Wednesday, 24 March 2021

Tema 8 Bumiku_Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya

BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH SD KELAS 6
TEMA 8 BUMIKU 
SUBTEMA 1 PERBEDAAN WAKTU DAN PENGARUHNYA
 



(Tugas Daring Tanggal 22-03-2021 - 27-03-2021)



Nama Siswa : ………………………………..
Kelas : VI (Enam)
Sekolah : SDN KERTASARI 01

Buku ini dikumpulkan lagi ke guru kelas sebagai bahan penilaian
Dan untuk siswa yang memiliki Buku Paket Tema 8 tetap diisi di buku temanya sebagai bahan belajar siswa


Tema 8 Bumiku 
Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
Pembelajaran 1 (Hari Senin, 22 Maret 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 2 Ayo Mengamati
Ayo, kita cari informasi lebih terperinci tentang terjadinya siang dan malam!

Jawaban:
Tuliskanlah disini
- Penyebab terjadinya siang dan malam
- Gerak relatif matahari
- Rotasi bumi


Halaman 3
Tuliskan hal-hal yang telah kamu ketahui dan ingin kamu ketahui tentang siang dan malam (misalnya: waktu terjadinya, penyebab, dan perbedaan yang teramati).
Gunakan format di bawah ini!

Jawaban:
Hal yang telah aku ketahui
- Malam hari dimulai saat matahari terbenam di barat.
- Siang hari dimulai saat terbit matahari dari timur

Hal yang ingin aku ketahui
- Penyebab siang dan malam
- Bagaimana pergerakan matahari sehingga bisa terbit dan terbenam.

Halaman 3-5 Ayo Membaca
Bacalah informasi tentang siang dan malam berikut ini! Berilah garis bawah pada kata-kata kunci sebagai informasi penting yang kamu temukan!

Halaman 6
4. Adakah perbedaan pada globe, antara sebelum dan sesudah senter dinyalakan? Tuliskan hasil pengamatanmu!
Jawaban :
Ya, ada perbedaan. Ketika senter belum dinyalakan, keadaan globe sama-sama gelap dari berbagai sisi. Ketika senter dinyalakan, ternyata ada perbedaan keadaan pada globe, yaitu sisi/bidang yang berhadapan dengan senter yang dinyalakan menjadi terang, sedang sisi/permukaan globe yang berlawanan tetap gelap, karena tidak terkena cahaya senter.

5. Tetap nyalakan senter, lalu putarlah globe berlahan-lahan berlawanan arah jarum jam. Apa yang teramati pada globe? Tuliskan hasil pengamatanmu!
Jawaban :
Terjadi perubahan keadaan pada globe. Globe yang berputar dan bidang sisi/permukaan yang awalnya terang, berlahan-lahan menjadi gelap. Sementara sisi/permukaan globe yang semula gelap berlahan-lahan menjadi terang secara bertahap sesuai dengan putaran ketika menerima cahaya dari senter.

Halaman 7 Ayo Mengamati
Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan kegiatan yang sudah kamu lakukan!

1. Andaikan senter adalah Matahari dan Globe adalah Bumi
    a. Kapan kita mengalami siang? Ketika bumi menerima sinar/cahaya dari Matahari
    b. Kapan kita mengalami malam? Ketika bagian bumi tidak menerima sinar/cahaya dari Matahari
    c. Bagaimana posisi Matahari selama pengamatan? Posisi Matahari tetap/diam/tidak bergerak
    d. Bagaimana posisi Bumi selama pengamatan (diam/bergerak)? Posisi Bumi bergerak

2. Bagaimana arah gerak Bumi dibandingkan dengan arah gerak jarum jam? Gerak Bumi berlawanan arah dengan arah gerak jarum jam

3. Apa yang dimaksud dengan rotasi Bumi? Gerakan bumi mengelilingi sumbu/poros

4. Mengapa ada daerah Bumi yang terang? Karena daerah Bumi yang terang tersebut mendapat pancaran sinar/cahaya Matahari

5. Mengapa ada daerah di Bumi yang gelap? Karena daerah Bumi yang gelap tersebut tidak mendapat sinar/cahaya Matahari

6. Apa akibat rotasi Bumi diihat dari diterimanya cahaya Matahari ke Bumi? Terjadinya bergeseran permukaan Bumi yang mendapat cahaya Matahari, yang mengakibatkan terjadinya siang dan malam.

7. Bumi atau Mataharikah yang sesungguh bergerak? Bumi yang bergerak

8. Apa yang kamu ketahui tentang gerak semu harian Matahari? Peristiwa di mana Matahari tampak bergerak, walau sebenarnya Matahari yang tidak bergerak, tetapi Bumilah yang bergerak

9. Kegiatan apa yang biasa dilakukan oleh masyarakat di daerahmu ketika siang hari?  Mayoritas/kebanyakan melakukan aktivitas/kegiatan sehari-hari dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya/bekerja. Untuk nelayan,  siang hari saat nelayan datang dari laut dengan memanfaatkan angin laut.

10. Kegiatan apa yang biasa dilakukan oleh masyarakat di daerahmu ketika malam hari? Mayoritas/kebanyakan  beristirahat dari aktivitas sehari-hari. Untuk nelayan, malam hari saat pergi melaut dengan memanfaatkan angin darat.

Kesimpulan :
Rotasi Bumi adalah Gerakan Bumi mengelilingi sumbu/poros
Rotasi Bumi menyebabkan terjadinya siang dan malam






Tema 8 Bumiku 
Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
Pembelajaran 2 (Hari Selasa, 23 Maret 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 9-10 Ayo Mengamati

Baca baik-baik bacaan yang terdapat dihalaman tersebut

Halaman 11
Amati kembali peta perbedaan waktu yang disajikan di halaman sebelumnya. Tuliskan perbedaan waktu yang kamu temui berdasarkan wilayah pada peta. Bagaimana perbedaan itu memengaruhi kegiatan teman-teman Udin yang diceritakan di atas?

Menurutmu, apa penyebab perbedaan waktu tersebut?
Jawaban :
Karena rotasi bumi dan juga karena perbedaan garis bujur atau meridian. Acuan untuk waktu yaitu pada Bujur nol derajat di Greenwich, Inggris. Sehingga ada istilah GMT (Greenwich Mean Time). Untuk WIB (Waktu Indonesia Barat) adalah GMT+7, WITA adalah GMT+6, WIT adalah GMT+5

Dari cerita tentang kegiatan teman-teman Udin yang tinggal di tempat berbeda, apa yang dapat kamu simpulkan?
Jawaban :
Bahwa perbedaan waktu di Bumi berpengaruh pada kegiatan sehari-hari manusia.

Halaman 12 Ayo Mengamati
Wilayah Indonesia dibagi menjadi tiga daerah waktu. Pembagian ini menyebabkan adanya perbedaan waktu. Perbedaan waktu ini akan memengaruhi kegiatan sehari-hari.

Halaman 13
Tuliskan hal-hal lain yang kamu temui dari hasil pengamatanmu pada kotak berikut!
Jawaban :
Pada peta/bola dunia terdapat garis-garis pada peta/bola dunia. Terdapat garis yang melintang yang disebut garis lintang dan garis yang membujur yang disebut garis bujur. Garis lintang membagi Bumi menjadi dua, yaitu Bumi bagian Utara dan Bumi bagian Selatan. Sedang garis Bujur membagi Bumi menjadi Bumi bagian Barat dan Bumi bagian Timur. Garis Bujur Barat dan garis Bujur Timur berhimpit di garis 0' di kota Greenwich, Inggris.

Halaman 13 Ayo Membaca
Bacalah dan cermati teks informasi berikut ini! Sebelum kamu mulai membaca, lakukan kegiatan di bawah ini!

1. Sebutkan kata kunci yang kamu temukan pada judul bacaan
Jawaban: 
Perputaran Bumi

2. Berdasarkan kata kunci tersebut, perkirakan informasi yang akan kamu dapatkan dari bacaan.
Jawaban:
- Informasi/detail putaran Bumi
- Akibat dari putaran Bumi

Halaman 14 Ayo Berlatih
Dari bacaan di atas, temukan kosakata-kosakata baru. Tuliskan kosakata-kosakata tersebut pada kolom yang disediakan. Carilah definisinya dengan melihat Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gunakan kosakata tersebut dalam kalimat. Jelaskan makna kosakata tersebut pada temanmu sesuai dengan kalimat yang kamu buat.

No

Kosakata Baru

Definisi/Makna

Kalimat

1

Derajat

Satuan ukuran sudut, satu derajat (ditulis 10) sama dengan 1/90 besar sudut siku-siku; satuan ukuran 1/90 bagian dari sudut siku tegak lurus (900)

Equator disebut juga sebagai garis lintang 0 derajat

2

Lintang

1. Lebar (suatu bidang). 2. Menurut lebar suatu bidang (ruangan, bumi, dan sebagainya) 3. Garis atau lingkaran yang dibuat dari arah Timur ke Barat pada peta bumi dan globe sebagai salah satu ordinat untuk menentukan letak tempat pada permukaan bumi

Garis lintang 00 melewati kota Pontianak

3

Bujur

1. Panjang dari suatu bidang; 2. Panjang; Posisi Timur atau Barat suatu tempat  di permukaan Bumi, yang ditentukan atau diukur dengan meridian

Garis Bujur 00 melewati kota Greenwich di negara Indonesia

4

Paralel

1. Sejajar. 2. Mirip

Garis Paralel adalah garis yang terletak dalam satu bidang datar dan tidak pernah berpotongan.

5

Meridian

Lingkaran khayal pada permukaan bumi, dibuat pada peta dan bola dunia sebanyak 180 buah dengan jarak satu derajat antara satu dan lainnya, yang berpotongan dari kutub utara dan kutub selatan, digunakan untuk menetapkan letak tampak pada permukaan bumi dengan arah Timur-Barat satuan derajat; garis bujur; Garis khayal yang melalui titik tertentu pada permukaan bumi yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan bumi.

Garis Meridian disebut juga garis bujur.

6

Horizontal

Terletak pada garis atau bidang yang sejajar dengan horizon atau garis datar; mendatar.

Garis horizontal adalah garis yang mendatar.

7

Rotasi

Perpustakaan

Rotasi Bumi menyebabkan siang dan malam



Halaman 15 Ayo Membaca
Bacalah kembali teks bacaan yang berjudul "Perputaran Bumi dan akibatnya". Garis bawahi kata-kata yang menunjukkan informasi-informasi penting. Tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam tabel berikut.

Paragraf

Informasi Penting

1

Membutuhkan waktu 24 jam untuk satu kali putaran; garis yang tampak pada bola dunia disebut garis lintang (paralel) dan garis bujur (meridian)

2

Garis lintang adalah khayal horizontal yang melingkari bumi; Garis lintang dibedakan menjadi dua; Garis lintang digunakan sebagai pedoman pembagian wilayah iklim

3

Garis bujur adalah garis khayal membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan belahan timur; Garis bujur digunakan sebagai pedoman untuk pembagian wilayah waktu

4

Garis Bujur Barat dan garis Bujur Timur berhimpit di garis 0º Greenwich.

5

Saat berotasi 1º, Bumi membutuhkan waktu 4 menti; Tempat di muka Bumi yang mempunyai selisih garis gujur 15º akan mempunyai perbedaan waktu satu jam



Halaman 16
Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas tiga atau empat orang.
Kumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang peristiwa rotasi Bumi dan dampaknya.

Jawaban:
Judul : GASING RAKSASA

Gambar sampul :
 

Penjelasan tentang peristiwa rotasi bumi dan akibatnya : 
Rotasi Bumi dan Akibatnya :
Rotasi Bumi adalah peredaran Bumi mengelilingi sumbunya atau porosnya dari arah Barat ke Timur. Lama proses peredaran Bumi mengelilingi sumbunya ini disebut dengan Kala Rotasi, yaitu selama 23 jam 56 menit 4 detik. Kala rotasi dikenal dengan satu hari. Akibat Rotasi Bumi adalah :
- Terjadinya siang dan malam
- Gerak semu harian matahari
- Perbedaan waktu
- Perbedaan percepatan gravitasi bumi
- Pembelokan arah arus laut

Kegiatan percobaan yang dapat dilakukan untuk menunjukkan fenomena rotasi bumi dan akibatnya

Langkah kegiatan percobaan :
Alat dan Bahan :
- Senter
- Globe/bola

Langkah percobaan :
1 Peganglah senter dan satu temanmu memegang globe/bola
2 Arahkan senter (jangan dinyalakan) sehingga menghadap ke globe/bola. Amati globe
3 Nyalakan senter. Amati globe/bola
4 Tetap nyalakan senter, lalu putarlah globe perlahan-lahan berlawanan arah jarum jam.

Kosakata-kosakata yang berkaitan dengan peristiwa rotasi bumi dan definisinya
Rotasi ---- Perputaran
Poros ---- 1. Sumbu  2. ujung puncak
Kala ---- Waktu; Ketika; masa
Semu ---- Tampak seperti asli, padahal sama sekali bukan yang sebenarnya
Gravitasi ---- 1. Kekuatan gaya tarik bumi. 2. Proses gaya tarik bumi. 3. Gaya berat suatu benda


Tema 8 Bumiku 
Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
Pembelajaran 3 (Hari Rabu, 24 Maret 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 20 Ayo Membaca
Bacalah percakapan Alan dan pamannya di bawah ini!
Paman Alan dan keluarganya tinggal di Singapura. Singapura merupakan negara tetangga kita. Apa yang dimaksud dengan negara tetangga?
Jawaban :
Negara tetangga adalah negara-negara yang berada di sekitar Indonesia. Sebagian besar negara tetangga Indonesia berada di kawasan Asia Tenggara


Halaman 21-22 Ayo Membaca
Cermati teks berjudul “Kawasan Asia Tenggara“ berikut ini!

Sebelum mulai membaca, lakukan kegiatan di bawah ini!
1. Bacalah judul bacaan dan perkirakan informasi yang mungkin kamu dapatkan dari bacaan.
2. Sajikan perkiraan informasi tersebut dalam format sebagai berikut.

Jawaban:
Perkiraan informasi :
  1. Tentang negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara
  2. Tentang kondisi negara-negara di kawasan Asia Tenggara, baik kondisi geografis (posisi/letak) maupun demografis (keadaan penduduk)
  3. Hubungan antara negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara
  4. Sejarah negara-negara yang ada di Asia Tenggara




Halaman 23 Ayo Mengamati
Perhatikan kembali peta Asia Tenggara. Identifikasilah negara-negara yang ada di Asia Tenggara.
Negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara:

Jawaban:
Indonesia
Brunei Darussalam
Kamboja
Timor Leste
Singapura
Malaysia
Myanmar
Thailand
Laos
Vietnam
Philipina


Tuliskan informasi penting yang kamu peroleh setelah membaca teks “Kawasan Asia Tenggara”. Tuliskan informasi tersebut dalam format yang disediakan dan bandingkan dengan perkiraan informasi yang sebelumnya kamu tuliskan.

Apakah kamu menemukan persamaan dan perbedaan?

Jawaban:
Perkiraan informasi penting sebelum membaca teks bacaan
1. Tentang negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara
2. Tentang kondisi negara di kawasan Asia Tenggara, baik kondisi geografis (posisi/letak), maupun demografis (keadaan penduduk)
3. Hubungan antara negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara
4. Sejarah negara-negara yang ada di Asia Tenggara

Informasi penting yang didapatkan setelah membaca teks bacaan
1. Letak Asia Tenggara berdasarkan garis astronomis dan geologis
2. Tentang kondisi negara di kawasan Asia Tenggara secara geografis
3. Persamaan antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara secara geografis
4. Akibat letak geografis terhadap cuaca dan kesuburan tanah negara-negara di kawasan Asia Tenggara

Hasil perbandingan :
Ada beberapa persamaan dan perbedaan perkiraan informasi penting sebelum membaca teks bacaan dengan informasi yang didapatkan setelah membaca teks bacaan. Beberapa persamaan itu antara lain tentang kondisi negara-negara di kawasan Asia Tenggara secara geografis (posisi/letak), Sedangkan perbedaannya antara lain adalah letak Asia Tenggara juga dibahas secara astonomis, sedang perkiraan sebelum membaca adalah secara demografis (keadaan penduduk), perbedaan lainnya adalah akibat letak geografis terhadap cuaca dan kesuburan tanah. Perkiraan informasi sebelum membaca lebih bersifat umum, sedang informasi yang didapat setelah membaca tentang kawasan Asia Tenggara adalah lebih bersifat spesifik (khusus)

Halaman 24 Ayo Berkreasi
Dari informasi yang kamu peroleh, ditemukan fakta-fakta menarik tentang Singapura. Garis bawah kata kunci dan informasi penting yang kamu dapatkan dari bacaan.
Olah kembali informasi-informasi tersebut dan sajikan dalam bentuk kartu informasi tentang Singapura.
Dalam kartu informasi tersebut, sajikan fakta-fakta yang menceritakan tentang kondisi alam Singapura dan fakta menarik lainnya

Jawaban:
Kondisi Alam Singapura :
1. Sebagian besar wilayahnya berupa dataran rendah
2. Suhu udara di Singapura rata-rata 26º C
3. Terletak 137 kilometer di utara khatulistiwa
4. Memiliki 63 pulau kecil
5. Bukit Timah merupakan lokasi tertinggi

Fakta menarik tentang negara Singapura
1. Merupakan negara kepulauan
2. Negara dengan wilayah kecil namun negara paling maju dan paling bersih di Asia Tenggara
3. Walau negara dengan wilayah sempit/kecil tapi masih ada ruang untuk cagar alam dan taman Botani


Halaman 26 Ayo Membaca
Dari informasi yang kamu dapatkan tentang Singapura, jawablah pertanyaan di bawah ini!

1. Tuliskan hal-hal positif yang dapat kita contoh dari negara Singapura


Jawaban :
• Menjadi negara maju
• Menjadi negara salah satu tujuan wisata dunia
• Menjadi negara terbersih di dunia
• Taatnya warga Singapura terhadap peraturan
• Negara dengan aturan yang ketat
• Peran serta warga Singapura dengan aturan-aturan tersebut.


2. Menurutmu, mungkinkah negara Indonesia menjadi salah satu negara terbersih di dunia seperti Singapura?

Jawaban :
Mungkin, Indonesia bisa menjadi salah satu negara terbersih di dunia

3. Apa yang harus dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah Indonesia untuk mencapai tujuan tersebut?

Jawaban :
• Tingkat kesadaran warga Indonesia harus terus ditingkatkan
• Tingkat pendidikan warga Indonesia harus terus ditingkatkan
• Pemerintah Indonesia harus membuat aturan yang ketat
• Pemerintah Indonesia tidak boleh berat sebelah dalam menerapkan aturan/ Pemerintah Indonesia harus adil dalam hukum, tidak tebang pilih.
• Pemerintah harus menyediakan fasilitas-fasilitas umum yang memadai
• Warga Indonesia harus turut serta berperan aktif dalam menjaga fasilitas umum dan turut aktif menyukseskan program pemerintah

4. Menurutmu, apakah kebersihan negara Singapura merupakan hasil kerjasama pemerintah dan warganya?

Jawaban :
Ya, warga Singapura mendukung program pemerintah dan pemerintah Singapura membuat aturan-aturan yang bermanfaat serta menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang.

Halaman 27 Ayo Mengamati
Apa yang dapat kita lakukan di rumah untuk menjaga lingkungan?

Jawaban:
- Membuat tempat pembuangan sampah
- Membuang sampah pada tempatnya
- Selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar
- Menanam dan merawat tanaman di sekitar rumah
- Menjaga, merawat serta membersihkan aliran air/selokan yang ada di lingkungan rumah dan lingkungan.





Tema 8 Bumiku 
Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
Pembelajaran 4 (Hari Kamis, 25 Maret 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 29 Ayo Membaca
Sore itu, Alan sedang membaca berita tentang sebuah sekolah untuk anak jalanan Berita tersebut disajikan setelah halaman ini
1. Bacalah judul berita tersebut. Perkirakan informasi yang akan kamu dapatkan
2. Sajikan perkiraan informasi tersebut dalam format seperti di bawah ini


Jawaban :
Perkiraan informasi yang akan aku dapatkan dari artikel koran berjudul "Sekolah Anak Jalanan"
Informasi tentang kehidupan anak jalanan dalam mendapatkan pendidikan.

Perkiraan fakta-fakta yang akan aku dapatkan dari artikel
• Tentang kehidupan anak jalanan
• Tentang kesulitan/masalah yang dihadapi anak jalanan
• Tentang peran serta individu/ masyarakat/ organisasi dalam memecahkan masalah anak jalanan
• Tentang dunia pendidikan

Pertanyaan-pertanyaan yang aku miliki terkait dengan judul artikel
• Apa yang dimaksud dengan anak jalanan?
• Apa masalah yang dihadapi anak jalanan?
• Apa peran serta masyarakat dan pemerintah dalam mengatasi masalah anak jalanan?
• Bagaimana pelaksanaan sekolah anak jalanan?

Pelajaran yang kira-kira akan aku dapatkan dari artikel yang kubaca
• Masalah sosial yang ada di masyarakat
• Memperoleh pendidikan adalah hak setiap warga negara Indonesia
• Kewajiban pemerintah dan semua warga negara dalam mengatasi masalah pendidikan.

Halaman 31
Setelah membaca artikel koran yang berjudul "Sekolah Anak Jalanan" lengkapi format di bawah ini dan bandingkan dengan format yang sebelumnya kamu isi sebelum membaca artikel. Apakah ada

perbedaan? Jelaskan Jawabanmu

Jawaban:
Perkiraan informasi yang akan aku dapatkan dari artikel koran berjudul "Sekolah anak jalanan"
- Tentang kehidupan anak jalanan
- Tentang peran serta organisasi dalam memecahkan masalah pendidikan anak jalanan
- Tentang pendidik/guru sekolah anak jalanan.

Fakta-fakta yang aku dapatkan dari artikel
• Kondisi fisik anak-anak jalanan
• Kehidupan/aktivitas anak-anak jalanan
• Tempat sekolah anak-anak jalanan
• Organisasi yang peduli dengan dunia pendidikan anak-anak jalanan
• Tentang pendidik/guru sekolah anak-anak jalanan.

Hal-hal baru yang aku dapatkan dari informasi di artikel
• Kondisi fisik anak-anak jalanan
• Walau hidup susah, anak-anak jalanan tetap semangat bersekolah
• Kepedulian organisasi Yayasan Himmata terhadap pendidikan anak-anak jalanan
• Gaji pengajar/guru sangat kecil walau jasa guru sangat besar
• Ikhlasnya para guru/pengajar di sekolah anak-anak jalanan.

Pelajaran yang aku dapatkan dari artikel yang kubaca
• Selalu bersyukur karena kehidupan saya tidak sekeras dan sesulit anak-anak jalanan
• Walau kehidupan keras dan sulit, anak-anak jalanan tetap peduli dengan pendidikan dengan tetap bersekolah, dan semangat belajar ini harus saya tiru.
• Harus menghormati dan menghargai guru/pendidik, karena jasa guru sangat besar, tapi jerih payah mereka hanya dibalas dengan gaji/bayaran yang kecil.
• Peran serta masyarakat/organisasi dalam mensukseskan program mencerdaskan kehidupan bangsa

Penjelasan tentang sebelum dan sesudah membaca artikel :
Hanya ada sedikit perbedaan antara sebelum dan sesudah membaca artikel, lebih banyak persamaannya, hal ini dikarenakan judul bacaan artikel sesuai dengan isi dari bacaan artikel. Judul juga masih sesuai dengan pokok-pokok pikiran tiap paragraf. Yang membuat sedikit perbedaan sebelum dan sesudah membaca artikel adalah dari kalimat pengembangnya/gagasan pendukung, dan juga dari pemahaman pembaca.


Halaman 31-32 Ayo Berlatih
Buatlah kelompok yang terdiri atas tiga atau empat orang. Diskusikan lima kewajiban yang harus dilakukan sebagai seorang pelajar. Tuliskan hasil diskusi kelompok dan sajikan dalam bentuk karya seperti berikut.

Jawaban :
Kewajiban 1 :
Mentaati peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah
Kewajiban 2 :
Menghargai serta menghormati seluruh warga sekolah
Kewajiban 3 :
Menjaga nama baik sekolah
Kewajiban 4 :
Tidak merusak fasilitas umum milik sekolah
Kewajiban 5 :
Mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran

Halaman 32-33 Ayo Berdiskusi
Berdiskusilah dengan teman sebangkumu dan jawablah pertanyaan di bawah ini!
Anggaplah kewajiban yang kamu tulis pada kegiatan di atas sebagai janji yang harus dipenuhi.

1. Jelaskan mengapa kamu memilih janji tersebut? Apakah janji itu akan memberi manfaat bagi keberhasilan pendidikanmu?
Jawaban :
Dengan mentaati peraturan sekolah, akan tercipta keteraturan dan suasana nyaman dalam sekolah. Saat keteraturan tercipta, maka tujuan bersama yang ingin dicapai semua pihak sekolah lebih mudah tercapai. 
Ya, janji mentaati peraturan sekolah memberi manfaat bagi keberhasilan pendidikan saya.

2. Apakah kewajiban yang kamu tulis merupakan hal yang harus kamu lakukan? Jelaskan jawabanmu!
Jawaban :
Ya, Kewajiban yang saya tulis merupakan hal yang harus saya lakukan. Karena manfaat yang diperoleh sangat banyak, baik manfaat untuk diri sendiri maupun manfaat untuk orang lain

3. Apakah melaksanakan kewajiban akan memberikan manfaat bagimu? Mengapa?
Jawaban :
Ya, memberikan manfaat bagi saya, karena dengan melaksanakan kewajiban, maka :
• Melatih saya untuk mempunyai sikap tanggung jawab
• Hidup lebih bermakna, karena dengan melaksanakan kewajiban saya telah menjadi pribadi/individu yang bermanfaat bagi yang lain
• Mudah dipercaya orang lain
• Disegani orang lain
• Hati/perasaan lebih tenang dan tentram

4. Apa yang bisa kamu simpulkan dari kegiatan ini? Nilai-nilai apa yang kamu peroleh dari kegiatan tersebut?
Jawaban :
Bahwa melaksanakan kewajiban itu sangat menguntungkan dan bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. 
Nilai-nilai yang yang saya peroleh dari kegiatan adalah Nilai kejujuran, Nilai toleransi, Nilai disiplin, Nilai mandiri, Nilai kepedulian, Nilai cinta tanah air dan Nilai kebangsaan. 

Halaman 35
Dari informasi yang kamu dapatkan dari teks di atas, buatlah peta pikiran yang berisi informasi-informasi penting tentang Thailand. Kamu dapat menambahkan informasi dari sumber-sumber yang lain.


Peta Pikiran Tentang Thailand


Halaman 36
Peta Pikiran Tentang Vietnam
 


Halaman 36 Ayo Berlatih
Bandingkan kondisi alam Thailand dan Vietnam.
Carilah persamaan dan perbedaannya. Sajikan informasi tersebut dalam bentuk tulisan dua paragraf. Paragraf pertama berisi informasi tentang persamaan dan paragraf kedua berisi tentang perbedaan. Tentukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari tiap paragraf.
Jawaban :
Negara Thailand dan negara Vietnam merupakan anggota ASEAN. Kedua negara sama-sama terletak di kawasan Asia Tenggara, dengan mayoritas penduduknya beragama Budha. Dengan kepala pemerintahan dipimpin oleh seorang perdana menteri. Kedua negara juga mempunyai laut yang juga menjadi batas wilayah dengan negara lain. Tanah kedua negara merupakan tanah yang subur, yang menyebabkan kedua negara merupakan salah satu negara-negara penghasil beras terbesar di kawasan ASEAN

Negara Thailand dan Vietnam adalah dua negara yang berbeda. Perbedaan antara negara Thailand dan Vietnam diantaranya adalah bentuk geografis dan demografis. Thailand mempunyai tanah genting (daratan kecil yang menghubungkan dua daratan dan dibatasi oleh perairan/laut), sedang Vietnam tidak mempunyai tanah genting. Bentuk pemerintahan Thailand adalah kerajaan, sedang bentuk pemerintahan Vietnam adalah Republik Sosialis.

Gagasan Utama :
Paragraf 1 :
Negara Thailand dan negara Vietnam merupakan anggota ASEAN
Paragraf 2 :
Negara Thailand dan Vietnam  adalah dua negara yang berbeda

Gagasan Pendukung :
Paragraf 1 :
- Kedua negara terletak di kawasan Asia Tenggara
- Persamaan dari segi demografis dan geografis
Paragraf 2 :
- Perbedaan geografis dan demografis Thailand dengan Vietnam.

Halaman 39
Buatlah satu kartu informasi untuk setiap bidang kerjasama dan presentasikan kartu informasimu di depan kelas.


 





Tema 8 Bumiku 
Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
Pembelajaran 5 (Hari Jum’at, 26 Maret 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 40 Ayo Membaca


Halaman 41 Ayo Mengamati
Amati gambar berikut untuk memperjelas jawabanmu!





Berdasarkan gambar di halaman sebelumnya dan bola dunia yang kamu miliki, lengkapi tabel musim di wilayah belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan berikut!




Waktu

Belahan Bumi Utara

Belahan Bumi Selatan

21 Juni - 23 September

Panas

Dingin

23 September – 22 Desember

Gugur

Semi

22 Desember – 21 Maret

Dingin

Panas

21 Maret – 21 Juni

Semi

Dingin


Halaman 43 Ayo Mencoba
- Apakah jarak teman yang menjadi Bumi dan temanmu yang menjadi Matahari selalu sama?
Jawaban: Tidak selalu sama

Ukurlah jarak A dari keempat titik, yaitu B1, B2, B3, B4
Tuliskan hasil pengukuranmu pada tabel di bawah ini!

Jarak Bumi Terhadap Matahari (Percobaan)

Posisi

Jarak

A ke B1

Jaraknya sama dengan jarak A ke B3, tetapi tidak sama jaraknya dengan A ke B2 dan tidak sama jaraknya dengan A ke B4

A ke B2

Jaraknya sama dengan jarak A ke B4, tetapi tidak sama jaraknya dengan A ke B1 dan tidak sama jaraknya dengan A ke B3

A ke B3

Jaraknya sama dengan jarak A ke B1, tetapi tidak sama jaraknya dengan A ke B2 dan tidak sama jaraknya dengan A ke B4

A ke B4

Jaraknya sama dengan jarak A ke B2, tetapi tidak sama jaraknya dengan A ke B1 dan tidak sama jaraknya dengan A ke B3


Dari Hasil pengukuran di atas, apa yang dapat kamu simpulkan tentang orbit Bumi?
Jawaban: Bahwa orbit Bumi berbentuk Elips.

Halaman 44 Ayo Mencoba
Apakah kamu tahu yang disebut reporter?
Jawaban: Reporter adalah orang yang bertugas meliput berita di lapangan dan melaporkannya kepada publik.


Halaman 45
Petunjuk :
Temukan lima Informasi penting mengenai gerak revolusi Bumi dan dampaknya. Tuliskan informasi yang kamu temukan di tiap jari :

Jawaban :
Sumber informasi : Internet

Fakta 1: Bumi mengelilingi Matahari pada orbitnya membutuhkan waktu selama 365,25 hari atau 1 tahun.

Fakta 2: Akibat peredaran bumi mengelilingi Matahari (revolusi Bumi) adalah adanya perbedaan lama siang dan malam.

Fakta 3: Akibat revolusi Bumi adalah adanya perubahan Rasi Bintang.
Fakta 4: Akibat revolusi Bumi adalah adanya gerak semu tahunan Matahari.
Fakta 5: Akibat revolusi Bumi adalah adanya perubahan musim.

Olahlah kembali poin-poin informasi yang kamu dapatkan menjadi poin-poin berita dengan menggunakan gaya penyajian berita seperti seorang reporter.

Naskah Reportase tentang Gerak Revolusi Bumi dan Dampaknya :
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat pagi para pemirsa yang ada di kelas 6. 
Reportase kami hari ini adalah mengenai Revolusi Bumi dan dampaknya. Revolusi Bumi adalah peredaran Bumi mengelilingi Matahari. Seperti yang diketahui bersama, Bumi mengelilingi Matahari membutuhkan waktu tepatnya 365,25 hari atau satu tahun surya, dan disebut sebagai kala revolusi Bumi. 

Adapun dampak dari revolusi Bumi adalah sebagai berikut
Dampak 1 :
Adanya perbedaan lama siang dan malam. Revolusi dan kemiringan sumbu Bumi menyebabkan gejala yang terjadi selalu berulang setiap tahun. Peristiwa alam tersebut bisa terlihat di kutub utara dan selatan. Karena perbedaan jarak dekat atau jauhnya kutub dengan Matahari menyebabkan adnya perbedaan lama siang dan malam.

Dampak 2 :
Adanya perubahan rasi bintang. Rasi bintang adalah kumpulan bintang-bintang yang membentuk pola tertentu. Rasi bintang yang biasa dikenal umum antara lain : rasi bintang Biduk, rasi bintang Scorpio, rasi bintang Leo. Revolusi Bumi mengakibatkan rasi bintang-bintang tersebut terlihat berubah.

Dampak 3 :
Adanya Gerak semu tahunan Matahari. Pergeseran posisi Matahari ke arah belahan Bumi utara dan pergeseran posisi Matahari dari belahan Bumi utara ke belahan Bumi selatan disebut gerak semu harian Matahari. Gerak revolusi Bumi dengan sumbu rotasi yang miring mengakibatkan Matahari seolah-olah bergeser

Dampak 4 :
Adanya perubahan musim. Perubahan musim terjadi di belahan Bumi utara dan belahan Bumi Selatan. Musim yang terdapat di Bumi antara lain musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Musim-musim tersebut terjadi pada tanggal tertentu.

Dampak 5 :
Penggunaan Kalender Masehi. Kalender masehi ditetapkan berdasarkan revolusi bumi.

Halaman 46
Catatanku tentang Revolusi Bumi dan dampaknya :
Jawaban :
Revolusi Bumi adalah peredaran bumi mengelilingi Matahari. Dampak dari Revolusi Bumi antara lain :
1. Perbedaan lama siang dan malam
2. Perubahan rasi bintang
3. Gerak semu tahunan Matahari
4. Adanya perubahan musim
5. Ditetapkannya Kalender Masehi



Tema 8 Bumiku 
Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
Pembelajaran 6 (Hari Sabtu, 27 Maret 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 49 Ayo Membaca
Bacalah teks bacaan di bawah ini dengan teknik membaca memindai. Keadaan Alam Indonesia

Halaman 50
Dari Teks nonfiksi berjudul "Keadaan Alam Indonesia", sajikan informasi penting yang kamu temukan dalam format berikut!


Jawaban:

KEADAAN ALAM INDONESIA

Nama : ...... (Diisi Nama Siswa) 

Kondisi umum alam Indonesia :
• Indonesia memiliki ribuan pulau. 
• Indonesia memiliki iklim tropik basah. 
• Memiliki dua musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau.

Ciri-ciri khusus kondisi alam Indonesia :
Ciri 1 :
• Curah hujan di Indonesia rata-rata 1.600 milimeter setahun
• Memiliki 400 Gunung api, dengan 130 diantaranya termasuk gunung api aktif

Ciri 2
• Indonesia merupakan tempat pertemuan dua rangkaian gunung api aktif
• Puluhan patahan aktif

Ciri 3
Terdapat salju abadi di puncak-puncak pegunungan di Papua.

Halaman 52 Ayo Mengamati
Analisalah informasi yang disajikan di artikel di atas. Identifikasilah kewajiban yang tidak ditunaikan oleh masyarakat. Jelaskan apa akibat dari kelalaian tersebut.


Jawaban :
Kewajiban :
- Menjaga Kebersihan Lingkungan

Akibat kewajiban tidak ditunaikan :
- Lingkungan menjadi kotor, penuh dengan sampah

Sebagai anggota masyarakat, kita memiliki kewajiban untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Bekerjalah dalam kelompok. Diskusikan kewajiban yang kamu miliki sebagai anggota masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di tempat tinggal kamu.

Tuliskan hasil diskusi kalian dalam format yang disediakan!

Jawaban :
• Melaksanakan program 3M (menutup, menguras, mengubur) mengurangi penyakit demam berdarah
• Membuang sampah pada tempatnya
• Mengurangi sampah dengan program daur ulang limbah, seperti bank sampah
• Menjaga kebersihan lingkungan rumah, baik dalam maupun luar rumah.
• Menjaga kelancaran aliran air/selokan di sekitar rumah
• Turut menyukseskan program kesehatan, seperti Germas (Gerakan Masyarakat Sehat), Posyandu.
• dan lain sebagainya

Halaman 52 Ayo Berlatih
Ketika musim hujan tiba, lapangan sekolah menjadi becek dan berlumpur. Hal ini mengakibatkan sepatu siswa-siswi menjadi kotor. Untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan, SD Pelita Hati membuat jadwal piket tambahan.

Mematuhi dan menjalankan jadwal piket dengan baik merupakan kewajiban setiap siswa SD Pelita Hati.

Bantulah SD Pelita Hati dengan membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan oleh petugas piket dan siswa-siswa lainnya sebagai perwujudan kewajibannya dalam menjaga lingkungan sekolah

Kewajiban Petugas Piket
1. Memantau dan meletakkan sepatu pada lemari sepatu/ tempat yang disediakan
2. Menguras/mengurangi genangan air di lapangan
3. Membersihkan teras sekolah
4. Membersihkan lemari sepatu/ tempat sepatu yang disediakan
5. Mengepel lantai kotor
6. Dan sebagainya

Halaman 53
Tuliskan kembali kewajibanmu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat. Masukkan ke tabel berikut. Tempelkan tabel tersebut di tempat yang mudah kamu baca dan jadikan sebagai pengingatmu.

Kewajibanku dalam menjaga kebersihan dan Kesehatan

Lingkungan Rumah

Lingkungan Sekolah

Lingkungan Masyarakat

·         Wajib merapikan tempat tidur ketika baru bangun
·         Wajib mandi secara teratur, minimal 2 kali sehari
·         Membersihkan/menyapu kamar tidur, ruang keluarga, teras, dan ruangan lain
·         Wajib membuang sampah pada tempatnya
·         Menutup semua wadah yang berpotensi jadi sarang nyamuk
·         Dan lain-lain
·         Wajib melaksanakan piket kelas
·         Wajib menjaga kebersihan sekolah
·         Wajib membuang sampah pada tempatnya
·         Wajib menyiram dengan bersih ketika keluar dari toilet
·         Dan lain-lain
·         Membuang sampah pada tempatnya
·         Turut serta dalam kegiatan kerja bakti
·         Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar
·         Wajib menjaga kelancaran saluran air/selokan di depan rumah dan sekitarnya
·         Dan lain-lain




PENILAIAN HARIAN (PH)
TEMA 8 BUMIKU 
SUBTEMA 1 PERBEDAAN WAKTU DAN PENGARUHNYA

Berilah Tanda Silang (X) Pada Huruf a, b, c Atau d Pada Jawaban Yang Benar!

1. Terjadinya siang dan malam disebabkan oleh ….
a. Revolusi  bumi
b. Rotasi bumi
c. Rotasi bulan
d. Revolusi bulan

2. Bumi sekali berputar pada porosnya membutuhkan waktu ….
a. 12 jam
b. 24 jam
c. 30 hari
d. 365 ¼ hari

3. Negara Indonesia dibagi menjadi tiga daerah waktu, berikut ini yang bukan merupakan bagian dari tiga pembagianya yaitu ….
a. Waktu Indonesia tengah
b. Waktu Indonesia barat
c. Waktu Indonesia utara
d. Waktu Indonesia timur

4. Kota-kota di pulau Sulawesi termasuk dalam bagian ….
a. Waktu Indonesia tengah
b. Waktu Indonesia barat
c. Waktu Indonesia utara
d. Waktu Indonesia timur

5. Garis khayal horizontal yang melingkari bumi dinamakan garis ….
a. Katulistiwa
b. Bujur
c. Meridian
d. Lintang

6. Berdasarkan letak astronomisnya, negara-negara di kawasan Asia Tenggara sebagian besar berada di daerah beriklim ….
a. Tropis
b. Subtropis
c. Gurun
d. Agraris

7. Negara di Asia Tenggara yang memiliki luas terkecil namun termasuk salah satu negara industri yang maju adalah ….
a. Malaysia
b. Laos
c. Singapura
d. Brunei Darussalam

8. Negara di Asia Tenggara di bawah ini yang bukan merupakan negara kepulauan adalah ….
a. Indonesia
b. Filipina
c. Singapura
d. Laos

9. Hal-hal di bawah ini merupakan kewajiban yang bisa diterapkan dalam anggota keluarga dalam bidang kebersihan adalah ….
a. Mematikan alat elektronik saat tidak digunakan
b. Menggunakan air seperlunya di rumah
c. Membuang sampah pada tempat sampah
d. Saling membantu jika ada yang butuh pertolongan

10. Contoh kewajiban seorang pelajar yang berkaitan dengan tingkah laku seperti ….
a. Belajar dengan giat
b. Memakai seragam sesuai jadwal
c. Bersikap sopan kepada semua guru
d. Rajin bertanya kepada guru di kelas

11. Kawasan perdagangan bebas di kawasan Asia Tenggara dikenal dengan ….
a. APEC
b. PBB
c. Sea Games
d. AFTA

12. Kerja sama ASEAN di bidang politik dan keamanan antara lain adalah ….
a. Pembentukan kawasan pasar bebas ASEAN
b. Pendirian pabrik vaksin di Singapura
c. Pembentukan kawasan damai, bebas dan netral
d. Pendirian pusat promosi ASEAN

13. Di daerah katulistiwa yang beriklim tropis, pada periode bulan oktober hingga maret mengalami musim ….
a. Dingin
b. Hujan
c. Kemarau
d. Panas

14. Karangan nonfiksi adalah karangan yang dibuat berdasarkan ….
a. Teori yang ingin dibuktikan
b. Cerita rakyat yang berkembang
c. Imajinasi seorang penulis
d. Fakta yang benar-benar terjadi

15. Berikut ini yang bukan merupakan contoh karangan nonfiksi adalah ….
a. Skripsi
b. Tesis
c. Makalah
d. Fabel


KUNCI JAWABAN PENILAIAN HARIAN (PH)
TEMA 8 BUMIKU 
SUBTEMA 1 PERBEDAAN WAKTU DAN PENGARUHNYA

Pilihan Ganda
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.











No comments:

Post a Comment

Soal Tema 2 IPS Kelas 6

SOAL UH/PTS/UAS TEMA 2  KELAS 6 SEMESTER I  Kompetensi Dasar IPS I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang...