BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH SD KELAS 6
TEMA 8 BUMIKU
SUBTEMA 3 BUMI, MATAHARI DAN BULAN
(Tugas Daring Tanggal 05-04-2021 - 10-04-2021)
Nama Siswa : ………………………………..
Kelas : VI (Enam)
Sekolah : SDN KERTASARI 01
Buku ini dikumpulkan lagi ke guru kelas sebagai bahan penilaian
Dan untuk siswa yang memiliki Buku Paket Tema 8 tetap diisi di buku temanya sebagai bahan belajar siswa
Tema 8 Bumiku
Subtema 3 Bumi, mMatahari dan Bulan
Pembelajaran 1 (Hari Senin, 05 April 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 94-95 Ayo Mengamati
Gerhana Matahari
Halaman 96
Berdasarkan informasi yang kamu peroleh dari bacaan, buatlah kartu informasi yang memuat informasi-informasi penting tentang gerhana matahari. kapan gerhana matahari terjadi
Berdasarkan informasi yang kamu peroleh dari bacaan, buatlah kartu informasi yang memuat informasi-informasi penting tentang gerhana matahari.
Buatlah tiga kartu informasi yang menjelaskan tiga hal berikut.
1. Kapan gerhana matahari terjadi?
Jawaban: Gerhana Matahari terjadi pada siang hari. Gerhana Matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus
2. Apa yang menyebabkan gerhana matahari?
Jawaban: Kedudukan Bulan berada di antara Bumi dan Matahari sehingga menyebabkan cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan. Karena terhalang oleh Bulan, keadaan yang terang berangsur-angsur menjadi gelap.
3. Apa saja jenis-jenis gerhana matahari dan apa perbedaaanya?
Jawaban:
- Gerhana Matahari total: Hanya terjadi di permukaan bumi yang terkena bayangan umbra Bulan. Gerhana Matahari total selalu diawali dan diakhiri oleh gerhana matahari sebagian.
- Gerhana Matahari sebagian: Gerhana Matahari sebagian terjadi di permukaan Bumi yang terkena bayangan penumbra (bayangan kabur) Bulan.
- Gerhana Matahari cincin: Gerhana Matahari cincin terjadi di permukaan Bumi yang terkena lanjutan bayang-bayang inti. Hal ini terjadi karena Bulan berada pada titik terjauhnya dari Bumi
Halaman 98-99 Ayo Berlatih
Buatlah sebuah buklet yang berisi informasi dan gambar tentang gerhana matahari.
Sebelum membuat buklet, kumpulkan informasi-informasi yang akan kamu cantumkan dalam bukletmu nanti.
1. Informasi tentang pengertian gerhana matahari.
2. Informasi tentang jenis-jenis gerhana matahari.
3. Informasi tentang apa yang tidak boleh dilakukan ketika gerhana matahari.
4. Informasi tentang alternatif kegiatan yang dapat dilakukan untuk melakukan simulasi gerhana matahari.
Informasi tentang pengertian gerhana matahari
Jawaban:
- Gerhana matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus.
- Kedudukan Bulan berada di antara Bumi dan Matahari.
- Kedudukan tersebut menyebabkan cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan.
- Informasi tentang jenis-jenis gerhana matahari
Jawaban:
- Tiga jenis gerhana matahari, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin.
- Informasi tentang apa yang tidak boleh dilakukan ketika gerhana matahari
Jawaban:
- Jangan melihat langsung gerhana matahari tanpa pelindung mata.
- Informasi tentang alternatif kegiatan yang dapat dilakukan untuk melakukan simulasi gerhana matahari
Jawaban:
- Mengetahui perhitungan waktu terjafinya gerhana matahari.
- Mengetahui pola gerhana matahari.
Tema 8 Bumiku
Subtema 3 Bumi, mMatahari dan Bulan
Pembelajaran 2 (Hari Selasa, 06 April 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 101 Ayo Membaca
Gerhana Bulan
Halaman 102
Teks bacaan di atas terdiri dari tiga paragraf yang memiliki gagasan pokok yang berbeda. Bacalah kembali masing-masing paragraf. Carilah informasi penting dari paragraf tersebut yang bisa disajikan melalui gambar (visual) dan sajikan kembali informasi tersebut secara visual
Paragraf 1 :
Gerhana bulan terjadi ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus. Kedudukan Bumi berada di antara Bulan dan Matahari
Paragraf 2 :
Bumi menghalangi sinar Matahari yang menuju ke Bulan
Paragraf 3 :
Bulan tertutup sedikit demi sedikit oleh bayangan Bumi, semakin lama Bulan akan terlihat menyabit, Bulan akan tampak menghilang karena tertutup bayangan Bumi, Bulan akan muncul kembali dari arah pertama kali Bulan menghilang
bulan tertutup sedikit demi sedikit oleh bayangan bumi.
Halaman 104
Lakukanlah kegiatan ini secara bergantian sehingga setiap anggota kelompok melakukan percobaan dan pengamatan.
Apakah kamu menemukan hal yang sama?
Jawaban: Ya, bola tenis yang menghadap bola besar adalah gelap
Apakah kamu menemukan hal yang berbeda?
Jawaban: Ya, yaitu penyebab dari asal kegelapan dari bola tenis (bulan). Kegiatan A, kegelapan pada bola tenis (bulan) yang menghadap bola besar (bumi) karena tidak mendapat sinar senter (matahari). Sedang Kegiatan B, kegelapan pada bola tenis (bulan) yang menghadap bola besar (bumi) karena tertutupi oleh bayangan dari bola besar (bumi)
Tuliskan hasil perbandinganmu di kotak yang disediakan
Persamaan yang aku temukan dari laporan kelompokku dengan laporan kelompok temanku
Pada Kegiatan A
Kenampakan bola Tenis (bulan) dari bola besar (bumi) pada sisi bola tenis (bulan) yang menghadap bumi adalah gelap. Hal ini karena sisi bola tenis (bulan) yang menghadap bumi tidak mendapat sinar matahari.
Pada kegiatan B
Kenampakan bola Tenis (bulan) dari bola besar (bumi) pada sisi bola tenis (bulan) yang menghadap bumi adalah gelap. Hal ini karena bola tenis (bulan) tidak mendapat sinar matahari dikarenakan tertutupi oleh bola besar (bumi), sehingga bayangan bola besar (bumi) menyelimuti seluruh bola tenis (bulan)
Perbedaan yang aku temukan dari laporan kelompokku dengan laporan kelompok temanku
Jawaban: Perbedaannya adalah penyebab dari asal kegelapan dari bola tenis (bulan). Kegiatan A, kegelapan pada bola tenis (bulan) yang menghadap bola besar (bumi) karena tidak mendapat sinar senter (matahari). Sedang Kegiatan B, kegelapan pada bola tenis (bulan) yang menghadap bola besar (bumi) karena tertutupi oleh bayangan dari bola besar (bumi)
Halaman 106 Ayo Berkreasi
Supaya menarik, buatlah reklame pameranmu dalam bentuk brosur, buatlah semenarik mungkin dan tempelkan di dinding kelas
Sajikan kalimat informasi dalam katalog yang kamu buat. perhatikan komposisi huruf dan gambar, kontras warna dan tata letaknya.
Tema 8 Bumiku
Subtema 3 Bumi, mMatahari dan Bulan
Pembelajaran 3 (Hari Rabu, 07 April 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 108 Ayo Membaca
Judul bacaan Labuan Bajo
Halaman 109
1. Labuan Bajo salah satu desa yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur
2. Banyak tempat wisata di Labuan Bajo
3. Pintu gerbang bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi tempat wisata di NTT
4. Wisata unggulan NTT antara lain Pulau Komodo dan Rinca
5. Fasilitas dan akomodasi, infrastruktur seperti pelabuhan dan bandara telah dibangun
Halaman 110
Tuliskan informasi penting di kolom yang disediakan dan tambahkan gambar visual yang sesuai dengan informasi yang disampaikan
Masyarakat setempat Labuan Bajo mendapat dampak positif dari kegiatan pariwisata.
Secara tidak langsung kegiatan pariwisata di Labuan Bajo akan membangkitkan perekonomian masyarakat setempat.
Masyarakat Labuan Bajo dapat menjual suvenir untuk buah tangan yang akan dibeli pelancong sebagai kenang-kenangan akan Labuan Bajo.
Masyarakat Labuan Bajo dapat menyewakan akomodasi tambahan kepada para pelancong.
Halaman 110 Ayo Mengamati
Carilah informasi yang lebih lengkap tentang Labuan Bajo dari berbagai sumber
Analisislah informasi-informasi tersebut untuk mendapatkan informasi tentang pengaruh kegiatan pariwisata di Labuan Bajo terhadap perekonomian masyarakat sekitar
Tuliskan analisismu dan presentasikan ke depan kelas
Pengaruh Kegiatan Pariwisata Terhadap Kehidupan Perekonomian Masyarakat Labuan Bajo
Masyarakat Labuan Bajo akan mendapat dampak positif dari kegiatan pariwisata, akan menggerakkan perekonomian setempat. Masyarakat Labuan Bajo akan mendapat dampak positif dari kegiatan pariwisata jika bahan makanan dan makanan yang dibeli hotel, restoran, dan wisatawan berasal/dipasok dari daerah setempat. Masyarakat Labuan Bajo akan mendapat dampak positif dari kegiatan pariwisata jika suvenir yang dibeli pelancong berasal dari masyarakat Labuan Bajo. Masyarakat Labuan Bajo akan mendapat dampak positif dari kegiatan pariwisata jika transportasi lokal disedikan oleh pengusaha lokal. Masyarakat lokal akan mendapat dampak positif dari kegiatan pariwisata jika hotel dan restoran dimiliki oleh masyarakat setempat, paling tidak masyarakat lokal pemilik tanah ikut memiliki saham hotel dan restoran yang dibangun (sistem bagi hasil), tanah penduduk tidak dijual habis, melainkan disewakan kepada investor/pemodal. Masyarakat Labuan Bajo akan mendapat dampak positif dari kegiatan pariwisata jika ada budaya lokal yang dikemas menjadi seni pertunjukan rutin. Nyanyian dan tarian adat bisa dikelola dengan baik menjadi pendapatan jika pemerintah membantu menyediakan acara malam kesenian di gedung atau lokasi kesenian. Masyarakat Labuan Bajo akan mendapat dampak positif jika penduduk setempat ikut memiliki home stay untuk disewakan kepada wisatawan.
Halaman 111-112 Ayo Mengamati
Bersama dengan temanmu, ikuti langkah-langkah kegiatan di bawah ini!
Perhatikan gambar-gambar di bawah ini. Deskripsikan gambar tersebut!
Analisislah apa yang menyebabkan kondisi tersebut terjadi!
Dalam gambar tersebut, apakah hak masyarakat sudah terpenuhi?
Jawaban:
Deskripsi gambar :
Penumpukan sampah sepanjang aliran sungai. Sungai menjadi kotor, aliran air tidak lancar/tersumbat sehingga dapat menyebabkan banjir dan penyebaran penyakit.
Hak masyarakat yang tidak terpenuhi:
• Hak untuk hidup pada lingkungan yang sehat dan memperoleh layanan kesehatan
• Hak untuk memanfaatkan lingkungan, baik yang berada di dalam tanah atau pun di luarnya seperti air, udara, dan lain-lain
• Hak atas informasi lingkungan hidup yang berkaitan dengan peran dalam pengelolaan lingkungan hidup
• Hak untuk berperan dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup sesuai peraturan perundangan yang berlaku
• Hak untuk memperoleh kehidupan yang layak
• Hak untuk meningkatkan kualitas hidup
Apa yang dapat dilakukan supaya hak masyarakat terpenuhi?
1. Wajib menjaga kebersihan lingkungan
2. Wajib melindungi dan menghargai hak asasi sesama manusia
3. Wajib memajukan kesejahteraan khalayak ramai.
Gambar 2
Deskripsi gambar :
Pencemaran/polusi udara di sepanjang jalan, yang menyebabkan ketidaknyamanan para pengguna jalan.
Hak masyarakat yang tidak terpenuhi :
• Hak untuk hidup pada lingkungan yang sehat dan memperoleh layanan kesehatan
• Hak untuk memanfaatkan lingkungan baik yang berada di dalam tanah atau pun di luarnya seperti air, tanah, udara, dan lain-lain
• Hak atas informasi lingkungan hidup yang berkaitan dengan peran dalam pengelolaan lingkungan hidup
• Hak untuk berperan dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup sesuai dengan peraturan
• Hak kebebasan untuk bergerak, bepergian, dan berpindah-pindah tempat
• Hak untuk memperoleh kehidupan yang layak
• Hak untuk meningkatkan kualitas hidup
Apa yang dapat dilakukan supaya hak masyarakat terpenuhi?
1. Wajib memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup serta mencegah dan menanggulangi pencemaran dan perusakan lingkungan hidup
2. Wajib memberikan informasi yang benar dan akurat mengenai pengelolaan lingkungan hidup
3. Wajib menjunjung dan melaksanakan hukum dan perundangan
4. Wajib melindungi dan menghargai hak asasi sesama manusia
Gambar 3
Poster ajakan untuk menghijaukan kembali lingkungan sekitar
Hak masyarakat yang tidak terpenuhi :
• Hak pada kelangsungan hidup
• Hak untuk meningkatkan kualitas hidup
• Hak untuk memperoleh kehidupan yang layak
• Hak untuk menikmati Sumber Daya Alam (SDA)
• Hak untuk hidup, berperilaku, tumbuh dan berkembang
Apa yang dapat dilakukan supaya hak masyarakat terpenuhi?
1. Wajib menjunjung dan melaksanakan hukum dan perundangan, seperti perundangan tentang lingkungan hidup (undang-undang nomor 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan lingkungan hidup)
2. Wajib memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup serta mencegah dan menanggulangi pencemaran dan perusakan lingkungan hidup
3. Wajib memberikan informasi yang benar dan akurat mengenai pengelolaan lingkungan hidup
Gambar 4
Deskripsi gambar :
Baliho ajakan menyelamatkan bumi dari perubahan iklim
Hak masyarakat yang tidak terpenuhi :
• Hak untuk hidup pada lingkungan yang sehat dan memperoleh layanan kesehatan
• Hak untuk memanfaatkan lingkungan baik yang berada di dalam tanah atau pun di luarnya seperti air, tanah, udara dan lainnya
Apa yang dapat dilakukan supaya hak masyarakat terpenuhi?
1. Berkewajiban memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup serta mencegah dan menanggulangi pencemaran dan perusakan lingkungan hidup
2. Berkewajiban memberikan informasi yang benar dan akurat mengenai pengelolaan lingkungan hidup.
Tema 8 Bumiku
Subtema 3 Bumi, Matahari, dan Bulan
Pembelajaran 4 (Hari Kamis, 08 April 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 113 Ayo Membaca
Halaman 114
Dari informasi di atas, apakah ada persamaan yang kamu temukan mengenai keadaan perekonomian di Laos dan Filipina? Bagaimana dengan perbedaannya? Apakah ada perbedaan yang kamu temukan?
Persamaan :
Sama-sama negara agraris. Yaitu negara yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani.
Perbedaan:
Negara Laos tidak memiliki laut, sedang negara Filipina memiliki laut. Wilayah Laos terkurung daratan, sedang Filipina terkurung lautan.
Halaman 115
Kata Kunci : Keadaan Geografis
Gagasan utama : Pengaruh wilayah Laos dan wilayah Filipina terhadap perekonomian.
Laos :
Wilayahnya terkurung daratan dan bergunung-gunung. Terletak di bagian Utara Semenanjung Indocina. Sering disebut "The Land Locked Country" yang artinya Tnah yang terkunci dan terkepung oleh lima negara. Batas-batas Laos secara geografis :
Utara : Myanmar, China dan Vietnam
Selatan : Thailand dan Kamboja
Barat : Thailand
Timur : Vietnam
Keadaan alam negara Laos :
Barisan pegunungan lipatan yang membujur dari Barat Laut ke Tenggara dengan puncak gunung tertinggi adalah Gunung Bia (2.819 m)
Pegunungan Annam di sebelah Timur
Plato Boloven yang terdapat di bagian Selatan
Lembah sungai Mekong di bagian Barat yang mengalir di wilayah Laos dan bermuara di Teluk Tonkin, merupakan daerah yang subur, dan merupakan penghasil beras.
Perekonomian Laos :
Laos merupakan negara agraris karena sebagian besar kegiatan ekonomi penduduknya adalah sektor pertanian yang banyak diusahakan di sekitar sungai Mekong. Selain pertanian, kegiatan ekonomi penduduk laos adalah perkebunan, peternakan, dan pertambangan.
Filipina :
Filipina adalah negara yang mendiami rangkaian kepulauan yang terletak di sebelah utara lepas pantai Pulau Sulawesi.
Bata-batas wilayah Filipina :
Utara : Laut Filipina
Timur : Samudra Pasifik
Selatan : Laut Sulawesi dan Laut Sulu
Barat : Laut China Selatan.
Sekitar 45 persen wilayah darat negara Filipina dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Filipina adalah negara agraris karena sebagian besar kegiatan ekonomi penduduknya adalah bidang pertanian. Di Filipina terdapat pusat penelitian padi internasional (IRRI). Kegiatan penduduk yang lain adalah di bidang perdagangan, industri, dan pertambangan.
Halaman 117 Ayo Mencoba
Bersama dengan temanmu, lengkapilah format ulasan cerita yang disediakan.
Kapan cerita itu terjadi :
Saat pensiun dari pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN)
Di mana cerita itu terjadi?
Desa Natai Raya, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah
Deskripsi tentang tokoh yang diceritakan :
Seorang pensiunan pegawai, pekerja keras, ulet, pantang menyerah, tekun, cinta dengan pekerjaannya, penuh kasih sayang dalam merawat tanamannya
Masalah/tantangan yang dihadapi oleh tokoh dalam cerita :
Kondisi cuaca yang tidak menentu, penyakit yang menyerang tanaman
Penyelesaian masalah :
Perawatan secara rutin, seperti dua kali sehari disemprot untuk menghindari penyakit
Gagasan utama cerita :
Kesuksesan petani cabai
Bagian cerita yang paling aku sukai :
Keuntungan yang diperoleh
Karena :
Kerja keras tidak akan mengingkari hasil
Halamn 118
Carilah contoh-contoh hak warga negara yang dikategorikan sebagai hak asasi. Carilah informasi dari berbagai sumber dan sajikan informasi yang kamu temukan dalam bentuk informasi visual atau infografis
Jawaban :
Halaman 119
Analisislah setiap jenis mata pencaharian tersebut dan identifikasikan bagaimana seseorang dengan menjalani mata pencaharian tersebut berinteraksi dengan lingkungan alamnya. Lalu, tentukan beberapa aksi yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.
Tema 8 Bumiku
Subtema 3 Bumi, Matahari, dan Bulan
Pembelajaran 5 (Hari Jum’at, 09 April 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 120-121 Ayo Membaca
Halaman 122
1. Sistem penanggalan Masehi berdasarkan kala revolusi bumi, sistem penanggalan Hijriah berdasarkan kala revolusi bulan
2. Tahun Masehi juga disebut tahun Syamsiah atau tahun Matahari. Satu tahun Masehi dibagi menjadi 12 bulan
3. Tahun Masehi pertama kali ditetapkan oleh Julius Cesar (Romawi).
4. Tahun Kabisat adalah tahun yang bilangannya habis dibagi 4 (empat)
5. Tahun hijriah juga disebut tahun komariyah atau tahun bulan.
Kesimpulanku :
Sistem penanggalan Masehi berdasarkan kala revolusi bumi. Sistem penanggalan Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi bulan. Tahun Masehi disebut juga tahun Syamsiah atau tahun Matahari. Tahun Masehi pertama kali ditetapkan oleh Julius Cesar (Raja dari kerajaan Romawi). Satu tahun Masehi dibagi menjadi 12 bulan. Dalam kalender Masehi terdapat tahun Kabisat. Tahun Kabisat adalah tahun yang bilangannya habis dibagi 4 (empat). Terdapat juga tahun Kabisat dalam penanggalan Hijriah. Tahun Hijriah disebut juga tahun Komariyah atau tahun bulan.
Halaman 122 Ayo Berkreasi
Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas empat orang.
Sajikan kembali informasi yang sudah kamu dapatkan sebelumnya tentang Kalender Masehi dan Hijriah secara visual dengan membuat kalender.
Buatlah dua kalender dengan sistem penanggalan Masehi dan Hijriah yang dilengkapi dengan penjelasan tentang tahun Masehi dan Hijriah
Kalender Masehi
Kalender Hijriah
Tema 8 Bumiku
Subtema 3 Bumi, Matahari, dan Bulan
Pembelajaran 6 (Hari Sabtu, 10 April 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 125-126 Ayo Membaca
Halaman 126 Ayo Mengamati
Amati infografis tentang hak anak di bawah ini!
Perhatikan informasi tentang hak anak yang masih sering diabaikan. Sajikan kembali informasi tersebut dalam bentuk poster dan lengkapi dengan gambar visual yang relevan
- Hak anak untuk mengutarakan pandangannya
- Hak anak untuk bermain
- Hak anak untuk mendapatkan perlindungan
- Hak anak untuk mendapatkan fasilitas yg memadai
- Hak anak untuk mendapatkan pendidikan
Halaman 126 Ayo Berlatih
Menjadi Pengarah Acara Donasi Cerita
Bekerjalah bersama kelompok yang terdiri atas empat atau lima orang. Kelompokmu bertugas untuk mendesain sebuah acara untuk menggalang bantuan donasi buku bacaan ataupun buku pelajaran yang akan disumbangkan ke panti asuhan.
Sebelumnya, tentukan hak dan kewajiban setiap anggota
Halaman 127
Tulislah rencana kegiatan yang akan kalian lakukan untuk menggalang donasi tersebut
Tempat Kegiatan :
SD ...........
Jadwal Kegiatan :
Sabtu, tanggal 2 Maret 2019 pukul 09.30 - selesai
Kegiatan yang akan dilakukan :
Membuat brosur, menyebarkan brosur dengan maksud memberitahu seluruh warga sekolah beberapa hari sebelum acara dimulai, pelaksanaan acara, inventaris donasi buku yang terkumpul, membuat laporan kegiatan.
Dana yang dibutuhkan :
Rp. 150.000
Barang atau alat yang diperlukan :
Brosur, alat tulis, tempat penampungan buku
Buatlah reklame dalam bentuk brosur untuk mengiklankan kegiatan ini. Buatlah reklame semenarik mungkin.
Jawaban: Bebas kreasi siswa
Penilaian Harian
Tema 8 Bumiku
Subtema 3 Bumi, Matahari dan Bulan
JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Gerhana matahari terjadi ketika cahaya matahari ke bumi terhalangi oleh posisi ….
2. Daerah gelap yang dilalui inti bayangan bumi pada saat gerhana bulan disebut ….
3. Jenis gerhana matahari yang terjadi pada permukaan bumi yang terkena bayangan penumbra bulan dinamakan ….
4. Gerhana Bulan
5. Jenis reklame yang ditempatkan langsung pada kemasan produk, berfungsi sebagai daya tarik, pemberitahuan, informasi tentang produk tersebut disebut ….
6. Sesuatu yang mutlak menjadi milik seorang manusia dan penggunaannya bergantung pada dirinya sendiri dinamakan ….
7. Satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak berbatasan dengan laut adalah ….
8. Sebagian besar penduduk Filipina bermata pencaharian sebagai ….
9. Perhitungan tanggal pada kalender masehi berdasarkan masa ….
10. Setiap empat tahun sekali pada kalender masehi memiliki lama waktu 366 hari dalam satu tahun. Bulan Februari menjadi berjumlah 29 hari. Tahun tersebut dikenal dengan istilah …
KUNCI JAWABAN
1.
2.
3.
No comments:
Post a Comment