Tuesday, 16 February 2021

Tema 7 Kepemimpinan_Subtema 1 Pemimpin Di Sekitarku

BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH SD KELAS 6
TEMA 7 KEPEMIMPINAN 
SUBTEMA 1 PEMIMPIN DI SEKITARKU
 


(Tugas Daring Tanggal 15-02-2021 - 22-02-2021)



Nama Siswa : ………………………………..
Kelas : VI (Enam)
Sekolah : SDN KERTASARI 01


Buku ini dikumpulkan lagi ke guru kelas sebagai bahan penilaian
Dan untuk siswa yang memiliki Buku Paket Tema 7 tetap diisi di buku temanya sebagai bahan belajar siswa


Tema 7 Kepemimpinan 
Subtema 1 Pemimpin Di Sekitarku
Pembelajaran 1 (Hari Senin, 15 Februari 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 1 Ayo Mengamati

Perhatikan gambar di atas.
1. Menurutmu, kegiatan apa yang ditunjukkan pada gambar di atas?
Jawaban : Orang yang sedang melakukan rapat (musyawarah)

2. Apakah kamu pernah menyaksikan rapat RT di lingkunganmu? Coba ceritakan.
Jawaban : Pernah. Ketika akan memperbaiki jembatan, saya diajak ayah untuk mengikuti rapat yang diselenggarakan di rumah pak RT. Di sana dibahas tentang rencana memperbaiki jembatan desa. Orang-orang memberikan pendapat dengan sopan.

3. Apa yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin?
Jawaban : Pemimpin harus mampu memimpin rapat dengan baik. Sehingga tidak terjadi pertengkaran di dalam rapat. Selain itu, pemimpin harus mau menerima saran dari anggotanya.

4. Menurutmu, kemampuan apa yang harus dimilki oleh seorang pemimpin?
Jawaban : Kemampuan yang harus dimiliki oleh pemimpin adalah menjaga persatuan anggotanya, menerima pendapat, serta mampu memecahkan masalah.

5. Apakah kamu ingin menjadi pemimpin? Coba, ceritakan.
Jawaban : Iya, saya ingin menjadi pemimpin. Saat saya besar nanti saya ingin menjadi pemimpin yang mampu menciptakan persatuan dan perdamaian di masyarakat.

Halaman 3 Ayo Membaca 
Bacalah bacaan berikut!
Ibu RT, Sang Pemersatu

Halaman 5 Jawablah tabel berikut:

Siapakah nama pembicara dalam pidato pada bacaan?
Jawaban : Ibu Erika

Siapa pendengar pidato?
Jawaban : Warga Kampung Sehat Melati

Bagaimana sikap kepemimpinan ibu RT dalam bacaan itu?
Jawaban : Sikap kepemimpinan Ibu Erika sangat baik. Dia mampu mengajak warga desa menjaga kebersihan. Selain itu, dia juga mampu untu memimpin warga desa sehingga kampungnya menjadi kampung percontohan.


Halaman 6 Buatlah kelompok diskusi dengan teman-teman yang tinggal satu lingkungan denganmu (misalnya: satu RT/RW/desa)
• Siapa ketua RT/RW atau kepala desa di lingkungan tempat tinggalmu?
• Kegiatan apa saja yang dipimpin oleh ketua RT/RW atau kepala desa di lingkunganmu?
Tuliskan hasil diskusi kalian dalam bentuk peta pikiran seperti berikut.

Jawaban:
Siswa menjawab sesuai lokasi rumah tempat tinggal kalian










Halaman 7 Ayo Berdiskusi
Dalam bacaan “Ibu RT, Sang Pemersatu”, selain ada pembicara yang menyampaikan pidato dan pendengar, ada juga tempat berlangsungnya pidato dan suasana ketika pidato disampaikan. Coba, tuliskan:
• tempat pidato, dan
• suasana saat disampaikannya pidato.

Jawaban : 
• Balai desa, dan
• Suasana tertib warga mendengarkan pidato yang disampaikan dengan baik.

Halaman 8 Ayo Mencoba
Berdasarkan pidato pada bacaan “Ibu RT, Sang Pemersatu”, lengkapi bagan berikut.

Jawaban :
Tema: Rencana mendirikan Posyandu
Pembicara: Ibu Erika
Pendengar: Warga Kampung 
Tempat: Balai desa
Urutan isi pidato:
1. Pembukaan
2. Memotivasi warga kampung.
3. Meminta peran serta masyarakat dalam kegiatan Posyandu
4. Mengajak tenaga kesehatan untuk menyisihkan waktu membantu pelaksanaan posyandu.
5. Penutup


Halaman 9
Ayo mengamati gambar

Apa perbedaan fisik laki-laki sebelum dan setelah masa pubertas?
Jawaban : 
Sebelum pubertas dada belum bidang, pada masa pubertas dada lebih bidang.
Sebelum pubertas belum tumbuh jakun, pada masa pubertas mulai tumbuh jakun.
Sebelum pubertas belum tumbuh kumis, pada masa pubertas tumbuh kumis






Halaman 11 Ayo Berkreasi
Dari pembelajaran pada tema 6, kamu telah mengetahui masa pubertas. Kamu juga telah mengetahui cara menyikapi masa pubertas. Coba, buatlah rencana karya berisi cara menyikapi masa pubertas. Kerjakan bersama kelompokmu. Kamu dapat membuat poster atau buklet sederhana. Tuliskan rencana karya yang akan kamu buat dalam bentuk seperti berikut.

Jawaban :
Rencana Karya
Jenis Karya : Poster
Bahan dan Alat : Kertas karton putih, cat poster, pensil, penghapus, spidol, kuas, gambar-gambar dari majalah bekas atau koran bekas.
Isi dalam Karya : Perilaku dan kebiasaan yang harus dilakukan dalam menyikapi masa pubertas, dalam bentuk tulisan singkat dan gambar pendukung.




Tema 7 Kepemimpinan 
Subtema 1 Pemimpin Di Sekitarku
Pembelajaran 2 (Hari Selasa, 16 Februari 2021)

Lihat di buku tema kalian halaman 13-14. Hari itu, Dayu dan teman-teman mempelajari lagu baru. Lagu itu berjudul “Ibu Kita Kartini” ciptaan W.R. Soepratman. Inilah lagu yang dipelajari Dayu dan teman-teman.



Halaman 15 Ayo Bernyayi
Pelajarilah lagu “Ibu Kita Kartini” sampai kamu dapat menyanyikan dengan baik dan benar. Kemudian, nyanyikan bersama teman-temanmu. Jika perlu, diiringi dengan alat musik yang ada di sekitarmu. Perhatikan keselarasan suara dan musiknya (jika kalian menggunakan iringan).

Halaman 16 Ayo Berdiskusi
Lakukan bersama kelompokmu.
1. Bacalah teks pidato di atas.
2. Identifikasilah info-info berikut:
• Pembicara pidato
• Pendengar pidato
• Tempat pidato
• Suasana saat disampaikannya pidato
• Poin-poin penting isi pidato
3. Sampaikan hasil diskusi kelompokmu di hadapan kelompok-kelompok lain dan guru. Lakukan bergantian. Jika ada perbedaan dengan hasil diskusi kelompok lain, diskusikan bersama-sama guru.

Jawaban: 
Pembicara pidato
Jawaban : siswa
Pendengar pidato
Jawaban : siswa
Tempat pidato
Jawaban : di sekolah
Suasana saat disampaikannya pidato
Jawaban : hening
Poin-poin penting isi pidato
Jawaban :
- Salam
- Pembukaan
- Ucapan syukur
- Peran R.A Kartini
- Harapan dengan dilaksanakan peringatan hari Kartini
- Penutup
- Salam

Halaman 17 Ayo Mencoba
Pada Pembelajaran 1, kamu telah membuat konsep pidato berdasarkan bacaan. Sekarang, buatlah konsep pidato dengan menuliskannya dalam bentuk skema seperti berikut.

Jawaban :
Rancangan Konsep pidato
Tema : Pemimpin di sekitarku
Judul : Meneladani Ki Hajar Dewantara
Poin-poin penting isi pidato : 
- Pembukaan
- Sejarah hari pendidikan nasional
- Jasa-jasa Ki Hajar Dewantara
- Harapan sebagai genererasi muda
- Penutup




Halaman 18-19 Ayo Membaca
Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.
1. Informasi penting tentang Raden Ajeng Kartini.
Jawaban:
1. Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara, 21 April 1879.
2. Kartini menempuh pendidikan di ELS (Europese Lagere School) hingga usianya 12 tahun.
3. Kartini mengajar anakanak perempuan di sekitar rumahnya di Jepara. 
4. Pada usia 24 tahun, Kartini dinikahkan dengan K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat. 
5. Kartini meninggal pada 17 September 1904 dalam usia 25 tahun. 
6. Surat-suratnya itu, diterbitkan menjadi buku “Habis Gelap Terbitlah Terang”. 
7. Setiap tanggal 21 April, kita memperingati Hari Kartini untuk mengenang jasa-jasa Ibu R.A. Kartini.

2. Sikap-sikap yang dapat kamu teladani dari Raden Ajeng Kartini.
Jawaban:
1. Bekerja keras
2. Peduli terhadap perempuan Indonesia
3. Berpikiran maju
4. Pantang menyerah
5. Selalu semangat untuk belajar


Halaman 20 Ayo Berdiskusi

Amatilah gambar berikut.
Apa perbedaan fisik perempuan sebelum dan setelah masa pubertas? Diskusikan bersama teman sekelompokmu, lalu bacakan hasilnya di depan kelompok-kelompok lain.
Jawaban:
Sebelum masa pubertas
1. Dada kecil
2. Suara tidak melengking
3. Panggul kecil
Setelah masa pubertas
1. Dada membesar
2. Suara melengking
3. Pinggul membesar





Tema 7 Kepemimpinan 
Subtema 1 Pemimpin Di Sekitarku
Pembelajaran 3 (Hari Rabu, 17 Februari 2021)

Lihat di buku tema halaman 23 Ayo Membaca
Judul bacaan “Pak Abdi”

Halaman 24 Ayo Berdiskusi
Kamu telah membaca teks “Pak Abdi”. Diskusikan jawaban pertanyaanpertanyaan berikut dengan kelompokmu.
1. Nilai-nilai kepemimpinan apakah yang dimiliki Pak Abdi?
Jawaban: Menjaga persatuan, menjaga kerukunan beragama, dan berprilaku sesuai dengan ajaran agama.

2. Manfaat apa yang diperoleh penduduk dari program atau kegiatan Pak Abdi?
Jawaban: Penduduk menjadi aman, tentram dan makmur.

3. Apakah Pak Abdi sudah mengajak penduduknya mengamalkan nilai-nilai ketuhanan dalam kehidupan? Jelaskan!
Jawaban: Sudah. Pak Abdi selalu mengajak warganya agar senantiasa bersyukur atas anugerah Tuhan dan berprilaku sesuai dengan ajaran agama.

4. Apa yang dapat kamu teladani dari Pak Abdi?
Jawaban: Yang dapat saya teladani adalah berperilaku sesuai dengan ajaran agama, senantiasa bersyukur kepada Tuhan, dan selalu menjaga kerukunan.

5. Berdasarkan jawabanmu, buatlah tulisan tentang Pak Abdi tersebut. Kamu juga dapat menggambar sosoknya sesuai imajinasimu.
Jawaban: Pak Abdi adalah seorang pemimpin yang pantas diteladani. Dia selalu menjaga kerukunan warganya. Selain itu, dia senantiasa mengajak warganya agar selalu bersyukur atas anugerah Tuhan dan bertindak sesuai dengan ajaran agama. Inilah yang menyebabkan warganya selalu rukun, damai dan makmur.

Halaman 26 Ayo Membaca
Berikut adalah nilai-nilai yang terkandung dalam sila kesatu Pancasila, yaitu “Ketuhanan yang Maha Esa”.
Halaman 27 Ayo Berdiskusi
1. Identifikasilah penerapan nilai-nilai ketuhanan itu dalam kehidupanmu sehari-hari.
Jawaban :
Dalam kehidupan sehari-hari, nilai-nilai Ketuhanan yang sudah saya jalankan adalah:
1. Saya sudah beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan saya.
2. Saya selalu menghormati pemeluk agama lain. Tidak pernah membuat keributan atau mengganggu pemeluk agama lain yang sedang beribadah.
3. Berteman dengan pemeluk agama lain.

2. Tuliskan pendapatmu mengenai pelaksanaan kehidupan beragama di lingkungan sekitarmu.
Jawaban: Pelaksanaan kehidupan beragama di lingkungan sekitar saya sudah berjalan dengan baik. Masing-masing beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Warga yang berbeda agama saling menghormati.

Halaman 28 Ayo Mengamati
Carilah jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut pada buku-buku referensi di perpustakaan sekolahmu. Lakukan bersama teman sekelompokmu.
1. Negara apa saja yang masuk dalam wilayah Asia Tenggara?
Jawaban: Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam, Brunei, Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Timor Leste.

2. Negara apa saja yang masuk sebagai anggota ASEAN?
Jawaban: Brunei, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Vietnam.

3. Apa sumber daya yang menjadi keunggulan tiap negara ASEAN?
Jawaban: Sumber daya yang menjadi keunggulan tiap negara ASEAN adalah:
1. Indonesia sumber daya unggulan rempah, beras, kopi, teh, kelapa sawit, karet, tebu, gas alam, timah, emas, tembaga.
2. Malaysia sumber daya unggulan padi, karet, teh, kelapa sawit, minyak bumi, gas alam, timah, emas, dan bauksit.
3. Brunei Darussalam sumber daya unggulan minyak bumi, gas alam, kelapa, kelapa sawit, dan karet.
4. Singapura tidak memiliki sumber daya unggulan
5. Kamboja sumber daya unggulan karet, beras, kayu, dan ubi-ubian.
6. Laos sumber daya unggulan kayu jati dan cendana.
7. Myanmar sumber daya unggulan tembaga, emas, timah, seng, perak, batu permata, gas alam, nikel, beras, kacang-kacangan, dan karet.
8. Filipina sumber daya unggulan padi, jagung, gula, kopra, buah-buahan, abaca, tembaga, emas, perak, bijih besi, dan keramik.
9. Thailand sumber daya unggulan beras, jagung, tebu, ubi-ubian, karet, cengkeh, kayu jati, kayu besi, timah, tembaga, minyak bumi, gas alam, bijih besi, emas, timbal, dan wolfram.
10. Vietnam sumber daya unggulan beras, karet, kedelai, kopi, teh, minyak bumi, dan batu bara.


4. Apa produk yang dihasilkan dan diekspor oleh tiap negara anggota ASEAN? Ke negara mana produk tersebut diekspor?
Jawaban :
1. Indonesia barang yang dieksport minyak bumi, karet, teh. Barang yang diimport gandum, beras, gula, mesin; 
2. Singapura barang yang dieksport tekstil, bahan bakar, elektro. Barang yang diimport karet, timah, kayu, minyak bumi; 
3. Malaysia barang yang dieksport sawit, karet, timah, minyak bumi. Barang yang diimport kayu, mesin, alat transport; 
4. Brunei Darussalam barang yang dieksport minyak bumi, kayu, lada. Barang yang diimport bahan pangan, tembakau; 
5. Philipina barang yang dieksport gula, kopra, teh, sayur, buah. Barang yang diimport gandum, besi, baja, minyak bumi; 
6. Vietnam barang yang dieksport gula, beras, karet, batu bara. Barang yang diimport minyak bumi, mesin. alat transpt; 
7. Laos barang yang dieksport timah, kayu, kopi. Barang yang diimport beras, bahan bakar, transpt; 
8. Kamboja barang yang dieksport beras, karet, jagung, lada. Barang yang diimport minyak bumi, mesin, tekstil; 
9. Thailand barang yang dieksport beras, karet, buah, gula. Barang yang diimport minyak bumi, mesin, semen; 
10. Myanmar barang yang dieksport beras, kayu, teh. Barang yang diimport kertas, pupuk, mesin.


5. Apa produk yang diimpor tiap negara ASEAN? Dari negara mana produk tersebut diimpor?
Jawaban :
1. Indonesia barang yang diimport gandum, beras, gula, mesin; 
2. Singapura barang yang diimport karet, timah, kayu, minyak bumi; 
3. Malaysia barang yang diimport kayu, mesin, alat transport; 
4. Brunei Darussalam barang yang diimport bahan pangan, tembakau; 
5. Philipina barang yang diimport gandum, besi, baja, minyak bumi; 
6. Vietnam barang yang diimport minyak bumi, mesin. alat transpt; 
7. Laos barang yang diimport beras, bahan bakar, transpt; 
8. Kamboja barang yang diimport minyak bumi, mesin, tekstil; 
9. Thailand barang yang diimport minyak bumi, mesin, semen; 
10. Myanmar barang  yang diimport kertas, pupuk, mesin.

6. Apa peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN?
Jawaban :
Peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN adalah:
1. Mendukung terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). 
2. Ikut serta berperan dalam lumbung padi ASEAN. 
3. Ikut serta dalam melakukan kerjasama di sektor Industri, salah satunya ASEAN Aceh Fertilizer Project. 
4. Indonesia sebagai salah satu pelopor dan pendiri Organisasi kerja sama ekonomi antarnegara. Tuan rumah KTT ASEAN. 
5. Berperan aktif dalam AFTA (ASEAN Free Trade Area).


Halaman 30 Ayo Mencoba
Identifikasilah unsur-unsur pokok pada pidato dalam bacaan “Pak Abdi”. Tuliskan unsur-unsur: salam pembuka, pendahuluan, inti, penutup, dan salam penutup dari pidato tersebut. Lakukan bersama kelompokmu, lalu diskusikan hasilnya bersama kelompok-kelompok lain.
Jawaban :
Salam pembuka
Pendahuluan
Menyampaikan tujuan perayaan kemerdekaan sebagai bentuk syukur dan ungkapan terima kasih terhadap jasa Pahlawan.
lnti
Mengajak warga senantiasa bersyukur, berprilaku sesuai dengan ajaran agama, dan mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif.
Penutup
Salam penutup



Tema 7 Kepemimpinan 
Subtema 1 Pemimpin Di Sekitarku
Pembelajaran 4 (Hari Kamis, 18 Februari 2021)

Lihat di buku tema halaman 31-32 Ayo Membaca
Judul Bacaan: “Hebatnya Dokter Kami”.

Halaman 33 Ayo Berdiskusi
Seorang dokter, guru, kepala sekolah, atau pemimpin lainnya memiliki tempat yang berbeda saat bekerja. Namun, kepemimpinan mereka sangat penting bagi orang-orang di sekitarnya.
1. Menurutmu, apa yang akan terjadi apabila para pemimpin tersebut tidak memiliki nilai-nilai kepemimpinan yang baik?
Jawaban: 
Apabila para pemimpin tidak memiliki nilai-nilai kepemimpinan yang baik, maka organisasi yang mereka pimpin tidak akan berjalan dengan lancar. Contohnya:
• Jika seorang dokter tidak memiliki nilai-nilai kepemimpinan yang baik, maka tingkat kesehatan masyarakat akan rendah.
• Jika seorang guru tidak memiliki nilai-nilai kepemimpinan yang baik, maka siswa-siswa yang dididiknya tidak akan berhasil menjadi siswa sukses dan berbudi pekerti.
• Jika seorang kepala sekolah tidak memiliki nilai-nilai kepemimpinan yang baik, maka sekolah yang dipimpinnya akan menjadi tidak terarah.

2. Kepada siapa saja pemimpin tersebut bertanggung jawab? Apa yang perlu disyukuri oleh seorang pemimpin?
Jawaban:
• Pemimpin tersebut bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa, pemerintah, masyarakat, dan diri-sendiri
• Yang perlu disyukuri oleh seorang pemimpin adalah menjadi orang yang dipercaya mengemban tugas-tugasnya. Seorang pemimpin merupakan teladan bagi orang-orang di sekitarnya. Jadi hal tersebut juga patut disyukuri.

Halaman 34 Ayo Membaca
Masih di halaman 34 Ayo Menulis
1. Berikanlah contoh penerapan nilai-nilai kemanusiaan itu dalam kehidupanmu sehari-hari.
2. Apa pendapatmu mengenai pelaksanaan nilai-nilai kemanusiaan di lingkungan sekitarmu?
Jawaban:
1. Contoh penerapan nilai-nilai kemanusiaan dalam kehidupan sehari-hari yaitu:
• Tidak mengejek teman yang memiliki kekurangan
• Melaksanakan tugas piket dengan sebaik-baiknya
• Membantu ibu menjaga adik
• Tidak membunyikan musik keras-keras saat ada keluarga atau tetangga yang sakit
• Tidak menyuruh-nyuruh teman melakukan sesuatu untuk kita
• Menyumbang untuk korban bencana alam
• Jujur jika melakukan suatu kesalahan
2. Di lingkungan saya, nilai-nilai kemanusiaan sudah dilaksanakan dengan baik. Hal itu dapat dilihat dari beberapa contoh tindakan yang dilakukan oleh warga yaitu: menyumbang korban bencana alam, membantu tetangga yang sedang mengalami kesusahan. Jika tetangga melakukan suatu acara, masyarakat di sekitarnya juga memberikan bantuan.


Halaman 35 Ayo Mencoba
1. Carilah informasi mengenai peristiwa-peristiwa berikut. Carilah dari buku-buku referensi di perpustakaan sekolahmu. 
2. Dari informasi yang kamu kumpulkan, buatlah laporan mengenai peran Indonesia dalam bidang politik di ASEAN.
Jawaban:
KTT I ASEAN di Bali 23-24 Februari 1976

Keterangan:
Merupakan KTT pertama yang diselenggarakan oleh ASEAN. Dalam KTT tersebut, disepakati pembetukan sekretariat ASEAN yang berpusat di Jakarta.

Peran Indonesia:
1. Menjadi penyelenggara KTT ASEAN.
2. Wakil Indonesia berhasil menjadi Sekretaris Jenderal ASEAN.

Kerja Sama Antar parlemen di ASEAN
Keterangan:
Kerjasama Antar Parlemen (AIPO) merupakan badan yang didirikan untuk meningkatkan kerjasama antar parlemen negara-negara ASEAN.

Peran Indonesia:
1. Mengusulkan pembentukan Kerjasama Antar Parlemen (1974)
2. Mendirikan secara resmi Kerjasama Antar Parlemen (1977)
Pertemuan ke-44 Menteri Luar Negeri ASEAN (19 Juli 2011)

Keterangan:
Pertemuan ke-44 Menteri Luar Negeri ASEAN diselenggarakan di Bali pada tanggal 19 Juli 2011. Dalam pertemuan tersebut dibahasa pembentukan Institute Perdamaian dan Rekonsiliasi (AIPR).
Peran Indonesia:
1. Menjadi tuan rumah pertemuan ke-44 menteri luar negeri ASEAN
2. Menteri luar negeri Indonesia memimpin Pertemuan ke-44 Menteri Luar Negeri ASEAN (19 Juli 2011)

Tema 7 Kepemimpinan 
Subtema 1 Pemimpin Di Sekitarku
Pembelajaran 5 (Hari Jum’at, 19 Februari 2021)

Lihat di buku tema halaman 37 Ayo Mengamati

Perhatikan notasi lagu “Butet” berikut.

Halaman 38 Ayo Menulis
Apa judul lagu tersebut?
Jawaban : Butet

Dari provinsi mana asal lagu tersebut?
Jawaban : Sumatera Utara

Apa nada dasar yang digunakan pada lagu tersebut?
Jawaban : Do=F
 
Apa tanda tempo yang digunakan pada lagu tersebut?
Jawaban : 4/4 Andante Cantabile
Apa arti tanda tempo tersebut?
Jawaban : Tanda tempo sedang

Halaman 39 Ayo Bernyanyi
Arti Lirik Lagu “Butet”
Butet, ayahmu sedang berada di pengungsian
Bergerilya dalam darurat oh.. Butet
Butet, janganlah pernah jemu hatimu, putriku
Menanti kabar berita, oh Butet
Ayahmu akan cepat pulang, oh Butet
Musuh kita harus dikalahkan, oh Butet
Butet, cepatlah besar anakku
Agar kau kelak menjadi (anggota) Palang Merah
Palang Merah negara kita

Halaman 41 Ayo Menulis
Kamu telah membaca bacaan “Tangga Nada Diatonis Mayor”.
1. Apa pengertian tangga nada mayor?
Jawaban: Tangga nada mayor adalah Tangga nada diatonis mayor memiliki interval (jarak nada) 1 1 ½ 1 1 1 ½
 
2. Apa ciri-ciri lagu bertangga nada mayor?
Jawaban: 
1. Bersifat riang gembira.
2. Bersemangat.
3. Biasanya diawali dan diakhiri nada do. Namun, tidak menutup kemungkinan diawali dengan nada 5 (sol) atau 3 (mi) dan diakhiri nada 1 (do).


Halaman 42 Ayo Berdiskusi
Amatilah gambar berikut

Apa perbedaan ciri-ciri fisik laki-laki dan perempuan setelah masa pubertas?
Jawaban:
Perbedaan ciri-ciri fisik laki-laki dan perempuan setelah masa pubertasa.
1. Dada pada anak laki-laki membidang, sedangkan dada anak perempuan membesar.
2. Pinggul laki-laki tetap, sedangkan pinggul perempuan membesar
3. Suara laki-laki membesar, sedangkan suara perempuan melengking
4. Tumbuhnya jakun pada anak laki-laki, sedangkan perempuan tidak
5. Tumbuhnya kumis pada anak laki-laki, sedangkan perempuan tidak



Tema 7 Kepemimpinan 
Subtema 1 Pemimpin Di Sekitarku
Pembelajaran 6 (Hari Sabtu, 20 Februari 2021)

Lihat di buku tema halaman 45 Ayo Mengamati
Judul bacaan Komandan Damkar Meninggal saat Menyelamatkan Anak Buahnya

Halaman 46-47 Ayo Berdiskusi
Tuliskan pokok-pokok pikiran dari bacaan “Komandan Damkar Meninggal saat Menyelamatkan Anak Buahnya”.
Jawaban :
Paragraf 1 : Pemadam kebakaran bertaruh nyawa saat bertugas
Paragraf 2 : Perjuangan Pak Subandi
Paragraf 3 : Pemimpin yang sangat peduli pada anak buahnya
Paragraf 4 : Pengalaman Pak Suhada
Paragraf 5 : Pak Suhada yang selalu bersyukur
Paragraf 6 : Perjuangan Pak Suhada menjadi pemadam kebakaran

1. Apa yang dapat kamu teladani dari petugas pemadam kebakaran?
Jawaban: Petugas pemadam kebakaran berani dalam melakasanakan tugas. Selalu menolong sesama.

2. Nilai ketuhanan apakah yang diterapkan oleh petugas pemadam kebakaran?
Jawaban: Selalu berdoa sebelum melaksanakan tugas dan bersyukur setelah melaksanakan tugas.

3. Nilai kemanusiaan apakah yang diterapkan oleh petugas pemadam kebakaran?
Jawaban: Menolong orang lain yang terkena musibah kebakaran.

4. Apa yang dapat kamu lakukan dalam upaya ikut membantu lingkunganmu menerapkan nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan?
Jawaban:
1. Menghormati pemeluk agama lain.
2. Beribadah sesuai agama dan kepercayaan.
3. Membantu tetangga yang membutuhkan.
4. Menjenguk tetangga yang sakit.

Halaman 48 Ayo Mengamati


Halaman 49 Ayo Menulis
Apa judul lagu tersebut?
Jawaban : Gundul-Gundul Pacul

Dari daerah mana asal lagu tersebut?
Jawaban : Gundul-Gundul Pacul berasal dari Jawa Tengah

Apa nada dasar yang digunakan pada lagu tersebut?
Jawaban : Nada Dasar Lagu Gundul-Gundul Pacul adalah Do=C

Apa tanda tempo yang digunakan pada lagu tersebut?
Jawaban : Tempo lagu Gundul-Gundul Pacul Adalah 4/4 moderato

Apa arti tanda tempo tersebut?
Jawaban : Arti tanda tempo gundul-gundul pacul adalah lagu gundul-gundul pacul dinyanyikan dengan tempo sedang.


PENILAIAN HARIAN 
Tema 7 Kepemimpinan 
Subtema 1 Pemimpin Di Sekitarku
Hari Senin, 22 Februari 2021

I. Berilah Tanda Silang (X) Pada Huruf a, b, c Atau d Pada Jawaban Yang Benar!
1. Nilai yang terkandung dalam sila pertama dalam Pancasila, kecuali ….
a. percaya dan takwa kepada Tuhan
b. saling merendahkan agama orang lain
c. membina kerukunan hidup antar sesama umat beragama
d. mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan beragama

2. Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing merupakan nilai dari sila ….
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

3. Perhatikan pernyataan berikut!
Bapak dan Ibu, terima kasih untuk dukungan yang telah diberikan selama ini. Terima kasih juga telah mengikuti acara rutin bulanan. Semoga pertemuan kali ini membawa manfaat bagi seluruh warga.
Pernyataan tersebut merupakan bagian pidato berupa ….
a. pembuka
b. inti
c. penutup
d. salam penutup

4. Perhatikan teks pidato berikut!
Saudara-saudara warga Desa Tanjungsari dalam menghadapi musim hujan, para petani harus lebih cermat dan teliti dalam mengelola sawahnya, agar kita tidak mengalami gagal panen. Pengelolaan sawah perlu memperhatikan pemilihan bibit unggul, pemupukan secara teratur, penyemprotan insektisida secara berkala, pengairan yang cukup, dan menyiangi tanaman padi agar tidak terganggu oleh gulma. Dengan pengelolaan lahan pertanian secara benar, diharapkan hasil panen akan melimpah.
Pernyataan yang sesuai dengan isi pidato tersebut adalah ….
a. Kepala Desa Tanjungsari berpidato terhadap warganya mengenai persiapan menghadapi musim hujan.
b. Mengelola padi pada musim hujan harus lebih teliti dan mengikuti petunjuknya.
c. Jika penanaman padi tidak dikelola dengan baik, akan terjadi gagal panen.
d. Pengairan yang cukup untuk tanaman padi dapat menghindari serangan hama.

5. Seseorang perlu mendekatkan diri kepada Tuhan saat menghadapi masa pubertas agar ….
a. emosi tidak stabil
b. perasaan lebih sensitif
c. hati menjadi lebih tenang
d. perasaaan mudah tersinggung

6. Perhatikan ciri-ciri fisik Eko berikut.
– Dada belum bidang.
– Belum tumbuh jakun.
– Belum tumbuh kumis.
Berdasarkan ciri fisik di atas, Eko berada pada masa ….
a. pubertas
b. anak-anak
c. dewasa
d. lansia

7. Indonesia berperan dalam penanaman modal di negara anggota ASEAN. Penanaman modal tersebut bertujuan mengembangkan dan meningkatkan perekonomian negara anggota ASEAN.
Kerja sama yang dilakukan Indonesia sesuai penjelasan tersebut adalah di bidang ….
a. investasi
b. jasa
c. pembangunan
d. ekonomi

8. Sebagai negara anggota, Indonesia memiliki peran dan posisi dalam perekonomian ASEAN. Salah satunya yaitu mendukung terbentuknya integrasi ekonomi di kawasan ASEAN dalam bentuk MEA. Tujuan MEA adalah ….
a. memajukan perekonomian dan menghilangkan hambatan perdagangan internasional di Asia Tenggara
b. memberi kesempatan pada UMKM berpartisipasi langsung dalam perdagangan intra ASEAN
c. mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kemakmuran masyarakat
d. mengembangkan dan meningkatkan perekonomian negara anggota ASEAN

9. Nada dasar lagu “Gundul-gundul Pacul” adalah ….
a. G = do
b. F = do
c. D = do
d. C = do

10. Lagu bertempo andante dinyanyikan secara ….
a. lambat
b. sedang
c. cepat
d. cepat sekali


KUNCI JAWABAN

1. b. saling merendahkan agama orang lain
2. a. pertama
3. d. salam penutup
4. a. Kepala Desa Tanjungsari berpidato terhadap warganya mengenai persiapan menghadapi musim hujan.
5. c. hati menjadi lebih tenang
6. b. anak-anak
7. a. investasi
8. a. memajukan perekonomian dan menghilangkan hambatan perdagangan internasional di Asia Tenggara
9. d. C = do
10. b. sedang



No comments:

Post a Comment

Soal Tema 2 IPS Kelas 6

SOAL UH/PTS/UAS TEMA 2  KELAS 6 SEMESTER I  Kompetensi Dasar IPS I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang...