RINGKASAN MATERI TEMATIK KELAS VI
Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan
Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan
edisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
(Tugas Luring Tanggal 16-21 Agustus)
Dikumpulkan tanggal 10 September 2021
Nama Siswa : ………………
Kelas : VI (Enam)
Sekolah : SDN KERTASARI 01
Buku ini dikumpulkan lagi ke guru kelas sebagai bahan penilaian
Dan untuk siswa yang memiliki Buku Paket Tema 2 tetap diisi di buku temanya sebagai bahan belajar siswa
Tema 2: Persatuan dalam Perbedaan
Subtema 1: Rukun dalam Perbedaan
Pembelajaran 1
Halaman 1
Ayo Membaca
Amatilah tulisan berikut!
Halaman 2
Apa yang kamu ketahui tentang teks tersebut?
Jawaban: Teks tersebut merupakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Hal lain apa yang ingin kamu ketahui tentang teks tersebut?
Jawaban: Hal lain yang ingin saya ketahui teks tersebut yaitu tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia dari teks Proklamasi.
Bacalah teks berikut dalam hati!
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Halaman 3
Berdasarkan teks tersebut, isilah peta pikiran berikut!
Apa
Jawaban: Apa yang menjadi peristiwa penting bagi bangsa Indonesia?
Pembahasan: Proklamasi Kemerdekaan yang terjadi pada 17 Agustus 1945 menjadi peristiwa penting bagi Indonesia, yang dimana bangsa Indonesia berhak atas kemerdekaannya.
Mengapa
Jawaban: Mengapa Jepang menyerah kepada tentara Sekutu?
Pembahasan: Diawali dengan dijatuhkannya bom atom oleh tentara Amerika Serikat pada tanggal 6 Agustus 1945 di kota Hiroshima dan pada tanggal 9 Agustus 1945 di kota Nagasaki, Jepang akhirnya menyerah kepada tentara Sekutu. Peristiwa ini dijadikan kesempatan oleh bangsa Indonesia untuk segera membebaskan diri dari penjajahan bangsa Jepang.
Siapa
Jawaban: Siapa yang membacakan teks Proklamasi pada 17 Agustus 1945?
Pembahsan: Pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih yang telah dijahit oleh Ibu Fatmawati dan dikibarkan.
Bagaimana
Jawaban: Bagaimana konsep penulisan teks proklamasi dilakukan?
Pembahasan: Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno. Saat itu hadir pula B.M Diah, Sayuti Melik, Sukarni, dan Soediro. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik.
Kapan
Jawaban: Kapan teks Proklamasi dibacakan oleh Ir. Soerkarno?
Pembahasan: Teks Proklamasi di bacakan oleh Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945.
Di mana
Jawaban: Di mana teks Proklamsi ditulis?
Pembahasan: Teks proklamasi ditulis di rumah Laksamana Tadashi Maeda, Jl. Imam Bonjol No. 1
Halaman 4
Ayo Berdiskusi
Bersatu dalam perbedaan, yang merupakan landasan dari persatuan, sudah menjadi tatanan kehidupan masyarakat Indonesia sejak dulu. Hal tersebut juga ditunjukkan ketika masa menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Bacalah teks tentang Proklamasi Kemerdekaan sekali lagi.
Tulislah makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi bangsa Indonesia pada kolom berikut!
Jawaban:
Sebagai puncak dari perjuangan Indonesia, pengakuan kepada dunia luar, menaikkan martabat bangsa, perjuangan sebagai negara baru dan bagi sejarah negara Indonesia.
Halaman 5-6
Apa makna Proklamasi Kemerdekaan menurutmu?
Tulislah paling sedikit tiga makna Proklamasi Kemerdekaan menurutmu!
Jawaban:
Sebagai akhir penjajahan di Indonesia, menunjukkan persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia, perjuangan dari para pahlawan Indonesia saat melawan penjajah.
Ayo Mengamati
Bacalah teks berikut dengan cermat!
Bunga Teratai
Bagaimana bunga teratai beradaptasi dengan lingkungannya?
Diskusikan pendapatmu secara berkelompok.
- Kamu dan kelompokmu akan berpetualang di lingkungan sekolah. Guru telah menyiapkan beberapa pos. Pada setiap pos sudah tersedia berbagai jenis tumbuhan.
- Tugas kelompokmu adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang ciri tumbuhan dan habitatnya, mencatatnya, dan mendiskusikannya dalam kelompok.
- Pilih satu tanaman, lalu temukan ciri-ciri dan cara beradaptasinya. Tuliskan informasi yang kamu dapatkan pada peta pikiran berikut!
Jawaban:
Bunga Teratai
Apa
Jawaban: Apa yang kamu ketahui tentang bunga teratai?
Pembahasan: Bunga teratai merupakan tanaman yang tumbuh di air.
Mengapa bunga teratai tumbuh di air
Jawaban: Mengapa bunga teratai tumbuh di air?
Pembahasan: Bunga tertai tumbuh di air agar menyesuaikan diri, tanaman ini juga memiliki akar di bawah air.
Siapa
Jawaban: Siapa penemu bunga teratai pertama kali?
Pembahasan: Bunga teratai ditemukan pertama kali oleh suku Nyamphaeaceae pada zaman Mesir kuno.
Bagaimana
Jawaban: Bagaimana ciri-ciri dari bunga teratai?
Pembahasan: Bunga teratai tumbuh di permukaan air, berwarna kemerahan atau putih. Tangkai daun pada bunga teratai terdapat di tengah-tengah daun dan memiliki benang sari berwarna kuning.
Kapan
Jawaban: Kapan bunga teratai dapa dilihat?
Pembahasan: Bunga teratai dapat dilihat pada pagi hari karena bunga teratai mekar di pagi hari, sedangkan malam hari akan tenggelam di dasar air.
Di mana
Jawaban: Di mana bunga teratai dapat tumbuh?
Pembahasan: Bunga terai dapat tumbuh di permukaan air.
Halaman 7
• Tulislah laporan berdasarkan informasi yang kamu tulis pada peta pikiranmu!
Jawaban:
Bunga teratai ditemukan pertama kali oleh suku Nyamphaeaceae pada zaman Mesir kuno. Bunga teratai merupakan tanaman yang tumbuh di air. Bunga tertai tumbuh di air agar menyesuaikan diri, tanaman ini juga memiliki akar di bawah air.
Bunga teratai tumbuh di permukaan air, berwarna kemerahan atau putih. Tangkai daun pada bunga teratai terdapat di tengah-tengah daun dan memiliki benang sari berwarna kuning. Bunga terai dapat tumbuh di permukaan air.
Pembelajaran 2
Halaman 8
Ayo Mengamati
Amati gambar tentang masyarakat yang hidup rukun dalam perbedaan berikut!
Bacalah teks berikut!
Perbedaan yang Menguatkan
Halaman 10
Setelah mengamati gambar dan membaca teks tentang hidup rukun dalam perbedaan, tulis hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut dalam bentuk pertanyaan!
Jawaban
1. Apa yang dimaksud dengan kampung transmigran?
2. Siapa 5 orang sahabat itu?
3. Siapa yang merupakan etnis Tionghoa
4. Apa yang mereka lakukan setiap akhir minggu?
Tulis kesimpulan tentang persatuan melalui hidup rukun dalam perbedaan pada bagan berikut!
Apa perbedaan yang ada ?
Jawaban : perbedaan suku, ras, agama, budaya, jenis kelamin
Bagaimana menyikapinya?
Jawaban : Menyikapinya dengan sikap toleransi
Apa manfaat hidup rukun?
Jawaban : Dapat menciptakan kehidupan yang damai dan saling menjaga.
Halaman 11-13
Ayo Berkreasi
Lego-Lego, Tari Adat Alor Bermakna Persatuan
Halaman 14
Temukan berbagai tari daerahmu! Sebutkan pola lantai tariannya!
Jawaban: Sesuai pendapat siswa.
Praktikkan pola lantai satu tarian bersama kelompokmu dan tuliskan langkah-langkahnya! Kamu bisa menambah menggambar pola lantai tersebut.
Jawaban: Sesuai pendapat siswa.
Halaman 15
Ayo Mencoba
1. Didit adalah adik Siti. Ia baru saja membeli kue. Namun, ia sangat kecewa karena ukuran kue yang dibelinya tidak sesuai harapannya. Didit menunjukkan kuenya kepada kakaknya.
Ukuran kue Didit yang dibelinya adalah 4/1. Ia heran mengapa besaran kuenya lebih kecil dari ukuran kue yang 1/2
Siti dan teman-temannya membantu Didit menemukan jawabannya.
Tahukah kamu apa yang terjadi?
Kamu pun bisa membantu Didit. Kamu bisa menggunakan gambar untuk melengkapi jawabanmu.
Jawaban:
2. Didit ingin mengurutkan beberapa bilangan pecahan berikut ini.
Bantulah Didit untuk mengurutkan bilangan pecahan tersebut. Buktikanlah dengan menggunakan gambar.
Jawaban:
Urutan dari yang terkecil
6/4, 1 2/4, 9/4, 2 1/4, 11/4, 3 1/4
Pembelajaran 3
Halaman 17-18
Ayo Mendoba
Talikan Pitanya!
Halaman 19-20
Ayo Mengamati
Halaman 21
Tulis hasil temuanmu pada diagram frayer berikut!
Jawaban
Cara tumbuhan menyesuaikan diri
Halaman 22-23
Ayo Membaca
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Halaman 24
Berdasarkan bacaan tersebut, isilah peta pikiran berikut!
Jawaban
– Apa peristiwa yang terjadi pada bacaan di atas?
Pada bacaan di atas terjadi peristiwa penyusunan teks proklamasi kemerdekaan indonesia
– Mengapa proklamasi sangat penting bagi bangsa Indonesia?
Karena proklamasi menjadi sejarah bangsa Indonesia memiliki negara merdeka, berdaulat, dan bermartabat.
– Siapa tokoh tokoh yang terlibat dalam penyusunan teks Proklamasi Indonesia?
Tokoh-tokoh yang terlibat antara lain Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Ahmad Soebarjo, Laksamana Maeda, Sukarni, Fatmawati, dan Sayuti Melik.
– Di mana teks proklamasi disusun?
Penyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilakukan di rumah Laksamana Maeda, Jl. Imam Bonjol No. 1
– Kapan teks proklamasi Indonesia disusun?
Teks proklamasi disusun sehari sebelum proklamasi Kemerdekaan yaitu pada tanggal 16 Agustus 1945.
– Bagaimana proses penyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia?
Naskah proklamasi disusun Soekarno, Hatta, dan Ahmad Subarjo di rumah Laksamana Maeda. Atas usul Sukarni Proklamasi ditandatangani oleh Sukarno Hatta sebagai wakil bangsa Indonesia. Naskah proklamasi diketik oleh Sayuti Melik.
Pembelajaran 4
Halaman 26
Ayo Membaca
Halaman 27
Berdasarkan bacaan tersebut, tulislah informasi penting pada peta pikiran berikut!
– Apa peristiwa yang terjadi pada bacaan di atas?
Pada bacaan di atas terjadi peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
– Mengapa Marsekal Terauchi memanggil ketiga tokoh Indonesia?
Marsekal Terauchi ingin menyampaikan informasi kepada pemerintah Indonesia bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.
– Siapa saja tokoh yang pergi menemui Panglima Besar Tentara Jepang?
Ketiga tokoh yang pergi menemui Panglima Besar Tentara Jepang adalah Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat.
– Di Mana Pertemuan antara Tentara Jepang dan Pemerintah Indonesia dilaksanakan?
Pertemuan antara Tentara Jepang dan Pemerintah Indonesia dilaksanakan di Dalat, Saigon.
– Kapan tentara Jepang terdesak oleh tentara sekutu?
Tanggal 9 Agustus 1945 tentara Jepang sedang terdesak oleh tentara sekutu.
– Bagaimana keadaan Indonesia setelah adanya pertemuan tersebut?
Setelah pertemuan antara Panglima Jepang dan Pemerintah Indonesia memicu pertentangan di dalam negeri antara tokoh golongan tua dan golongan muda.
Diskusikanlah peta pikiranmu dengan teman di kelompokmu! Kembangkan informasi pada peta pikiran menggunakan kalimatmu sendiri. Serahkanlah hasil pekerjaanmu kepada gurumu.
Jawaban:
Pada bacaan di atas terjadi peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Tanggal 9 Agustus 1945 tentara Jepang sedang terdesak oleh tentara sekutu. Marsekal Terauchi ingin menyampaikan informasi kepada pemerintah Indonesia bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Ketiga tokoh pergi menemui Panglima Besar Tentara Jepang adalah Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat. Pertemuan antara Tentara Jepang dan Pemerintah Indonesia dilaksanakan di Dalat, Saigon. Setelah pertemuan antara Panglima Jepang dan Pemerintah Indonesia memicu pertentangan di dalam negeri antara tokoh golongan tua dan golongan muda.
Halaman 28
Ayo Berdiskusi
Amati Gambar berikut
Seandainya kamu sedang bermain bersama mereka, apa yang harus kamu perhatikan terkait kerukunan dan persatuan?
Jawaban:
Seandainya aku sedang bermain bersama mereka, maka yang harus aku perhatikan terkait kerukunan dan persatuan adalah tidak membedakan bersasarkan suku bangsa atau agama.
Halaman 29
Apakah kamu telah menerapkan nilai-nilai kerukunan terkait persatuan dan kesatuan dalam kehidupanmu sehari-hari? Jelaskan dan beri 3 contoh kegiatan dan perbedaan yang ada!
Jawaban:
Salah satu nilai Pancasila yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah Persatuan Indonesia. Dengan menjaga persatuan mulai dari lingkungan sekitar, maka kita telah turut serta dalam menjaga persatuan Indonesia.
Apa manfaat yang kamu peroleh dari nilai-nilai tersebut? Tulislah 3 manfaat yang kamu rasakan!
Jawaban:
Kehidupan bermasyarakat yang rukun akan memberikan manfaat pada manusia sebagai makhluk sosial, berikut ini beberapa diantaranya:
– Kehidupan Lebih Harmonis
– Keadaan Lebih Aman Dan Tentram
Halaman 30
Ayo Berlatih
1. Bacalah cerita di bawah ini!
Siti, Udin, Lani, Edo, Beni dan Dayu menjual martabak buatan Ibu Lani. Mereka sedang bekerja sama untuk mengumpulkan dana bagi temannya yang sedang dirawat. Mereka mengikuti bazar makanan di lingkungan tempat Dayu tinggal. Enam sekawan menjual 8 martabak. Setiap martabak dipotong menjadi 12 potong. Mereka berhasil menjual 90 potong.
a. Berapa martabak yang terjual?
b. Berapa martabak yang tersisa?
Tulislah jawabanmu pada tempat yang disediakan! Kamu harus bisa menjelaskan jawabanmu melalui tulisan.
Jawaban:
a. Diketahui:
Ada 8 x 12 potong martabak = 96 potong
Jumlah martabak yang terjual = 90 potong
Ditanyakan:
Berapa martabak yang terjual dan martabak yang tersisa
Jawab:
Banyak martabak yang terjuall adalah jumlah martabak yang ada dikurangi martabak yang tersisa.
= 8 x 12 – 6
= 96 – 6
= 90 potong
Jadi, jumlah martabak yang terjual adalah 90 potong.
b. Martabak yang tersisa dapat ditentukan dengan cara mengurangkan martabak yang ada dengan martabak yang terjual.
= 8 x 12 – 90
= 96 – 90
= 6
Jadi, martabak yang tersisa ada 6 potong.
Jumlah martabak ada 8, kemudian di potong menjadi 12 potong. Itu berarti jika ditulis dalam kalimat matematika adalah 8 x 12 = 96. Kemudian mereka berhasil menjual 90 potong. Ini berarti jumlah martabak mereka telah berkurang sebanyak 90 potong, sehingga diperoleh 96 – 90 = 6 potong.
2. Selain martabak, enam sekawan juga menjual dodol buatan Ibu Udin. Mereka memiliki 5 5/6 dodol. Seluruh dodol dipotong menjadi 6 potong yang sama. Berapa pembeli yang akan mendapat 5 potongan dodol yang sama?
Bagaimana kamu menemukan jawabannya? Gunakan gambar untuk membantu jawabanmu! Tulislah pada tempat yang tersedia
Jawaban:
Diketahui:
Ada 5 5/6 dodol. seluruh dodol dipotong menjadi 6 potong yang sama.
Ditanyakan:
Berapa pembeli yang akan mendapat 5 potongan dodol yang sama?
Jawab:
Pembeli yang mendapat 5 potongan dodol yang sama dapat dicari dengan mengalikan 5 5/6 dengan 6 kemudian dibagi 5. Untuk memudahkan pecahan campuran diubah ke bentuk campuran biasa. Untuk mengalikan pecahan kalikan pembilang dengan pembilang serta penyebut dengan penyebut. Sedangkan untuk membagi pecahan salah satu pecahan harus dibalik dan pembagian diubah menjadi perkalian. Jadi banyak pembeli yang mendapat kan 5 potongan dodol yang sama ada 7 orang.
Pembelajaran 5
Halaman 32
Ayo Menulis
Halaman 33-34
Ceritakan tentang makna Proklamasi Kemerdekaan yang tercermin pada kegiatan Edo dan teman-temannya!
Jawaban:
Makna Proklamasi Kemerdekaan yang tercermin pada kegiatan Edo dan teman-temannya adalah cinta budaya Indonesia.
Apa yang kamu pelajari dari kegiatan Edo dan teman-temannya terkait makna Proklamasi Kemerdekaan?
Jawaban:
Mau memperkenalkan permainan tradisional kepada masyarakat luas.
Berikan contoh penerapan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupanmu sehari-hari, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat!
Jawaban:
Datang ke sekolah tepat waktu, belajar dengan rajin, mampu bekerja sama dengan orang lain.
Ayo Berkreasi
Cinta terhadap seni Indonesia merupakan perwujudan dari makna Proklamasi Kemerdekaan. Dalam mewujudkannya, kamu membutuhkan kerja sama dengan orang lain.
Indonesia memiliki ragam tarian yang sangat indah. Keragaman tersebut menambah kekayaan Indonesia yang luar biasa.
Kamu sudah belajar tentang pola lantai tarian daerah dan mempraktikkannya. Amatilah gambar berikut dan gambarlah pola lantainya!
Nama Tari:Tari Sedati
Pola Lantai: Lurus, segi empat, pola berbentuk huruf U, pola zig zag, pola berbentuk huruf S, pola segi tiga dan pola segi empat silang.
Nama Tari:Tari Andun
Pola Lantai: Lingkaran (pola lantai garis melengkung).
Nama Tari:Tari Tanduk
Pola Lantai: Memiliki pola lantai campuran antar lingkaran lurus dan zig zag.
Nama Tari:Tari Tambun dan Bungai
Pola Lantai: Horizontal dan zig zag
Halaman 35
Ayo Berlatih
Halaman 36
Bacalah soal tersebut dengan saksama! Tulislah jawabanmu dan jelaskanlah bagaimana kamu menemukan jawabannya!
Jawaban:
Diketahui :
1 kue batik = 12 potong
Kue Lani = 3 potong
Kue peserta rapat = 31 potong
Sisa kue di meja = 2 potong
Ditanyakan : jumlah kue yang dikirim oleh Ibu Titin
Jawab :
- Pertama, hitung dulu jumlah potongan kue yang ada di tempat rapat.
Jumlah potongan kue = kue lani + kue peserta rapat + sisa kue di meja
Jumlah potongan kue = 3 potong + 31 potong + 2 potong
Jumlah potongan kue = 36 potong
- Selanjutnya kita mencari jumlah kue batik yang dikirim oleh Ibu Titin.
1 kue batik = 12 potong
Jumlah kue batik = Jumlah potongan kue di tempat rapat : 12 potong
Jumlah kue batik = 36 potong : 12 potong
Jumlah kue batik = 3 potong
- Jadi jumlah kue batik yang dikirim oleh Ibu Titin adalah 3 buah.
Pembelajaran 6
Halaman 38-39
Ayo Berlatih
Halaman 40
Ayo Membaca
Pengibar Sang Saka Merah Putih
Halaman 41
- Apa: Tugas pengibar bendera adalah tugas tim yang terdiri dari beberapa orang dan membutuhkan kerja sama yang baik.
- Mengapa: Karena Berkibarnya bendera Merah Putih menegaskan berdirinya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat
- Siapa: Abdul Latif Hendraningrat
- Bagaimana: -
- Kapan: 17 Agustus 1945
- Di mana: Pegangsaan Timur, Jakarta
Halaman 42
Ayo Menulis
Kamu sudah belajar tentang pentingnya hidup rukun dalam persatuan.
Tulislah tiga contoh wujud persatuan dan buatlah rencana untuk mewujudkannya dalam kegiatan di kelasmu! Tulis juga manfaatnya!
Jawaban:
Piket kelas bermanfaat agar kelas menjadi bersih, Persatuan dalam diskusi kelompok bermanfaat agar kegiatan diskusi berjalan lancar, gotong-royong membersihkan halaman sekolah bermanfaat agar sekolah menjadi bersih.
SOAL PH TEMA 2 SUBTEMA 1
1. Penyusun teks proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ….
2. Dua kota di Jepang yang di bom atom oleh sekutu pada tanggal 6 Agustus 1945 adalah kota ….
3. Contoh ciri khusus yang dimiliki tumbuhan teratai adalah ….
4. Manfaat adanya persatuan di lingkungan sekolah adalah ….
5. Kerukunan dapat menjadi penguat bangsa, hal itu seperti peribahasa ….
6. Ahmad mempunyai 1/2 M tali dan Budi mempunyai 1/5 M tali. Hal itu berarti tali yang dipunyai Budi adalah ….
7. 1/2 , 1/3 , 2/5 , 3/4 , 1/10 Pecahan-pecahan di atas jika diurutkan dari yang terkecil menjadi ….
8. Abdul Latief Hendraningrat adalah salah satu sosok yang berkiprah dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia, ia adalah salah satu orang yang …..
9. Indonesia merdeka adalah karena ….
10. Arti semboyan Bhineka Tunggal Ika adalah ….
KUNCI JAWABAN
1. Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta dan Mr. Achmad Soebardjo
2. Hisroshima dan Nagasaki
3. Memiliki batang berongga
4. Belajar menjadi nyaman
5. Bersatu kita teguh bercerai ktia runtuh
6. Lebih pendek dari tali punya Ahmad
7. 1/10 , 1/3 , 2/5 , 1/2 , 3/4
8. Mengibarkan Sang Saka Merah Putih
9. Perjuangan rakyat Indonesia sendiri
10. Berbeda-beda namun tetap satu jua
No comments:
Post a Comment