RINGKASAN MATERI BELAJAR DARI RUMAH
TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA
SUBTEMA 2 PERUBAHAN LINGKUNGAN
Nama Siswa : ………………………………..
Kelas : V (Lima)
Sekolah : SDN KERTASARI 01
Buku ini dikumpulkan lagi ke guru kelas sebagai bahan penilaian
Dan untuk siswa yang memiliki Buku Paket Tema 8 tetap diisi di buku temanya sebagai bahan belajar siswa
Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 2 Perubahan Lingkungan
Pembelajaran 1 (Hari Senin, 29 Maret 2021)
Halaman 52
Perhatikan gambar-gambar di atas.
1. Apa komentarmu melihat kedua gambar tersebut?
Jawaban: Gambar A menunjukkan daerah yang subur dengan cadangan air yang melimpah, sedang gambar B menunjukkan daerah yang gersang dengan tidak adanya cadangan air.
Perhatikan gambar-gambar di atas.
1. Apa komentarmu melihat kedua gambar tersebut?
Jawaban: Gambar A menunjukkan daerah yang subur dengan cadangan air yang melimpah, sedang gambar B menunjukkan daerah yang gersang dengan tidak adanya cadangan air.
2. Gambar manakah yang lebih indah dilihat?
Jawaban: Gambar A
Jawaban: Gambar A
3. Dapatkah lingkungan seperti gambar A berubah seperti gambar B? Apa yang menyebabkannya?
Jawaban: Dapat, disebabkan hilangnya cadangan air tanah (sumber air) yang diakibatkan tidak adanya daerah peresapan air.
Jawaban: Dapat, disebabkan hilangnya cadangan air tanah (sumber air) yang diakibatkan tidak adanya daerah peresapan air.
4. Dapatkah lingkungan seperti gambar B berubah seperti gambar A? Bagaimana caranya?
Jawaban: Dapat, dengan cara selalu menyediakan daerah peresapan air, salah satunya dengan menjaga kelestarian hutan yang merupakan daerah resapan air utama, serta selalu menyediakan daerah-daerah/tanah resapan air di daerah pemukiman.
Jawaban: Dapat, dengan cara selalu menyediakan daerah peresapan air, salah satunya dengan menjaga kelestarian hutan yang merupakan daerah resapan air utama, serta selalu menyediakan daerah-daerah/tanah resapan air di daerah pemukiman.
5. Sebutkan cara-cara yang biasa kamu lakukan dalam menjaga lingkungan rumah dan sekolahmu!
Jawaban:
• Menjaga kebersihan
• Menjaga kelancaran saluran air/selokan
• Menanam tanaman/pohon yang bermanfaat di daerah lingkungan rumah dan sekolah
• Bijaksana dalam menggunakan air/hemat air.
Jawaban:
• Menjaga kebersihan
• Menjaga kelancaran saluran air/selokan
• Menanam tanaman/pohon yang bermanfaat di daerah lingkungan rumah dan sekolah
• Bijaksana dalam menggunakan air/hemat air.
Lihat di buku tema kalian halaman 53-54 Ayo Membaca
Judul bacaan Siklus Air Tanah
Judul bacaan Siklus Air Tanah
Halaman 55
Kamu telah membaca teks ”Siklus Air Tanah”. Peristiwa apa yang terdapat pada teks? Bagaimana urutannya? Tuliskan dalam diagram alir berikut.
Jawaban:
Siklus Air Tanah
Kamu telah membaca teks ”Siklus Air Tanah”. Peristiwa apa yang terdapat pada teks? Bagaimana urutannya? Tuliskan dalam diagram alir berikut.
Jawaban:
Siklus Air Tanah
Peristiwa 1 Air bergerak meninggalkan tanah ke udara melalui penguapan dan air kembali lagi ke tanah dalam bentuk hujan.
Peristiwa 2 Air yang turun kembali ke tanah kemudian masuk ke dalam tanah melalui celah-celah/pori-pori tanah.
Peristiwa 3 Tumbuhan berfungsi menyerap air yang masuk ke dalam tanah melalui akarnya dan akhirnya menjadi air cadangan (sumber air).
Halaman 56
Kerjakan tugas berikut bersama kelompokmu.
1. Tulislah proses terjadinya air tanah. Proses terjadinya air tanah:
Jawaban:
Air bergerak meninggalkan tanah ke udara melalui penguapan dan air kembali turun lagi ke tanah dalam bentuk air hujan. Air yang turun kembali ke tanah dalam bentuk air hujan kemudian masuk ke dalam tanah melalui celah-celah/pori-pori tanah. Air yang masuk dalam tanah kemudian diserap oleh tumbuhan melalui akar-akarnya untuk kemudian menjadi air cadangan (sumber air).
Kerjakan tugas berikut bersama kelompokmu.
1. Tulislah proses terjadinya air tanah. Proses terjadinya air tanah:
Jawaban:
Air bergerak meninggalkan tanah ke udara melalui penguapan dan air kembali turun lagi ke tanah dalam bentuk air hujan. Air yang turun kembali ke tanah dalam bentuk air hujan kemudian masuk ke dalam tanah melalui celah-celah/pori-pori tanah. Air yang masuk dalam tanah kemudian diserap oleh tumbuhan melalui akar-akarnya untuk kemudian menjadi air cadangan (sumber air).
2. Tulislah faktor-faktor yang memengaruhi berkurangnya ketersediaan air tanah.
Faktor-faktor yang mempengaruhi ketersediaan air tanah:
Jawaban:
Faktor alam :
• Kondisi tanah
• Kondisi iklim
Faktor kegiatan manusia :
• Penebangan hutan secara liar
• Pembukaan lahan pertanian, perumahan, perindustrian
• Pembangunan jalan yang menggunakan aspal/beton, yang menyebabkan terhalangnya air meresap ke dalam tanah
Faktor-faktor yang mempengaruhi ketersediaan air tanah:
Jawaban:
Faktor alam :
• Kondisi tanah
• Kondisi iklim
Faktor kegiatan manusia :
• Penebangan hutan secara liar
• Pembukaan lahan pertanian, perumahan, perindustrian
• Pembangunan jalan yang menggunakan aspal/beton, yang menyebabkan terhalangnya air meresap ke dalam tanah
3. Tulislah kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air tanah.
Kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air bersih:
Jawaban:
• Bijaksana dalam menggunakan air/hemat air
• Menanam pohon/penghijauan
• Membuat lubang resapan
• Mengurangi sampah/limbah
Kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air bersih:
Jawaban:
• Bijaksana dalam menggunakan air/hemat air
• Menanam pohon/penghijauan
• Membuat lubang resapan
• Mengurangi sampah/limbah
Halaman 57 Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan berikut bersama kelompokmu (4-5 orang).
1. Siapkan air, batu bata, bongkahan-bongkahan batu, dan dua buah wadah, misalnya loyang.
2. Pada satu loyang letakkan batu bata. Pada loyang lain letakkan bongkahan-bongkahan batu.
3. Tuangkan air ke dalam loyang setinggi 5 cm. Diamkan selama lebih kurang 1 jam.
4. Setelah 1 jam, amati tinggi air pada setiap loyang.
5. Apa hasil pengamatanmu? Adakah perbedaan tinggi permukaan air pada kedua loyang?
Jawaban: Ada perbedaan tinggi permukaan air pada kedua loyang6. Apa yang terjadi pada air di loyang berisi batu bata?
Lakukan kegiatan berikut bersama kelompokmu (4-5 orang).
1. Siapkan air, batu bata, bongkahan-bongkahan batu, dan dua buah wadah, misalnya loyang.
2. Pada satu loyang letakkan batu bata. Pada loyang lain letakkan bongkahan-bongkahan batu.
3. Tuangkan air ke dalam loyang setinggi 5 cm. Diamkan selama lebih kurang 1 jam.
4. Setelah 1 jam, amati tinggi air pada setiap loyang.
5. Apa hasil pengamatanmu? Adakah perbedaan tinggi permukaan air pada kedua loyang?
Jawaban: Ada perbedaan tinggi permukaan air pada kedua loyang6. Apa yang terjadi pada air di loyang berisi batu bata?
Jawaban: Pada loyang berisi batu bata, air berkurang
7. Apa yang terjadi pada loyang berisi bongkahan-bongkahan batu?
Jawaban: Pada loyang berisi bongkahan-bongkahan batu, tinggi air tetap
8. Apa yang dimaksud air tanah?
Jawaban: Air tanah adalah air hujan yang meresap dan mengalir di bawah permukaan tanah
9. Apa yang dimaksud air permukaan?
Jawaban: Air permukaan adalah air yang ada di permukaan tanah dan tidak terserap ke dalam tanah
10. Dari percobaan di atas, loyang manakah yang menunjukkan terbentuknya air tanah dan loyang mana menunjukkan terbentuknya air permukaan?
Jawaban: Loyang berisi batu bata menunjukkan terbentuknya air tanah. Batu bata terbuat dari tanah liat yang dapat menyerap air. Sedangkan, loyang yang berisi bongkahan-bongkahan batu menunjukkan terbentuknya air permukaan, karena batu tidak dapat menyerap air
7. Apa yang terjadi pada loyang berisi bongkahan-bongkahan batu?
Jawaban: Pada loyang berisi bongkahan-bongkahan batu, tinggi air tetap
8. Apa yang dimaksud air tanah?
Jawaban: Air tanah adalah air hujan yang meresap dan mengalir di bawah permukaan tanah
9. Apa yang dimaksud air permukaan?
Jawaban: Air permukaan adalah air yang ada di permukaan tanah dan tidak terserap ke dalam tanah
10. Dari percobaan di atas, loyang manakah yang menunjukkan terbentuknya air tanah dan loyang mana menunjukkan terbentuknya air permukaan?
Jawaban: Loyang berisi batu bata menunjukkan terbentuknya air tanah. Batu bata terbuat dari tanah liat yang dapat menyerap air. Sedangkan, loyang yang berisi bongkahan-bongkahan batu menunjukkan terbentuknya air permukaan, karena batu tidak dapat menyerap air
Subtema 2 Perubahan Lingkungan
Pembelajaran 2 (Hari Selasa, 30 Maret 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 60 Ayo Mengamati
Lihatlah peragaan tari daerahmu, baik secara langsung maupun melalui rekaman video. Fokuslah untuk memperhatikan gerak para penari
Lihatlah peragaan tari daerahmu, baik secara langsung maupun melalui rekaman video. Fokuslah untuk memperhatikan gerak para penari
1. Bagaimana formasi para penari saat melakukan gerak tari?
Jawaban: terserah siswa, tergantung tari daerah yang diperhatikan.
2. Bagaimana arah hadap gerak penari selama peragaan tari?
Jawaban: terserah siswa, tergantung tari daerah yang diperhatikan.
2. Bagaimana arah hadap gerak penari selama peragaan tari?
Jawaban: terserah siswa, tergantung tari daerah yang diperhatikan.3. Bagaimana bentuk garis imajiner yang dilalui penari selama melakukan gerak tari?
Jawaban: terserah siswa, tergantung tari daerah yang diperhatikan.Jelaskan hasil pengamatanmu dalam bentuk gambar sederhana, lalu peragakan.
Jawaban: terserah siswa, tergantung tari daerah yang diperhatikan.
Halaman 61-62 Ayo Membaca
Judul bacaan Pola Lantai Gerak Tari
Halaman 63
Tugas
Berdasarkan teks "Pola Lantai Gerak Tari" pada halaman 61-63, kerjakan tugas berikut.
1. Tuliskan kembali pengertian pola lantai menggunakan bahasamu sendiri. Usahakan agar orang lain memahami dengan mudah saat membaca tulisanmu. Gunakan kosakata baku
Jawaban:
• Pola lantai adalah Garis khayal yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari
• Pola lantai merupakan garis khayal yang dibuat oleh formasi penari kelompok.
Judul bacaan Pola Lantai Gerak Tari
Halaman 63
Tugas
Berdasarkan teks "Pola Lantai Gerak Tari" pada halaman 61-63, kerjakan tugas berikut.
1. Tuliskan kembali pengertian pola lantai menggunakan bahasamu sendiri. Usahakan agar orang lain memahami dengan mudah saat membaca tulisanmu. Gunakan kosakata baku
Jawaban:
• Pola lantai adalah Garis khayal yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari
• Pola lantai merupakan garis khayal yang dibuat oleh formasi penari kelompok.
2. Gambarlah pola lantai yang terlihat dari gambar dua tarian pada teks tersebut.
Halaman 64 Ayo Berlatih
1. Lihatlah sebuah video tari kreasi daerah
Jawaban: terserah siswa, tergantung tari daerah yang diperhatikan.
2. Perhatikan gerakan dan pola lantai penari dalam menyajikan tarian
Jawaban: terserah siswa, tergantung tari daerah yang diperhatikan.
3. Tirukan 5 gerakan dari tarian tersebut. Berlatihlah melakukan gerakan-gerakan tari tersebut hingga dapat meragakan dengan benar
Jawaban: terserah siswa, tergantung tari daerah yang diperhatikan.
4. Buatlah pola lantai sesuai dengan gerakan yang dipelajari
Jawaban: terserah siswa, tergantung tari daerah yang diperhatikan.
1. Lihatlah sebuah video tari kreasi daerah
Jawaban: terserah siswa, tergantung tari daerah yang diperhatikan.
2. Perhatikan gerakan dan pola lantai penari dalam menyajikan tarian
Jawaban: terserah siswa, tergantung tari daerah yang diperhatikan.
3. Tirukan 5 gerakan dari tarian tersebut. Berlatihlah melakukan gerakan-gerakan tari tersebut hingga dapat meragakan dengan benar
Jawaban: terserah siswa, tergantung tari daerah yang diperhatikan.
4. Buatlah pola lantai sesuai dengan gerakan yang dipelajari
Jawaban: terserah siswa, tergantung tari daerah yang diperhatikan.
Halaman 65 Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu
1. Peristiwa apa saja yang terjadi pada teks "Siklus air dan Bencana kekeringan"?
Jawaban: Peristiwa yang terjadi antara lain : siklus air, penguapan air, hujan, aliran air/air mengalir, terjadinya air tanah
2. Bagaimana proses siklus air menghasilkan air yang bersih? Jelaskan!
Jawaban: Pada proses siklus air, ada tahap penguapan air dari permukaan bumi, bisa berasal dari laut, sungai, danau atau dari genangan air lainnya. Pada saat penguapan air, kotoran pada air akan tertinggal. Uap air yang naik dan membentuk awan merupakan uap air yang bersih. Saat awan menjadi mendung lalu turun menjadi hujan, air yang turun merupakan air bersih
Jawaban: Pada proses siklus air, ada tahap penguapan air dari permukaan bumi, bisa berasal dari laut, sungai, danau atau dari genangan air lainnya. Pada saat penguapan air, kotoran pada air akan tertinggal. Uap air yang naik dan membentuk awan merupakan uap air yang bersih. Saat awan menjadi mendung lalu turun menjadi hujan, air yang turun merupakan air bersih
3. Apa yang dimaksud dengan air tanah?
Jawaban: Air tanah adalah air yang terserap masuk ke dalam lapisan tanah dan mengalir di bawah permukaan tanah. Air tanah lebih jernih dan bersih karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan.
Jawaban: Air tanah adalah air yang terserap masuk ke dalam lapisan tanah dan mengalir di bawah permukaan tanah. Air tanah lebih jernih dan bersih karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan.
4. Bagaimana perbedaan air tanah dengan air permukaan?
Jawaban: Air tanah lebih bersih dan jernih daripada air permukaan karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan
Jawaban: Air tanah lebih bersih dan jernih daripada air permukaan karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan
5. Mengapa air permukaan biasanya lebih kotor dibandingkan dengan air tanah? Jelaskan!
Jawaban: Air permukaan lebih kotor karena mengandung lumpur dan benda-benda lain yang terbawa aliran air di permukaan tanah.
Jawaban: Air permukaan lebih kotor karena mengandung lumpur dan benda-benda lain yang terbawa aliran air di permukaan tanah.
6. Apa akibat dari musim kemarau yang panjang?
Jawaban: Air permukaan dan air tanah menyusut. Kekurangan air akan menyebabkan bencana kekeringan.
Jawaban: Air permukaan dan air tanah menyusut. Kekurangan air akan menyebabkan bencana kekeringan.
Halaman 66 Ayo Berkreasi
Berdasarkan bacaan "Siklus Air dan Bencana Kekeringan", buatlah poster tentang dampak siklus air bagi kehidupan. Buatlah semenarik mungkin. Pada pembelajaran 5 nanti kamu akan mempresentasikan poster yang kamu buat.
Jawaban:
Contoh Poster
Berdasarkan bacaan "Siklus Air dan Bencana Kekeringan", buatlah poster tentang dampak siklus air bagi kehidupan. Buatlah semenarik mungkin. Pada pembelajaran 5 nanti kamu akan mempresentasikan poster yang kamu buat.
Jawaban:
Contoh Poster
Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 2 Perubahan Lingkungan
Pembelajaran 3 (Hari Rabu, 31 Maret 2021)
Judul Bacaan Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri
Halaman 70 Ayo Mengamati
Amatilah lingkungan sekitarmu. Identifikasilah jenis-jenis usaha ekonomi yang dikelola secara perorangan berdasarkan setiap jenisnya. Buatlah laporan dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.
Amatilah lingkungan sekitarmu. Identifikasilah jenis-jenis usaha ekonomi yang dikelola secara perorangan berdasarkan setiap jenisnya. Buatlah laporan dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.
Jawaban:
No.
|
Jenis
Usaha
|
Macam
Usaha
|
Banyaknya
|
1
|
Pertanian
|
pertanian
padi, perkebunan sayur, perkebunan palawija, peternakan ayam, peternakan lele
|
15
|
2
|
Perdagangan
|
Pedagang
asongan, pedagang keliling, pedagang kami lima, pedagang di pasar, warung dan
toko kelontong
|
Isi bebas
|
3
|
Jasa
|
Salon,
potong rambut, fotocopy, bengkel dan penjualan pulsa
|
Isi bebas
|
4
|
Industri
kecil
|
Pembuatan
keramik, souvenir, anyaman, tembikar, mebel, industri tahu, industri tempe
dan industri batu bata
|
Isi bebas
|
Halaman 71-72 Ayo Membaca
Judul bacaan Desa Unik di Bali
Halaman 73 Ayo Berdiskusi
Buatlah kelompok diskusi bersama 4-5 orang temanmu. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa saja keunikan desa-desa pada bacaan "Desa Unik di Bali"?
Jawaban:
• Desa Tenganan unik karena merupakan salah satu desa tertua di Bali, dan merupakan salah satu desa asli suku Bali
• Desa Trunyan unik karena tradisi pemakamannya, yaitu orang meninggal hanya diletakkan di atas tanah, bahkan di atas pohon.
• Desa Penglipuran unik karena memiliki struktur bangunan yang teratur dan rapi, serta adat pemasangan dan penurunan odalan
Buatlah kelompok diskusi bersama 4-5 orang temanmu. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa saja keunikan desa-desa pada bacaan "Desa Unik di Bali"?
Jawaban:
• Desa Tenganan unik karena merupakan salah satu desa tertua di Bali, dan merupakan salah satu desa asli suku Bali
• Desa Trunyan unik karena tradisi pemakamannya, yaitu orang meninggal hanya diletakkan di atas tanah, bahkan di atas pohon.
• Desa Penglipuran unik karena memiliki struktur bangunan yang teratur dan rapi, serta adat pemasangan dan penurunan odalan
2. Adakah keunikan dari daerah tempat tinggalmu? Apa sajakah itu?
Jawaban: Berbeda tiap siswa, tergantung daerah siswa tinggal
Jawaban: Berbeda tiap siswa, tergantung daerah siswa tinggal
3. Bagaimana sikapmu atas perbedaan budaya dan adat istiadat daerahmu dengan daerah lain?
Jawaban: Bersikap toleransi dan menghormati terhadap keragaman sosial budaya masyarakat di Indonesia.
Jawaban: Bersikap toleransi dan menghormati terhadap keragaman sosial budaya masyarakat di Indonesia.
Subtema 2 Perubahan Lingkungan
Pembelajaran 4 (Hari Kamis, 01 April 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 75-78 Ayo Membaca
Usaha Ekonomi yang Dikelola Kelompok
Halaman 79 Ayo Berdiskusi
Kamu tentu telah membaca tentang teks "Usaha Ekonomi yang Dikelola Kelompok". Sekarang temukan pengertian serta ciri-ciri khusus dari setiap jenis usaha tersebut. Tulislah kembali pada peta pikiran berikut ini.
Jawab:
Firma
Pengertian: Firma adalah usaha ekonomi bersama yang didirikan oleh sekurangnya dua sekutu.
Ciri-ciri:
- Pendiri firma biasanya orang-orang yang saling kenal satu dengan yang lain
- Setiap anggota firma memiliki hak untuk bertindak atas nama firma
- Anggota firma juga bertanggung jawab secara penuh atas risiko kerugian firma
- Usaha berbentuk firma biasa bergerak di bidang layanan konsultasi hukum dan keuangan
Persekutuan Komanditer (CV)
Pengertian: Persekutuan Komanditer (CV) didirikan oleh beberapa orang yang terbagi dalam sekutu aktif dan pasif. Sekutu aktif adalah orang atau kelompok orang yang mengelola badan usaha. Sedangkan kelompok sekutu pasif orang atau kelompok orang yang tidak mengelola badan usaha, namun menyediakan modal bagi pendirian dan keberlangsungan badan usaha.
Ciri-ciri:
- Sekutu aktif berperan sebagai investor dan pengelola CV
- Sekutu pasif berperan sebagai investor tanpa terlibat dalam pengelolaan CV
- Usaha berbentuk CV dapat dikembangkan dari firma, apabila firma ingin memperluas usahanya dan membutuhkan banyak modal
Perseroan Terbatas
Pengertian: Perseroan terbatas (PT) adalah usaha bersama yang modalnya berupa kumpulan saham.
Ciri-ciri:
- Kewajiban terbatas pada modal tanpa melibatkan harta pribadi
- Modal dan ukuran perusahaan besar
- Kelangsungan hidup perusahaan PT ada di tangan pemilik saham
- Dapat dipimpin oleh orang yang tidak memiliki bagian saham
- Kepemilikan mudah berpindah tangan
- Mudah mencari tenaga kerja untuk karyawan / pegawai
- Keuntungan dibagikan kepada pemilik modal / saham dalam bentuk dividen
- Kekuatan dewan direksi lebih besar daripada kekuatan pemegang saham
- Sulit untuk membubarkan
- Pajak berganda pada pajak penghasilan / pph dan pajak deviden
Koperasi
Pengertian: Koperasi merupakan organisasi usaha yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama.
Ciri-ciri:
- Koperasi pembelian/pengadaan/konsumsi: koperasi yang menyelenggarakan fungsi pembelian atau pengadaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan anggota sebagai konsumen akhir. Di sini anggota berperan sebagai pemilik dan pembeli atau konsumen bagi koperasinya.
- Koperasi penjualan/pemasaran: koperasi yang menyelenggarakan fungsi distribusi barang atau jasa yang dihasilkan oleh anggotanya agar sampai di tangan konsumen. Di sini anggota berperan sebagai pemilik dan pemasok barang atau jasa kepada koperasinya.
- Koperasi produksi : koperasi yang menghasilkan barang dan jasa, dimana anggotanya bekerja sebagai pegawai atau karyawan koperasi. Di sini anggota berperan sebagai pemilik dan pekerja koperasi.
- Koperasi Jasa : koperasi yang menyelenggarakan pelayanan jasa yang dibutuhkan oleh anggota, misalnya: simpan pinjam, asuransi, angkutan, dan sebagainya. Di sini anggota berperan sebagai pemilik dan pengguna layanan jasa koperasi.
Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
Pengertian: Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau perusahaan negara yaitu sebuah perusahaan yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki negara.
Ciri-ciri:
- BUMN dapat berbentuk perusahaan umum (perum) dan perseroan terbatas (persero).
- BUMN bergerak di bidang usaha yang bersifat strategis atau vital, misalnya bidang energi listrik dan telekomunikasi.
Halaman 80-81 Ayo Membaca
Tradisi Rasula di Gunung Kidul
Halaman 82 Ayo Bercerita
Ceritakanlah kembali tentang tradisi rasulan yang ada di gunung kidul tersebut dengan bahasamu sendiri
Jawaban :
Masyarakat Gunung Kidul mengenal tradisi rasulan. Rasulan biasanya berlangsung beberapa hari. Ada berbagai kegiatan dalam tradisi rasulan, diantaranya adalah atraksi seni wayang kulit, reog ponorogo dan lain-lain. Puncak keramaian terjadi saat kegiatan kirab. Di akhir kirab, warga melakukan doa bersama di balai dusun. Tradisi rasulan merupakan aset budaya yang harus dipertahankan, karena melestarikan jiwa kebersamaan dan semangat gotong royong, serta menjadi wadah melestarikan kesenian.
Halaman 83 Ayo Renungkan
Pengetahuan apa yang aku pelajari hari ini?
Jawab: Hari ini saya mempelajari tentang jenis usah yang dikelola secara kelompok dan mempelajari tentang tradisi rasulan di Gunung Kidul.
Keterampilan apa yang aku latih hari ini?
Jawab: Keterampilan membuat kliping dan juga keterampilan memahami teks bacaan.
Sikap apa yang aku kembangkan hari ini?
Jawab: Sikap tanggung jawab dengan tugas yang diberikan yaitu menjawab soal dan mengerjakan tugas membuat kliping.
Apa yang dapat aku berikan kepada lingkungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikapku?
Jawab: Yang dapat diberikan kepada lingkungan misalnya adalah dengan menghargai tradisi yang telah ada dan mengenalkan tradisi yang sudah saya pelajari ke warga, agar mereka juga tahu apa yang sudah saya pelajari. Selain itu, kita semua harus menerapkan sikap toleransi dan saling menghargai.
Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 2 Perubahan Lingkungan
Pembelajaran 5 (Hari Jum’at, 02 April 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 85
Perhatikan gambar yang ada di atas.
1. Menunjukkan tentang apa peristiwa gambar di atas?
Jawaban: Gambar yang menunjukkan tentang peristiwa kekeringan yang terjadi di suatu daerah
2. Pernahkah daerahmu mengalami peristiwa seperti pada gambar itu?
Jawaban: Pernah/tidak pernah (jawaban tergantung daerah siswa)
3. Apa yang dapat kita lakukan dalam menghadapi peristiwa seperti pada gambar?
Jawaban: Ketika menghadapi peristiwa kekeringan, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, diantaranya adalah : berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar disegerakan turun hujan, melakukan penghematan pemakaian air, melakukan daur ulang pemakaian air seperti air bekas cucian beras untuk menyiram tanaman.
Halaman 85-86 Ayo Membaca
Judul Bacaan "Tari Suling Dewa"
Halaman 86 Ayo Berdiskusi
Berdasarkan teks "Tari Suling Dewa" tulislah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam tabel berikut ini
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1.
|
Dari mana asal Tari Suling Dewa?
|
Tari Suling Dewa berasal dari Desa Bayan, Lombok Utara, Provinsi
Nusa Tenggara Barat.
|
2.
|
Kapan dilakukan Tari Suling Dewa?
|
Tari Suling Dewa dilakukan masyarakat saat menghadapi bencana
kekeringan.
|
3.
|
Siapa yang melakukan Tari Suling Dewa?
|
Tari Suling Dewa dilakukan oleh para tokoh adat atau sesepuh adat
Desa Bayan.
|
4.
|
Apa tujuan dilakukan Tari Suling Dewa?
|
Tujuan dilakukan Tari Suling Dewa adalah untuk memohonan doa
kepada Tuhan Yang Mahakuasa agar hujan segera turun.
|
5.
|
Mengapa air penting bagi manusia?
|
Air sangat penting, karena air merupakan sumber kehidupan bagi
manusia.
|
Halaman 87 Ayo Bercerita
Begitu pentingnya air bagi kehidupan manusia. Jika siklus air berputar lancar, ketersediaan air di bumi akan terjaga. Tersedianya air di bumi menjamin berlangsungnya kehidupan.
Pada Pembelajaran 2 kamu mendapat tugas membuat poster tentang dampak siklus air terhadap kehidupan. Kini, presentasikan postermu di hadapan Bapak/Ibu Guru dan teman-temanmu.
Jawab:
Contoh Poster
Air merupakan salah satu unsur pokok yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, baik itu manusia, hewan maupun tumbuhan. Ketersediaan air merupakan hal utama yang harus tetap di jaga oleh manusia. Sering kita melihat beberapa daerah mengalami bencana kekeringan, sedangkan daerah lain tidak mengalami bencana tersebut. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Salah satu penyebabnya adalah ulah manusia sendiri. Bagaimana manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sampai melakukan hal-hal yang merusak lingkungan, diantaranya adalah pembalakan/penebangan hutan secara liar. Kegiatan yang merugikan ini semua makhluk hidup. Mengapa hal tersebut bisa terjadi. Karena salah satu fungsi utama dari hutan adalah menyerap air melalui akar-akarnya dan menyimpannya sebagai cadangan air. Jadi jika hutan ditebang secara membabi buta, maka tidak akan ada lagi tempat sebagai pusat penyimpanan air, dan ketika musim kemarau, maka kekeringan akan meluas dan berlangsung lama. Oleh karena itu untuk menangkal bencana kekeringan, maka salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan tetap melindungi sumber air, yang berarti kita harus tetap memelihara dan melindungi hutan yang kita miliki bersama.
Halaman 87-89 Ayo Membaca
Judul bacaan Seni Tari di Indonesia
Halaman 90 Ayo Mencoba
Pilihlah salah satu video tari daerah. Amati baik-baik pola lantai dan gerakan penari. Selanjutnya, peragakan gerakan tarian dengan pola lantai yang sama. Berlatihlah memperagakan gerakan tari dengan iringan tari yang ada di sekitarmu, kemudian gambarlah pola lantainya.
Jawab:
Jawaban dapat berbeda-beda tiap siswa, tergantung pada video tari daerah yang diperagakan oleh siswa.
Halaman 90 Ayo Renungkan
Dari pelajaran hari ini, kamu telah mendapat pengetahuan baru, melatih keterampilan, dan mengembangkan sikap-sikap baik.
Adakah pengetahuan dan keterampilan yang dapat kamu berikan bagi perbaikan lingkungan sekitarmu. Apakah itu?
Jawab: Pengetahuan dan keterampilan yang dapat aku berikan bagi perbaikan kehidupan lingkungan sekitarku, yakni bahwa air itu penting bagi kehidupan manusia dan ada beberapa tempat yang memiliki tarian khusus sebagai permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa semoga diturunkan hujan. Selain itu, ada pula keterampilan dalam memperagakan tarian daerah setempat.
Sikap baik apakah yang dapat menjadikan kehidupanmu dan lingkungan sekitarmu menjadi lebih baik?
Jawab: Sikap baikku yang dapat menjadikan kehidupan dan lingkungan sekitarku menjadi lebih baik, yakni dengan menghemat air, mempelajari gerakan tarian yang ada di daerah tempat tinggalku maupun tarian dari daerah lainnya.
Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 2 Perubahan Lingkungan
Pembelajaran 6 (Hari Sabtu, 03 April 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 92 Ayo Membaca
Judul bacaan Pola Lantai Karya Tari
Halaman 93 Ayo Membaca
Judul bacaan Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa Untuk Menunjukkan Cinta Tanah Air
Halaman 94 Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan berikut dengan berdiskusi bersama kelompokmu
1. Peristiwa apa yang terdapat pada teks "Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa Untuk Menunjukkan Cinta Tanah Air"?
Jawaban: Suatu peristiwa yang ada pada teks diantaranya adalah digelarnya lomba seni tari kreasi nusantara di provinsi Aceh, peserta lomba menampilkan berbagai tari daerah Aceh, ada peserta lomba yang menarikan tarian dari daerah pulau Jawa, dan penampilan anak-anak menarik perhatian pengunjung
2. Mengapa ada anak yang menampilkan tarian Jawa?
Jawaban: Karena ingin menampilkan sajian yang berbeda dan menunjukkan kebhinekaan tarian di Indonesia
3. Sikap apa yang dapat ditiru dari teks "Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa untuk Menunjukkan Cinta Tanah Air"?
Jawaban: Sikap yang dapat ditiru antara lain kreatif, berani tampil dengan rasa percaya diri, dan menghargai kebudayaan daerah lain di Indonesia, serta cinta tanah air
4. Tarian apa yang pernah kamu peragakan?
Jawaban relatif berbeda-beda untuk siswa
5. Apakah kamu berminat belajar tari daerah lain? Mengapa?
Jawaban: Ya, Karena turut melestarikan kebudayaan asli Indonesia sebagai bentuk rasa cinta tanah air
6. Ceritakan pengalaman menarik saat kamu atau temanmu memperagakan tarian daerah lain
Jawaban: Ada beberapa gerakan yang unik dan ada makna-makna tertentu dari gerakan-gerakan tarian tersebut
Halaman 95-96 Ayo Renungkan
Pengetahuan dan keterampilan yang dapat aku berikan bagi perbaikan kehidupan lingkungan sekitarku:
Jawab: Misalnya mempelajari keragaman budaya Indonesia yang berkaitan erat dengan lingkungan setiap daerah. Salah satunya adalah budaya tarian. Tarian setiap daerah mempunyai ciri khasnya sendiri.
Sikap baikku yang dapat menjadikan kehidupan dan lingkungan sekitarku menjadi lebih baik:
Jawab: Misalnya dengan menghormati orang tua, bersikap ramah dan sopan, saling menghargai satu sama lain, tidak membeda-bedakan, menjalankan norma-norma pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dll.
PENILAIAN HARIAN (PH)
Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 2 Perubahan Lingkungan
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
- Akibat bagi masyarakat yang ditimbulkan jika sumber air tanah menipis adalah ….
- Kelangkaan air bersih banyak terjadi ketika musim ….
- Pola lantai vertikal, horizontal dan segitiga pada tarian dikembangkan dari pola ….
- Tari Saman dari Aceh dan tari Indang dari Sumatra Barat adalah contoh tarian daerah yang mempunyai pola lantai ….
- Usaha bengkel, konter pulsa, fotokopi dan salon kecantikan termasuk usaha yang bergerak dalam bidang ….
- Usaha pertanian banyak dilakukan penduduk di daerah yang memiliki ….
- Usaha bersama yang didirikan paling sedikit dua orang yang dalam berjalannya terdiri dari sekutu pasif dan sekutu aktif dinamakan ….
- Badan usaha yang sebagian modal atau seluruhnya dimiliki oleh negara dinamakan ….
- Koperasi Salon, Koperasi Bengkel dan Koperasi Angkutan termasuk jenis koperasi ….
- Keuntungan dari Perseroan terbatas yang diterima oleh pemilik saham diberikan dalam bentuk ….
Kunci Jawaban
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
No comments:
Post a Comment