Saturday, 5 September 2020

Tema 1 Subtema 1 Kelas 6

RINGKASAN MATERI TEMATIK KELAS VI
TEMA 1 SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP 
SUBTEMA 1 TUMBUHAN SAHABATKU
edisi Belajar Dari Rumah (BDR)




Nama Siswa     : ………………
Kelas       : VI (Enam)
Sekolah       : SDN KERTASARI 01


Buku ini dikumpulkan lagi ke guru kelas sebagai bahan penilaian dan untuk siswa yang memiliki Buku Paket Tema 1 tetap diisi di buku temanya sebagai bahan belajar siswa


Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 
Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku



Pembelajaran 1
(Hari Jum'at, 23 Juli 2021)

Halaman 1 
Ayo Berdiskusi
Amatilah gambar di bawah ini

Halaman 2
Buatlah dua pertanyaan mengenai tumbuhan sebagai sumber kehidupan.

Jawaban:
Pertanyaan 1: Apa manfaat tumbuhan bagi hewan?
Jawaban:
Manfaat tumbuhan bagi hewan, yaitu sebagai sumber energi bagi hewan.
Pertanyaan 2: Mengapa tumbuhan sangat penting bagi kehidupan di bumi?
Jawaban:
Tumbuhan merupakan sumber bagi kehidupan manusia dan hewan. Tumbuhan adalah produsen penghasil cadangan makanan dan sumber oksigen untuk bernapas dan melindungi bumi dari sengatan sinar matahari.

Halaman 2 
Ayo Membaca
Silahkan baca bacaannya di buku tema kalian masing-masing.

Halaman 4
Bacalah dengan saksama.
Tulislah ide pokok dan informasi penting dari teks berjudul ‘Bagaimana Jagung 
Berkembang Biak?’ dengan mengisi diagram berikut.



Jawaban

Diskusikan diagrammu dengan teman kelompokmu. Kembangkan ide pokok dan informasi pada diagram menjadi sebuah tulisan. Serahkan tulisanmu kepada gurumu.

Jawaban:
Jagung sumber karbohidrat. Jagung dijadikan makanan pokok. Jagung berkembangbiak dengan biji. Setelah 4 hari tunas jagung muncul ke permukaan tanah. Jagung dapat dipanen setelah 3-4 bulan. Buah jagung berbentuk tongkol. Pada bagian ujung jagung terdapat rambut halus. Tepung sari terdapat pada rambut halus jagung. Pembuahan terjadi saat tepung sari hinggap di kepala putik. Putik terdapat di bagian bawah jagung. Bunga jagung berkembang menjadi buah jagung. Jagung siap dipanen saat bijinya kecoklatan dan tongkolnya mengering. Biji jagung merupakan bagian yang dimakan. Petani mengembangbiakan jagung dengan menanam kembali sebagian jagung. Perkembangbiakan jagung dimulai dari biji.

Halaman 5
Ayo Mengamati
Silahkan amati bagian-bagian bunga di buku tema kalian masing-masing


Halaman 6 
Ayo Berdiskusi

Amatilah lingkungan di sekitarmu. Temukan satu jenis tumbuhan yang sedang berbunga. Gambarkan bagian-bagian bunga dan tuliskan cara penyerbukannya pada kolom berikut ini.


Jawaban:

Apakah perbedaannya? Diskusikan perbedaan tersebut dengan temanmu!
Menurutmu, apa manfaat perkembangbiakan generatif? 
Carilah informasinya dan tuliskan pada tempat yang disediakan.

Jawaban:
Manfaat perkembang biakkan generatif:
– Dapat melakukan pengembangan varietas tanaman baru dengan penyilangan.
– Menghasilkan bibit yang memiliki akar dan batang kuat.
– Melestarikan keanekaragaman hayati.
– Menghasilkan tanaman yang lebih tahan hama.

Bagaimana dengan kehidupan dan budaya Indonesia? Diskusikanlah budaya dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia dengan temanmu. Kamu dapat menemukan tambahan informasi melalui gurumu atau buku bacaan di perpustakaan.

Jawaban:

Indonesia
Indonesia merupakan negara kepulauan yang dihuni oleh beragam suku bangsa dengan budayanya masing-masing. Suku Jawa adalah kelompok suku terbesar di Indonesia. Agama Islam merupakan agama yang paling banyak dianut masyarakat Indonesia.

Indonesia merupakan negara yang berbentuk republik dengan kepala negara seorang presiden. Indonesia pernah dijajah oleh Portugis, Belanda, dan Jepang. Salah satu olah raga tradisional Indonesia adalah pencak silat. Bunga melati putih (Jasminum sambac) merupakan salah satu dari tiga bunga nasional Indonesia. Kebiasaan minum teh di Indonesia pun tidak mengenal waktu khusus.

Bangsa indonesia memiliki budaya gotong royong. Budaya gotong royong menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan.. Indonesia juga memiliki tarian dan kesenian yang sudah dikenal masyarakat dunia seperti tari saman dari aceh dan tari kecak dari Bali. Kesenian yang terkenal antara lain wayang dan Reog Ponorogo.

Halaman 14
Tulislah pemikiranmu tentang karakteristik negara pada diagram Venn yang telah disiapkan. 
Perhatikan caranya berikut ini.
1. Tentukan dua negara yang akan kamu cari informasinya lebih dalam lagi. Tulislah di kotak yang tersedia.
2. Tulis masing-masing karakteristiknya di lingkaran sesuai dengan negaranya.
3. Di tengah lingkaran, kamu dapat menuliskan persamaan karakteristik yang dimiliki oleh kedua negara.




Jawaban:







Pembelajaran 2 
(Sabtu, 24 Juli 2021)

Halaman 18
Apabila bilangan 160.800.000 ditulis pada tabel nilai tempat, di manakah angka 1 dan 6 ditempatkan?
Diskusikan jawabanmu dengan teman.

Jawaban:
Angka 1 berada di ratusan juta.
Angka 6 berapa di puluhan juta.

Halaman 19-20
Temukan jawabanmu dari soal berikut.
1. Tulislah bilangan di bawah dalam bentuk penulisan standar.
10.000.000 + 2.000.000 + 300.000 + 20.000 + 3000 + 400 + 70 + 2
Jawaban:
12.323.472

2. Tulislah bilangan berikut dalam bentuk penulisan standar.
4 juta 256 ribu 78
Jawaban:
4.256.078

3. Buatlah lima bilangan yang terdiri dari 7 sampai 8 angka.
Bilanganmu harus memiliki angka 0-9.
Urutkan bilanganmu.
Jawaban:
1.234.567, 2.345.678, 3.456.789, 11.222.333, 12.345.678

4. Tulislah bilangan yang diperoleh dari:
a. 745.862 ditambah 10.000
b. 875.000 ditambah 1.000.000
c. 3.174.821 dikurangi 100.000
d. 735.236.306 dikurangi 1 juta
Jawaban:
a. 755.862
b. 1.875.000
c. 3.274.821
d. 734.236.306

5. Aku adalah bilangan antara 6.000.000 dan 7.000.000.
Aku adalah bilangan ganjil.
Angka ribuanku semuanya sama.
Angka dasarku semuanya sama.
Jumlah seluruh angkaku adalah 30.
Bilangan berapakah aku?
Temukan bilangannya sebanyak mungkin.
Bagaimana kamu menemukan jawabannya?
Jawaban:
6.333.555
6.111.777
6.555.333
6.777.111


Halaman 21
Buatlah 5 bilangan jutaan yang memiliki angka 0-9.
Urutkan bilangan tersebut.
Bandingkan dengan jawaban temanmu.
Berilah komentar pada jawaban temanmu.
Jawaban:
1.875.000, 3.274.821, 6.111.777, 6.333.555, 6.555.333, 6.777.111

Halaman 23
Bagaimana pendapatmu tentang sikap teman-teman Edo?
Tulislah pendapat mu pada kolom di bawah ini!
Jawaban:
Teman-teman Edo sangat baik karena mau merawat Edo yang sedang sakit.
Selain itu mereka juga kreatif karena memanfaatkan tumbuhan jahe disekitar rumah untuk membuat wedang jahe.

Halaman 24
Bersama kelompokmu, diskusikan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila berikut.
1. Ketuhanan yang Maha Esa
Jawaban:
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila "Ketuhanan yang Maha Esa" sebagai berikut:
- Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
- Toleransi dan penghormatan kepada agama atau kepercayaan lain
- Kerukunan antarumat beragama

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
Jawaban:
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila "Kemanusian yang Adil dan Beradab" sebagai berikut:
- Persamaan derajat
- Menghargai hak asasi manusia
- Solidaritas antar sesama manusia
- Perdamaian

Halaman 25 - 26
Amati gambar berikut.

Diskusikan mengenai sikap atau perilaku yang terdapat pada gambar di atas.
Kelompokkan gambar-gambar tersebut sesuai dengan nilai-nilai dalam sila kesatu dan sila kedua.

Tulislah nomor gambar pada tabel berikut sesuai dengan pengelompokannya.
Jelaskan jawabanmu.


Jawaban:
Perilaku yang Sesuai dengan Sila Kesatu yakni gambar nomor 1, 2, 3, 8.
Perilaku yang Sesuai dengan Sila Kedua yakni gambar nomor 4, 5, 6, 7.





Halaman 27
Sampaikan jawabanmu di depan kelas.
Sekarang kamu harus kerja mandiri.
Berikan 3 contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kesatu Pancasila.
Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan.
Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.

Jawaban:
1. Beribadah sesuai agama dan kepercayaan
2. Tidak mengganggu ibadah agama lain
3. Memberikan kebebasan beragama terhadap orang lain

Saya beragama Islam, jadi saya rajin sholat dan ke masjid.

Selain itu, saya juga memberikan kebebasan beragama terhadap orang lain, misalnya bagi teman yang beragama Kristen, saya tidak pernah melarang teman saya ketika akan beribadah.

Berikan 3 contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila kedua Pancasila.
Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan.
Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.

Jawaban:
1. Menghargai hak asasi manusia
2. Bertindak sesuai norma dan aturan yang berlaku
3. Bersikap adil terhadap sesama

Saya menghargai hak asasi manusia, misalnya saya tidak akan berbicara dengan suara keras karena tetangga yang mendengar pasti akan merasa terganggu.


Halaman 28
Diskusikan pertanyaan berikut dalam kelompok.
1. Bagaimana pendapatmu ketika melihat patung tersebut? Jelaskan!
Jawaban:
Patung-patung tersebut sangat indah. Ragam budaya Indonesia dapat dilihat dari karya berupa patung tersebut.

2. Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk membuat patung tersebut?
Jawaban:
Keterampilan teknik cetak tekan dan ukir, mencampur warna agar patung terlihat menarik, dan memahami makna seni patung tersebut.

3. Menurutmu, bagaimana cara membuat patung tersebut?
Jawaban:
Pertama, tentukan jenis dan bahan patung yang akan dibuat.

Anda bisa menggunakan tanah liat plastis sebagai bahan dasar membuat patung dengan teknik cetak tekan maupun ukir.

Jangan menggunakan tanah yang terlalu lembek karena akan menyulitkan untuk memperoleh bentuk yang tepat, rapi, dan jelas.

Tanah liat yang terlalu lembek akan lengket pada cetakan gips, sehingga sulit diangkat dari cetakan dan sulit untuk diukir.




Pembelajaran 3 
(Senin, 26 Juli 2021)


Halaman 31-33 Ayo Membaca
Baca di buku tema kalian masing-masing.

Halaman 34
Sekarang, amati gambar berikut ini. Bagaimana cara tanaman tersebut berkembang biak? Carilah informasi dari berbagai sumber.

Tuliskan hasilnya di bawah ini!

Jawaban:
.........................................


Halaman 35
Perhatikan lingkungan sekolahmu.
Catatlah informasi tentang tanaman yang berkembang biak secara vegetatif.
Catatlah pada tabel berikut.
 

Jawaban

Jawaban:
.........................................


Tulislah manfaat dari perkembangbiakan secara vegetatif pada kolom dibawah ini.
Jawaban:
.........................................

Halaman 36 Ayo Membaca
Baca dibuku kalian masing-masing

Halaman 37
Isilah diagram di bawah ini berdasarkan informasi dan ide pokok dalam bacaan.

Jawaban:
.........................................

Diskusikan diagrammu dengan teman kelompokmu. Kembangkan informasi dan ide pokok pada diagram menjadi sebuah tulisan. Serahkan tulisanmu kepada gurumu.
Jawaban:
.........................................





Pembelajaran 4 
(Selasa, 27 Juli 2021)

Halaman 40
Tulislah manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup dalam diagram berikut!

 
Jawaban:
.......................

Halaman 41 Ayo Membaca
Amati dan bacalah isi tabel di atas. Apa pendapatmu?
Jawaban:
.......................

Halaman 42
Dapatkah kamu menemukan cara membuat suatu kesimpulan? 
Apa ciri-ciri kesimpulan yang baik menurutmu?
Jawaban:
.......................

Halaman 43
Amati kedua gambar berikut.

Tulislah isi cerita masing-masing gambar diatas!
Jawaban:
Gambar 1.
Jawaban:
.......................


Gambar 2. 
Jawaban:
.......................


Halaman 44
Nilai-nilai Pancasila dari sila keberapakah yang terkandung dalam kedua sikap pada gambar di atas? Tulislah penjelasanmu dengan singkat.
Jawaban:
.......................


Berilah kesimpulan nilai yang sesuai sila ketiga (sesuai gambar). Sampaikan kepada teman kelompokmu. 
Carilah tiga contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai sila ketiga Pancasila. 
Apa saja sikap yang telah kamu terapkan dan yang belum kamu terapkan? 
Bagaimana caramu memperbaiki sikap sehingga sesuai dengan sila ketiga Pancasila.
Jawaban:
Kesimpulan nilai yang sesuai sila ketiga adalah kita harus bekerja sama dan saling membantu untuk menjaga kerukunan.
Jawaban:
- Bekerja sama dengan anggota keluarga dalam membersihkan rumah
- Membantu adik ketika kesulitan mengerjakan tugas sekolah
- Mendengarkan nasihat orang tua
Jawaban:
Cara memperbaiki sikap sesuai dengan sila ketiga Pancasila:
- Mengembangkan persatuan Indonesia dengan hidup rukun
- Menumbuhkan rasa cinta tanah air dengan menggunakan produk produk Indonesia
- Mengembangkan rasa bangga terhadap tanah air dengan ikut serta dalam perlombaan dan berhasil meraih juara
- Bekerja sama untuk memelihara ketertiban

Halaman 45 
Ayo Berlatih
Toko tersebut hanya menjual 50 bungkus untuk paket 1 kg dan 75 bungkus untuk paket 5 kg. Berapa uang yang akan diperoleh toko tersebut apabila semua paket terjual?
Jawaban:
Diketahui:
50 bungkus paket 1kg harga 1kg = 6.500
75 bungkus paket 5kg harga 5kg = 30.000

Ditanyakan: uang yang diperoleh jika paket terjual semua

Jawab:
= (50x 6.500)+(75 x 30.000)
= 325.000 + 2.250.000
= 2.575.000
Jadi uang yang diperoleh jika paket terjual semua adalah Rp 2.575.000

Halaman 46
 
1. Berapa jumlah penduduk empat kota dengan penduduk terbanyak?
Jawaban:
Diketahui:
Kota dengan jumlah penduduk terbanyak adalah Kota Surabaya, Bandung, Medan dan Bogor.

Ditanyakan: Jumlah penduduk empat kota dengan penduduk terbanyak

Jawab:
= 2.765.487 + 2.394.873 + 2.097.610 + 950.334
= 8.208.304 penduduk

Jadi jumlah penduduk empat kota dengan penduduk terpadat adalah 8.208.304

2. Berapa banyak penduduk Cirebon yang harus ditambah agar jumlahnya sama dengan penduduk Bandung?

Jawaban:

Diketahui:
Cirebon = 296.389
Bandung = 2.394.873

Ditanyakan: banyaknya penduduk kota cirebon yang harus ditambah agar jumlahnya sama dengan penduduk kota bandung

Jawab:
(banyak penduduk kota bandung) – (banyak penduduk kota cirebon)
= 2.394.873 – 296.389
= 2.098.484

Jadi banyaknya penduduk kota Cirebon yang harus ditmbahkan agar sama dengan jumlah penduduk Kota Bandung adalah 2.098.484

Halaman 47
3. Buatlah soal sehubungan dengan data di atas. Soalmu harus berbentuk cerita dan memiliki operasi hitung campuran. Mintalah satu temanmu untuk menjawabnya. Tukarlah soalmu kepada 2 temanmu. Minta mereka untuk menjawabnya.

Jawaban:
Contoh soal:
Berapakah jumlah seluruh penduduk di 5 kota jika dikurangi dengan penduduk kota medan?

Jawab:
(Jumlah penduduk 5 kota) – (jumlah penduduk kota medan)
Surabaya : 2.765.487
Bandung : 2.394.873
Medan : 2.097.610
Bogor : 950.334
Cirebon : 296.389
Total : 8.504.693

Maka 8.504.693 – 2.097.610 = 6.407.083
Jadi jumlah penduduk di 5 kota dikurangi jumlah penduduk kota Medan adalah 6.407.083

Tukarlah soalmu kepada 2 temanmu. Minta mereka untuk menjawabnya.

Siti kemudian membaca buku panduan yang berisi tentang negara-negara di Asia Tenggara. Siti ingin tahu negara di Asia tenggara yang menghasilkan kentang terbanyak. Penerbit buku panduan yang dibaca Siti mencetak 10.000 buku yang berisi 24 halaman. Setiap rol tinta mesin cetak dapat menghasilkan 6.000 halaman.

1. Berapa rol tinta yang dibutuhkan penerbit? Buatlah perhitungannya!
Jawaban:
(10.000 x 24) : 6000 = 240.000 : 6000 = 40
Jadi, banyak tinta yang dibutuhkan penerbit adalah 40 rol.

Sampaikan hasilnya kepada guru.



Pembelajaran 5
(Rabu, 28 Juli 2021)

Halaman 49-50 
Ayo Membaca

Kamu sudah belajar tentang negara-negara ASEAN. Untuk menambah pengetahuanmu, bacalah informasi berikut ini.

Sebagian besar kawasan Asia Tenggara beriklim tropis dengan curah hujan tinggi dan suhu udara panas. Hutan tropisnya kaya akan flora dan fauna. Hutan menghasilkan kayu dan rotan. Hanya Myanmar bagian utara yang beriklim subtropis.

Hampir semua negara di kawasan Asia Tenggara memiliki wilayah laut. Laut banyak memberikan manfaat terkait sumber daya alam, yaitu:
– Ikan dan hasil laut lainnya,
– Jalur transportasi air,
– Objek wisata, dan
– Bahan tambang, seperti minyak dan gas bumi.

Di pembelajaran satu, kamu sudah memilih dua negara ASEAN dan membandingkannya. Setelah kamu membaca informasi di atas, lengkapilah diagram Vennmu.

Kamu bisa menambah informasimu dengan membaca buku di perpustakaan, bertanya kepada guru, atau melihat sumber informasi lainnya.



Halaman 50
Ayo Berkreasi

Hutan tropis di sebagian besar wilayah Asia Tenggara menghasilkan kayu yang sangat bermanfaat bagi penduduknya. Sebagian dari mereka memanfaatkan kayu untuk dibuat patung. Patung Nusantara banyak diminati masyarakat dunia.

Pada pembelajaran dua kamu sudah berdiskusi dan membuat patung sederhana. Ambillah bahan patungmu. Kali ini kamu akan membuat patung dengan model sederhana yang lain. Diskusikan patung yang telah kamu buat dengan teman kelompokmu.

Ternyata tumbuhan memberikan manfaat bukan hanya sebagai bahan makanan, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk kesenian.


Halaman 51 52 53
Ayo Berlatih

Bawang merah dan jahe banyak dimanfaatkan oleh penduduk Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Kedua tanaman tersebut memiliki manfaat selain sebagai bumbu, juga dijadikan sebagai obat.


Jumlah penggunaannya yang cukup besar membuat senang para petani. Berikut adalah data pembeli kedua tanaman tersebut di sebuah pasar.


1. Berapa jumlah keseluruhan pembeli di tahun 2016?

Jawaban:
Jawaban:
2.172 + 9.542 = 11.714
Jadi jumlah keseluruhan pembeli tahun 2016 adalah 11.714 orang

2. Berapa lebihnya jumlah keseluruhan pembeli di tahun 2017 dari jumlah keseluruhan pembeli di tahun 2016?

Jawaban:
14.487 – 11.714 = 2.773
Jadi selisih keseluruhan pembeli tahun 2017 dan tahun 2016 adalah 2.773 orang

3. Sekitar berapa kalinya jumlah pembeli jahe dari jumlah pembeli bawang merah di tahun 2017?

Jawaban:
Bawang Merah dibagi dengan daya beli Jahe
11946 : 2541
11946/2541 = 4,7 Kali

Jadi, Jumlah daya beli pembeli bawang merah adalah 4.7 Kali lebih banyak di bandingkan dengan pembeli jahe.

Halaman 52
Berikut adalah hasil produksi bawang merah di Kabupaten Gorontalo.

Halaman 53
Jawablah pertanyaan berikut.

1. Urutkan tahun produksi bawang merah berdasarkan jumlah produksi yang paling banyak.
Jawaban:
Urutan produksi bawang dari yang paling banyak adalah: 2007, 2009, 2005, 2006, 2008, 2011, 2012, dan 2010

2. Jumlahkan produksi bawang merah mulai dari urutan ke-1 sampai ke-4.
Jawaban:
Jumlah produksi bawang merah urutan 1 sampai 4 adalah : 112.000+100.000+125.000+92.000 = 429.000

3. Berapa selisih jumlah produksi bawang merah di tahun 2010 dari produksi di tahun 2007?
Jawaban:
Jumlah produksi bawang tahun 2010 dan 2007 adalah 39.000+125.000 = 164.000.


Pembelajaran 6
(Kamis, 29 Juli 2021)

Halaman 55-57
Ayo Membaca
Silahkan kalian baca di buku tema kalian masing-masing 

Halaman 58
Jawaban:
Paragraf 1
Ide Pokok: Manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
Kesimpulan: Manusia dan hewan memerlukan makanan.

Paragraf 2
Ide Pokok: Manusia dan hewan juga memerlukan makanan yang cukup mengandung protein untuk pertumbuhannya.
Kesimpulan: Manusia dan hewan memerlukan protein.

Paragraf 3
Ide Pokok: Manusia membutuhkan jenis makanan yang mengandung vitamin.
Kesimpulan: Manusia membutuhkan vitamin.

Jawaban kalian ditulis pada tabel yang ada dibuku tema kalian halaman 58


PENILAIAN HARIAN (PH)

Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup 
Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku

(Jum'at, 30 Juli 2021)

Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar!

  1. Tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan contohnya adalah ….
  2. Proses bertemunya benang sari dan kepala putik pada bunga dinamakan ….
  3. Tumbuhan di bawah ini yang tidak berkembangbiak dengan cara tunas adalah ….
  4. ASEAN merupakan organisasi dari negara di kawasan ….
  5. ASEAN berdiri atas dasar dari deklarasi ….
  6. Tun Abdul Razak adalah tokoh pendiri ASEAN yang berasal dari negara ….
  7. Jumlah panen padi di Pak Jaya tahun ini adalah 3.457.096 Kg. Angka 3.457.096 dibaca ….
  8. 20.000.000 + 9.000.000 + 40.000 + 5.000 + 500 + 9 Tulisan bilangan di samping dalam bentuk penulisan standar adalah …..
  9. Sila pertama Pancasila yang menekankan bahwa warga negara Indonesia adalah manusia yang ….
  10. Tumbuhan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dalam sistem pernafasanya, karena tumbuhan menghasilkan ….
  11. Bagian tumbuhan yang banyak dimanfaatkan manusia sebagai bahan bangunan adalah ….
  12. Menghargai hak asasi manusia merupakan nilai dari Pancasila sila yang ….
  13. Satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah adalah ….
  14. Sembilan juta enam puluh tujuh ribu dua ratus dua puluh lima jika ditulis angka menjadi ….
  15. Hutan merupakan penghasil oksigen yang sangat besar, maka hutan disebut sebagai ….


Catatan:
  • Pembelajaran (PB) 1-6 yang sudah ada jawabannya di BLOG silahkan salin di buku tema atau di buku tulis kalian.
  • Penilaian Harian (PH) silahkan Tulis PERTANYAAN dan JAWABANNYA nya di buku tulis kalian, silahkan kerjakan secara kelompok dengan teman terdekat rumahmu atau dikerjakan masing-masing.
  • Hari SABTU tanggal 31 Juli 2021 semua tugas dikumpulkan di sekolah.

Selamat mengerjakan.

No comments:

Post a Comment

Soal Tema 2 IPS Kelas 6

SOAL UH/PTS/UAS TEMA 2  KELAS 6 SEMESTER I  Kompetensi Dasar IPS I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang...