Lihat di buku tema kalian halaman 103-104 Ayo Menulis
Judul bacaan: "Semut dan Belalang"
Halaman 105
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa yang dilakukan sekelompok Semut? Mengapa mereka harus melakukannya?
2. Bagaimana menurutmu sikap Belalang?
3. Bagaimana cara Semut bekerja?
4. Nilai-nilai baik apa yang bisa kamu teladani dari cerita di atas?
Tulislah jawabanmu pada bagan di bawah ini. Tuliskan jawaban pada nomor yang sesuai.
1. Yang dilakukan oleh sekelompok semut tersebut adalah bekerja keras mengumpulkan persediaan makanan. Mereka harus melakukannya untuk persediaan makanan saat musim dingin.
2. Sikap belalang tidak baik, dan tidak patut untuk ditiru. Karena sifat pemalas yang dimilikinya ia menjadi menderita.
3. Semut bekerja bersama-sama dengan membawa bulir makanan di atas badannya. Karena tidak lebih dari satu bulir yang dapat dibawa semut, maka mereka harus bolak-balik menuju sarang.
4. Nilai-nilai baik yang bisa diteladani dari cerita di atas yaitu nilai kegotong-royongan, kerja keras, kepemimpinan, persatuan dan kesatuan.
Halaman 106
Apa yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut?
Jawaban:
Yang bisa saya pelajari dari cerita tersebut yaitu:
Kalau kita ingin sukses kita harus bekerja keras dan jangan bermalas-malasan.
Agar pekerjaan yang kita kerjakan lebih mudah dan lebih cepat selesai kita perlu menerapkan kerjasama dan gotong royong.
Agar suatu perkumpulan atau organisasi dapat berjalan dengan baik maka kepemimpinan yang baik sangat diperlukan.
Kita harus mengetahui kekurangan diri kita dan kita tidak boleh sombong dengan apa yang kita miliki karena kesombongan itu akan menghancurkan kita.
Selain itu kita juga perlu mendengarkan nasihat serta mempertimbangkan pendapat orang lain.
Halaman 106 Ayo Mengamati
Seorang pemimpin harus tahu kelebihan dan kekurangan dirinya. Semut mencontohkan kondisi dirinya yang tidak bisa bekerja di musim dingin. Untuk mengatasinya, semut bekerja di musim panas agar mereka tidak kelaparan di musim dingin. Semut tahu kelebihan dan kekurangannya. Ia tidak sombong. Nilai-nilai itulah yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.
Apakah kamu tahu kelebihan dan kekurangan dirimu? Ayo, isi diagram berikut!
Kelebihanku:
Saya merupakan orang yang memiliki keingintahuan yang tinggi. Setiap ada pengetahuan baru yang disampaikan oleh guru saya sangat tertarik. Kadang-kadang saya juga mencari pembelajaran yang diberikan oleh guru tersebut di internet, sehingga wawasan saya lebih bertambah.
Kekuranganku :
Saya terkadang ceroboh dan pelupa.
Apa yang akan aku lakukan dengan kelebihan dan kekuranganku?
Saya akan menggunakan kelebihan yang saya miliki untuk mencapai cita-cita. Sedangkan saya akan berusaha untuk mengatasi kekurangan yang saya miliki dengan cara membuat catatan-catatan penting agar tidak mudah lupa.
Halaman 107 Ayo Berdiskusi
Menyadari kekurangannya, Semut hidup dengan bergotong royong. Mereka sadar bahwa tidak mungkin dapat mengumpulkan makanan tanpa bekerja sama.
Catatlah beberapa kegiatan yang membutuhkan gotong royong di sekolahmu. Bandingkan hasilnya dengan teman sebelahmu.
Kegiatan di Sekolah yang Membutuhkan Gotong Royong
|
Alasan
|
Melaksanakan tugas piket membersihkan ruangan kelas
|
karena kebersihan ruang kelas merupakan tanggung jawab bersama,
selain itu kalau dilakukan secara bergotong royong pekerjaan akan lebih cepat
selesai dan akan terasa lebih ringan.
|
Membuat majalah dinding sekolah
|
Jika dikerjakan dengan gotong royong, majalah dinding sekolah akan
menjadi lebih kreatif karena merupakan hasil gabungan dari berbagai ide.
|
Menanam bunga di taman sekolah
|
karena sekolah akan menjadi indah dan asri.
|
Membersihkan tempat ibadah
|
Jika tempat ibadah bersih, maka kita dapat beribadah dengan tenang
dan nyaman.
|
Bergotong-royong membantu mengumpulkan sumbangan untuk menengok
teman yang sedang sakit
|
Menunjukkan rasa persatuan dan memberikan doa serta dukungan agar
teman yang sedang sakit segera sembuh.
|
Gotong royong melaksanakan upacara bendera
|
Karena upacara bendera memerlukan banyak petugas upacara.
|
Halaman 107-109 Ayo Membaca
Judul bacaan: "Sejahtera Bersama Koperasi"
Baca sekali lagi isi pidato Pak Badru. Tuliskan pesan-pesan yang kamu temukan! Pesan-pesan yang saya temukan dari pidato Pak Badru yaitu:
Jawaban:
1. Tujuan mendirikan koperasi bukan untuk mencari keuntungan tetapi untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.
2. Semua anggota memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati keuntungan koperasi
3. Modal utama dalam menjalankan koperasi adalah kekeluargaan dan kebersamaan
4. Jalannya usaha koperasi bukan hanya tugas ketua atau pengurus tetapi merupakan kewajiban tiap anggota
5. Koperasi dapat mengasah kepedulian terhadap kebutuhan anggota lain.
6. Semua keputusan dalam koperasi ditetapkan bersama secara musyawarah.
Halaman 110 Ayo Mencoba
Halaman 111
Buatlah rancangan teks pidatomu dalam kotak berikut.
Contoh Pidato Bermusyawarah Untuk Kepentingan Bersama
Jawaban:
Selamat Pagi,
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, yang saya hormati Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya sayangi. Puji syukur kita panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmat_Nya, kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat.
Hadirin yang saya hormati,
Sila keempat Pancasila yang berbunyi "Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan". Dalam sila tersebut, salah satu nilai yang diharapkan kita lakukan adalah musyawarah. Bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah, bermusyawarah dalam merencanakan suatu kegiatan, maupun bermusyawarah dalam memilih pemimpin kita.
Selama ini, banyak permasalahan terjadi di lingkungan kita. Salah satunya yang sering terjadi adalah pertengkaran siswa. Masalah tersebut muncul karena kita kurang bermusyawarah.
Hadirin yang saya hormati,
Musyawarah sangat penting bagi kehidupan kita di sekoah ini. Banyak hal yang bisa kita dapatkan. Melalui musyawarah kita dapat bersatu. Kita dapat belajar menyampaikan pendapat kita. Kita dapat belajar menerima pendapat orang lain. Kita bisa belajar terbuka.
Hadirin yang saya hormati,
Mengingat begitu pentingnya musyawarah, dalam menjaga kerukunan dan persatuan di sekolah kita, dalam kesempatan ini saya mangajak teman-teman untuk selalu mengutamakan musyawarah dalam menyelesaikan suatu masalah.
Terima kasih.
Subtema 3 Ayo, Memimpin
Pembelajaran 2 (Hari Selasa, 9 Maret 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 113 Ayo Berdiskusi
Perhatikan gambar patung disamping.
1. Siapakah tokoh yang diwujudkan dalam bentuk patung itu?
2. Apa bahan pembuatannya?
3. Menurut perkiraanmu, bagaimana cara pembuatan patung itu?
Diskusikan hasil pengamatan kalian, lalu ceritakan kepada kelompok lain dan
Bapak/Ibu Guru.
Jawaban:
1. Tokoh yang diwujudkan dalam bentuk patung itu adalah ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta
2. Bahan pembuatannya patung ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta adalah batu dan semen
3. Batu dipahat per bagian patung, kemudian di rekatkan dengan menggunkan semen.
Halaman 114 Ayo Membaca
Judul bacaan: “Patung Sigale-gale yang Dapat Menari”
Mungkin kamu telah sering melihat berbagai patung, baik secara langsung dari gambar, atau fotonya. Ada berbagai macam patung, tergantung dari tema, bentuk, dan teknik pembuatannya. Carilah informasi mengenai hal-hal berikut.
1. Ciri-ciri patung
2. Jenis-jenis patung
3. Bahan pembuat patung
4. Teknik pembuatan patung
Carilah informasi tersebut dari buku-buku di perpustakaan sekolahmu atau bertanyalah kepada Bapak/Ibu Guru dan narasumber lain yang menguasai.
Tuliskan informasi yang kamu dapatkan dalam bentuk laporan.
Jawaban :
1. Ciri-ciri patung:
- Berwujud tiga dimensi
- Memiliki bagian kop, buste, dan torso
2. Jenis-jenis patung
- Berdasarkan bentuk : patung figuratif dan patung non figuratif
- Berdasarkan jenis : Patung zonde bosse dan Patung Relief
- Berdasarkan fungsi : Patung religi, Patung Monumen, Patung Arsitektur, Patung Dekoratif, Patung Seni, dan Patung Karajinan.
- Bardasarkan corak : Patung imitatif, Patung depormatif, Patung non figuratif
3. Bahan pembuat patung
- Batu
- Kayu
- Besi
- Kertas
- Kaca
- Tanah Liat
- Es Balok
- Semen
- Sabun
- Plastisin
- Gips
- Fiber Resin
4. Teknik pembuatan patung
- Teknik cor
- Teknik assembling
- Teknik cetak
- Teknik las
- Teknik butsir
- Teknik pahat
Halaman 115 Ayo Menulis
Buatlah rencana pembuatan karya patung dari bahan lunak di sekitarmu. Kamu dapat membuat patung bertema hewan berkaki dua, hewan berkaki empat, atau patung bertema manusia. Lengkapi daftar berikut.
RENCANA PEMBUATAN KARYA PATUNG
Bentuk patung : Katak
Bahan : Sabun
Teknik pembuatan : Pahat
Alat : Cutter
Cara pembuatan :
1. Kita buat sketsa pada sabun
2. Dengan menggunakan cutter kita ikuti bentuk sketsa tersebut. Buang bagian yang tidak perlu.
3. Haluskan patung dari bagian-bagian yang mengganggu.
Halaman 116 Ayo Membaca
Judul bacaan: “Perubahan pada Masa Pubertas”
Halaman 117 Ayo Berdiskusi
Persiapan apa yang harus dilakukan untuk menghadapi masa pubertas?
Diskusikan bersama kelompokmu.
Jawaban:
1. Mencari informasi tentang pubertas dan menjaga kesehatan reproduksi.
2. Mengembangkan hobi dan bakat.
3. Berfikir dan melakukan hal yang positif.
Halaman 118 Ayo Berkreasi
Bersama kelompokmu, buatlah karya berupa peta pikiran berisi persiapan menghadapi masa pubertas sesuai hasil diskusi kalian. Warnai dan hiasilah peta pikiran itu seindah dan semenarik mungkin.
Jawaban: Jawaban di atas dibuat dalam bentuk peta pikiran.
Subtema 3 Ayo, Memimpin
Pembelajaran 3 (Hari Rabu, 10 Maret 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 119
Rancanglah teks pidato. Kamu dapat menggunakan teks tentang sejahtera bersama koperasi yang telah kamu baca sebagai ide.
Jawaban:
Rancangan pidato
Judul pidato : Ayo belanja di koperasi sekolah.
Bagian pembuka : Mengucapkan salam
Bagian Inti :
1. Menjelaskan koperasi sekolah
2. Menjelaskan manfaat koperasi sekolah
3. Menjelaskan keuntungan berbelanja di koperasi sekolah
4. Mengajak seluruh siswa berbelanja di koperasi sekolah
Bagian penutup : Menyimpulkan pidato dan mengucapkan salam penutup.
Halaman 119-120 Ayo Membaca
Dari teks pidato tersebut, tentukanlah bagian pembuka, inti, dan penutup. Berilah tanda di bagian tersebut dengan pensil.
Jawaban :
Bagian Pembuka
“Bapak dan Ibu Guru serta seluruh karyawan SD Palapa yang saya hormati. Tidak terasa, sudah satu tahun saya menjalankan kepercayaan dari Bapak dan Ibu untuk memimpin koperasi karyawan kita. Sudah beberapa tahun kita bersama-sama merasakan manfaat organisasi kecil kita ini. Perlu kita ingat kembali, bahwa tujuan mendirikan koperasi bukan untuk mencari keuntungan. Koperasi karyawan kita dirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Semua anggota memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati hasil atas berkembangnya usaha bersama ini.”
Bagian Inti
“Bapak dan Ibu, kekeluargaan dan kebersamaan adalah modal utama dalam koperasi ini. Peduli terhadap jalannya usaha koperasi menjadi kewajiban tiap anggota, bukan hanya tugas ketua atau pengurus. Semua memperoleh kesempatan untuk belajar. Secara mandiri kita menetapkan jenis usaha koperasi dan menjalankannya. Pengurus yang melaksanakan, anggota yang mengawasi dan memberi masukan.”
“Keuntungan pribadi tidak diutamakan. Justru melalui koperasi, kita mengasah kepedulian terhadap kebutuhan anggota lain. Sudah lima tahun berjalan, semua keputusan kita tetapkan bersama secara musyawarah. Begitupun dengan keuntungan koperasi di tahun ini. Apakah keuntungan tersebut akan dibagikan kepada anggota atau akan dimasukkan kembali sebagai penambah modal, akan kita diskusikan dalam rapat besar hari ini.”
“Bapak dan Ibu, rapat besar koperasi tidak hanya untuk anggota, namun terbuka untuk semua. Justru saya ingin semua keluarga besar SD Palapa menyaksikan proses musyawarah ini. Saya ingin semua menyaksikan, bahwa banyak hal yang dapat dipelajari melalui koperasi karyawan. Saya ingin semua merasakan bahwa kesejahteraan bersama dapat diwujudkan melalui kepedulian, kekeluargaan, serta kebersamaan.”
Bagian penutup
“Bapak dan ibu, saya tentu berharap anggota koperasi terus bertambah. Semoga saja, suatu saat nanti keluarga besar SD Palapa lengkap ada di dalamnya. Tak perlu risau memperhitungkan keuntungan pribadi, tetapi, ayo kita berusaha mewujudkan kesejahteraan bersama melalui koperasi.”
Halaman 121
Tulislah teks pidatomu di bawah ini!
Selamat pagi teman-teman.
Hari ini, saya akan berbicara tentang koperasi sekolah kita. Hal ini penting saya sampaikan, karena jumlah siswa yang berbelanja di koperasi sekolah kita sangat sedikit.
Teman-teman yang saya sayangi, koperasi sekolah ini merupakan sebuah badan usaha yang ada di sekolah kita. Kita deberikan keleluasaan untuk mengelola koperasi ini. Dari sini kita bisa belajar untuk berwirausaha, berinovasi dan berorganisasi.
Selain itu teman-teman, perlengkapan yang dijual di koperasi sekolah kita ini lebih murah jika dibandingkan dengan harga toko. Hal ini tentu bisa membantu teman-teman yang kurang mampu. Dengan adanya perlengkapan sekolah yang murah.
Mengingat banyaknya manfaat yang bisa kita peroleh dari koperasi sekolah kita ini, dalam kesempatan ini saya mengajak teman-teman untuk berbelanja di koperasi sekolah kita. Sehingga, koperasi sekolah kita bisa menjadi semakin maju.
Halaman 122 Ayo Berdiskusi
Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan teman sekelompokmu.
1. Dari teks pidato di atas, apa yang kamu ketahui tentang koperasi?
2. Nilai-nilai Pancasila apa sajakah yang diterapkan oleh para anggota koperasi?
Jawaban :
1. Koperasi merupakan badan usaha yang bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya. Asas dari koperasi adalah kekeluargaan.
2. Nilai-nilai Pancasila yang diterapkan oleh anggota koperasi
Sila 1 : keanggotaan koperasi secara umum tanpa membedakan agama dan kepercayaan yang dianut. Setiap pelaksanaan kegiatan koperasi juga tidak boleh terlepas dari norma-norma agama yang telah ditetapkan.
Sila 2 : semua anggota koperasi berhak mendapat perlakuan yang sama dan mengesampingkan perbedaan yang ada. Dalam sila kedua ini bersikap adil, menghargai hak dan kewajiban, dan bersikap tenggang rasa perlu diterapkan dalam keanggotaan koperasi.
Sila 3 : anggota koperasi perlu menanamkan sikap rela berkorban, cinta tanah air, dan menjaga persatuan antaranggota koperasi itu sendiri.
Sila 4 : pengambilan keputusan melalui musyawarah mufakat di suatu Rapat Anggota. Sila 5 : koperasi bekerja tidak hanya untuk kepentingan anggotanya saja, tetapi juga untuk kepentingan masyarakat di sekitar koperasi.
Halaman 123 Ayo Mencoba
Coba, carilah informasi bentuk-bentuk kerja sama dalam bidang pendidikan di ASEAN. Carilah informasi dari buku-buku referensi di perpustakaan sekolahmu. Jika kamu mencari informasi dari internet, mintalah Bapak/Ibu guru mendampingimu.
Jawaban :
Bentuk kerjasama dalam bidang pendidikan di ASEAN
1. Dibentuknya The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) tanggal 30 November 1965.
2. Pensinkronisasian standar ijasah antar negara anggota ASEAN.
3. Peningkatan ilmu pengetahuan kalangan pemuda ASEAN dalam proses integrasi regional.
4. Pembentukan kelompok peneliti antar negara.
5. Pertukaran pelajar antar negara anggota.
6. Peningkatan kualitas sumber daya manusia negara anggota ASEAN agar mampu bersaing baik di tingkat regional maupun internasional.
7. Pembentukan kurikulum sekolah di negara-negara ASEAN yang berprinsipkan demokrasi, berorientasi pada perdamaian, serta menghargai HAM.
8. Pembentukan ASEAN University Network (AUN) yang merupakan jaringan kerjasama antar universitas terkemuka di ASEAN.
9. Penawaran Beasiswa Pendidikan. contohnya Singapura memberikan beasiswa latihan pengolahan jasa pelabuhan udara, kesehatan dan keselamatan kerja industri,komunikasi bahari dan lain-lain.
10. Negara-negara ASEAN memanfaatkan beasiswa untuk belajar diberbagai universitas dinegara-negara ASEAN dan Jepang atas biaya yg diberikan oleh ASEAN-Japan Scholarship Fund (Dana Beasiswa ASEAN-Jepang)
Subtema 3 Ayo, Memimpin
Pembelajaran 4 (Hari Jum'at, 12 Maret 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 125 Ayo Membaca
Judul bacaan: "Dheda dan Lima Butir Kentang".
Halaman 126 Ayo Berdiskusi
No
|
Peristiwa dalam Cerita
|
Nilai-Nilai Pancasila yang Sesuai
|
1
|
Dheda bermusyawarah dengan istri dan anak-anaknya.
|
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam
permusyawarab perwakilan
|
2
|
Dheda kasihan melihat si Pengemis
|
Kemanusiaan yang adil dan beradab
|
Subtema 3 Ayo, Memimpin
Pembelajaran 5 (Hari Sabtu, 13 Maret 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 129 Ayo Membaca
Halaman 130 Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan teman dalam kelompokmu hal-hal berikut.
1. Pernahkah kamu mengalami kejadian seperti Beni?
2. Sikap apa yang tidak pantas ditiru dari cerita Beni di atas?
3. Sikap apa yang dapat ditiru dari cerita Beni di atas?
Selanjutnya, bacakan hasil diskusi kalian di hadapan kelompok-kelompok lain.
Jawaban :
1. Pernah
2. Beni tidak mampu mengatur waktu dengan baik. Dia harus bergadang untuk membuat PR sehingga terlambat bangun pagi.
3. Beni berusaha keras dalam mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu dibantu oleh orang lain.
Halaman 131 Ayo Menulis
Tuliskanlah contoh-contoh penerapan nilai-nilai keadilan dalam kehidupanmu sehari-hari.
Jawaban :
contoh-contoh penerapan nilai-nilai keadilan dalam kehidupanmu sehari-hari.
1. Pembagian tugas di rumah yang adil
2. Pembagian uang jajan yang adil
3. Tidak curang saat bermain dengan teman
4. Sportif saat bermain sepak bola
Tuliskan pendapatmu mengenai pelaksanaan keadilan di lingkungan sekitarmu.
Jawaban :
Menurut saya pelaksanaan keadilan dilingkungan sekitar sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari jarangnya terjadi pertengkaran.
Subtema 3 Ayo, Memimpin
Pembelajaran 6 (Hari Senin, 15 Maret 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 133 Ayo Menulis
Pemimpin yang baik adalah seseorang yang dapat menilai dirinya sendiri. Kamu dapat melakukannya agar kamu menjadi lebih baik.
Setelah berpidato di hadapan temanmu, kini saatnya kamu menuliskan pengalamanmu berpidato. Tulisanmu harus memuat hal-hal berikut.
• Isi pidato
• Reaksi pendengar
• Waktu berpidato
• Sikap berpidato
• Rencana perbaikan saat berpidato dan perbaikan teks pidato
Tulislah pada tempat yang sudah disediakan.
Halaman 134 EVALUASI
1. Perubahan apa yang terjadi pada masa pubertas?
Jawaban :
Pada saat pubertas, terjadi perubahan fisik baik pada anak laki-laki maupun perempuan.
Perubahan fisik pada anak laki-laki
1. Tumbuhnya jakun
2. Tumbuhnya rambut di beberapa bagian tubuh
3. Dada membidang
4. Suara membesar
5. Otot-otot berkembang dengan pesat
Perubahan fisik pada anak perempuan
1. Payudara membesar
2. Pinggul membesar
3. Suara melengking
4. Tumbuhnya rambut dibeberapa bagian tubuh
2. Bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas?
Jawaban :
Cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas
1. Setiap hari mengganti celana dalam
2. Menjaga organ reproduksi agar tetap kering
3. Makan-makanan yang bergizi
4. Rajin berolahraga
5. Tidak menahan kencing
6. Membersihkan organ reproduksi
3. Apa nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila?
Jawaban :
Nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila
1. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
2. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
3. Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.
4. Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.
5. Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.
6. Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
7. Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, mengutamakan nilai-nilai kebersamaan dan keadilan, serta mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.
4. Apa pendapatmu, jika kita selalu memberikan bantuan kepada seseorang sepanjang hidupnya? Mengapa?
Jawaban :
Kita tidak boleh selalu memberikan bantuan kepada seseorang sepanjang hidupnya, karena akan membuat orang itu malas dan tidak mau berusaha. Kita boleh membantu jika dia benar-benar memerlukan bantuan.
5. Bagaimana cara membuat patung dari sabun batangan?
Jawaban :
Cara membuat patung dari sabun batangan?
1. Buat sketsa patung yang akan dibuat pada batang sabun
2. Potong sabun sesuai dengan sketsa yang dibuat dengan menggunakan pisau atau cutter
3. Haluskan patung
6. Apa yang harus disiapkan jika kita akan membuat patung dari bubur kertas?
Jawaban:
1. Siapkan kertas bekas.
2. Rendam kertas kira-kira selama 24 jam sampai lunak.
3. Buatlah kerangka menggunakan kawat. Besar kecilnya kawat menyesuaikan besar kecilnya patung yang akan dibuat.
4. Kertas yang sudah lunak dapat ditumbuk lagi, lalu diperas dan dicampur dengan lem kanji (sampai berbentuk seperti tanah liat).
5. Tempelkan bubur kertas pada kerangka kawat sesuai dengan bentuk yang dinginkan.
6. Untuk mendapatkan lapisan luar yang halus, lapislah dengan kertas yang berwarna putih dengan lem.
7. Jemur patung di bawah sinar matahari. Setelah kering, warnai patung dengan cat kayu atau cat tembok, sesuai warna yang kamu sukai.
7. Apa saja bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara ASEAN dalam bidang pendidikan?
Jawaban:
1. Dibentuknya The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) tanggal 30 November 1965.
2. Pensinkronisasian standar ijasah antar negara anggota ASEAN.
3. Peningkatan ilmu pengetahuan kalangan pemuda ASEAN dalam proses integrasi regional.
4. Pembentukan kelompok peneliti antar negara.
5. Pertukaran pelajar antar negara anggota.
6. Peningkatan kualitas sumber daya manusia negara anggota ASEAN agar mampu bersaing baik di tingkat regional maupun internasional.
7. Pembentukan kurikulum sekolah di negara –negara ASEAN yang berprinsipkan demokrasi, berorientasi pada perdamaian, serta menghargai HAM.
8. Pembentukan ASEAN University Network (AUN) yang merupakan jaringan kerjasama antar universitas terkemuka di ASEAN.
9. Penawaran Beasiswa Pendidikan. contohnya Singapura memberikan beasiswa latihan pengolahan jasa pelabuhan udara,kesehatan dan keselamatan kerja industri,komunikasi bahari dan lain².
10. Negara² ASEAN memanfaatkan beasiswa untuk belajar diberbagai universitas dinegara-negara ASEAN dan Jepang atas biaya yg diberikan oleh ASEAN-Japan Scholarship Fund (Dana Beasiswa ASEAN-Jepang)
PENILAIAN HARIAN
Tema 7 Kepemimpinan
Subtema 3 Ayo, Memimpin
Berilah Tanda Silang (X) Pada Huruf a, b, c Atau d Pada Jawaban Yang Benar!
1. Jika dirimu ingin menjadi seorang pemimpin, maka harus mau mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Hal ini bisa bermanfaat agar kita bisa ….
a. Mengembangkan kelebihan serta memperbaiki kekurangan
b. Menyombongkan kelebihan dan menyembunyikan kekurangan
c. Menutupi kelebihan dan menonjolkan kekurangan
d. Mengasah kelebihan dan melupakan kekurangan
2. Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan, maka ketika kita menjadi pemimpin harus ….
a. Mampu menunjukkan semua kelebihan
b. Bisa menghargai kelebihan dan kekurangan orang lain
c. Mampu mencari kekurangan-kekurangan setiap orang
d. Bisa membanding-bandingkan kelebihan yang dimiliki anggota yang dipimpin
3. Sifat pemimpin yang bijak antara lain adalah ….
a. Merasa dirinya selalu salah
b. Tidak merasa dirinya paling hebat
c. Tidak mempedulikan dirinya sendiri
d. Selalu mencari kelemahan orang lain
4. Kita harus bisa memimpin diri sendiri. Contoh dari hal tersebut adalah ….
a. Dapat selalu memang dalam berkelahi
b. Mampu membuat orang lain menjadi takut
c. Dapat mengatur waktu bangun pagi dengan tepat
d. Bersedia mematuhi aturan jika dibayar
5. Seorang pemimpin yang baik, jika ada anggotanya yang saling bermasalah. Sebaiknya diselesaikan dengan cara ….
a. Menyuruh adu debat
b. Meminta saling melapor ke polisi
c. Mengutamakan yang paling akrab
d. Mengadakan musyawarah
6. Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri di dunia ini, setiap orang saling membutuhkan. Sehingga kita sebagai manusia harus ….
a. Bersedia gotong-royong dalam kehidupan
b. Bersaing menjadi yang terkuat
c. Mampu mengatur kebutuhan orang lain
d. Menguasai sumber daya alam
7. Hal berikut ini yang termasuk nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila adalah ….
a. Beribadah sesuai agama yang dianut
b. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
c. Mengembangkan sikap adil kepada sesama
d. Mengutamakan musyawarah ketika ada masalah
8. Contoh sikap yang mencerminkan penerapan sila kelima Pancasila seperti ….
a. Suka meminta tolong
b. Suka bekerja keras
c. Suka meminta sumbangan
d. Rajin beribadah
9. Berikut ini adalah ciri-ciri dari karya seni patung, kecuali ….
a. Mempunyai bentuk tiga dimensi
b. Dapat dilihat dari segala arah.
c. Warnanya selalu terang dan warna-warni
d. Mempunyai tekstur dan bentuk
10. Patung Christina Martha Tiahahu di Ambon dan Patung pada Tugu Proklamasi di Jakarta adalah contoh patung yang berfungsi sebagai ….
a. Patung seni
b. Patung monumen
c. Patung arsitektur
d. Patung religi
11. Patung yang dibuat untuk menghias bangunan atau lingkungan termasuk jenis patung ….
a. Arsitektur
b. Religi
c. Monumen
d. Dekorasi
12. Patung bisa dibuat dari bahan lunak, bahan sedang dan juga bahan keras. Bahan pembuatan patung di bawah ini yang tergolong bahan keras adalah ….
a. Lilin
b. Plastisin
c. Sabun
d. Batu granit
13. Ada berbagai macam teknik membuat patung, di antaranya adalah teknik memahat. Teknik memahat bisa tepat digunakan pada bahan seperti ….
a. Lilin dan plastisin
b. Kayu dan batu
c. Semen dan pasir
d. Logam dan emas
14. Pada masa pubertas, terjadi perubahan bentuk tubuh pada anak laki-laki seperti ….
a. Jakun membesar
b. Perut membuncit
c. Tumbuh payudara
d. Pinggul membesar
15. Aktivitas hormon testosteron di dalam tubuh meningkat ketika masa pubertas tiba, salah satu efek yang ditimbulkan adalah ….
a. Menstruasi pada perempuan
b. Tumbuhnya bulu pada ketiak
c. Massa otot menjadi membesar
d. Kulit berminyak dan muncul jerawat
KUNCI JAWABAN
1. a. Mengembangkan kelebihan serta memperbaiki kekurangan
2. b. Bisa menghargai kelebihan dan kekurangan orang lain
3. b. Tidak merasa dirinya paling hebat
4. c. Dapat mengatur waktu bangun pagi dengan tepat
5. d. Mengadakan musyawarah
6. a. Bersedia gotong-royong dalam kehidupan
7. c. Mengembangkan sikap adil kepada sesama
8. b. Suka bekerja keras
9. c. Warnanya selalu terang dan warna-warni
10. b. Patung monumen
11. d. Dekorasi
12. d. Batu granit
13. b. Kayu dan batu
14. a. Jakun membesar
15. d. Kulit berminyak dan muncul jerawat
No comments:
Post a Comment