Sunday, 18 October 2020

Tema 2 Subtema 3 Kelas 6

 
BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH SD KELAS 6
Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan 
Subtema 3 Bersatu Kita Teguh
 

Edisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)



Nama Siswa : ………………
Kelas : VI (Enam)
Sekolah : SDN KERTASARI 01

Buku ini dikumpulkan lagi ke guru kelas sebagai bahan penilaian
Dan untuk siswa yang memiliki Buku Paket Tema 2 tetap diisi di buku temanya sebagai bahan belajar siswa


Subtema 3
Bersatu Kita Teguh

Pembelajaran 1 (Hari Pertama)
Lihat di buku tematik halaman 99, 100, 101, 102

Bacalah teks berikut dalam hati!

BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi 

Teks proklamasi awalnya ditulis tangan oleh Soekarno, kemudian diketik oleh Sayuti Melik agar terlihat rapi. Teks asli tersebut kemudian dibuang ke tempat sampah.

Salah seorang pemuda yang ikut hadir pada saat persiapan Proklamasi Kemerdekaan adalah BM Diah. Ia mengambil naskah asli dari tong sampah dan disimpannya. Ia menilai bahwa teks tersebut memiliki sejarah tinggi.

Naskah asli yang disimpan BM Diah selama 46 tahun 9 bulan 19 hari kemudian dikembalikan kepada Bangsa Indonesia. Dia membawa naskah asli Proklamasi Kemerdekaan RI pada Selasa pagi, 19 Mei 1992 pukul 10.30 dan menyerahkannya melalui Presiden Soeharto. Naskah itu kemudian disimpan oleh Arsip Nasional atas anjuran Soeharto.

Keputusan BM Diah untuk menyimpan naskah asli sangat tepat. Seluruh bangsa Indonesia sampai sekarang dapat menikmati naskah asli proklamasi dan belajar banyak dari kejadian saat itu.
Amatilah kata-kata yang terdapat pada bacaan tersebut! Apakah kata-katanya termasuk kata baku?
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban: 
Kata-kata dalam bacaan 'BM Diah dan naskah Asli Proklamasi' semuanya baku. Tidak ada kata yang melenceng dari Pedoman Ejaan yang Disempurnakan (EYD) yang sekarang diganti Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Tahukah kamu tentang kata baku? Bacalah penjelasan singkat berikut!
Kata Baku
• Digunakan dalam situasi resmi
• Penulisan dan pengucapan sesuai Pedoman Ejaan yang Disempurnakan
• (EYD)

Dengan menggunakan buku EYD, tentukanlah apakah kata-kata yang terdapat pada bacaan adalah kata baku. Jelaskan jawabanmu!
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban: 
Kata-kata dalam bacaan 'BM Diah dan naskah Asli Proklamasi' semuanya baku. Tidak ada kata yang melenceng dari Pedoman Ejaan yang Disempurnakan (EYD) yang sekarang diganti Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Bacalah teks sekali lagi. Temukan informasi penting dan tulis pada peta pikiran berikut! Kembangkan informasimu dengan memperhatikan kata baku. Jangan lupa menggunakan kalimat efektif.

 Jawaban:
- Apa : Naskah Asli Proklamasi yang dibuang ke tong sampah diambil oleh BM Diah.
- Mengapa : Karena BM Diah menilai naskah asli Proklamasi memiliki sejarah tinggi.
- Siapa : BM Diah
- Bagaimana : BM Diah mengambil naskah asli dari tong sampah dan menyimpannya.
- Kapan : Ketika ikut hadir pada saat persiapan Proklamasi Kemerdekaan.
- Di mana : Naskah asli Proklamasi disimpan oleh Arsip Nasional.



Lihat di buku tematik halaman 102, 103, 104, 105
Ayo Mengamati

Bacalah informasi berikut!
Manfaat hewan bagi manusia dan lingkungan
1. Penghasil bahan pangan
Manusia memanfaatkan hewan untuk bahan makanan, seperti daging, telur, dan susu.

2. Penghasil bahan sandang
Hewan memiliki manfaat terkait kebutuhan sandang, seperti kain sutra yang berasal dari serat kepompong ulat sutra. Domba dapat menghasilkan wol. Kulit hewan seperti sapi dan kerbau dimanfaatkan dalam pembuatan jaket.

3. Penghasil bahan kerajinan
Kulit sapi dan kerbau dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan wayang kulit. Selain itu, bulu angsa dimanfaatkan untuk membuat kok.

4. Penghasil pupuk organik
Kotoran berbagai jenis hewan, seperti sapi dan kambing dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik yang baik dan tidak membahayakan bagi lingkungan.

5. Penghasil tenaga
Tenaga gajah dimanfaatkan untuk mengangkut kayu.Tenaga kuda dimanfaatkan untuk menarik delman. Tenaga kerbau dimanfaatkan untuk membajak sawah.

Manfaat tumbuhan bagi manusia dan lingkungan
1. Bahan makanan
Bagian tumbuhan yang dapat digunakan untuk bahan makanan adalah
batang, daun, bunga, buah, dan biji.

2. Bahan sandang
Serat kapas dapat dimanfaatkan untuk membuat kain katun.

3. Bahan bangunan
Kayu dari pohon jati, pohon kelapa, dan pohon meranti dimanfaatkan untuk bahan bangunan.

4. Bahan obat
Banyak tanaman dimanfaatkan untuk obat.
- Jahe untuk mengobati batuk.
- Daun kumis kucing untuk mengobati ginjal.
- Daun jambu biji untuk mengobati diare.

5. Bahan baku indsutri
Industri banyak memanfaatkan tanaman untuk kebutuhan manusia.
- Getah karet digunakan dalam pembuatan ban.
- Getah pinus dimanfaatkan sebagian orang dalam industri cat.
- Kayu pinus digunakan dalam industri kertas.
- Buah kelapa sawit dimanfaatkan sebagai bahan dalam industri minyak goreng.

6. Bahan perwarna alami
Tanaman dapat digunakan sebagai pewarna: sawi dan pandan untuk warna hijau, wortel pewarna jingga, dan kunyit pewarna kuning.

7. Menjaga kualitas air
Tanaman bakau menjadi penyaring alami dari air laut menjadi air tawar.


 

Jawaban:
- Hewan = ayam
  Habitat = dataran lapang yang kering namun bisa juga di tempat yg lembab
  Manfaat bagi manusia = sebagai makanan baik daging maupun telurnya

- Tumbuhan : Pisang
   Habitat : Darat
 Manfaat bagi manusia : sumber karbohidrat dan vitamin A bagi manusia





Lihat di buku tematik halaman 106, 107
Ayo Berdiskusi

Setelah Proklamasi Kemerdekaan, bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka. Merdeka dari segala bentuk penjajahan. Setiap warga negara berhak untuk menikmati kemerdekaan tersebut, namun berkewajiban pula untuk menjaga kemerdekaan.

Kemerdekaan yang diraih dapat mewujudkan rakyat yang makmur dan sejahtera karena mereka bebas berkarya dan menambah wawasannya.

Amatilah gambar berikut!


Gambar tersebut mencerminkan rakyat yang sejahtera. Mereka menikmati kemerdekaan dengan memperoleh kebebasan dalam melakukan pekerjaan dan memperoleh pendidikan.

Apa pengaruh kemerdekaan bagi petani atau pedagang?
Jawaban:
................................................................
................................................................
Jawaban: 
Setelah merdeka, tidak ada lagi pajak tinggi yang harus mereka bayar.
Mereka juga mendapatkan harga yang sesuai dengan barang yang mereka jual.

Apa pengaruh kemerdekaan bagi pelajar?
Jawaban:
................................................................
Jawaban: 
Setelah merdeka, semua orang bisa belajar tanpa harus memandang status sosial.

Apa yang harus dilakukan rakyat agar sejahtera?
Jawaban:
................................................................
Jawaban: 
Saling membantu dan mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.

Tulislah tiga kegiatan yang dapat kamu lakukan agar kamu berhasil sebagai pelajar!
Jawaban:
................................................................
Jawaban: 
Belajar dengan sungguh-sungguh, selalu jujur dan disiplin, mematuhi nasihan orang yang lebih tua.



Pembelajaran 2 (Hari Kedua)
Lihat di buku tematik halaman 108, 109, 110

Amati Gambar Berikut
Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara kita terdiri atas berbagai suku, agama, dan ras.
Persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting, baik dalam rangka merebut, mempertahankan, maupun mengisi kemerdekaan.
‘Bersatu Kita Teguh’ mengandung makna menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan.

Bangsa Indonesia telah membuktikan bahwa dengan persatuan dan kesatuan, kita mampu menghadapi penjajah dan akhirnya meraih kemerdekaan.

Jawab pertanyaan berikut!

1. Apa makna ‘Bersatu Kita Teguh’ seperti yang dikatakan Edo di atas?
Jawaban:
................................................................

Jawaban: 
Bersatu Kita Teguh yaitu menyatukan berbagai perbedaan untuk membentuk kesatuan yang kuat.

2. Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia?
Jawaban:
................................................................
................................................................
Jawaban: 
Karena dengan persatuan dan kesatuan, bukan hal yang mustahil bagi bangsa Indonesia untuk mencapai cita-cita.

3. Berikan tiga contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban:
................................................................
................................................................
Jawaban: 
Tidak memilih-milih teman dalam bergaul, membantu teman yang sedang kesulitan, dan mendamaikan teman jika berkelahi.

Tulislah suatu cerita tentang manfaat persatuan dan kesatuan berdasarkan pengalamanmu. Ceritamu harus memuat:
• kejadian yang menimpamu
• manfaat persatuan dan kesatuan
• tempat kejadian dan waktu
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban:
Contoh 1: Peristiwa ini terjadi hari Selasa tanggal 12 Februari 2019. Ketika itu saya berjalan pulang bersama kedua teman saya yaitu Fiki dan Ira. Ketika melewati sebuah gang, kami mendengar suara tangisan yang kami perkirakan berasal dari sebuah gang. Kamipun menuju gang tersebut, dan ternyata benar ada anak kecil menangis. Ketika ditanya, ia menangis karena ingin pulang tetapi tidak tahu jalan. Kemudian kami bertanya alamat anak tersebut.



Lihat di buku tematik halaman 111, 112
Ayo Berkreasi

Secara berkelompok, kamu akan mempraktikkan pola lantai tari Indang dari Sumatra Barat yang dilandasi nilai-nilai persatuan. Ketika kelompok lain melakukan penampilan, silakan membuat catatan penting tentang penampilan tersebut.

Kamu juga dapat memberikan komentar dan saran mengenai penampilan temanmu. 
Sebelumnya kamu dapat membaca informasi tentang Tari Indang. 


Pola Lantai Tari Indang


Pola lantai tari indang adalah horizontal (lurus)
Penari berbaris membentuk garis lurus ke samping.
Tari indang berasal dari daerah Minangkabau, Sumatra Barat. Tari Indang berasal dari kata Indang atau disebut juga Badindin.
Tari indang menyerupai tari Saman yang berasal dari Aceh.

Praktikkan pola lantai satu tarian bersama kelompokmu dan tuliskan langkah-langkahnya!

Kamu bisa menambah menggambar pola lantai tersebut.
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban:
Tari Kecak menggunakan pola lantai melengkung. Para penari laki-laki berjejer membentuk lingkaran. Bentuk lingkaran dari tari Kecak biasanya terdiri dari 3 lapisan bahkan lebih. Para penari tidak berpindah tempat.
Mereka mengiringi tarian Kecak dengan mengucapkan “cak cak cak” sambil mengangkat kedua tangan dengan serempak. Pola lantai melingkar tersebut terdiri dari 3 lapis.



Lihat di buku tematik halaman 113, 114, 115
Ayo Mencoba

Apa yang dimaksud dengan 30%?
Persen adalah angka dalam bentuk perbandingan atau juga rasio yang digunakan untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase dilambangkan dengan tanda “%”.

Pehatikan contoh berikut!
Kotak ratusan berikut mewakili keseluruhan.

 
Tulislah bagian kotak yang berwarna biru dalam empat cara.
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban:
Diketahui
- Banyaknya kotak biru = 55
- Banyaknya kotak putih = 45
- Banyak kotak keseluruhan = 100

Perhatikan kotak ratusan berikut!
  • Membandingkan jumlah 55 kotak biru dengan jumlah keseluruhan kotak. 55 dari 100 keseluruhan kotak adalah biru
  • Menulis pecahan55/100 kotak adalah biru
  • Menulis desimal 0,55 kotak adalah biru
  • Menulis persen 55% dari kotak adalah biru

Perhatikan kotak ratusan berikut!

Tulislah berapa persen kotak berwarna biru untuk masing-masing kotak ratusan di atas!
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban: 
- Gambar A, kotak warna biru = 35%
- Gambar B, kotak warna biru = 32%
- Gambar C, kotak warna biru = 16%

Jawablah pertanyaan berikut!
1. Sembilan puluh tujuh persen air bumi adalah air asin. Berapa persen air bersih yang ada di bumi?
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban: 
Persentase seluruh air di bumi – persentase air asin di bumi = air bersih
100% - 97% = 3%
Jadi, air bersih yang ada di bumi sebesar 3%

2. Temukan jawabannya!
Santi membeli buku di toko diskon. Harga satu paket buku adalah Rp.400.000,00. Santi harus membayar Rp. 320.000,00.
Berapa persen Santi mendapat diskon atau potongan dari harga dasar?
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban:
Harga dasar buku - harga setelah didiskon
400.000 – 320.000 = 80.000
Potongan harga : harga dasar buku x 100%
80.000 : 400.000 x 100% = 20% 
Jadi, Santi mendapat diskon atau potongan dari harga dasar sebesar 20%.


Pembelajaran 3 (Hari Ketiga)

Lihat di buku tematik halaman 116, 117, 118 

Ayo Mencoba

Tahukah kamu bahwa bermain bersama dengan teman-teman yang berbeda secara damai dan saling menghargai adalah cerminan hidup rukun? Hidup rukun merupakan landasan terciptanya persatuan.

Udin, Siti, Dayu, Beni, Edo, dan Lani selalu berupaya menunjukkan sikap tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Mereka bermain bersama, saling menghargai, saling membantu, saling bekerja sama, dan saling belajar tentang budaya lain.

Hari ini mereka mempelajari salah satu permainan tradisional dari Nusa Tenggara Timur, yaitu Rangku Alu. Permainan ini membutuhkan keterampilan melompat yang baik. Kamu akan belajar tekniknya sebelum bermain.

Bagaimana perasaanmu saat bermain?
Jawaban:
................................................................
................................................................
Jawaban:
Perasaan saya sangat senang dan semangat karena bisa bermain bersama teman-teman dengan rukun dan akur.

Apa yang harus kamu lakukan agar kelompokmu berhasil mencapai tujuan?
Jawaban:
................................................................
................................................................
Jawaban
Harus bekerja sama dengan mengesampingkan perbedaan. Saling mendukung dan menghargai pendapat orang lain. Selain itu juga harus bersungguh-sungguh.

Bagaimana penerapan gerakan lompat yang sudah kamu pelajari? Apakah masih membingungkan?
Jawaban:
................................................................
Jawaban
Tidak membingungkan, gerakan lompat yakni dengan kepala tegak, punggung rata, lutut ditekuk.


Ayo Berkreasi

Tuhan menganugerahkan kita beragam tanaman dan hewan agar kita bisa memanfaatkannya. Namun, pemanfaatan tumbuhan dan hewan tidak diiringi oleh sikap yang bijak sehingga banyak terjadi ketidakseimbangan.
Sebagai warga negara yang baik, kita perlu bersatu melestarikan hewan dan tumbuhan agar manusia dapat hidup sejahtera.
Pilihlah satu tumbuhan atau hewan yang menurutmu perlu dilestarikan. Buatlah poster untuk mengajak seluruh warga sekolah tergerak hatinya untuk melestarikan tumbuhan atau hewan. Kamu bisa mempelajari poster di samping. 
Postermu harus memuat satu jenis tumbuhan atau hewan dengan habitat dan manfaatnya. Jangan lupa kalimat ajakan serta gambar yang menarik dan jelas.



Lihat di buku tematik halaman 119, 120, 121
Ayo Membaca

Bacalah teks berikut!

Sang Saka Merah Putih merupakan sebutan bagi bendera nasional Indonesia. Warna merah putih memiliki makna. Merah berarti berani, dan putih berarti suci. Merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya sangat penting, dan saling melengkapi. 
Sumber: info.biografi.blogspot.com



Bendera pusaka dibuat oleh Ibu Fatmawati, istri Presiden Soekarno, pada tahun 1944. Bahan bendera terbuat dari katun Jepang dengan ukuran 276 cm × 200 cm. Sejak tahun 1946 sampai dengan 1968, bendera tersebut hanya dikibarkan pada setiap hari ulang tahun kemerdekaan RI.
Sumber: www.telusurindonesia.com


Karena usianya yang sudah tua, Sang Saka Merah Putih terakhir tersebut kali berkibar pada tahun 1969. Bendera disimpan di Museum Nasional. Pemerintah kemudian membuat bendera duplikat dengan ukuran 300 cm × 200 cm.
Sumber: info.biografi.blogspot.com








Isilah peta pikiran berdasarkan bacaan tersebut!
Jawaban
Apa
Sebutan bagi bendera nasional Indonesia.
Mengapa
Karena warna merah putih memiliki makna, Merah berarti berani dan Putih berarti suci.
Siapa
Dibuat oleh Ibu Fatmawati, istri Presiden Soekarno.
Di mana
Saat ini disimpan di Museum Nasional.
Kapan
Dibuat pada tahun 1944
Bagaimana
Dibuat dari katun Jepang dengan ukuran 276 cm × 200 cm.


Kembangkan informasi pentingmu ke dalam tulisan dengan menggunakan kata baku dan kalimat efektif!
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban:
Bendera Indonesia dikenal sebagai Sang Saka Merah Putih. 
Merah artinya berani, sedangkan putih artinya suci.
Bendera merah putih dibuat tahun 1944 oleh Ibu Fatmawati. Bendera dibuat dengan ukuran 276 x 200 cm dari katun Jepang.
Karena berusia tua, bendera merah putih disimpan di Museum Nasional.


Pembelajaran 4 (Hari Keempat)
Lihat di buku tematik halaman 122, 123

Amati gambar dan baca teks dalam hati! 

Mengapa Persatuan dan Kesatuan Penting Untuk Kesejahteraan Umum?

Penduduk Indonesia yang terdiri dari beragam suku bangsa tersebar di seluruh wilayah kepulauan Indonesia. Persatuan dalam keberagaman merupakan modal utama dalam mencapai masyarakat
sejahtera.

Rakyat yang bersatu dalam suasana yang aman turut mendukung pelaksanaan pembangunan. Jika pembangunan berjalan dengan baik, maka kesejahteraan rakyat akan meningkat.

Sebaliknya, jika negara terpecah belah dan tidak aman, maka pembangunan akan terhambat. Pembangunan yang terhambat akan mempengaruhi kesejahteraan.

Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah tugas kita bersama. Bangsa Indonesia harus selalu bersatu mempertahankan keutuhan wilayah NKRI.

Usaha-usaha dalam menjaga keutuhan NKRI dapat dilakukan dengan cara memelihara ketertiban dan keamanan, menghindari pertikaian antarsuku, menumbuhkan sikap toleransi, menghargai perbedaan, menjaga perbatasan Indonesia dengan negara lain, dan menjaga pulau-pulau paling luar dari Indonesia.

Contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan adalah menciptakan suasana rukun, melaksanakan tanggung jawab, saling menghormati antarsesama, mematuhi peraturan yang berlaku, saling tolong-menolong dengan sesama, menghargai teman yang berbeda suku bangsa, agama, dan adat istiadat.

Ayo, kita tegakkan persatuan dan kesatuan demi tercapai masyarakat NKRI yang sejahtera!

Setelah membaca teks di atas, lengkapi peta pikiran berikut dengan menggunakan kalimat efektif dan kosa kata baku!

Jawaban:
Apa
Persatuan dalam keberagaman merupakan modal utama dalam mencapai masyarakat sejahtera.
Mengapa
Karena penduduk Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa tersebar di seluruh wilayah kepulauan Indonesia.
Siapa
Seluruh masyarakat Indonesia
Di mana
Di mana pun berada khususnya di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Kapan
Menegakkan persatuan dan kesatuan harus dilakukan kapan pun.
Bagaimana
Yakni dengan cara memelihara ketertiban dan keamanan, menghindari pertikaian antarsuku, menumbuhkan sikap toleransi, menghargai perbedaan, menjaga perbatasan Indonesia dengan negara lain, dan menjaga pulau-pulau paling luar dari Indonesia.


Lihat di buku tematik halaman 124, 125
Ayo Berlatih

“Wah ... buku mini kita telah selesai. 14 buku mini dibuat oleh siswa laki-laki dan 16 buku mini dibuat oleh siswa perempuan.
Tahukah kamu berapa persen buku mini yang dibuat siswa perempuan jika jumlah seluruh siswa ada 30 orang?”

Berdasarkan dialog di atas, 14 buku mini diselesaikan oleh siswa laki-laki dan 16 buku mini diselesaikan oleh siswa perempuan. Hitunglah persentase buku mini yang diselesaikan oleh siswa perempuan. Kemudian, hitung persentase buku mini yang diselesaikan oleh siswa laki-laki.

Berapa persen buku mini yang diselesaikan siswa perempuan? Jelaskan!
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban
Jumlah siswa di kelas Siti adalah 30 orang (=100%).
Jumlah buku yang diselesaikan siswa perempuan/jumlah keseluruhan buku x 100%
16/30 x 100% = 53,3%
Jadi, buku mini yang diselesaikan siswa perempuan sebanyak 53,3%

Berapa persen buku mini yang diselesaikan siswa laki-laki? Jelaskan!
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban
Jumlah buku yang diselesaikan siswa laki-laki/jumlah seluruh buku x 100%
14/30 x 100 = 46,7%
Jadi, buku mini yang diselesaikan siswa laki-laki sebanyak 46,7%.

Perhatikan langkah-langkah menyelesaikan soal persentase di atas!
Persentase adalah cara untuk mengekspresikan sebuah angka sebagai bagian dari keseluruhan. Untuk menghitung persentase, kita melihat keseluruhan tersebut sebagai 100%.
Misalnya, jumlah siswa di kelas Siti adalah 30 orang (=100%).
Jika 16 buku mini dibuat oleh siswa perempuan, maka persentasenya adalah 16/30 × 100 = 53,3 %.
Jika 14 buku mini dibuat oleh siswa laki-laki, maka persentasenya adalah 14/30 × 100 = 46,7 %.




Lihat di buku tematik halaman 126, 127, 128, 129
Ayo Berlatih

Kerjakan latihan berikut!

1. Edo membeli 1 lusin donat yang ditempatkan dalam sebuah kotak. Donat tersebut terdiri dari 2 donat rasa stroberi, 3 donat rasa cokelat, 6 donat rasa moka, dan 1 donat rasa keju.
Tulislah presentase untuk masing-masing rasa donat tersebut pada tabel berikut!


Jawaban
1. Stroberi : 2 /12 x 100% = 16,67%
2. Cokelat : 3/12 x 100% = 25%
3. Moka : 6/12 x 100% = 50%
4. Keju : 1/12 x 100% = 8,33%



2. Di area parkir terdapat 60 kendaraan yang terdiri atas 20 mobil sedan dan 10 mobil truk. Sisanya adalah sepeda motor. Berapa persentase motor dari seluruh kendaraan yang ada di area parkir?
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban
Jumlah motor : 60 – (20+10) = 30
Jumlah motor/jumlah seluruh kendaraan x 100%
30/60 x 100% = 50%
Jadi, persentase motor yang ada di area parkir adalah 50%

3. Siswa di kelas Siti ada 30 orang. Hari ini guru membagikan hasil ulangan matematika kepada seluruh siswa. Sepertiga siswa mendapat nilai 8, tiga siswa mendapat nilai 6, delapan siswa mendapat nilai 7, enam siswa mendapat nilai 9, dan tiga siswa mendapat nilai 10. Berapa persen siswa yang mendapatkan nilai 6?
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban
Jumlah siswa dengan nilai 6/jumlah seluruh siswa x 100%
3/30 = 1/10
1/10 x 100% = 10%

Jika digabungkan, berapa persen siswa yang mendapatkan nilai 7 dan 8?
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban
(Jumlah siswa dengan nilai 7 + jumlah siswa dengan nilai 8)/jumlah seluruh siswa x 100%
(8 + 10)/30 = 18/30 = 3/5
3/5 x 100% = 60%

Berapa persen siswa yang mendapatkan nilai 9?
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban
Jumlah siswa dengan nilai 9/jumlah seluruh siswa x 100%
6/30 = 1/5
1/5 x 100% = 20%

Berapa persen siswa yang mendapatkan nilai 10?
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban
Jumlah siswa dengan nilai 10/jumlah seluruh siswa x 100%
3/30 = 1/10
1/10 x 100% = 10%

Perhatikan soal cerita berikut!
Beni membeli satu setel seragam sekolah di Toko XYZ. Harga satu setel seragam tersebut adalah Rp120.000,00. Beni mendapat diskon sebesar 20%. Berapa yang harus dibayarkan Beni?
Apakah kamu dapat menyelesaikan soal cerita di atas? Jelaskan!
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban
Dapat.
Diskon = 20% x Rp 120.000
= 20/100 x Rp 120.000
= Rp 24.000
Bayar = 120.000 - 24.000
= Rp 96.000
Jadi Beni membayar Rp 96.000

Perhatikan langkah-langkah menyelesaikan soal cerita tersebut!













Selesaikan soal cerita berikut!
1. Ayah membeli celana seharga Rp150.000,00. Ayah mendapat diskon 15%. Berapa Ayah harus membayar?
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban
100% - 15% = 85%
85/100 x 150.000 = 127.500
Jadi, Ayah harus membayar Rp 127.500

2. Dayu akan liburan ke Bali bulan depan. Karena memesan tiket lebih awal, ia mendapat potongan sebesar 25%. Harga tiket sebelum diskon adalah Rp600.000,00. Berapa harga tiket yang harus dibayarkan Dayu?
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban
100% - 25% = 75%
75/100 x 600.000 = 450.000
Jadi, harga tiket yang harus dibayarkan Dayu adalah Rp 450.000

3. Udin membeli 1 set krayon di sebuah toko buku. Ia mendapat potongan sebesar Rp12.000,00. Jika harga krayon sebelum mendapat potongan adalah Rp36.000,00, berapa persen udin mendapat potongan?
Jawaban:
................................................................
................................................................
Jawaban
12.000/36.000 x 100% = 33,3%
Jadi, Udin mendapat potongan sebesar 33,3%.


Pembelajaran 5 (Hari Kelima)
Lihat di buku tematik halaman 130, 131, 132

Ayo, kita cari tahu!

Upaya Bangsa Indonesia Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat di Awal Masa Kemerdekaan Indonesia

Pada awal berdirinya Republik Indonesia, keadaan ekonomi Indonesia sangat buruk. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya harga barang-barang mahal akibat inflasi dan adanya blokade ekonomi oleh Belanda (NICA). Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah beserta rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan, di antaranya:

Pada awal kemerdekaan, pemerintah dan rakyat Indonesia belum sempat melakukan perbaikan ekonomi secara baik. Baru bulan Februari 1946, pemerintah mulai memprakarsai usaha untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi yang mendesak. Upaya-upaya tersebut meliputi:

Pinjaman Nasional
Program Pinjaman Nasional ini dilaksanakan oleh Menteri Keuangan. lr. Surachman. Pinjaman Nasional akan dibayar kembali selama jangka waktu 40 tahun.

Konferensi Ekonomi
Konferensi ini dihadiri oleh para cendekiawan, para gubernur, dan para pejabat lainnya yang bertanggung jawab langsung mengenai masalah ekonomi di Jawa. Konferensi ini dipimpin oleh Menteri Kemakmuran, Ir. Darmawan Mangunkusumo. Tujuan konferensi ini untuk memperoleh kesepakatan yang bulat dalam menanggulangi masalah-masalah ekonomi yang mendesak, seperti masalah produksi dan distribusi makanan, sandang, serta status dan administrasi perkebunan.

Pembentukan Badan Perancang Ekonomi
Pembentukan Badan ini atas inisiatif Menteri Kemakmuran, dr. A.K. Gani. Badan ini merupakan badan tetap yang bertugas membuat rencana pembangunan ekonomi untuk jangka waktu 2 sampai 3 tahun.

Rencana Kasimo (Kasimo Plan)
Program ini disusun oleh Menteri Urusan Bahan Makanan I.J. Kasimo. Program ini berupa Rencana Produksi Tiga Tahun, 1948-1950 mengenai usaha swasembada pangan dengan beberapa petunjuk pelaksanaan yang praktis. Untuk meningkatkan produksi bahan pangan dalam program ini, Kasimo menyarankan agar :
• menanami tanah-tanah kosong di Sumatra timur seluas 281.277 ha.;
• di Jawa dilakukan intensifikasi dengan menanam bibit unggul;
• pencegahan penyembelihan hewan-hewan yang berperan penting bagi produksi pangan;
• di setiap desa dibentuk kebun-kebun bibit;
• transmigrasi.

Persatuan Tenaga Ekonomi
Organisasi yang dipimpin B.R. Motik ini bertujuan untuk menggiatkan kembali partisipasi pengusaha swasta. Dengan dibentuknya PTE juga diharapkan dapat dan melenyapkan individualisasi di kalangan organisasi pedagang sehingga dapat memperkokoh ketahanan ekonomi bangsa Indonesia.

Tuliskan kesimpulan dari teks tersebut pada bagan berikut!

Jawaban
Upaya-upaya Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat di Awal Masa Kemerdekaan
- Mengadakan program Pinjaman Nasional.
- Mengadakan konferensi ekonomi
- Membentuk Badan Perancang Ekonomi
- Membuat Rencana Kasimo (Kasimo Plan)
- Membuat organisasi persatuan tenaga ekonomi










Lihat di buku tematik halaman 133, 134, 135, 136
Ayo Berkreasi

Kamu baru saja belajar berbagai gerakan dalam tari Indang. Apakah kamu memperhatikan rasio antara siswa laki-laki dan perempuan dalam setiap kelompok tari Indang tadi?
Ayo, kita diskusikan rasio (perbandingan) antara siswa laki-laki dan perempuan dalam setiap kelompok.

Ayo Berlatih

Apakah rasio (perbandingan) itu?

Rasio digunakan untuk membandingkan beberapa jumlah atau kuantitas satu sama lain. Rasio yang paling sederhana adalah membandingkan dua nilai, namun membandingkan tiga nilai atau lebih juga mungkin untuk dilakukan.

Baca kembali soal cerita tentang kelompok tari Indang. Jawablah soal cerita tersebut!
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban
Siswa laki-laki sebanyak 4 anak dan siswa perempuan sebanyak 6 anak.
Rasio siswa laki-laki terhadap siswa perempuan = Jumlah siswa laki-laki : Jumlah siswa perempuan
Rasio siswa laki-laki terhadap siswa perempuan = 4 : 6
Disederhanakan menjadi = 2 : 3

Selesaikan soal cerita berikut!
1. Perbandingan siswa laki-laki dan siswa perempuan di kelas 6 SD Nusantara adalah 2 : 3. Jika jumlah murid laki-laki adalah 12 orang, berapa jumlah murid perempuan?
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban
Perbandingan siswa perempuan/perbandingan siswa laki-laki x jumlah siswa laki-laki
3/2 x 12 = 18
Jadi, jumlah murid perempuan sebanyak 18 anak

2. Perbandingan jumlah gula dan tepung untuk membuat satu loyang kue adalah 1 : 2 gelas. Jika Ibu ingin membuat sepuluh loyang kue, berapa gelas tepung yang diperlukan?
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban
Perbandingan tepung x jumlah loyang kue
2 x 10 = 20
Jadi, untuk membuat sepuluh loyang kue, Ibu memerlukan tepung 20 gelas.

3. Perbandingan umur Ayah, Ibu, dan Dayu 8 : 7 : 3. Jika umur Dayu 12 tahun, berapa jumlah umur ketiganya?
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban
Jumlah semua perbandingan/perbandingan umur Dayu x umur Dayu
18/3 x 12 = 72
Jadi, jumlah umur ketiganya adalah 72 tahun.

4. 2,5 liter bensin dapat menempuh jarak sejauh 30 km. Berapa jarak yang dapat ditempuh dengan bensin sebanyak 10 liter?
Jawaban:
................................................................
................................................................
Jawaban
10/2,5 x 30 = 120 km
Jadi, dengan bensin 10 liter jarak yang bisa ditempuh adalah 120 km

5. Suatu minuman dibuat dengan mencampur air, sirop, dan santan dengan perbandingan 3 : 4 : 5. Jika ibu ingin membuat minuman sebanyak 6 liter, berapa liter santan yang diperlukan?
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban
Perbandingan santan/jumlah seluruh perbandingan x banyaknya minuman yang akan dibuat
5/12 x 6 liter = 2,5 liter
Jadi, untuk membuat 6 liter minuman diperlukan santan sebanyak 2,5 liter


Pembelajaran 6 (Hari Keenam)
Lihat di buku tematik halaman 137, 138, 139

Apakah kamu masih ingat cara bermain Rangku Alu? 
Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk permainan tersebut? Jelaskan!
Jawaban:
..........................................
..........................................
..........................................
Jawaban:
- Konsentrasi
- Kelincahan
- Ketangkasan jasmani


Apakah kamu sudah dapat melakukan keterampilan tersebut dengan baik?
Jawaban:
................................................................
Jawaban: 
Ya, saya sudah dapat melakukan keterampilan tersebut dengan baik karena saya rajin berlatih.

Apa saja taktik yang perlu diterapkan agar dapat bermain dengan sukses?
Jawaban:
................................................................
Jawaban: 
Berkonsentrasi ketika melompat dan disesuaikan dengan irama buka tutup bambu.

Mengapa kerja sama sangat diperlukan dalam permainan tesebut?
Jawaban:
................................................................
Jawaban: 
Agar bisa menghasilkan sesuatu yang memuaskan dan sempurna.


Ayo Membaca
Pada Pembelajaran 4 kamu telah menyelesaikan buku mini yang menceritakan tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat beserta contohnya. Lengkapilah peta pikiran berikut:

Jawaban:
Apa
Persatuan menjadi modal utama dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
Mengapa
Karena rakyat yang bersatu dapat mendukung pembangunan demi kesejahteraan rakyat.
Siapa
Seluruh rakyat Indonesia.
Bagaimana
Bersikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan yaitu dengan menciptakan suasana rukun, melaksanakan tanggung jawab, saling menghormati antarsesama, mematuhi peraturan yang berlaku, saling tolong-menolong dengan sesama, menghargai teman yang berbeda suku bangsa, agama, dan adat istiadat.
Kapan
-
Di mana
Di Indonesia.



Lihat di buku tematik halaman 140, 141, 142

EVALUASI

1. Apa yang kamu ketahui tentang kalimat efektif? Tuliskan ciri-ciri kalimat efektif!
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban:
Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu mengungkapan suatu gagasan secara utuh tanpa pemborosan kata. Ciri-cirinya yaitu :
- Terdiri dari struktur penting kalimat (setidaknya subjek dan predikat),
- Pemilihan kata yang tepat sehingga maknanya jelas dan tidak boros kata,
- Menggunakan ejaan yang benar seperti kata baku dan tanda baca.

2. Tuliskan 5 contoh kalimat efektif menggunakan kosakata baku!
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban:
- Walaupun lelah, Rendi tetap bekerja
- Bapak tua itu sangat kurus
- Para relawan membagikan masker kepada masyarakat
- Beni pergi ke lapangan untuk bermain sepak bola

3. Apakah kaitan antara ciri khusus makhluk hidup dengan karakteristik habitatnya? Jelaskan!
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban:
Habitat adalah tempat tinggal suatu makhluk hidup. Setiap habitat memiliki kondisi yang berbeda baik struktur alam, sumber makanan, maupun ancaman. Dengan ciri khusus, makhluk hidup mampu menyesuaikan dan mempertahankan dirinya di habitat tersebut.

4. Tuliskan 4 contoh cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya!
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban:
Contoh makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya
Kaktus yang merubah daunnya menjadi duri untuk mencegah penguapan di habitat yang panas.
Punuk unta yang mampu menyimpan lemak sebagai cadangan air.
Bunglon yang mampu berubah warna untuk menghindari ancaman
Kelewar yang dapat mengeluarkan ultrasonik untuk mendeteksi keadaan sekitarnya ketika gelap.

5. Jelaskan makna Proklamasi Kemerdekaan!
Jawaban:
................................................................
................................................................
Jawaban:
Proklamasi menjadi bukti bahwa Indonesia terbebas dari penjajahan dan diakui oleh negara-negara lain. Selain itu, proklamasi menjadi momen awal bagi Indonesia untuk mencapai cita-cita.

6. Jelaskan manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat NKRI!
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban:
Persatuan dan kesatuan dapat menciptakan hubungan yang harmonis antar masyarakat serta menciptakan suanana yang aman. Sehingga bangsa Indonesia dapat lebih fokus memperbaiki kekurangan demi mencapai kesejahteraan rakyat NKRI yang dicita-citakan.


7. Selesaikan soal-soal di bawah ini!
Perhatikan tabel nilai IPA siswa kelas 6 SDN Nusantara berikut!






a. Nyatakan dalam bentuk pecahan, jumlah siswa yang mendapat nilai 10!
Jawaban:
................................................................
................................................................
Jawaban:
Jumlah siswa dengan nilai 10/ jumlah seluruh siswa 
4/30 atau 2/15

b. Nyatakan dalam bentuk persen, jumlah siswa yang mendapat nilai 10!
Jawaban:
................................................................
................................................................
Jawaban:
Jumlah siswa dengan nilai 10 / jumlah seluruh siswa x 100%
4/30 x 100% = 13,3 %

c. Berapa rasio jumlah siswa yang mendapat nilai 10 dibanding siswa yang mendapat nilai 7?
Jawaban:
................................................................
................................................................
Jawaban:
Jumlah siswa dengan nilai 10 / jumlah siswa dengan nilai 7
4/8 atau ½

8. Selesaikan soal cerita berikut!
a. Perbandingan siswa laki-laki dan siswa perempuan di kelas 6 SD Nusantara adalah 4 : 5. Jika jumlah siswa laki-laki adalah 13 orang, berapa jumlah siswa perempuan?
Jawaban:
................................................................
................................................................
Jawaban:
Perbandingan siswa perempuan / perbandingan siswa laki-laki x jumlah siswa laki-laki 5/4 x 13 = 16,25
Jadi jumlah siswa perempuan sebanyak 16 orang

b. Perbandingan jumlah gula dan tepung untuk membuat satu loyang kue adalah 2 : 3 gelas. Jika Ibu ingin membuat 5 loyang kue, berapa gelas tepung yang diperlukan?
Jawaban:
................................................................
................................................................
Jawaban:
3 x 5 = 15.
Jadi tepung yang diperlukan sebanyak 15 gelas.

c. Perbandingan umur Ayah, Ibu, dan anak 9 : 8 : 2. Jika umur anak 10 tahun, berapa jumlah umur ketiganya?
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban:
Jumlah perbandingan umur Ayah, Ibu, dan anak / perbandingan yang umurnya telah diketahui
19/2 x 10 = 95.
Jadi, jumlah umur ketiganya adalah 95 tahun.

d. 1,5 liter bensin dapat menempuh jarak sejauh 30 km. Berapa jarak yang dapat ditempuh dengan bensin sebanyak 6 liter?
Jawaban:
................................................................
................................................................
Jawaban:
6 / 1,5 x 30 = 120.
Jadi, jarak yang dapat ditempuh dengan bensin sebanyak 6 liter adalah 120 km.

e. Suatu minuman dibuat dengan mencampur air, sirop, dan santan dengan perbandingan 2 : 3 : 4. Jika ibu ingin membuat minuman sebanyak 4 liter, berapa liter santan yang diperlukan?
Jawaban:
................................................................
................................................................
................................................................
Jawaban:
Perbandingan santan / jumlah seluruh perbandingan x banyaknya minuman yang akan dibuat
4 / 9 x 4 liter = 1,78 liter.
Jadi, santan yang diperlukan sebanyak 1,78 liter.




No comments:

Post a Comment

Soal Tema 2 IPS Kelas 6

SOAL UH/PTS/UAS TEMA 2  KELAS 6 SEMESTER I  Kompetensi Dasar IPS I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang...