Sunday, 4 October 2020

Tema 2 Subtema 2 Kelas 6

BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH SD KELAS 6
Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan 

 
RINGKASAN MATERI TEMATIK KELAS VI
Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan 
Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan
Edisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)









(Tugas Luring Tanggal 24-28 Agustus 2021)


Nama Siswa : ………
Kelas : VI (Enam)
Sekolah : SDN KERTASARI 01



Buku ini dikumpulkan lagi ke guru kelas sebagai bahan penilaian
Dan untuk siswa yang memiliki Buku Paket Tema 2 tetap diisi di buku temanya sebagai bahan belajar siswa



Pembelajaran 1 (Hari Pertama)
Lihat di buku tematik halaman 44, 45

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, seharusnya bangsa Indonesia telah merdeka dan terbebas dari segala bentuk penindasan serta penjajahan. Namun, kenyataannya tidak demikian, bangsa Indonesia masih perlu berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Mengapa?

Ayo Membaca
Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia ternyata masih terus berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari gangguan bangsa asing yang datang, seperti dari Pemerintahan Belanda.

Pasukan Belanda kembali datang ke tanah air. Kedatangan ini disambut dengan berbagai bentuk perlawanan oleh bangsa Indonesia. Sehingga sejak tahun 1945-1950 telah terjadi berbagai macam pertempuran di berbagai daerah antara pihak Indonesia dengan pihak Belanda yang dibantu oleh pasukan Inggris.

Bagaimana perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di berbagai daerah?
Jawaban:
......................................................................................
......................................................................................
Jawaban:
Bangsa Indonesia melakukan perlawanan di berbagai daerah sejak tahun 1945-1950. Pertempuran tersebut antara pihak Indonesia dengan Belanda yang dibantu oleh pasukan Inggris.



Pertempuran Surabaya

Pada tanggal 25 Oktober 1945, tentara Sekutu yang dipimpin oleh Brigadir Jenderal Mallaby. Tanggal 27-30 Oktober 1945, terjadi kontak senjata antara para pemuda Indonesia dengan pasukan Inggris.

Dalam pertempuran ini, pasukan Inggris dapat dipukul mundur. Bahkan, puncak dari pertempuran tersebut adalah terbunuhnya pemimpin pasukan Inggris, Brigadir Jendral Mallaby.

Pada tanggal 9 November 1945, Inggris mengeluarkan ultimatum yang berisi "semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan".

Namun, ultimatum tersebut ditolak oleh pihak Indonesia. Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran yang sangat dahsyat. Pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara.
Peristiwa 10 November ini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Berdasarkan teks di atas, isilah peta pikiran berikut menggunakan kalimat efektif!



Jawaban:
Apa
Perjuangan Pemuda Indonesia melawan pasukan Inggris
Mengapa
Indonesia tidak mengindahkan ultimatum dari Inggris
Siapa
Jendral Mallaby merupakan pemimpin pasukan Inggris yang terbunuhnya
Di mana
Pertempuran terjadi di Surabaya
Kapan
Pada tanggal 10 November 1945
Bagaimana
Pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara


Lihat di buku tematik halaman 46, 47
Kamu dapat mengembangkan peta pikiran yang telah kamu buat menjadi sebuah tulisan baru dengan menggunakan kata-kata sendiri. 

Sebelum menulis, perhatikan ciri-ciri kalimat efektif berikut!

Kalimat efektif adalah kalimat yang mengandung gagasan pembicara/penulis yang terdiri atas kata-kata yang mempunyai unsur SPOK.
Ciri-ciri kalimat efektif
1. Memiliki unsur penting atau pokok (minimal unsur subjek dan predikat),
2. Menggunakan struktur bahasa yang tepat,
3. Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku,
4. Menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Buatlah tulisan menggunakan kata-kata sendiri tentang Pertempuran Surabaya berdasarkan peta pikiran yang telah kamu buat! Gunakan kalimat efektif.
Jawaban:
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban:
Sekutu datang pada 25 Oktober 1945 yang dipimpin Brigjend Mallaby. Pada pertempuran 27-30 Oktober 1945, Indonesia mengalahkan pasukan Inggris sekaligus membunuh Brigjend Mallaby.
Kemudian Inggris mengeluarkan ultimatum pada 9 November 1945 tetapi Indonesia menolaknya. Pada tanggal 10 November 1945 Indonesia digempur pasukan Inggris dari berbagai arah. Tanggal pertempuran ini kemudian dikenal sebagai Hari Pahlawan.

Perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri. Sangat diperlukan kerja sama dan persatuan dari seluruh rakyat Indonesia agar cita-cita untuk menjadi bangsa yang bebas dan merdeka dapat tercapai.

Baca kembali teks tentang Pertempuran Surabaya dan jawab pertanyaan berikut!

Apa makna yang dapat kamu petik dari upaya mempertahankan kemerdekaan dalam Pertempuran Surabaya?
Jawaban:
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban:
Demi mempertahankan NKRI, rakyat harus berani menghadapi ancaman apapun. Selama rakyat masih bersatu, maka kita adalah bangsa yang kuat.


Lihat di buku tematik halaman 48, 49
Ayo Mengamati

Setelah belajar tentang sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekan, sekarang kamu akan mempelajari tentang cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggalnya.
Apakah kamu pernah mengamati ayam, bebek, ikan, dan cecak?
Amati gambar berikut!
Apakah kamu mengetahui ciri-ciri hewan tersebut?
Apakah kamu juga mengetahui ciri-ciri tempat tinggalnya?
Tuliskan hasil pengamatanmu pada titik-titik dibawah ini!


Jawaban:
Ayam
Ciri-ciri hewan: memiliki paruh runcing, berkaki dua, memiliki sayap, berkembang biak dengan bertelur.
Ciri-ciri habitat: dataran lapang yang kering namun bisa juga di tempat yg lembab.

Bebek
Ciri-ciri hewan: memiliki paruh berbentuk sudu, leher panjang, kaki berselaput, bulu berlapis lilin, berkembang biak dengan bertelur.
Ciri-ciri habitat: di darat, seperti di daerah kering maupun air, serta daerah berlumpur.

Ikan
Ciri-ciri hewan: hidup di air, dapat berenang, bernapas menggunakan ingsang, memiliki sirip
Ciri-ciri habitat: perairan air tawar atau air asin

Cecak
Ciri-ciri hewan: panjang 7 hingga 15 cm, memiliki kaki yang merekat untuk memanjat, dapat mematahkan ekor, memiliki lidah panjang.
Ciri-ciri habitat: hidup di sela-sela interior rumah, di alam bebas cecak dapat ditemui di kayu dan pepohonan di daerah yang hangat dan lembab.


Apakah terdapat hubungan antara ciri-ciri hewan dengan habitatnya? Tuliskan kesimpulanmu!

Jawaban:
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban:
Terdapat hubungan antara ciri-ciri hewan dengan habitatnya. Habitat sangat mempengaruhi ciri-ciri dari setiap makhluk hidup. Setiap makhluk hidup akan beradaptasi dengan kondisi alam di habitatnya. Ciri-ciri hewan disesuaikan dengan habitatnya agar bisa bertahan hidup.



Lihat di buku tematik halaman 50, 51
Ayo Mengamati

Amati tiga hewan yang ada di sekitarmu!
Berdasarkan pengamatanmu, catat ciri-ciri khusus hewan tersebut beserta habitatnya! Tulis laporan berdasarkan pengamatanmu!
Kamu dapat melengkapi laporanmu dengan membaca berbagai sumber bacaan. Tulis laporanmu pada tabel berikut!

No.

Hewan

Ciri khusus

Ciri habitat

1

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 


Jawaban:

No.

Hewan

Ciri khusus

Ciri habitat

1

 Lebah

memiliki sengat pada ekornya, dapat menghasilkan madu, memiliki sayap untuk terbang

lingkungan yang memiliki banyak tumbuhan dan bunga

2

 Kadal

 dapat memanjat pohon karena memiliki kaki yang rekat, berlari cepat, biasanya

 memutuskan ekor ketika terancam

3

 Kelelawar

mampu mengeluarkan bunyi ultrasonik, beraktivitas di malam hari, berwarna gelap

di lingkungan yang rimbun dan gelap


Tulis kesimpulan berdasarkan hasil pengamatanmu!

Jawaban:
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban:
Ciri khusus menjadi identitas suatu hewan sekaligus untuk beradaptasi dengan habitat lingkungannya.


Pembelajaran 2 (Hari Kedua)
Lihat di buku tematik halaman 52, 53, 54, 55

Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia tidak lepas dari makna yang terkandung dalam sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia.

Mengapa persatuan dan kesatuan penting? Apa yang akan terjadi jika Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak bersatu?

Ayo, kita pelajari!

Ayo Membaca
Meskipun Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke dengan penduduk yang berasal dari latar belakang dan kebudayaan yang berbeda-beda, namun dengan semangat persatuan dan kerja sama, bangsa Indonesia mampu mengusir penjajah dari bumi Indonesia. ‘Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh’ adalah semboyan yang sering didengungkan untuk meningkatkan semangat persatuan pada masa penjajahan.

Amati gambar dan baca teks berikut dalam hati!


Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama

Matahari belum tinggi ketika Edo, Dayu, dan teman-temannya bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain lompat karet, ada yang bermain Petak Jongkok, ada yang bermain Congklak di selasar kelas, dan sebagian lagi ikut dalam permainan Rangku Alu. 

Edo, Dayu, Siti, Udin, Beni, dan Lani memilih ikut permainan Rangku Alu bersama beberapa teman lain. Mereka memang lebih suka dengan permainan olah tubuh di luar ruangan.

Baru beberapa hari yang lalu, teman baru mereka, Yanes yang memperkenalkan permainan ini. Yanes berasal dari Alor, Nusa Tenggara Timur. Permainan yang menggunakan tongkat bambu ini adalah permainan anak yang digemari di sana. Edo, Dayu, dan teman-teman di SD Nusantara senang sekali mengenal permainan baru ini.

“Seru dan menantang!” kata mereka.

Anak-anak di SD Nusantara justru gembira menyambutnya. Perbedaan warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, atau agama tidak mereka anggap sebagai masalah. Semua akrab bermain bersama. Pernah sekali waktu, ketika Edo bercanda akrab dengan Siti dan Dayu, Hendra berkomentar, “Ih, Dayu, mau-maunya kamu bermain dengan Edo yang berkulit hitam. Nanti kulitmu yang putih tertular hitam, lho!” ejeknya.

“Ah, aku tak pernah pusing dengan warna kulit, tak pernah pusing dengan asal daerah. Aku dan Siti pun berbeda. Aku anak Bali, Siti anak Sumatra, tetapi kami saling memahami. Pertemanan hanya butuh waktu untuk saling menyesuaikan. Aku pun butuh waktu untuk menyesuaikan diri denganmu, Hendra.” Balas Dayu tenang. Hendra pun terdiam. Sesungguhnya, ia juga tidak pernah mengalami masalah dengan temannya yang berbeda asal.

Begitulah gambaran keseharian di SD Nusantara. Anak-anak tetap rukun, bekerja sama, dan bersatu, walaupun mereka berbeda-beda. Wawasan mereka semakin kaya karena mengenal adat dan bahasa daerah lain. Semakin kaya dengan bermain bersama aneka permainan tradisional. Rangku Alu, Benthik, Gobak Sodor, atau Cingciripit menjadi perekat yang menyenangkan.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks!
Apa saja perbedaan yang kamu temukan dalam cerita di atas?

Jawaban: 
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban:
Perbedaan warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, dan agama

Bagaimana sikap Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan tersebut?
Jawaban:
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban: 
Mereka menganggap perbedaan yang ada bukan sebagai masalah. Tetap rukun, bekerja sama, dan bersatu, walaupun mereka berbeda-beda.

Apakah perbedaan menghalangi mereka dalam melakukan kerja sama? Jelaskan!
Jawaban: 
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban:
Tidak, karena setiap dari mereka tidak pernah mempermasalahkan adanya perbedaan warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, atau agama.

Apa manfaat yang kita peroleh ketika mampu bekerja sama dengan orangorang yang berbeda?
Jawaban: 
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban: 
Dengan bekerja sama, pekerjaan yang tadinya berat menjadi ringan, selain itu juga cepat selesai. Kita akan mendapatkan pengalaman baru dan unik ketika bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda dari kita.

Pernahkah kamu bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda? Berikan contoh!
Jawaban: 
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban:
(Sesuai dengan pengalaman peserta didik, misal:) Pernah, aku beragama Islam, teman satu bangku ku beragama Kristen. Kita berdua tetap rukun dan belajar kelompok bersama.

Bagaimana kamu menyikapi perbedaan yang ada? Jelaskan!
Jawaban: 
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban:
Saya menyikapinya dengan bijaksana. Saya tidak akan mempermasalahkan perbedaan yang ada di lingkungan. Saya juga selalu menghormati perbedaan orang lain.

Jelaskan manfaat kerja sama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban: 
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban:
Manfaatnya yakni kita akan hidup di lingkugan yang rukun. Kita hidup di lingkungan yang kaya akan perbedaan, misal banyak permainan tradisional yang bisa kita mainkan. Selain itu, kita akan mengenal lebih banyak adat dan bahasa daerah lain.


Ayo Berkreasi

Tahukah kamu bahwa kerja sama dan persatuan juga penting ketika kamu menampilkan tari secara berkelompok?

Apakah kamu masih ingat tentang pola lantai ketika menari? Jelaskan!
Jawaban: 
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban:
Pola lantai adalah pola denah yang harus dikuasai oleh seorang penari dan berfungsi untuk membuat posisi dalam sebuah ruang gerak.
Jenis pola lantai di antaranya pola lantai vertikal (lurus), pola lantai diagonal, pola lantai garis melengkung.


Lihat di buku tematik halaman 58, 59
Tari indang biasanya ditampilkan secara berkelompok, sehingga diperlukan panggung yang luas. Panggung di sekolahku memiliki panjang 4,5 meter, lebar 3,5 meter,dan luas 15,75 m2. Panggung tersebut cukup menampung kelompok tari di kelasku.

Ayo Berlatih
Ukuran panggung di sekolah Edo dinyatakan dalam bentuk bilangan desimal.

Apa yang kamu ketahui tentang bilangan desimal tersebut? Jelaskan!
Jawaban: 
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban:
Bilangan desimal adalah sistem bilangan yang menggunakan angka berbasis 10 yakni 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9.
Bilangan desimal juga disebut dengan sistem bilangan seper sepuluh.
Bilangan desimal juga ditulis dengan menggunakan koma (,) sebagai pemisah antara bilangan bulat serta bilangan pecahannya.

Jelaskan setiap angka yang terdapat pada bilangan tersebut!
Contoh:
4,5 meter
4 = bilangan satuan
5 = bilangan persepuluhan

Jawaban:
3,5 meter
3 = bilangan .....................
5 = bilangan .....................

15,75 m2
1 = bilangan .....................
5 = bilangan .....................
7 = bilangan .....................
5 = bilangan .....................

Jawaban:
3,5 meter
3 = bilangan satuan
5 = bilangan persepuluhan

15,75 m2
1 = bilangan puluhan
5 = bilangan satuan
7 = bilangan persepuluhan
5 = bilangan perseratusan


Lihat di buku tematik halaman 60, 61, 62
Ayo Berlatih
Kamu telah mengetahui cara menentukan nilai bilangan desimal menggunakan tabel nilai tempat.

Gunakan tabel nilai tempat untuk menentukan nilai masing-masing bilangan berikut!

1) 3,654
Jawaban (contoh)
3 = bilangan satuan
6 = bilangan persepuluhan (0,6)
5 = bilangan perseratusan (0,05)
4 = bilangan perseribuan (0,004)

2) 32,876
Jawaban
3 = bilangan ......................
2 = bilangan ......................
8 = bilangan ......................
7 = bilangan ......................
6 = bilangan ......................

Jawaban
3 = bilangan puluhan (30)
2 = bilangan satuan
8 = bilangan persepuluhan (0,8)
7 = bilangan perseratusan (0,07)
6 = bilangan perseribuan (0,006)

3) 0,963
Jawaban
0 = bilangan ......................
9 = bilangan ......................
6 = bilangan ......................
3 = bilangan ......................

Jawaban
0 = bilangan satuan
9 = bilangan persepuluhan (0,9)
6 = bilangan perseratusan (0,06)
3 = bilangan perseribuan (0,003)

4) 324,123
Jawaban
3 = bilangan ......................
2 = bilangan ......................
4 = bilangan ......................
1 = bilangan ......................
2 = bilangan ......................
3 = bilangan ......................

Jawaban
3 = bilangan ratusan (300)
2 = bilangan puluhan (20)
4 = bilangan satuan
1 = bilangan persepuluhan (0,1)
2 = bilangan perseratusan (0,02)
3 = bilangan perseribuan (0,003)

5) 863,247
Jawaban
8 = bilangan ......................
6 = bilangan ......................
3 = bilangan ......................
2 = bilangan ......................
4 = bilangan ......................
7 = bilangan ......................

Jawaban
8 = bilangan ratusan (800)
6 = bilangan puluhan (60)
3 = bilangan satuan
2 = bilangan persepuluhan (0,2)
4 = bilangan perseratusan (0,04)
7 = bilangan perseribuan (0,007)


Ayo Renungkan
- Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
- Apa yang sudah kamu pahami dengan baik?
- Apa yang belum kamu pahami?
- Apa yang akan kamu lakukan agar lebih paham?
- Sikap apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?

Kerja Sama dengan Orang Tua
Ceritakan kepada orang tua di rumah mengenai pentingnya persatuan dan kerja sama untuk mencapai tujuan! Ajaklah semua anggota keluarga untuk menerapkan semangat persatuan dan kerja sama di rumah.



Pembelajaran 3 (Hari Ketiga)
Lihat di buku tematik halaman 65, 66, 67, 68

Ayo Membaca

Pertempuran Ambarawa

Pada tanggal 20 Oktober 1945, tentara Sekutu di bawah pimpinan Brigadir Bethell mendarat di Semarang dengan maksud mengurus tawanan perang.

Kedatangan Sekutu ini diboncengi oleh Netherlands Indies Civil Administration (NICA). Namun, ketika pasukan Sekutu dan NICA telah sampai di Ambarawa dan Magelang untuk membebaskan para tawanan tentara Belanda, para tawanan tersebut justru dipersenjatai sehingga menimbulkan kemarahan pihak Indonesia.

Pada tanggal 26 Oktober 1945 di kota Magelang terjadi pertempuran antara pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dengan pasukan gabungan Inggris dan NICA. Insiden tersebut terhenti setelah Soekarno dan Brigadir Bethell melakukan perundingan dan memperoleh kata sepakat.
Namun, ternyata pihak Sekutu mengingkari janji. Pada tanggal 12 Desember 1945, pertempuran berkobar di Ambarawa.

Kolonel Soedirman langsung memimpin pasukannya yang menggunakan taktik gelar supit urang, atau pengepungan rangkap dari kedua sisi, sehingga musuh benar-benar terkurung.

Setelah bertempur selama 4 hari, pada tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir. Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dibuat mundur.

Kemenangan ini diperoleh berkat kerja sama dari seluruh rakyat di Ambarawa.

Kemenangan pertempuran ini kini diabadikan dengan didirikannya “Monumen Palagan Ambarawa” dan diperingati sebagai hari Jadi TNI Angkatan Darat atau Hari Juang Kartika.


Setelah membaca teks di atas, lengkapi peta pikiran berikut dengan menggunakan kalimat efektif!

Jawaban:
Apa
Pertempuran Ambarawa antara Indonesia dengan Sekutu dan NICA.

Mengapa
Karena para tawanan dipersenjatai. Karena Sekutu mengingkari janji.

Siapa
Tentara Sekutu, NICA, TKR Indonesia.

Bagaimana
Pasukan Indonesia dipimpin Kolonel Soedirman bertempur dengan taktik gelar supit urang.
Indonesia berhasil membuat Sekutu mundur sehingga Ambarawa berhasil dipertahankan.

Kapan
Pada 12 hingga 15 Oktober 1945.

Di mana
Di Ambarawa.


Ayo Berdiskusi
Baca kembali teks Pertempuran Ambarawa dan peta pikiran yang sudah kamu buat, kemudian jawab pertanyaan berikut!

1. Apa saja upaya yang dilakukan oleh rakyat di Ambarawa untuk memempertahankan kemerdekaan Indonesia? Jelaskan!
Jawaban: 
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban:
Bertempur dengan taktik gelar supit urang yaitu mengepung musuh dari dua sisi.

2. Bagaimana pendapatmu tentang upaya-upaya yang telah dilakukan?
Jawaban: 
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban:
Pertempuran yang cerdas karena dilakukan dengan taktik khusus yang mampu mengalahkan musuh sehingga wilayah Ambarawa berhasil dipertahankan.

3. Bagaimana pendapatmu tentang sikap tentara NICA yang melanggar kesepakatan?
Jawaban: 
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban: 
Pengingkaran janji yang dilakukan NICA sangat merugikan rakyat Indonesia. NICA memang tidak bisa diajak damai.

4. Bagaimana pendapatmu tentang taktik gelar supit urang?
Jawaban: 
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban: 
Taktik yang sangat cerdas dan terbukti mampu mengalahkan musuh.

5. Sikap apa yang dapat kamu pelajari dari para pahlawan yang berjuang di Ambarawa?
Jawaban:
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban: 
Persatuan yang kuat, pantang menyerah, dan mau berdamai walaupun pernah dikhianati.

6. Bagaimana kamu dapat menerapkan sikap-sikap tersebut dalam kehidupanmu sehari-hari? Berikan contoh!
Jawaban: 
......................................................................................
......................................................................................

Jawab: 
Tidak memilih-milih teman, belajar dengan giat, dan memaafkan teman.



Lihat di buku tematik halaman 69, 70
Ayo Membaca

Ayo, kita baca berita dari surat kabar berikut dalam hati!

Hyena adalah Hewan Paling Pintar di Dunia

Apabila ada anggapan bahwa simpanse, anjing, atau lumba-lumba adalah hewan terpintar saat ini, mungkin pernyataan tersebut betul, namun kurang tepat. Menurut penelitian, hewan terpintar di muka bumi adalah Hyena.

Dr. Sarah Benson-Amram dari University of St Andrews mengatakan bahwa Hyena adalah hewan terpintar karena binatang tersebut dapat mengatasi masalah secara naluri dan juga dapat ‘berhitung.’ Dalam penelitiannya, Sarah berhasil menyimpulkan bahwa tingkat kepintaran seekor hewan ditentukan dari cara mengatasi masalah.

Hyena mempunyai strata sosial lebih tinggi dari jenis lainnya dan dapat mempertahankan wilayahnya dengan cara memanggil rekan mereka. Hyena akan mengusir hewan lain yang masuk ke wilayahnya dengan cara bergerombol. Hewan ini dapat menghitung jumlah penyusup di wilayahnya dan memperkirakan berapa rekan yang harus hadir untuk mengusirnya. “Hyena mempelajari cara untuk mengatasi masalah dari kesalahan dan percobaan. Hal ini seperti yang dilakukan manusia ketika menghadapi masalah,” ungkap Sarah seperti yang dikutip Telegraph (09/09). Dia juga menjelaskan bahwa walaupun banyak hewan lain yang melakukan metode seperti yang dilakukan Hyena, namun hewan ini lebih cepat dalam melakukannya. “Hyena lebih kreatif daripada hewan lainnya,” lanjut Sarah.

Mungkin, di kemudian hari, karena dikatakan lebih pintar, maka NASA dapat menggunakan Hyena sebagai penelitian ke luar angkasa. Selama ini, NASA hanya menggunakan simpanse dan beberapa hewan kecil lainnya untuk hal tersebut.
Sumber: merdeka.com

Bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya?
Jawaban: 
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban:
Hyena akan memanggil teman mereka lalu mengusir hewan lain yang masuk ke wilayahnya secara bergerombol.

Apa perbedaan Hyena dengan hewan lainnya dalam mengatasi masalah?
Jawaban:
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban: 
Hyena mampu menghitung penyusup di wilayahnya dan memperkirakan jumlah rekan yang dibutuhkan untuk menghadapinya.

Tulis kesimpulanmu tentang bacaan tersebut!
Jawaban:
......................................................................................
......................................................................................

Jawab: 
Heyna cerdas dalam mengatasi masalah. Mereka mampu menghitung, memperkirakan, dan memperbaiki kesalahan percobaan. Kerja sama mereka dalam menghadapi musuh perlu ditiru.


Lihat di buku tematik halaman 71, 72
Perhatikan gambar dan baca teksnya!


Sekarang, ayo cari tahu bagaimana hewan berikut menyesuaikan diri!


Jawaban:
Tulis kesimpulanmu tentang cara hewan beradaptasi pada diagram berikut.

Jawaban:




Pembelajaran 4 (Hari Keempat)
Lihat di buku tematik halaman 75, 76, 77, 78

Tahukah kamu? Para pahlawan juga bersatu dan bekerja sama melalui cara diplomasi dengan tujuan untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan kemerdekaan bangsa kita!

Ayo Membaca

Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak hanya dilakukan melalui pertempuran, namun juga dilakukan melalui jalur diplomasi, perjanjian, dan perundingan, seperti Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville, Perjanjian Roem Roijen, dan Konferensi Meja Bundar (KMB).
Amati gambar dan baca teks dalam hati.


Perjanjian Linggarjati
(15 November 1946-25 Maret 1947)

Perjanjian Linggarjati adalah perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia. Perjanjian tersebut ditandatangani secara sah oleh kedua negara pada 25 Maret 1947. Hasil Perundingan:

1. Belanda mengakui secara de facto wilayah Republik Indonesia, yaitu Jawa, Sumatra dan Madura.
2. Belanda harus meninggalkan wilayah RI paling lambat tanggal 1 Januari 1949.
3. Pihak Belanda dan Indonesia sepakat membentuk negara Republik Indonesia Serikat (RIS).
4. Dalam bentuk RIS, Indonesia harus tergabung dalam Commonwealth/Persemakmuran. Perjanjian Linggarjati ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia.

Pelanggaran Perjanjian
Pelaksanaan hasil perundingan ini tidak berjalan mulus. Pada tanggal 20 Juli 1947, Gubernur Jendral H.J. van Mook akhirnya menyatakan bahwa Belanda tidak terikat lagi dengan perjanjian ini. Pada tanggal 21 Juli 1947, meletuslah Agresi Militer Belanda I.


Perjanjian Renville 
(8 Desember 1947 – 17 Januari 1948)

Perjanjian ini dilakukan antara Indonesia dan Belanda. Perjanjian ini ditandatangani pada tanggal 17 Januari 1948 di atas kapal perang Amerika Serikat (USS Renville), yang berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Perundingan dimulai pada tanggal 8 Desember 1947. Perundingan ini ditengahi oleh Komisi Tiga Negara (KTN), yaitu Amerika Serikat, Australia, dan Belgia.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Amir Syarifuddin. Delegasi Kerajaan Belanda dipimpin oleh R. Abdul Kadir Widjojoatmodjo.

Hasil Perundingan:
1. Belanda hanya mengakui Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatra sebagai bagian wilayah Republik Indonesia.
2. Disetujuinya sebuah garis yang memisahkan wilayah Indonesia dan daerah pendudukan Belanda.
3. TNI harus ditarik mundur dari daerah-daerah kantongnya di wilayah pendudukan di Jawa Barat dan Jawa Timur.


Perjanjian Roem-Roijen
(14 April 1949 - 7 Mei 1949)

Perjanjian ini dimulai pada tanggal 14 April 1949 dan ditandatangani pada tanggal 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes, Jakarta.

Nama perjanjian ini diambil dari kedua pemimpin delegasi, Mohammad Roem dan Herman van Roijen. Tujuan perjanjian ini adalah untuk menyelesaikan beberapa masalah mengenai kemerdekaan Indonesia sebelum KMB di Den Haag.

Hasil Pertemuan:
1. Angkatan bersenjata Indonesia akan menghentikan semua aktivitas gerilya. Pemerintah Republik Indonesia akan menghadiri KMB.
2. Pemerintah Republik Indonesia dikembalikan ke Yogyakarta.
3. Angkatan bersenjata Belanda akan menghentikan semua operasi militer dan membebaskan semua tawanan perang.


Konferensi Meja Bundar
(23 Agustus 1949 - 2 November 1949)

Hasil dari Konferensi Meja Bundar (KMB):
1. Belanda mengakui RIS sebagai negara merdeka dan berdaulat.
2. Status Irian Barat diselesaikan dalam waktu setahun sesudah pengakuan kedaulatan.
3. Akan dibentuk Uni IndonesiaBelanda.
4. RIS mengembalikan hak milik Belanda dan memberikan hak konsesi dan izin baru untuk perusahaan-perusahaan Belanda.
5. Pengambilalihan utang Hindia Belanda oleh Republik Indonesia Serikat.

Setelah membaca teks di atas, lengkapi peta pikiran berikut dengan menggunakan kalimat efektif!



Lihat di buku tematik halaman 79
Ayo Mencoba

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu dan kelompokmu telah merancang naskah drama tentang makna dan manfaat persatuan dan kesatuan.

Apa makna persatuan dan kesatuan menurut pendapatmu?
Jawaban:
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban:
Rasa persatuan dan kesatuan menurutku dapat meningkatkan rasa persahabatan, kekeluargaan dan tolong menolong antar sesama dan meningkatkan rasa nasionalisme atau cinta Tanah Air.

Apa contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan!
Jawaban:
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban:
contoh sikap yang menunjukan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari antara lain, Hidup rukun antara sesama manusia, saling tolong-menolong jika ada yang membutuhkan pertolongan.

Apa manfaat dari persatuan dan kesatuan?
Jawaban:
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban: 
Manfaat persatuan dan kesatuan adalah, bisa mengatasi semua perbedaan yang timbul dengan penuh kesadaran. Pembangunan nasional akan berjalan lebih lancar, aman, dan baik, supaya tidak terjadi perpecahan bangsa dan keutuhan terus terjaga.


Lihat di buku tematik halaman 80, 81
Ayo Berlatih

Untuk penampilan drama tentang persatuan dan kesatuan, Lani menggunakan pita merah putih sebagai pengikat kepala dan hiasan. Lani menggunakan pita sepanjang 0,5 meter.

Siti hanya menggunakan pita ¼ meter untuk mengikat rambut, sedangkan Dayu memerlukan pita 1,2 meter untuk mengikat rambut dan hiasan lainnya.

Berdasarkan dialog di atas, Lani menggunakan pita sepanjang 0,5 meter, Siti menggunakan pita sepanjang ¼ meter, dan Dayu menggunakan pita sepanjang 1,2 meter.

Siapa yang menggunakan pita paling panjang? Jelaskan.
Jawaban:
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban: 
Lani menggunakan pita o,5 meter, Siti menggunakan ¼ meter, jika diubah menjadi bentuk desimal adalah 0,25. Sedangkan Dayu menggunakan pita sepanjang 1,2 meter. Dilihat dari bilangan yang ada, maka Dayu menggunakan pita yang paling panjang.

Tulis urutan penggunaan pita dari yang terpendek hingga yang terpanjang dengan mengisi tabel berikut.

No.

Kelompok

Ukuran

1

 

 

2

 

 

3

 

 

Jawaban:

No.

Kelompok

Ukuran

1

 Siti

 0,25 meter

2

 Lani 

 0,5 meter

3

 Dayu 

 1,2 meter


Jelaskan cara kamu mengurutkan bilangan tersebut!
Jawaban:
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban: 
Dilihat dari angka satuannya, Dayu memiliki angka 1, sedangkan yang lainnya adalah 0. Sehingga pita Dayu adalah yang paling panjang. Siti dan Lani sama-sama memiliki angka satuan 0. Namun, jika dilihat dari angka persepuluhannya Lani memiliki angka 5, sedangkan Siti memiliki angka 2. Jadi pita 
Lani lebih panjang dari pita Siti.

Kamu baru saja mencoba mengurutkan bilangan desimal. Bagaimana cara membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal?

Selain menggunakan tabel nilai tempat, kamu juga dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal menggunakan garis bilangan.



Lihat di buku tematik halaman 82, 83
Ayo Berlatih

Kamu telah mengetahui cara membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal. Selesaikan soal-soal berikut!

1. Perhatikan kartu bilangan berikut! Bandingkan bilangan berikut. Gunakan tanda > atau <.
Jawaban:
0,573 .... 0,753
0,952 .... 0,259
17,952 .... 16,052
17,246 .... 17,624

Jawaban:
0,573 < 0,753
0,952 > 0,259
17,952 > 16,052
17,246 < 17,624

2. Perhatikan bilangan pada tabel berikut!
17,235
0,343
7,826
0,433
17,325
7,286
0,6
0,32
Urutkan bilangan pada tabel tersebut dari yang terkecil hingga terbesar:

Jawaban:
0,32
0,343
0,433
0,6
7,286
7,826
17,235
17,325

3. Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar hingga terkecil!
3/4 = 0,750
0,9 = 0,900
1/8 = 0,125
0,6 = 0,600
1 1/8 = 1,125
1,3 = 1,300

Jawaban:
1,3 = 1,300
1 1/8 = 1,125
0,9 = 0,900
3/4 = 0,750
0,6 = 0,600
1/8 = 0,125




Pembelajaran 5 (Hari Kelima)
Lihat di buku tematik halaman 85, 86

Sejak dulu bangsa Indonesia terus mengedepankan pentingnya kerja sama serta persatuan dan kesatuan, khususnya dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Ayo Berdiskusi
Pada pertemuan sebelumnya kamu telah mempelajari upaya-upaya yang telah dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan di berbagai wilayah di Indonesia.

Selain itu, kamu juga sudah ditugaskan secara berkelompok untuk mencari informasi tentang berbagai peristiwa terkait upaya mempertahankan kemerdekaan di berbagai daerah seperti di bawah ini.

Gunakan media daring untuk melakukan kerja kelompok!

No.

Kelompok

Kelompok

1.

I

Mencari informasi tentang Pertempuran Ambarawa dan disajikan dalam bentuk peta pikiran.

2.

II

Mencari informasi tentang Pertempuran Medan Area dan disajikan dalam bentuk peta pikiran.

3.

III

Mencari informasi tentang Bandung Lautan Api dan disajikan dalam bentuk peta pikiran.

4.

IV

Mencari informasi tentang Agresi Militer Belanda I dan disajikan dalam bentuk peta pikiran.

5.

V

Mencari informasi tentang Agresi Militer Belanda II dan disajikan dalam bentuk peta pikiran.


Kamu telah melakukan kerja sama secara berkelompok untuk mencari informasi tentang upaya-upaya yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Apakah kerja sama yang kamu lakukan dapat terlaksana dengan baik?
Jawaban: 
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban:
Iya, dapat terlaksana dengan baik.

Apakah tujuan dapat tercapai melalui kerja sama tersebut?
Jawaban: 
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban:
Kerja sama kami dalam mencari informasi tentang upaya-upaya yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, dapat tercapai dengan baik.


Ayo Berkreasi
Sebelumnya kamu telah mempelajari beberapa gerakan dalam tari Indang. Latih kembali gerakan tersebut. Carilah gerakan tari Indang secara sempurna di youtube.
Pada halaman 90, 91, 93 di buku tematikmu, ayo lakukan latihan soal-soal agar lebih paham.



Pembelajaran 6 (Hari Keenam)
Lihat di buku tematik halaman 95, 96

Kita telah mempelajari berbagai bentuk kerja sama dalam kehidupan. Tahukah kamu, kerja sama juga diperlukan dalam setiap jenis permainan olahraga. Ayo, kita bekerja sama dalam permainan olahraga ‘Ayam dan Elang’!

Ayo Berlatih

Masih ingatkah kamu cara bermain ‘Ayam dan Elang’? Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk permainan tersebut? Jelaskan.
Jawaban: 
......................................................................................
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban:
Keterampilan Motorik. Keterampilan ini diperlukan pada permainan ayam dan elang, karena pada permainan tersebut banyak gerakan berlari dan melompat.

Apakah kamu sudah dapat melakukan keterampilan tersebut dengan baik?
Jawaban: 
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban: 
Sudah, saya dapat melakukan keterampilan tersebut dengan baik.

Apa saja taktik yang perlu diterapkan agar dapat bermain dengan sukses?
Jawaban: 
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban: 
Taktik yang diperlukan adalah kerja sama tim, kekompakan dan kecepatan.

Mengapa kerja sama sangat diperlukan dalam permainan tersebut?
Jawaban: 
......................................................................................
......................................................................................

Jawaban: 
Kerja sama sangat diperlukan dalam permainan ini agar anak ayam tidak ditangkap oleh elang.


Lihat di buku tematik halaman 96, 97
Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dalam hati!

Bandung Lautan Api

Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung pada tanggal 23 Maret 1946. Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka. Mereka meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia. Karena kejadian tersebut, tentara Inggris merasa tidak terima dan mulai menyerang, sehingga pertempuran sengit terjadi.

Pertempuran yang paling besar terjadi di Desa Dayeuhkolot, di mana terdapat gudang amunisi besar milik tentara Sekutu. Dalam pertempuran ini Muhammad Toha dan Ramdan, dua anggota milisi BRI (Barisan Rakyat Indonesia) terjun dalam misi untuk menghancurkan gudang amunisi tersebut. Muhammad Toha berhasil meledakkan gudang tersebut.

Berdasarkan teks di atas, isilah peta pikiran berikut!


Jawaban:
Apa: Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di Bandung.
Mengapa: Karena penduduk tidak mengikuti ultimatum dari Belanda.
Siapa: Yang berhasil meledakkan gunung itu Muhammad Toha.
Bagaimana: Dengan cara membakar rumah penduduk.
Kapan: Bandung Lautan Api terjadi tanggal 23 Maret 1946.
Di mana: Peristiwa kebakaran itu terjadi di Bandung.

Ayo Mencoba
Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah berlatih untuk penampilan drama tentang pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.


Dibuat ulang oleh Kiban KS
Untuk kalangan sendiri dalam rangka belajar dirumah
Siswa Kelas 6 Semester I SDN Kertasari 01 Pebayuran Bekasi Jawa Barat
Tahun Pelajaran 2020-2021
Tahun Pelajaran 2021-2022

No comments:

Post a Comment

Soal Tema 2 IPS Kelas 6

SOAL UH/PTS/UAS TEMA 2  KELAS 6 SEMESTER I  Kompetensi Dasar IPS I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang...