Friday, 29 January 2021

Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera_Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera

BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH SD KELAS 6
Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera 
Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera
(Tugas Daring Tanggal 25-01-2021 - 30-01-2021)

Nama Siswa : ………………………………..
Kelas : VI (Enam)
Sekolah : SDN KERTASARI 01


Buku ini dikumpulkan lagi ke guru kelas sebagai bahan penilaian
Dan untuk siswa yang memiliki Buku Paket Tema 6 tetap diisi di buku temanya sebagai bahan belajar siswa


Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera
Pembelajaran 1 (Hari Senin, 25 Januari 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 45, dan pada halaman 46 
Ayo Membaca
Bacalah baik-baik bacaan yang berjudul “Hak sebagai Warga Negara Indonesia”. Lalu kerjakan soal pada halaman 47.

Jawaban:

Paragraf

Kalimat Utama

Gagasan Utama

1

Hak warga negara Indonesia banyak bentuknya

Hak warga negara Indonesia

2

Setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan perlindungan hukum

Hak mendapat perlindungan hukum

3

Setiap warga negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak

Hak mendapat pekerjaan dan penghidupan layak

4

Hak mencapai tujuan nasional Indonesia yaitu hak memperoleh pendidikan dan pengajaran

Hak memperoleh pendidikan dan pengajaran

5

Masih ada banyak hak warga negara Indonesia lainya yang ditetapkan dalam UUD 1945

Hak warga negara ditetapkan dalam UUD 1945


Pada Halaman 48 
Ayo Berdiskusi
Jawab pertanyaan-pertanyaannya
Jawaban:

No

Hak-Hak Warga Negara Indonesia

Ketentuan dalam UUD 1945

1

Mendapat perlindungan hukum

Pasal 27 ayat (1)

2

Pekerjaan dan penghidupan yang layak

Pasal 27 ayat (2)

3

Ikut serta dalam upaya bela negara

Pasal 27 ayat (3)

4

Kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta mengeluarkan pikiran

Pasal 28E ayat (3)

5

Kemerdekaan memeluk agama dan beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya masing-masing

Pasal 28E ayat (1)

6

Ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara

Pasal 30 ayat 1

7

Mendapat pendidikan

Pasal 31 ayat (1)

8

Kebebasan memelihara dan mengembangkan nilainilai budaya nasional

Pasal 28C ayat (1)

9

Memanfaatkan sumber daya alam

Pasal 33 ayat (3)

10

Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara

Pasal 34 ayat (1)

11

Memperoleh fasilitas pelayanan kesehatan

Pasal 28H ayat (1)


Halaman 49
Tuliskan kesimpulan tentang pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang hak-hak warga negara Indonesia!
Jawaban:
Setiap warga negara Indonesia memiliki hak. Hak-hak tersebut ditetapkan dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Halaman 50 
Ayo Menulis
Setiap warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta dalam usaha mempertahankan kemerdekaan NKRI. Tuliskan perilaku-perilaku warga negara Indonesia yang mencerminkan sikap cinta tanah air, membina persatuan dan kesatuan, serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan NKRI dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.

Jawaban :

Upaya Mempertahankan Kemerdekaan NKRI

No.

Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRI

Perilaku yang Mencerminkan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRI

1

Cinta tanah air

 

a. Melestarikan budaya bangsa
b. Menjaga kelestarian lingkungan
c. Rajin belajar

2

Membina persatuan dan Kesatuan

a. Berteman dengan siapa saja
b. Mau mempelajari kesenian dari daerah lain
c. Menolong siapa saja tanpa membedakan suku

3

Rela Berkorban

a. Bersedia menolong dengan tenaga
b. Bersedia menolong dengan pikiran
c. Bersedia menolong dengan harta

Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera
Pembelajaran 2 (Hari Selasa, 26 Januari 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 52
Ayo Membaca
Ragam Tarian di Indonesia

Pada halaman 53 lengkapi gagasan utama setiap paragraf
Jawaban:

Paragraf

Gagasan Utama Setiap Paragraf

1

Pengertian tari kreasi

2

Jenis tari kreasi

3

Bentuk karya tari kreasi



Halaman 55
Ayo Berdiskusi
1. Dayu telah mengikuti perlombaan menari. Ternyata perlombaan tari dibedakan atas dua kategori yaitu kategori anak-anak dan remaja. Dua kategori ini didasarkan atas batasan usia. Untuk kategori anak-anak batas usia 6 tahun sampai 10 tahun, sedangkan kategori remaja batas usia 11 tahun sampai 21 tahun. Masuk kategori yang manakah Dayu? Mengapa demikian? Diskusikan bersama teman satu kelompok belajarmu. Tuliskan pada buku tugas dan presentasikan di depan kelas.
Hasil Diskusi:

Jawaban:
Dayu Termasuk Kategori anak remaja karena usia Dayu lebih dari 10 tahun.

2. Pengelompokan usia anak-anak dan remaja merupakan bagian dari tahapan perkembangan manusia. Manusia akan mengalami beberapa tahapan perkembangan, mulai dari sebelum lahir, bayi, kanak-kanak (anak-anak), puber, remaja, dewasa, dan usia lanjut. Kamu yang berusia 10-11 tahun termasuk masa awal pubertas. Bagaimanakah perbedaan masa kanak-kanak dan pubertas itu?
3. Ciri-ciri masa kanak-kanak bagi anak laki-laki.
4. Ciri-ciri masa kanak-kanak bagi anak perempuan.
5. Ciri-ciri masa pubertas bagi anak laki-laki.
6. Ciri-ciri masa pubertas bagi anak perempuan.
Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

Jawaban:

No.

Ciri-Ciri Masa Kanak-Kanak

Bagi Anak Laki-Laki.

Ciri-Ciri Masa Pubertas bagi Anak

Laki-Laki.

1

Belum tumbuh kumis, Jambang dan janggut

Tumbuh kumis, Jambang dan janggut

2

Belum tumbuh rambut halus di ketiak dan alat kelamin

Tumbuh rambut halus di ketiak dan alat kelamin

3

Suara belum membesar

Suara Jadi besar

4

Belum tumbuh jankun

Tumbuh jankun



No.

Ciri-Ciri Masa Kanak-Kanak

bagi Anak Perempuan.

Ciri-Ciri Masa Pubertas bagi Anak

Perempuan.

1

Panggul belum membesar

Panggul membesar

2

Belum tumbuh rambut halus di ketiak dan alat kelamin

Tumbuh rambut halus di ketiak dan alat kelamin

3

Suara belum melengking

Suara Jadi melengking

4

Payudara belum membesar

Payudara membesar




Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera
Pembelajaran 3 (Hari Rabu, 27 Januari 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 59
Ayo Membaca
Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia
Halaman 60
Ayo Berlatih
Di depan telah disajikan bacaan nonfiksi yang terdiri atas lima paragraf.
Bacalah kembali dengan cermat teks nonfiksi di atas. Selanjutnya, kerjakan perintah berikut!
1. Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf.
2. Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.
3. Tuliskan gagasan utama dari teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf.
4. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.

Jawaban:

Paragraf

 

Kalimat Utama

Gagasan Utama

Setiap Paragraf

Gagasan Utama Teks

Nonfiksi

1

Semua warga negara memiliki hak.

Hak warga negara Indonesia

Dilaksanakan secara seimbang.

Manfaat Pemenuhan Hak

2

Salah satu contoh manfaat pemenuhan hak atas perolehan pendidikan dan pengajaran

Manfaat pemenuhan hak atas perolehan pendidikan dan pengajaran

Manfaat Pemenuhan Hak

3

Manfaat lain bisa dipahami berdasarkan pemenuhan hak warga negara

Manfaat pemenuhan hak warga negara

Manfaat Pemenuhan Hak

4

Pemenuhan hak atas perlindungan hukum jelas

Pemenuhan hak atas perlindungan

Manfaat Pemenuhan Hak

5

Hak atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan

Hak atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan

Manfaat Pemenuhan Hak



Halaman 61
Ayo Membaca
Bacalah wacana yang berjudul “Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia”. 
Pada Halaman 62 jawab hasil diskusi:
Jawaban
- Mempertahankan kemerdekaan dapat dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
- Dengan membiasakan tindakan-tindakan positif yang dapat mencegah terjadinya perpecahan antaranggota keluarga, antarteman, dan antarwarga masyarakat.
- Menghargai perbedaan yang ada dan jangan jadikan perbedaan sebagai alasan terjadi perpecahan.



Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera
Pembelajaran 4 (Hari Kamis, 28 Januari 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 64
Ayo Berlatih
Sudahkah Kamu Masuk Masa Pubertas?
Jawab sesuai kolom dan jenis kelamin masing-masing, untuk siswa mengisi pada kolom laki-laki, dan untuk siswi mengisi pada kolom perempuan.

Kolom diisi oleh anak laki-laki

No.

Pertanyaan

Sudah

Belum

Kesimpulan

1

Apakah sudah mulai tumbuh rambut tipis dibagian tubuhmu selain rambut di kepala?

 

 

 

2

Apakah jakun di leher kamu sudah tampak membesar?

 

 

 

3

Apakah kamu sudah mengalami perubahan suara yang menjadi lebih besar dari suara sebelumnya?

 

 

 

4

Apakah kulitmu sudah lebih kencang dan otot membesar?

 

 

 

5

Apakah kamu sudah merasa dadanya lebih bidang dari sebelumnya?

 

 

 


  
Kolom diisi oleh anak perempuan

No.

Pertanyaan

Sudah

Belum

Kesimpulan

1

Apakah sudah mulai tumbuh rambut tipis dibagian tubuhmu selain rambut di kepala?

 

 

 

2

Apakah kamu sudah mengalami perubahan suara yang menjadi lebih melengking dari suara sebelumnya?

 

 

 

3

Apakah pinggulmu sudah mulai melebar?

 

 

 

4

Apakah kulitmu sudah menjadi lebih halus?

 

 

 


Jawaban sesuai keadaan yang ada pada diri kalian


Halaman 66
Ayo Membaca
Baca baik-baik judul bacaan “Tari Klana Topeng”
Ayo Berlatih
Kamu telah membaca dengan cermat teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Informasi apakah yang kamu harapkan ketika kamu baru membaca judul teks nonfiksi (Tari Klana Topeng)?
2. Sesuaikah antara harapan informasi yang kamu peroleh ketika baru membaca judul teks nonfiksi dengan informasi yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?
3. Informasi apakah yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?
Jawaban:
1. Tari Klana Topeng
2. Judul teks nonfiksi tersebut sesuai dengan isi informasi
3. Informasi baru seperti asal Tari Klana Topeng, Gerak-gerik tari, dan properti tari.

Halaman 68
Ayo Berlatih
Berlatihlah memperagakan gerak-gerak tari kreasi bentuk tunggal di atas. Sebelum bergerak siapkan properti tari berupa tongkat. Setelah melakukan latihan memperagakan gerak tari tersebut, ungkapkan pendapatmu mengenai gerakan. Apakah gerak tari di atas sulit diperagakan? Tuliskan dalam kolom berikut.
Jawaban
Gerakan di atas mudah dilakukan.
Properti yang dibutuhkan juga mudah didapat.
Saya merasa senang bisa melakukan gerakan tari tersebut.



Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera
Pembelajaran 5 (Hari Jum’at, 29 Januari 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 70, 71
Ayo Berlatih
Ingatkah kamu yang dimaksud masa pubertas? Tuliskan pengertianmu mengenai masa pubertas pada kolom berikut.
Jawaban:
Dikutip dari KBBI, masa puber adalah masa atau kehidupan usia remaja. Sedangkan pubertas adalah masa akil balig atau masa remaja akan dialami anak pada usia 10-19 tahun. Masa pubertas juga disebut sebagai masa perubahan/transisi dari masa anak-anak menuju dewasa.
Masa pubertas dimulai pada umur yang berbeda-beda.
Biasanya pada umur 10 sampai 12 tahun. Namun, ada juga yang dimulai pada usia lebih tua dari usia tersebut. Umumnya, pubertas pada anak perempuan lebih awal satu atau dua tahun dari anak laki-laki.

Pada halaman 72, 73
Ayo Mengamati
Lakukan pengamatan secara kelompok. Adapun langkah-langkah pengamatan sebagai berikut.
1. Secara bergantian setiap kelompok melakukan pengamatan terhadap semua anggota kelompoknya.
2. Buat urutan daftar ciri-ciri masa pubertas.
3. Cocokkan ciri-ciri masa pubertas dengan keadaan temanmu sesuai pengamatan yang kamu lakukan.
4. Buat kesimpulan hasil pengamatanmu terhadap teman-teman satu kelompokmu.
5. Tuliskan hasil kesimpulan setiap anggota kelompok dalam bentuk tabel seperti berikut.

Jawaban:
Sesuai dengan kelompok masing-masing peserta didik, Misal:

Hasil Pengamatan
Nama Anggota Kelompok:
1. Ani
2. Lany
3. Wayan

Anak pertama yang diamati:
Nama: Lany
Umur: 12 tahun
Masa Perkembangan: Pinggul belum melebar, suara belum berubah
Kesimpulan: Lany masih anak-anak
Alasan: belum ada tanda-tanda pubertas

Anak kedua yang diamati:
Nama: Wayan
Umur: 12 tahun
Masa Perkembangan: Suara berubah, pinggul melebar
Kesimpulan: Wayan sudah masuk pubertas
Alasan: ada tanda-tanda pubertas.

Anak ketiga yang diamati:
Nama: Ani
Umur: 12 tahun
Masa Perkembangan: Suara berubah
Kesimpulan: Ani sudah masuk pubertas
Alasan: ada tanda-tanda pubertas



Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera
Pembelajaran 6 (Hari Sabtu, 30 Januari 2021)


Lihat di buku tema kalian halaman 77, 78
Ayo Membaca 
Mengapa Harus Melaksanakan Hak?

Ayo Berdiskusi
Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan hal berikut ini!
1. Apa pentingnya melaksanakan hak berdasarkan bacaan di atas?
2. Apa pentingnya melaksanakan hakmu untuk dirimu?

Jawaban:
1.- Mewujudkan pemerintahan yang demokratis
- Mempercepat pembangunan nasional
- Mendukung tercapainya tujuan nasional

2. Dengan melaksanakan hak mendapat pendidikan, maka kita dapat belajar dengan baik yang pada akhirnya membuat kita mendapat pengetahuan dan keterampilan. Dengan mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang lebih, dapat kita gunakan untuk berprestasi baik tingkat daerah, nasional maupun internasional, seperti mengikuti olimpiade Sains dan mengikuti perlombaan lainnya, seperti dalam bidang olahraga. Sehingga dapat mengharumkan nama sendiri, keluarga, sekolah, daerah maupun mampu mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional.

Halaman 79
Ayo Berlatih
Bacalah kembali bacaan berjudul “Mengapa Harus Melaksanakan Hak?”. dengan cermat. Kemudian, jelaskan informasi penting yang terdapat padateks nonfiksi tersebut berdasarkan rumusan gagasan utama pada setiap paragrafnya. Adapun langkah-langkah yang harus kamu lakukan sebagai berikut.
1. Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf.
2. Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.
3. Tuiskan gagasan utama dari teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf.
4. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti contoh di bawah ini dan presentasikan di depan kelas secara lisan.


Jawaban:

Paragraf

Kalimat Utama

Gagasan Utama

Setiap Paragraf

Gagasan Utama

Teks Nonfiksi

1

Pemenuhan hak warga negara Indonesia yang berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan nasional Indonesia

Pemenuhan hak warga negara Indonesia

Pelaksanaan hak untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat

2

Hak dan kewajiban warga negara Indonesia hendaknya dilaksanakan secara seimbang

Pelaksanaan hak dan kewajiban harus seimbang agar tercapai kesejahteraan dan keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara

 

3

Contoh prntingnya pelaksanaan hak warga negara Indonesia

Pelaksanaan hak warga negara Indonesia

 



Halaman 80
Ayo Menulis
Tuliskan hasilnya dalam kolom berikut

Jawaban:
Hasil Pengalaman :
Hak yang selalu saya jalani sehari-hari adalah hak mempertahankan hidup. Hak mempertahankan hidup ini saya peroleh tiap hari berkat perlindungan Hak yang terdapat dalam UUD 1945 Pasal 28A yang berbunyi "Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya".




ULANGAN HARIAN/PENILAIAN HARIAN (UH/PH)
Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera
(Hari Sabtu, 30 Januari 2021)

1. Hak-hak warga negara Indonesia ditentukan dalam ….
a. Pancasila
b. UUD 1945
c. Akta kelahiran
d. Garuda Pancasila

2. Melestarikan budaya Indonesia termasuk upaya ….
a. cinta tanah air
b. membela negara
c. membina persatuan dan kesatuan
d. mempertahankan kemerdekaan Indonesia

3. Berikut ini yang bukan ciri fisik pada masa pubertas adalah ….
a. suara mulai berubah
b. kekuatan otot menurun
c. keringat bertambah banyak
d. mulai tumbuh rambut halus di tempat tertentu

4. Seorang perempuan mengalami perubahan tubuh pada masa pubertas antara lain ….
a. tumbuh jakun
b. suara membesar
c. payudara membesar 
d. rambut menjadi panjang

5. Menyelenggarakan ajang festival budaya merupakan salah satu peran … dalam menjaga keragaman budaya.
a. setiap individu
b. setiap kelompok
c. Masyarakat
d. pemerintah

6. Indonesia dapat merdeka berkat jasa ….
a. PBB
b. Presiden
c. Pahlawan
d. penjajah

7. Yang tidak termasuk tarian dari Bali adalah ….
a. tari Kecak
b. tari Legong
c. tari Pendet
d. tari Piring

8. Tari kelana topeng merupakan tarian khas daerah …
a. Sulawesi Selatan
b. Yogyakarta
c. Jawa Barat
d. Surakarta

9. Musyawarah mufakat telah lama menjadi ciri khas bangsa indonesia karena kental dengan nuansa …
a. Perselisihan
b. Perkelahian
c. Pertengkaran
d. Kekeluargaan

10. Kegiatan  kegiatan berikut yang termaksut daklam usaha melestarikan budaya nenek moyang yaitu…
a. Membeli barang dari luar negeri
b. Mempelajari budaya luar negeri
c. Mencintai produk-produk dari luar negeri
d. Mempelajari tarian daerah

11. Kostum yang di gunakan untuk menarikan tari jaipong yaitu …
a. Tapih
b. Kebaya
c. Selendang
d. Kemben

12. Tarian yang berasal dari Bali yang biasa untuk menyambut tamu adalah …
a. Tari merak
b. Tari jaipong
c. Tari pendet
d. Tari gambyong

13. Tari Remo berasal dari…
a. Jawa Timur
b. Jawa Tengah
c. Jawa Barat
d. Sumatra Utara

14. Kepanjangan NKRI adalah …
a. Negara Kesatuan Republik India
b. Negara keserikatan Republik India
c. Negara Kesatuan Republik Indonesia
d. Negara Keserikatan Republik Indonesia

15. Pada saat remaja anak mengalami masa perubahan fisik, disebut juga dengan masa …
a. Kanak-kanak
b. Dewasa
c. Pubertas
d. Peralihan


KUNCI JAWABAN:
1. b. UUD 1945
2. a. cinta tanah air
3. b. kekuatan otot menurun
4. c. payudara membesar 
5. d. pemerintah
6. c. Pahlawan
7. d. tari Piring
8. b. Yogyakarta
9. d. Kekeluargaan
10. d. Mempelajari tarian daerah
11. b. Kebaya
12. c. Tari pendet
13. a. Jawa Timur
14. c. Negara Kesatuan Republik Indonesia
15. c. Pubertas


No comments:

Post a Comment

Soal Tema 2 IPS Kelas 6

SOAL UH/PTS/UAS TEMA 2  KELAS 6 SEMESTER I  Kompetensi Dasar IPS I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang...