Tuesday, 23 March 2021

Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita_Subtema 1 Manusia dan Lingkungan

RINGKASAN MATERI BELAJAR DARI RUMAH
TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA 
SUBTEMA 1 MANUSIA DAN LINGKUNGAN





(Tugas Daring Tanggal 22-03-2021 - 27-03-2021)

Nama Siswa : ………………………………..
Kelas : V (Lima)
Sekolah : SDN KERTASARI 01


Buku ini dikumpulkan lagi ke guru kelas sebagai bahan penilaian
Dan untuk siswa yang memiliki Buku Paket Tema 8 tetap diisi di buku temanya sebagai bahan belajar siswa



Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita 
Subtema 1 Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran 1 (Hari Senin, 22 Maret 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 1 

Perhatikan gambar-gambar disamping.
1. Fakta-fakta apa sajakah yang ditunjukkan gambar-gambar tersebut?
Jawaban:
Gambar 1 menunjukkan lingkungan yang indah berupa pemandangan persawahan yang subur.
Gambar 2 menunjukkan anak SD sedang menanam bibit tanaman di tanah yang gersang.

2. Apakah lingkungan berguna bagi manusia? Mengapa?
Jawaban:
Sangat berguna bagi manusia. Hal itu karena lingkungan menyediakan semua kebutuhan manusia untuk hidup.

3. Apakah keuntungan yang diperoleh manusia jika menjaga lingkungan?
Jawaban:
Semua kebutuhan manusia untuk hidup akan terpenuhi.

4. Apakah akibatnya jika manusia tidak menjaga lingkungan?
Jawaban:
- Lingkungan akan rusak, tidak bisa memberi manfaat bagi manusia.
- Bahkan beberapa bencana alam terjadi karena lingkungan yang rusak.

5. Bagaimanakah kondisi lingkungan di sekitarmu?
Jawaban:
Sesuai kondisi tempat tinggal kalian


Halaman 2 Ayo Membaca
Judul bacaan: “Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer”.

Halaman 3
Kamu telah membaca bacaan ”Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer”. Peristiwa apa yang terdapat pada bacaan? Carilah, lalu lengkapilah gambar peta pikiran berikut.
Jawaban:
Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer

Peristiwa apa yang terjadi?
Masyarakat sulit mencari air bersih.

Di mana peristiwa itu terjadi?
Kelurahan Waborobo, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

Apa penyebab peristiwa itu terjadi?
Letak Kelurahan Waborobo berada di dataran tinggi membuat air tanah sulit didapat. Daerah itu juga belum mendapatkan akses aliran air bersih, karena pipa-pipa PDAM belum mencapai ke daerah sana.

Halaman 4 Ayo Berdiskusi
1. Apa fungsi air bagi manusia?
2. Apa fungsi air bagi hewan?
3. Apa fungsi air bagi tumbuhan?

Tuliskan hasil diskusi kalian dalam bentuk peta pikiran seperti berikut. Kemudian, ceritakan hasil diskusi kelompokmu kepada kelompok-kelompok lain.

Jawaban:
Fungsi air bagi tumbuhan
Air dibutuhkan tumbuhan guna proses fotosintesis.

Fungsi air bagi hewan
- Untuk minum
- Membersihkan diri
- Tempat hidup beberapa hewan seperti ikan.

Fungsi air bagi manusia
- Untuk minum
- Untuk memasaka
- Membersihkan tubuh
- Mencuci bahan makanan dan pakaian
- Untuk menggerakkan turbin pembangkit listrik




Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita 
Subtema 1 Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran 2 (Hari Selasa, 23 Maret 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 8 Ayo Mengamati

1. Ceritakan gambar disamping.
2. Proses apa sajakah yang terjadi pada gambar tersebut? Coba jelaskan.

Jawab:
1. Gambar di atas menunjukkan tentang siklus air. Siklus air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer, lalu kembali ke Bumi.

2. Ada 3 proses dalam gambar tersebut
- Proses penguapan
- Proses pengendapan
- Proses pengembunan

Halaman 9 Ayo Membaca
Judul bacaan “Siklus Air”

Halaman 10 Ayo Mencoba
Kamu telah membaca teks “Siklus air”. Bersama kelompokmu, gambarlah bagan sederhana karyamu sendiri untuk menjelaskan siklus air. Tambahkan kalimat-kalimat untuk menjelaskan proses siklus air. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelompok lain dan Bapak/Ibu Guru.

Jawaban:





Halaman 11 Ayo Membaca
Judul bacaan “Semut dan Beruang”.

Halaman 13 
Jelaskan peristiwa pada cerita “Semut dan Beruang” dengan bahasamu sendiri. Tulislah dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Perhatikan penggunaan kata-kata baku. Perhatikan pula penggunaan tanda baca yang benar. Tulislah dalam kotak berikut, lalu bacalah di depan teman-teman dan Bapak/Ibu Guru.

Jawab:
Peristiwa pada cerita "Semut dan Beruang", yaitu:
  • Beri si Beruang mengancam semut yang ditemuinya, karena semut itu sedang membawa guci untuk mengambil air.
  • Beri sangat marah karena tidak dihiraukan dan mencoba mencari semut tersebut, namun tidak ketemu.
  • Saat semut-semut berbaris menuju mata air, mereka melihat guci air Semut Hitam tergeletak di jalan.
  • Para semut mengira Semut Hitam ditangkap oleh Beri Beruang, merekapun berniat membebaskan Semut Hitam.
  • Kelinci melarang para semut ke mata air, tetapi diabaikan dan mereka terus bergerak ke sarang Beruang.
  • Di tengah jalan, seekor tupai mengingatkan mereka karena beruang sedang marah tetapi diabaikan.
  • Para semut tiba, mereka menggali lubang perangkap untuk Beri Beruang di depan pohon oak dibantu seekor tikus tanah.
  • Akibat perangkap tersebut, ketika Beri Beruang kembali ke sarangnya di malam hari, ia jatuh ke lubang tersebut.
  • Semut Hitam telah kembali karena ternyata ia hanya terpeleset di jalan, dan para semut hidup damai di sarang mereka.



Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita 
Subtema 1 Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran 3 (Hari Rabu, 24 Maret 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 15 Ayo Membaca
Judul bacaan Rumah Betang Uluk Palin.

Halaman 16 Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama teman-teman kelompokmu.
1. Ceritakanlah secara singkat peristiwa pada teks “Rumah Betang Uluk Palin”.
2. Apa keunikan rumah betang?
3. Apa keunikan rumah adat di daerahmu?

Halaman 17
Tulislah hasil diskusimu, lalu bacalah di depan kelompok lain dan bapak/ibu guru.

Jawaban:
1. Peristiwa yang terjadi pada teks “Rumah Betang Uluk Palin”:

1. Rumah adat suku Dayak, yang terletak di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. 

2. Mempunyai ukuran panjang 268 meter dengan ketinggian 5-6 meter, dan memiliki 53 bilik rumah. 
3. Dihuni lebih dari 500 jiwa yang terdiri atas sekitar 130 kepala keluarga. 
4. Pertama kali didirikan oleh komunitas Tamam baloh Apalin pada tahun 1800-an. 
5. Pada tanggal 13 September 2014 malam, rumah betang uluk palin terbakar dan tidak ada yang tersisa dari rumah betang yang terpanjang dan tertua di seantero Kalimantan itu.

2. Keunikan “Rumah Betang Uluk Palin”:
1. Dibangun tinggi dari permukaan tanah (berukuran panjang 268 meter, tinggi 5-6 meter) untuk menghindari musuh, binatang buas atau banjir.
2. Memiliki 53 bilik rumah, dan dihuni oleh lebih dari 500 jiwa yang terdiri atas sekitar 130 kepala keluarga.
3. Bentuknya memanjang serta terdapat sebuah tangga dan pintu masuk ke dalam.
4. Tiga kali berpindah lokasi karena menyesuaikan dengan perubahan alur Sungai Uluk dan sungai Nyabau akibat erosi.
5. Dapat ditemui di pinggiran sungai-sungai besar yang ada di Kalimantan.

3. Di daerahku: Jawa Barat, Nama rumah adat Imah Badak Heuay. Keunikannya
1. Julung ngapak atau burung yang sedang melakukan pengepakan dari sayap.
2. Togog anjing/sikap anjing pada bagian depan lebih lebar dibandingkan bagian belakang.
3. Jolopong atau tekulai memiliki artian tegolek luru, berbentuk sebauh jolopon


Halaman 18-22 Ayo Membaca
Judul bacaan Keragaman Budaya Bangsa di Wilayah Indonesia

Halaman 23 Tugas
Kerjakan tugas ini bersama kelompokmu. Setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa.
1. Tuliskan daftar kosakata dari bahasa Indonesia dan bahasa daerahmu yang sesuai artinya. Tuliskan paling sedikit 25 kata.
2. Identifikasi nama dan keunikan pakaian adat dari daerahmu.
3. Tuliskan judul lagu-lagu daerah di Indonesia.

Jawaban:
1. Kosakata dari bahasa Indonesia dan bahasa daerah Jawa Barat
- Belajar = Sinau
- Kita = Urang
- Pisang = Cau
- Belakang = Tukang
- Air = Cai
- Depan = Hareup
- Minum = Nginum
- Anak anak = Barudak
- Rumah = Bumi
- Teman-teman = Babaturan
- Saya = Uring
- Silakan = Mangga
- Kamu = Maneh
- Permisi = Punteun
- Kenyang = Wareug
- Maaf = Hampura
- Makan = Dahar
- Kakak laki-laki = aa
- Sekolah = Sakolah
- Terima kasih = Hatur nuhun

2. Keunikan pakaian adat wanita Jawa Barat adalah mengenakan kebaya dengan ikat pinggang yang disebut dengan beuber. Kain yang dikenakan adalah kain kebat. Sebagai pelengkap adalah mengenakan mahkota, hiasan rambut yang digelung jucung dan diberi untaian bunga. Sandal yang digunakan disebut kelom geulis.


3. Judul lagu-lagu daerah di Indonesia.
- Banten: Dayung Sampan, Jereh Bu Guru, Tong Sarakah, Dayung Sampan, Yu Ragem Belajar
- DKI Jakarta: Jali-Jali, Keroncong Kemayoran, Ondel-ondel, Kelap-Kelip, Kicir-Kicir, Lenggang Kangkung, Cik Abang, Sirih Kuning.
- Jawa Barat: Manuk Dadali, Pileuleuyan, Tokecang, Cing Cangkeling, Bubuy Bulan, Sapu Nyere Pegat Simpay
- DI Yogyakarta: Pitik Tukung, Suwe Ora Jamu, Te Kate Dipanah, Walang Kekek, Gethuk, Kupu Kuwi
- Jawa Tengah: Bapak Pucung, Gambang Suling, Gundhul Pacul, Gambang Suling, Padhang Wulan, Gek Kepriye
- Jawa Timur: Cublak-cublak Suweng, Rek Ayo Rek, Tanduk Majeng, Gai Bintang, Kembang Malathe, Keraban Sape.
- Bali: Janger, Macepet Cepetan, Meyong-Meyong, Ratu Anom, Ngusak Asik, Dadong Dauh
- Nusa Tenggara Barat: Moree, Pai Mura Rame, Tutu Koda, Kadal Nongak, Gugur Mayang, Tebe O nana
- dst

Halaman 24-25 Ayo Membaca
Judul bacaan Jenis Usaha dengan Mengolah Sumber Daya Alam

Halaman 26 Ayo Mengamati
Amatilah aktivitas penduduk sekitarmu yang memanfaatkan sumber daya alam.
Lakukan bersama kelompokmu. Buatlah laporan dengan contoh berikut.

No

 

Jenis Usaha

 

Sumber Daya Alam

yang Digunakan

 

Hasil Usaha

Manfaat

1

kebun sayur

Tanah pekarangan

Bayam, tomat, kacang panjang

Bahan pangan keluarga dan untuk dijual

2

ternak ayam

Tanah pekarangan dan hewan

Daging dan telur

Kebutuhan protein terpenuhi

3

Pengrajin tempe

Tumbuhan

Tempe

Kebutuhan pangan keluarga terpenuhi

4

Tambak udang

Tepi laut dan hewan

Udang

Kebutuhan pangan keluarga terpenuhi

5

Pertanian

Tanah sawah dan tumbuhan

Padi

Kebutuhan pangan keluarga terpenuhi






Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita 
Subtema 1 Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran 4 (Hari Kamis, 25 Maret 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 29-30 Ayo Membaca
Judul bacaan Jenis Usaha Masyarakat Indonesia.



Halaman 31 Ayo Mencoba
Kamu telah membaca teks "Jenis Usaha Masyarakat Indonesia". Temukan pengertian dan ciri-ciri dari setiap jenis usaha. Tulislah pada peta pikiran berikut.

Jawaban:
Jenis Usaha Masyarakat Indonesia.

Perindustrian
Pengertian :
Industri adalah kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misalnya mesin.

Ciri-ciri :
• Memiliki modal besar
• Memiliki tenaga kerja andal
• Pengolahan bahan baku menjadi barang jadi/setengah jadi
• Menghasilkan produk berkualitas
• Adanya layanan purnajual

Perdagangan
Pengertian :
Semua hal yang berhubungan dengan kegiatan jual beli.

Ciri-ciri :
• Ada tempat penyimpanan barang yang dibeli dari produsen sebelum dijual kembali kepada konsumen
• Barang dagangan dikemas secara menarik
• Adanya kemudahan layanan bagi konsumen untuk memperoleh dan membayar barang dagangan

Jasa
Pengertian :
Segala aktivitas atau manfaat yang ditawarkan kepada orang lain (konsumen)

Ciri-ciri :
• Mengutamakan layanan yang baik kepada konsumen
• Membutuhkan keahlian khusus sesuai jasa yang ditawarkan
• Menjaga kesetiaan (loyalitas) konsumen/pelanggan.


Halaman 32 Ayo Berdiskusi
Jawaban Soal Nomor 1-2 relatif (terserah siswa)

3. Berdasarkan tabel yang telah kamu isi di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan ini
a. Jenis usaha apa yang paling sedikit? (Jawaban relatif)
b. Jenis usaha apa yang paling banyak? (Jawaban relatif)
c. Apa kesimpulan kalian?

Kesimpulan:
Bahwa keragaman jenis usaha dapat digunakan untuk mengidentifikasikan keragaman sosial di lingkungan sekitar, dan keragaman jenis usaha juga tergantung pada letak geografis dan demografis (kependudukan).

Halaman 33 Ayo Menulis
Dari kegiatan di atas, kamu mengetahui keragaman sosial di tempat tinggalmu, yaitu keragaman jenis usaha yang dilakukan oleh warga/masyarakat. Bagaimana sikapmu atas keragaman tersebut? Tulislah dalam tabel berikut.

Sikapku terhadap keragaman jenis usaha warga masyarakat di sekitarku:
Jawaban:
Menghormati dan bertoleransi atas keragaman jenis usaha yang merupakan salah satu bentuk keragaman sosial budaya dalam masyarakat.




Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita 
Subtema 1 Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran 5 (Hari Jum'at, 26 Maret 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 35 Ayo Mengamati


Halaman 36 Ayo Bercerita
1. Apa judul lagu itu?
Jawab: Kampungku

2. Siapa penciptanya?
Jawab: AT Mahmud

3. Apa nada dasar yang digunakan?
Jawab: Do=C

4. Apa tanda tempo yang digunakan?
Jawab: Agak cepat

5. Apa arti tanda tempo itu?
Jawab: Dinyanyikan dengan tempo agak cepat

6. Bacalah syair lagu tersebut. Bercerita tentang apa teks lagu itu?
Jawab: Menceritakan tentang sebuah kampung yang terletak di tepi sebuah sungai yang ramai dengan perahu-perahu yang melintas. Rumah-rumah yang berada di tepi sungai tersebut terbuat dari bambu.

Halaman 37 Ayo Mencoba
Kamu telah membaca teks "Tangga Nada Diatonis Mayor"
1. Apa pengertian tangga nada mayor?
2. Apa ciri-ciri lagu bertangga nada mayor?

Tulislah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut
Jawaban:
1. Tangga Nada Diantonis Mayor adalah tangga nada diatonis yang susunan nada-nadanya berjarak 1 - 1 - ½ -1 - 1 - 1 - ½
2. Ciri-ciri lagu bertangga nada Mayor adalah: Bersifat riang gembira, Bersemangat.

Halaman 38-39 Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu
1. Dari mana asal persediaan air sungai?
Jawaban : Air sungai berasal dari air hujan dan air yang mengalir dari hulu sungai.

2. Siapa saja yang memanfaatkan air sungai?
Jawaban: Air sungai dimanfaatkan oleh manusia, hewan, dan tumbuhan, baik yang ada di sekitar maupun hewan dan tumbuhan yang ada di dalam sungai.

3. Apa saja manfaat air sungai?
Jawaban: Hewan darat memanfaatkan air sungai sebagai sumber air minum. Manusia untuk mengairi tanah pertanian, sumber air keperluan sehari-hari, sebagai sarana angkutan. Tumbuhan darat sebagai sumber air untuk proses fotosintesis. Hewan dan tumbuhan sungai menggunakan air sungai sebagai tempat hidup mereka.

4. Apakah persediaan air sungai dapat berkurang karena menguap saat terkena matahari? Jelaskan jawabanmu!
Jawaban: Dalam kondisi normal, air sungai tidak berkurang karena menguap, karena siklus air akan mengembalikan air yang menguap. Jika dalam kondisi kemarau yang sangat parah/ekstrim, sungai dapat mengalami kekeringan.

5. Faktor-fakto apa yang dapat memengaruhi persediaan air sungai?
Jawaban: Curah hujan, cuaca, dan kondisi hulu sungai.

Halaman 39 Ayo Membaca
Judul  bacaan Bunga Paling Berharga

Halaman 40-41 Ayo Menulis
Kamu telah membaca cerita "Bunga Paling Berharga"

1. Tulislah peristiwa-peristiwa yang terjadi pada cerita!
Jawaban :
• Bu Mala memberi sebuah buku tulis kepada seluruh siswa
• Bu Mala memberi tugas kepada seluruh siswa
• Murid-murid mulai menentukan rencana bagi tugas tersebut
• Terjadi dialog/tanya jawab antara Makale, Bu Mala dan teman-teman Makale
• Buku tulis merah milik siswa sudah terisi berbagai cerita, gambar dan foto
• Buku tulis merah milik Makale masih kosong
• Suatu hari terjadi hujan yang sangat deras di desa Makale
• Benih tumbuhan di desa Makale tumbuh subur
• Makale memetik sekuntum bunga merah
• Makale berhasil membuat tugas dengan mengisi buku merah dengan satu bunga.

2. Tuliskan urutan-urutan peristiwa pada cerita!
Jawaban :
• Makale tinggal di sebuah desa yang selalu kekeringan
• Bu Mala memberi tugas dengan memberi seluruh siswa masing-masing sebuah buku tulis
• Nola ingin menulis catatan harian, Wendi ingin menggambar wajah setiap orang yang ditemui,
• Makale ingin membuat herbarium
• Bu Mala heran mendengar Makale ingin membuat herbarium
• Bu Mala memberitahu Makale bahwa untuk membuat herbarium membutuhkan banyak daun
• Teman-teman Makale menanyakan di mana tempat Makale mendapatkan bunga
• Makale yakin akan mendaptkan bunga walaupun daerahnya jarang ada tumbuhan
• Waktu terus berlalu, buku Makale masih kosong
• Pada suatu hari daerah Makale turun hujan yang sangat deras
• Makale memetik sekuntum bunga merah kemudian menempelkannya di dalam buku
• Hari berikutnya bunga-bunga di kebun telah layu karena terbakar matahari
• Makale gembira karena sudah membuat herbarium dan dan menunjukkannya kepada bu Mala
• Bu Mala membuka buku tulis merah milik Makale yang berisi satu bunga di dalamnya
• Bunga tersebut merupakan bunga paling berharga karena hanya mekar sehari dalam setahun.

3. Tulislah kembali cerita tersebut dengan bahasamu sendiri. Tuliskan dengan ejaan yang benar!
Jawaban:
Makale tinggal di desa yang selalu kekeringan sehingga tidak banyak tumbuhan. Suatu hari bu Mala memberi tugas kepada semua siswa dengan memberi sebuah buku  kepada masing-masing siswa. Siswa sudah mempunyai rencana masing-masing dengan tugas tersebut. Bu Mala heran ketika mengetahui rencana tugas yang akan dilakukan Makale, yaitu membuat herbarium. Bu Mala dan teman-teman Makale heran bagaimana Makale nantinya dalam membuat herbarium. Makale tetap optimis bisa membuat herbarium. Pada suatu hari daerah Makale turun hujan deras, sehingga benih tumbuhan dan bunga-bunga bermunculan memenuhi petak kebun. Makale sangat gembira melihat keadaan tersebut dan memetik sebuah bunga kemudian menempelkannya dalam buku. Makale gembira karena berhasil membuat herbarium dan menunjukkannya kepada Bu Mala. Bunga tersebut merupakan bunga paling berharga karena hanya mekar sehari dalam setahun.



Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita 
Subtema 1 Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran 6 (Hari Sabtu, 27 Maret 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 43 Ayo Membaca
Judul Bacaan "Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional Anak".

Halaman 44-45 Ayo Berdiskusi
Diskusikan tugas-tugas berikut bersama kelompokmu
1. Tulislah peristiwa pada teks "Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional Anak".
Jawaban: Digelarnya acara Festival Permainan Tradisional Anak.

2. Keragaman apa yang disebutkan pada teks?
Jawaban: Keragaman budaya berupa permainan tradisional.

3. Sikap apa yang dapat saya tiru dari teks?
Jawaban: Melestarikan kebudayaan dan toleransi atas keanekaragaman budaya di Indonesia.

4. Apa yang sebaiknya kamu lakukan dalam upaya ikut melestarikan permainan tradisional?
Jawaban: Dengan melakukan permainan tersebut bersama teman dalam kehidupan sehari-hari pada saat waktu bermain tiba.


Halaman 46-47 Tugas

1. Mainkan permainan dhingklik oglak aglik atau perepet jengkol bersama teman-temanmu.
a. Apa yang kamu rasakan?
Jawaban: Merasakan kegembiraan, keseruan, makin akrab dengan teman.

b. Nilai-nilai apakah yang terdapat pada permainan dhingklik oglak aglik dan perepet jengkol?
Jawaban: Nilai-nilai kebersamaan, nilai toleransi atas perbedaan, nilai kerjasama.

2. Adakah permainan serupa permainan dhingklik oglak aglik atau perepet jengkol di daerahmu? Jika ada, apa nama permainan itu?
Jawaban: relatif (terserah siswa)

3. Mainkan salah satu permainan tradisional daerahmu.
Ceritakan pengalamanmu saat memainkan permainan itu bersama teman-temanmu.
Jawaban: Pengalamanku bermain permainan tradisional 'Gobak Sodor' : Seru, penuh kegembiraan, melatih kerja-sama tim, melatih kebersamaan, melatih toleransi terhadap teman yang lain.


Halaman 48 Ayo Mengamati

Halaman 49 Ayo Bercerita
1. Apa judul lagu itu?
Jawaban: Syukur

2. Siapa penciptanya?
Jawaban: H. Muntahar

3. Apa nada dasar yang digunakan?
Jawaban: C = la

4. Apa tanda tempo yang digunakan?
Jawaban: Adante Sustenuto

5. Apa arti tanda tempo itu?
Jawaban: Artinya adalah Seperti orang yang berjalan (dari bahasa Italia). Sustenuto artinya terus menerus.

6. Bacalah syair lagu tersebut. Bercerita tentang apakah syair lagu itu?
Jawaban: Bercerita tentang rasa syukur/ucapan terima kasih seluruh bangsa Indonesia atas karunia yang Tuhan berikan berupa kemerdekaan bangsa Indonesia, serta kekayaan yang terkandung dalam wilayah Indonesia.




PENILAIAN HARIAN  (PH)
Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita 
Subtema 1 Manusia dan Lingkungan

I. Berilah Tanda Silang (X) pada huruf a, b, c atau d pada Jawaban yang Benar!
1. Kegiatan manusia di bawah ini yang memanfaatkan air dalam bidang pertanian adalah ….
a. Pak Jaya mencuci mobil dengan air sumur
b. Pak Budi memelihara ikan di tambak
c. Bu Dwi menggunakan air untuk mencuci piring
d. Pak Jayus mengairi sawahnya dengan air sungai

2. Bagi tumbuhan air juga dapat berfungsi sebagai pelarut ….
a. Zat hara
b. Oksigen
c. Cahaya matahari
d. Hama dan gulma

3. Indonesia memiliki beragam bahasa daerah, namun penduduk Indonesia dapat dengan mudah melakukan komunikasi antar daerah karena memiliki ….
a. Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
b. UUD 1945 sebagai dasar negara
c. Satu presiden yang sama
d. Garuda Pancasila sebagai lambang negara

4. Betang, Joglo dan Gadang adalah contoh keragaman budaya Indonesia berupa ….
a. Pakaian adat
b. Tarian daerah
c. Lagu daerah
d. Rumah adat

5. Tari Serampang Dua Belas dan Tari Tor-Tor berasal dari provinsi ….
a. Sulawesi Utara
b. Jawa Timur
c. Papua Barat
d. Sumatra Utara

6. Pakaian adat berikut ini yang tidak berasal dari daerah di pulau Sumatra adalah ….
a. Ulos
b. Aesan Gede
c. Kebaya
d. Bundo Kaduang

7. Contoh hasil usaha dari perkebunan adalah ….
a. Padi dan jagung
b. Jati dan rotan
c. Stroberi dan anggur
d. Emas dan perak

8. Batubara dan minyak bumi adalah contoh sumber daya alam yang dihasilkan dari ….
a. Pertambangan
b. Perikanan
c. Pertanian
d. Perhutanan

9. Contoh jenis pekerjaan di bawah ini yang menghasilkan jasa adalah ….
a. Pedagang
b. Petani
c. Peternak
d. Sopir

10. Nada diatonis mayor mempunyai ciri-ciri antara lain adalah ….
a. Memiliki 3 nada dasar
b. Bertempo sangat cepat
c. Diawali dengan tangga nada re
d. Bersifat riang gembira

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

11. Hewan-hewan membutuhkan air di antaranya untuk ….

12. Proses penguapan air laut dan sungai paling banyak disebabkan oleh ….

13. Guru termasuk jenis usaha yang memberikan jasa kepada orang lain, jasa dari jenis pekerjaan ini berupa …. 

14. Sopir, masinis, pilot dan nakhoda adalah jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa berupa layanan di bidang …. 

15. Tangga nada  diatonis dibagi menjadi dua yaitu tangga nada …. dan …. 



KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN  (PH)
Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita 
Subtema 1 Manusia dan Lingkungan

I. Pilihan Ganda
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.

II. Isian
11.
12.
13.
14.
15.




No comments:

Post a Comment

Soal Tema 2 IPS Kelas 6

SOAL UH/PTS/UAS TEMA 2  KELAS 6 SEMESTER I  Kompetensi Dasar IPS I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang...