiliki seseorang dan penggunaannya tergantung orang tersebut.
Apa saja yang memengaruhi hak kita?
Ketika di rumah
|
Ketika di sekolah
|
Ketika di tengah masyarakat
|
-
Kondisi fisik
-
Konflik rumah tangga
-
Kurangnya kesadaran orang tua
mengenai kewajibannya
|
-
Kurangnya perhatian dari
pemerintah
-
Kurangnya kesadaran pihak sekolah
tentang kewajibannya
-
Kurangnya dana keuangan sekolah
|
-
Konflik masyarakat
-
Kurangnya kesadaran masyarakat
mengenai kewajibannya
-
Status sosial
|
Lihat di buku tematik halaman 15, 16, 17, 18
Apakah kamu menemukan bentuk lingkaran?
Iya, saya menemukan lingkaran
Coba kamu lingkari bentuk yang kamu temukan.
Motif di karpet, lukisan di dinding, kipas angin, bantal
Apakah hasilmu dan temanmu sama? Mengapa?
Sama, karena kami bekerja sama mengamatinya
Coba amati sekelilingmu! Apakah kamu menemukan bentuk lingkaran? Mengapa benda-benda tersebut berbentuk lingkaran?
No
|
Nama benda
|
Mengapa bentuknya
lingkaran?
|
Apa yang terjadi jika
bentuknya bukan
lingkaran
|
1
|
Roda
|
tujuannya mempermudah jalan
|
Kendaraan tersebut tidak akan melaju
karena bentuk ban bukan roda melainkan segitiga, limas atau sebagainya
|
2
|
Tutup Botol
|
agar mudah dalam membuka dan
menutupnya
|
Maka tidak bisa dibuka dan ditutup
dengan cara diputar
|
3
|
Bola
|
agar dapat menggelinding dan dapat
digunakan
|
Maka bola tersebut tidak akan bisa
menggelinding
|
4
|
Kaleng
|
lebih kuat
|
Maka kurang kuat
|
5
|
Jam Dinding
|
mudah diputar
|
Sulit menunjukkan jam
|
Apa itu lingkaran?
Lingkaran merupakan himpunan semua titik di bidang datar yang berjarak sama dari suatu titik tetap di bidang tersebut
Apakah lingkaran dibatasi oleh kurva tertutup? Jelaskan!
Ya, lingkaran dibatasi kurva tertutup
Dikarenakan kurva tertutup pada lingkaran merupakan tempat kedudukan titik-titik yang mempunyai jarak sama terhadap titik pusat
Apa yang membedakan bentuk lingkaran dengan bentuk lainnya?
Lingkaran berupa garis yang berbentuk melingkar, kemudian tidak ada ujung maupun pangkalnya
Berdasarkan bentuk yang sudah kamu temukan, menurutmu apa manfaat lingkaran dalam kehidupan sehari-hari?
Lingkaran memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:
1. Sebagai bola
2. Sebagai roda kendaraan
3. Sebagai rambu lalu lintas
4. Sebagai jam dinding
5. Sebagai piring
Pembelajaran 3 (Hari Ketiga)
Lihat di buku tematik halaman 22, 23, 24, 25, 26, 27, 28, 29, 30
Baca informasi berikut untuk memperkaya pengetahuanmu tentang para tokoh penemu tingkat dunia.
James Naismith
James Naismith lahir di Kanada, 6 November 1861. Ia adalah penemu olahraga bola basket. Naismith saat itu ditantang mencari cara untuk menghilangkan kebosanan yang dialami murid-muridnya dalam pelajaran olahraga saat musim dingin. Terinspirasi oleh suatu permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, Naismith kemudian menciptakan permainan yang kemudian dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891.
1. Apakah kamu berhasil mencapai jumlah yang ditentukan saat melakukan Push Up Dan Sit Up? Jelaskan alasannya!
Jawaban:
Ya, saya berhasil, karena saya mampu melakukan push up dengan jumlah yang ditentukan tanpa istirahat, dan terus dilakukan berulang hingga jumlah yang ditentukan tercapai
2. Apa kesulitan yang kamu hadapi saat melakukan Push Up, Pull Up, Sit Up, dan loncat tegak (Vertical Jump)?
Jawaban:
Saya tidak menemui adanya hambatan atau kesulitan yang berarti dalam melakukan ketiga gerakan tersebut, terkecuali saya melakukannya lebih dari batasan jumlah gerakan saya yang biasa saya lakukan, maka otot yang saya gunakan akan letih dan kram
3. Bagaimana rencanamu ke depannya untuk meningkatkan kebugaran tubuhmu?
Jawaban:
Untuk meningkakan kebugaran tubuh, saya akan menambah gerakan lain selain ketiga gerakan di atas, seperti berlari, jalan cepat, mengkonsumsi makanan sehat seimbang, dan menjaga pola tidur
4. Bagaimana variasi permainan yang dapat dikembangkan untuk Push Up, Pull Up, Sit Up, dan loncat tegak (Vertical Jump)?
Jawaban:
Variasi untuk gerakan push up, pull up, sit up, dan loncat tegak adalah dengan mengabungkannya dalam satu gerakan berkesinambungan, pertama lakukan loncat tegak, kemudian mendarat, dan loncat kembali untuk melakukan pull up 1 kali, selesai pull up langsung duduk dan melakukan gerakan sit up 1 kali, kemudian balikkan badan hingga posisi telungkup dan melakukan push up satu kali, selanjutnya kembali berdiri dan ulangi gerakan di atas
Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang "Listrik, Pengubah Dunia", dan menjawab pertanyaan bacaan.
Amati kembali jawabanmu! Pastikan bahwa jawaban tersebut benar dan sesuai dengan isi bacaan!
Tuliskan jawabanmu pada diagram berikut, sesuai dengan urutan paragrafnya:
- Paragraf 1
Penemuan arus listrik oleh Michael Faraday
- Paragraf 2
a. Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik atau gelombang yang mampu merambat walau tanpa media perantara.
b. Arus listrik yang dihasilkan dari generator di pusat pembangkit listrik, disalurkan melalui kabel jaringan listrik tegangan tinggi berupa menara-menara tinggi menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah. Kemudian arus listrik disalurkan menuju ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan
- Paragraf 3
a. Saat tiba di rumah warga, arus listrik mengalir ke rangkaian kabel listrik di dalam rumah. Rangkaian ini biasanya berada di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding untuk sakelar dan colokan listrik untuk digunakan pada peralatan elektronik.
b. Untuk dihubungkan ke berbagai peralatan elektronik seperti televisi, kipas angin, dan kulkas.
c. Rangkaian seri disusun secara bersambung atau sejajar dan paralel disusun secara berderet.
- Paragraf 4
a. Penggunaan rangkaian seri pada lampu senter dapat membuat nyala lampu senter lebih terang, namun menyebabkan baterai cepat habis.
b. Listrik berperan penting bagi manusia. Aktivitas sehari-hari dapat terhambat tanpa adanya listrik. Kita juga harus menggunakan listrik dengan bijaksana.
Ayo Menulis
Buatlah laporan dari percobaan membuat rangkaian seri sederhana yang kamu lakukan.
Laporan Kegiatan Percobaan
|
Nama Percobaan:
Membuat rangkaian lampu
seri sederhana
|
Tujuan Percobaan:
- Mengenal rangkaian dasar
listrik
- Mengetahui proses aliran
arus listrik
- Melatih kreativitas
|
Alat-alat:
- Alat: Tang dan cutter - Bahan: Papan triplek,
bohlam, fitting lampu, saklar, baterai, kabel, lem, dan solasi.
|
Langkah Kerja:
1. Membuat tanda pada triplek untuk
menentukan titik letak masing-masing komponen. 2. Tempelkan dudukan baterai,
saklar, dan fitting lampu di triplek sesuai titik yang telah ditentukan. 3. Kupas ujung kabel dengan cutter,
lalu hubungkan ke terminal positif dudukan baterai. 4. Potong kabel tadi sesuai jarak
dudukan baterai dan terminal saklar. Kupas ujung kabel tersebut lalu
hubungkan ke terminal saklar. 5. Ulangi langkah 3 dan 4 untuk
menghubungkan terminal saklar ke terminal fitting lampu serta terminal
fitting lampu ke terminal negatif baterai. 6. Tempelkan sedikit solasi ke
setiap sambungan kabel dengan terminal setiap komponen. 7. Pasang lampu ke masing-masing
fitting lampu dan pasang baterai ke dudukan baterai. 8. Rangkaian selesai dibuat.
|
Kesimpulan: Rangkaian seri membuat
arus listrik mengalir dalam satu jalur. Jika salah satu lampu dinyalakan,
lampu yang lain juga menyala. Begitu juga ketika dimatikan.
|
Pembelajaran 4 (Hari Keempat)
Lihat di buku tematik halaman 32, 33, 34, 35, 36, 37, 38, 39, 40, 41
Ayo Membaca
Thomas Alva Edison,
Sang Penemu Bola Lampu Pijar
Pernahkah terbayang olehmu hidup tanpa penerangan? Setelah Matahari terbenam, tentu akan sulit melakukan kegiatan di luar rumah karena lingkungan yang gelap gulita. Kegiatan didalam rumah mungkin juga terbatas. Kita patut mensyukuri salah satu penemuan besar yang mengubah dunia. Penemuan bola lampu pijar oleh Thomas Alva Edison.
Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Ia tidak pernah menyelesaikan pendidikan resmi di sekolah. Ia hanya sempat bersekolah selama tiga bulan. Edison diajar oleh ibunya di rumah. Walaupun tidak mengikuti pendidikan formal, terlihat bahwa Edison memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Di usia 11 tahun, Edison sudah dapat membuat telegraf sederhana. Di usia 12 tahun, ia memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca literatur dan melakukan berbagai percobaan. Pada tahun 1861 ia dapat mencetak koran. Koran terbitannya “Weekly Herald” laris terjual.
Ia melihat dunia butuh penerangan. Ia menghabiskan waktu selama dua tahun serta dana yang cukup besar untuk mengembangkan penemuan. Melalui kerja kerasnya, pada tanggal 21 Oktober 1879 lahir lampu pijar listrik pertama yang dapat menyala selama 40 jam.
Kegigihan Thomas Alva Edison memberikan hal baru bagi dunia. Rasa ingin tahunya yang tinggi dan sikap pantang menyerahnya mampu mengubah dunia menjadi lebih baik.
Identifikasi informasi pada teks eksplanasi di atas.
Tulislah informasinya pada grafik berikut.
Paragraf 1: Topik Masalah
Apa yang dibahas pada teks di atas?
Jawaban:
Penemuan bola lampu pijar yang mengubah dunia
Paragraf 2: Deret Penjelas
Siapakah Thomas Alva Edison?
Seorang penemu yang lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847
Paragraf 3: Deret Penjelas
Bagaimana Thomas Alva Edison menemukan bola lampu pijar?
Jawaban:
Setelah menghabiskan waktu selama 2 tahun dan dana yang besar, bola lampu pijar listrik akhirnya ditemukan pada 21 Oktober 1879 yang mampu menyala selama 40 jam
Paragraf 4: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Apa yang dapat kamu simpulkan tentang sikap Thomas Alva Edison?
Jawaban:
Setelah menghabiskan waktu selama 2 tahun dan dana yang besar, bola lampu pijar listrik akhirnya ditemukan pada 21 Oktober 1879 yang mampu menyala selama 40 jam
Ayo Mencoba
Perhatikan gambar lampu pijar berikut.
1. Bagian mana dari lampu pijar tersebut yang berbentuk lingkaran?
Jawaban:
Bola kaca
2. Mengapa bagian tersebut berbentuk lingkaran?
Jawaban:
Karena berfungsi untuk menyebarkan cahaya dari lampu
3. Apa yang terjadi jika penampang lampu tidak berbentuk lingkaran?
Jawaban:
Cahaya tidak bisa menyebar secara merata
Kamu sudah belajar tentang definisi lingkaran dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang kita akan belajar tentang unsur-unsur lingkaran.
Amatilah lingkaran berikut (Gambar lingkaran halaman 34)
Tulislah hal-hal yang ingin kamu ketahui tentang unsur-unsur lingkaran!
Jawaban:
Ada beberapa bagian lingkaran yang ingin saya ketahui tentnag unsur-unsur sebuah lingkaran.
Di antaranya titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema, sudut pusat, dan sudut lingkaran.
1. Bagaimana hubungan antara panjang garis AP dan AB?
AP merupakan jari-jari lingkaran, sementara AB merupakan diameter lingkaran.
Hubungannya yakni AP separuh dari AB
2. Jika panjang AP disebut jari-jari lingkaran (dilambangkan dengan r) dan AB adalah diameter lingkaran (dilambangkan dengan d), bagaimana hubungan antara r dan d?
Jawaban:
Ayo Berlatih
1. Sebuah lingkaran mempunyai jari-jari 8 cm. Hitunglah berapa panjang diameternya?
Jawaban:
Jari-jari x 2 = diameter
8 x 2 = 16 cm
Jadi, panjang diameternya adalah 16 cm
2. Sebuah lingkaran mempunyai panjang diameter 10 cm. Hitunglah panjang jari-jarinya?
Jawaban:
Diameter / 2 = jari-jari
10 / 2 = 5 cm
Jadi, panjang jari-jarinya adalah 5 cm
3. Misalkan terdapat dua lingkaran A dan B. Diameter lingkaran A adalah 2 kali lingkaran B. Jika jari-jari lingkaran B adalah 6 cm, hitunglah diameter lingkaran A.
Jawaban:
Diameter lingkaran A = 2 x diameter lingkaran B
dA = 2 x dB
dA = 2 x 2 x rB
dA = 2 x 2 x 6
dA = 24 cm
Jadi, diameter lingkaran A adalah 24 cm
4. Terdapat dua lingkaran A dan B. Panjang jari-jari lingkaran B adalah 3 kali lingkaran A. Jika jari-jari lingkaran B adalah 6 cm, hitunglah diameter lingkaran A.
Jawaban:
3 x diameter A = Jari-jari lingkaran B
3 x dA = 6
dA = 6/3
dA = 2 cm
Jadi, diameter lingkaran A adalah 2 cm
Ayo Berdiskusi
Dengan ditemukannya lampu pijar, saat ini kita dapat melakukan berbagai hal di malam hari. Seperti yang dilakukan oleh Siti dan adiknya berikut.
Lampu Belajar Hadiah dari Ayah
Setiap malam hari, pukul 19.00-20.00, Siti dan adiknya selalu belajar. Mereka belajar dengan menggunakan lampu belajar. Lampu belajar itu adalah hadiah dari ayah 6 bulan yang lalu. Ayah memberikan lampu belajar kepada Siti dan adiknya supaya mereka giat belajar.
Siti selalu menjaga lampu belajar miliknya. Ia mematikan ketika sudah selesai digunakan. Ia juga membersihkannya jika kotor. Sampai saat ini lampu belajar Siti masih dapat digunakan dengan baik. Siti terlihat nyaman saat belajar. Berbeda dengan adik Siti yang selalu mengeluh ketika belajar. Lampu belajarnya rusak.
Lampu belajarnya rusak karena sering tidak dimatikan. Terlihat juga banyak kotoran yang menempel karena jarang dibersihkan.
Ayah berpesan kepada Siti dan adiknya untuk merawat barang-barang mereka. Barang-barang yang dirawat dengan baik tidak mudah rusak. Hal ini membuat barang-barang tersebut dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama.
Berdasarkan teks di atas, diskusikan pertanyaan berikut.
1. Apakah hak yang didapatkan oleh Siti?
Jawaban:
Hak untuk belajar, mendapat fasilitas belajar, dan mendapat perhatian dari orang tua
2. Apakah hak yang didapatkan oleh adik Siti?
Jawaban:
Seperti kakaknya, yaitu mendapat hak untuk belajar, mendapat fasilitas belajar, dan mendapat perhatian dari orang tua
3. Apakah Siti telah menggunakan haknya dengan tanggung jawab?
Jawaban:
Siti telah menggunakan hanya dengan tanggung jawab karena lampu belajar yang diberikan ayahnya dijaga dengan baik dengan mematikannya jika tidak digunakan.
Bahkan ketika kotor, lampu tersebut juga ia bersihkan
4. Apakah adik Siti telah menggunakan haknya dengan tanggung jawab?
Jawaban:
Belum bertanggung jawab.
Lampu belajar adik Siti rusak akibat ia sering membiarkannya menyala dan jarang membersihkannya.
5. Apa manfaatnya ketika kita menggunakan hak kita dengan tanggung jawab?
Jawaban:
Orang lain akan selalu menghargai kita, selalu dipercaya orang lain, dan kita dapat menjaga hubungan baik dengan orang lain
Amatilah benda-benda yang menjadi hakmu!
Apakah kamu telah menggunakannya dengan tanggung jawab?
Benda
|
Bagaimana
kamu
menggunakannya?
|
Bagaimana
kamu
merawatnya?
|
Apakah
kamu
sudah
bertangung
jawab
dalam
menggunakannya?
|
Apa
manfaatnya
ketika
kamu
bertanggung
jawab?
|
Sandal
|
Saya menggunakannya setiap hari
|
Saya merawatnya jika terkena lumpur
saja
|
Iya, saya sudah bertanggung jawab
dalam menggunakannya dengan menaruhnya pada tempatnya setelah menggunakannya
|
Manfaatnya adalah sandal saya tidak
mudah rusak atau hilang
|
Sepatu
|
Saya menggunakannya setiap pergi ke
sekolah
|
Saya mencucinya setiap hari Minggu
|
Iya, saya sudah bertanggung jawab
dalam menggunakannya dengan membersihkannya dan menaruhnya pada rak sepatu
setelah menggunakannya
|
Manfaatnya adalah sepatu saja selalu
bersih, tidak bau, dan nyaman dipakai
|
Tas sekolah
|
Saya menggunakannya setiap pergi ke
sekolah
|
Saya menjemurnya setiap terkena
hujan
|
Iya, saya sudah bertanggung jawab
dalam menggunakannya dengan meletakkannya di tempatnya setelah pulang sekolah
|
Manfaatnya adalah tas saya tidak
mudah berjamur dan mudah ditemukan
|
Buku tulis
|
Saya menggunakannya setiap hari
|
Saya merawatnya dengan menyampulinya
|
Iya, saya sudah bertanggung jawab
dengan menatanya serapi mungkin
|
Manfaatnya adalah saya dengan mudah
menemukannya
|
Tempat tidur
|
Saya menggunakannya setiap hari
|
Saya merawatnya dengan menjaga
kebersihannya
|
Iya, saya sudah bertanggung jawab
dengan merapikannya setelah bangun tidur dan mengganti seprainya seminggu
sekali
|
Manfaatnya adalah tempat tidur saya
selalu rapi dan nyaman untuk digunakan
|
Apa yang dapat kamu simpulkan?
- Apakah kamu sudah menggunakan barang-barangmu dengan bertanggung jawab?
Jawaban:
Ya, saya sudah menggunakan barang-barang saya dengan bertanggung jawab
- Apa manfaat ketika kamu bertanggung jawab terhadap barang-barang yang menjadi hakmu?
Jawaban:
Barang kita akan terawat dan tidak cepat rusak
- Apakah kamu sudah bertanggung jawab atas hak yang sudah kamu dapatkan?
Jawaban:
Saya sudah bertanggung jawab atas hak yang diberikan kepada saya
Orang tua kita telah memberikan hak kepada kita untuk menggunakan barangbarang seperti sepatu, sepeda, dan lain-lain. Kita harus bertanggung jawab ketika menggunakan barang-barang tersebut. Menggunakan dengan hatihati, menyimpan ketika sudah digunakan, dan merawatnya adalah contoh bentuk tanggung jawab. Ketika kita bertanggung jawab maka barang-barang tersebut dapat kita manfaatkan dalam waktu yang lama.
Pembelajaran 5 (Hari Kelima)
Lihat di buku tematik halaman 43, 44, 45, 46, 47, 48
Dengan ditemukannya bola lampu, banyak perubahan yang terjadi pada kehidupan masyarakat. Dulu malam hari terlihat gelap karena tidak ada lampu yang menyinari. Sekarang, menjadi lebih terang dan kita dapat melakukan berbagai kegiatan di malam hari.
Tulislah manfaat lampu dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban:
1. Sebagai lampu penerangan
2 Sebagai lampu untuk mengatus lalu lintas
3. Sebagai hiasan rumah
4. Sebagai pertanda atau sinyal sesuatu hal
Menurutmu, bagaimana kehidupan masyarakat sebelum ada bola lampu dan sesudah ada bola lampu?
Tuliskan jawabanmu pada bagan berikut!
Sebelum ada
listrik
|
Setelah
ada listrik
|
|
|
- Ketika malam hari maka akan gelap
dan tidak bisa melakukan aktivias pekerjaan - Mengandalkan lampu minyak atau
obor utk penerangan - Kegiatan belajar tidak bisa
dilakukan malam hari
|
- Malam hari tetap terang dan bisa
melakukan aktivitas pekerjaan - Menggunakan lampu sebagai
penerangan - Aktivitas bisa dilakukan kapan
saja - Kegiatan belajar dapat dilakukan
malam hari dan kapan saja
|
Bacalah teks berikut!
Terang yang Membawa Kemudahan
Kehidupan masyarakat dunia berubah dengan ditemukannya bola lampu pijar. Dahulu, sebagian besar kegiatan terpaksa berhenti setelah matahari terbenam. Penerangan di malam hari memang mungkin dilakukan dengan cahaya api, atau sejenis lampu tempel berbahan bakar minyak. Namun demikian, jenis penerangan ini tidak praktis dalam penggunaannya. Penemuan bola lampu pijar memberikan kemudahan bagi masyarakat dunia untuk memperluas cakupan kegiatannya.
Dulu, minimnya penerangan di jalan membuat kegiatan harus berakhir demi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. Kini, di kota-kota besar khususnya, kegiatan di jalan raya terus berlangsung sepanjang hari. Pengiriman barang ke berbagai kota dapat dilakukan sepanjang hari. Tokotoko buka hingga larut malam, sehingga para pekerja masih dapat berbelanja aneka kebutuhan setelah pulang bekerja. Anak-anak dimungkinkan dapat belajar dan mengerjakan tugas dengan maksimal di malam hari. Tak ada alasan bahwa gelap menghalangi keinginan membaca buku sebelum beristirahat demi menambah wawasan.
Ketika berbagai kemudahan telah tersedia di depan mata, tidak ada alasan bagi manusia untuk menunda penyelesaian pekerjaannya. Tak ada alasan bagi manusia untuk berhenti mengembangkan diri.
1. Bagaimana perkembangan dari penerangan di dunia?
Jawaban:
Awalnya, sebelum ada penerangan atau lampu, aktivitas menjadi terhambat.
Namun, seiring perkembangan zaman yang semakin modern, ada bola lampu pijar yang ditemukan.
Sehingga membantu penerangan dan aktivitas masyarakat bisa dilakukan kapan saja.
2. Apa saja dampak dari adanya bola lampu bagi kehidupan masyarakat?
Jawaban:
Aktivitas manusia dapat dilakukan kapan saja, meskipun malam hari.
Kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan terjaga.
Toko-toko bisa buka hingga larut malam.
Pelajar sekolah bisa belajar pada malam hari.
Sekarang amati lingkungan sekitarmu!
Temukan sebanyak mungkin pengaruh bola lampu bagi kehidupan masyarakat di tempat tinggalmu. Kamu dapat mencari informasi dari berbagai sumber, misalnya wawancara kepada guru, staf, dan petugas sekolah lain. Kamu juga dapat mencari informasi dari berbagai sumber.
Tuliskan dalam tabel berikut!
No
|
Pengaruh bola lampu bagi
kehidupan masyarakat
|
1
|
Jalan raya menjadi terang.
|
2
|
Keamanaan lingkungan lebih
terjamin.
|
3
|
Masyarakat dapat membuka
tokonya atau berjualan hingga malam hari.
|
4
|
Pertunjukkan suatu acara
bisa dilakukan malam hari tanpa hambatan penerangan.
|
5
|
Aktivitas warga dapat
berjalan hingga malam hari, misalnya pertemuan warga.
|
Selain bola lampu, banyak sekali penemuan yang membawa perubahan bagi kehidupan masyarakat. Bagaimana perubahan kehidupan masyarakat setelah ditemukan alat-alat berikut?
|
|
|
Setrika:
Menghaluskan pakaian, Tidak perlu menyiapkan
arang, Panasnya dapat diatur.
|
Kompor:
Tidak menimbulkan asap
yang berlebihan, Kegiatan memasak menjadi
lebih mudah dan cepat karena apinya stabil atau bisa dibesarkan.
|
Komputer:
Kegiatan mengetik menjadi
lebih mudah dan cepat, Kesalahan penulisan dapat
diminimalisir, Hasil tulisan bisa
disimpan dalam folder atau file
|
Dengan ditemukan teknologi baru banyak membawa perkembangan bagi kehidupan masyakat. Perkembangan tersebut membawa ke arah modernisasi. Penemuan tersebut memudahkan pekerjaan manusia. Bola lampu pijar yang ditemukan membawa banyak manfaat bagi kehidupan manusia di dunia.
1. Bagaimana hubungan antara titik pusat, jari-jari, dan busur pada lingkaran?
Jawaban:
Busur merupakan garis lengkung bagian tertutup pada lingkaran.
Sementara jari-jari adalah segmen garis yang menghubungkan titik pusat dengan suatu titik pada lingkaran.
Jadi, jarak antara titik pusat dengan busur = jari-jari.
2. Bagaimana hubungan antara jari-jari, diameter, juring, dan busur pada lingkaran?
Jawaban:
Hubungan antara jari-jari, juring dan busur pada lingkaran ditentukan sebagai ratio besar dua sudut pusat = ratio panjang dua busur lingkaran = ratio luas dua juring lingkaran
3. Bagaimana hubungan antara busur, tali busur, dan tembereng pada lingkaran?
Jawaban:
Busur dan tali busur yang melalui dua titik sama akan membentuk sebuah tembereng.
Dengan kata lain tembereng merupakan daerah yang dibatasi oleh busur dan tali busur
Dengan kerja keras dan pantang menyerah, Thomas Alva Edison berhasil menemukan bola lampu. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu telah memiliki sikap pantang menyerah pada saat belajar lingkaran?
Pembelajaran 6 (Hari Keenam)
Lihat di buku tematik halaman 51, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58, 59
Baca teks berikut dalam hati!
Roda, Pengubah Wajah Dunia
Perhatikan semua benda di sekeliling kita, adakah yang memiliki roda? Banyak sekali mesin, peralatan, alat transportasi, dan benda buatan manusia menggunakan roda. Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah.
Awalnya roda dibuat oleh ahli menggunakan mesin pemintal. Peninggalan roda paling tua berasal dari Mesopotamia yang digunakan untuk kendaraan di sekitar tahun 3000 SM. kemudian muncul juga di Tiongkok, Arab, Eropa dan belahan dunia lainnya. Perkembangan roda dimulai dari bentuk sederhana berupa balok kayu yang digulingkan, kemudian diubah menjadi potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, hingga roda berjari-jari. Bagian tengah roda kemudian juga diganti besi sehingga roda menjadi semakin kuat.
Seiring dengan perkembangan zaman, roda terus mengalami perbaikan. Charles Goodyear pada tahun 1839 berhasil menciptakan ban terbuat dari karet yang lebih tahan goncangan dan lebih kuat terhadap gesekan permukaan jalan. Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop kemudian menciptakan ban yang berisi udara. Pada perkembangannya, saat ini roda mempunyai banyak ukuran dan jenis, ada yang terbuat dari besi, kayu, karet atau gabungan dari beberapa jenis bahan yang disesuaikan dengan fungsinya.
Berkat penemuan roda, menempuh jarak antar tempat di berbagai belahan dunia menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Pengaruh roda sangat terasa terhadap perkembangan ekonomi masyarakat dunia, karena pendistribusian barang-barang perdagangan menjadi lebih cepat dan mudah. Tanpa roda, tentunya kehidupan manusia akan menjadi sangat sulit.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama teman tentang urutan peristiwa penemuan roda. Analisis garis waktu sejarah perkembangan roda berikut ini! Apakah telah sesuai dengan urutan yang terdapat di dalam bacaan?
Jawaban:
Ya, garis waktu sejarah sudah sesuai dengan bacaan Roda, Pengubah Wajah Dunia
Apakah teks tersebut termasuk ke dalam jenis teks eksplanasi ilmiah? Berikan alasannya!
Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada diagram berikut!
Paragraf 1: Topik Masalah
Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah
Paragraf 2: Deret Penjelas
Peninggalan roda paling tua berasal dari Mesopotamia yang digunakan untuk kendaraan di sekitar tahun 3000 SM
Paragraf 3: Deret Penjelas
Charles Goodyear pada tahun 1839 berhasil menciptakan ban terbuat dari karet.
Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop kemudian menciptakan ban yang berisi udara
Paragraf 4: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Pengaruh roda sangat terasa terhadap perkembangan ekonomi masyarakat dunia, karena pendistribusian barang-barang perdagangan menjadi lebih cepat dan mudah.
Tanpa roda, tentunya kehidupan manusia akan menjadi sangat sulit
Baca kembali arti hak dan kewajiban yang telah kamu pelajari pada hari sebelumnya.
Isilah pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman:
1. Sebutkan beberapa macam hak yang dimiliki oleh para penemu tersebut!
- Kebebasan berkarya
- Kebabasan mengembangkan karya miliknya
2. Apakah mereka telah mendapatkan haknya? Jelaskan!
Ya, adanya kebebasan berkarya mampu membuat mereka menemukan sesuatu yang bermanfaat. Berkat karyanya mereka juga bisa dikenal dunia
3. Apa manfaat hak tersebut bagi mereka?
Mereka dinobatkan sebagai penemu yang dapat mengubah kehidupan manusia
4. Apakah mereka telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah mereka dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
Ya, karena mereka menggunakan hak mereka untuk memberikan manfaat bagi orang banyak
Baca dengan teliti cerita pendek berikut!
Hak dan Tanggung Jawab
Ani adalah putra Bapak dan Ibu Yakob. Pak Yakob menyekolahkan Ani di sebuah sekolah yang cukup ternama di desanya. Pak Yakob memenuhi semua kebutuhan sekolah Ani, seperti buku-buku, seragam sekolah, serta peralatan lainnya. Bu Yakob juga selalu membuat bekal makanan sehat untuk Ani di sekolah. Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar dan mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan. Ani kemudian selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan Ibu Yakob sangat bangga dengan Ani.
Jawab pertanyaan berikut berdasarkan cerita tersebut!
1. Sebutkan hak Ani dalam cerita tersebut!
Hak mendapatkan pendidikan, mendapatkan makanan yang sehat, dan mendapat perhatian dari orang tua
2. Apakah Ani telah mendapatkan haknya? Jelaskan dan berikan contoh!
Sudah mendapatkan haknya sebagai anak. Contohnya hak bersekolah untuk mendapat pendidikan, mendapat peralatan sekolah untuk mendukung sekolahnya, dan bekal makanan yang sehat untuk menjaga kesehatannya.
3. Apa manfaat hak tersebut bagi masa depan Ani?
Masa depan Ani akan cerah karena pada masa kecilnya telah mendapatkan berpendidikan dan asupan makanan sehat
4. Apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah ia dapatkan?
Jelaskan dan berikan contoh!
Ani sudah bertanggung jawab terhadap hak. Hal dapat dilihat dari sikapnya yaitu selalu mematuhi nasihat orang tua, rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan tugas
5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap haknya?
Jelaskan dan berikan contoh!
Orang tuanya akan kecewa, Ani akan terperangkap dalam kebodohan, serta akan merusak masa depannya
Diskusikan dan tuliskan jawabanmu pada diagram berikut:
Tuliskan pengalaman dirimu dalam menggunakan hak yang telah kamu dapatkan. Tulis dalam diagram berikut:
Jawaban:
Hak Ani:
- Mendapatkan pendidikan.
- Mendapatkan asupan makanan yang sehat.
- Mendapatkan perhatian dan kasih sayang orang tua
Dampak jika bertanggung jawab pada kewajiban:
- Menjadi orang berpendidikan
- Menjadi anak yang sehat
- Membanggakan orang tua
- Dapat mencapai cita-cita
Manfaat Kewajiban:
- Tujuan akan tercapai
- Menghargai hak yang didapat
Dampak jika tidak bertanggung jawab pada kewajiban:
- Terjebak dalam kebodohan
- Mengecewakan orang tua
- Gagal mencapai cita-cita
Tuliskan pengalaman dirimu dalam menggunakan hak yang telah kamu dapatkan. Tulis dalam diagram berikut:
No comments:
Post a Comment