RINGKASAN MATERI BELAJAR DARI RUMAH
TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA
SUBTEMA 3 USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN
Nama Siswa : ………………………………..
Kelas : V (Lima)
Sekolah : SDN KERTASARI 01
Buku ini dikumpulkan lagi ke guru kelas sebagai bahan penilaian
Dan untuk siswa yang memiliki Buku Paket Tema 8 tetap diisi di buku temanya sebagai bahan belajar siswa
Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan
Pembelajaran 1 (Hari Senin, 05 April 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 97
Perhatikan gambar di atas
1. Kegiatan apa yang dilakukan dalam gambar tersebut?
Jawaban: Kegiatan penanaman pohon atau biasa disebut dengan reboisasi
2. Di mana kegiatan itu biasa dilakukan?
Jawaban: Kegiatan penanaman pohon dapat dilakukan di wilayah/daerah perbukitan yang tandus/gersang serta di lingkungan sekitar, seperti halaman rumah atau halaman sekolah
3. Apa tujuan dari kegiatan itu?
Jawaban: Kegiatan penanaman pohon bertujuan menghijaukan lingkungan dengan tanaman-tanaman yang mampu menyerap air sebagai sumber cadangan air
4. Apa manfaat dari kegiatan itu?
Jawaban: Dapat membuat lingkungan menjadi lebih asri, memanfaatkan lahan yang tidak terpakai (lahan tidur), jika pohon yang ditanam telah tumbuh besar, maka dapat menahan erosi/longsor dan banjir, akar-akar pohon dapat menyimpan air sebagai persediaan air tanah
Halaman 98-99 Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan berikut dengan berdiskusi bersama kelompokmu.
1. Apa syarat-syarat air yang layak kita gunakan sebagai air minum dan untuk memasak?
Jawaban: Air yang layak untuk digunakan sebagai air minum dan memasak bagi manusia harus jernih, tidak berasa, dan tidak berbau
2. Bagaimana kualitas air yang dapat digunakan untuk mencuci pakaian?
Jawaban: Untuk mencuci pakaian, maka air yang digunakan harus jernih serta dapat melarutkan kotoran dan sabun
3. Bagaimana kualitas air yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman?
Jawaban: Untuk menyiram tanaman, air yang digunakan untuk menyiram sebaiknya tidak mengandung zat kimia yang berbahaya bagi tanaman, seperti air detergen. Kita dapat memakai air bekas mencuci makanan atau air hujan.
Hakaman 100-101 Ayo Membaca
Judul bacaan: Air untuk Kebutuhan Sehari-hari
Halaman 102 Ayo Berdiskusi
Informasi penting apa yang dapat kamu temukan pada teks "Air untuk kebutuhan sehari-hari?" Tulislah dalam bentuk peta pikiran berikut.
Air untuk Kebutuhan Sehari-hari
1. Sebagian besar (97%) air yang menutupi planet bumi ini berupa air laut, dan 3% air di dunia berupa air segar, yaitu air yang tidak asin dan dapat digunakan untuk minum, memasak, dan mencuci.
2. Persyaratan air bersih meliputi tiga komponen, yaitu persyaratan secara fisik, secara kimia, dan kandungan mikroba yang terdapat di dalamnya.
3. Masyarakat memerlukan air dalam jumlah yang sangat besar.
4. Sumber air lainnya didapat dari penggalian tanah. Lubang penggalian ini dinamakan sumur.
Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan
Pembelajaran 2 (Hari Selasa, 06 April 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 104-105 Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan melakukan diskusi bersama kelompokmu.
1. Apa yang akan terjadi jika kita mencuci baju menggunakan air yang tercampur minyak?
Jawaban: Jika air yang digunakan mencuci pakaian tercampur minyak, kita harus menggunakan sabun atau deterjen yang lebih banyak supaya minyak tidak menempel pada baju yang dicuci. Namun, air bercampur minyak tidak dapat digunakan untuk membilas baju yang dicuci karena minyak akan menempel pada baju.
2. Apa yang terjadi jika kita minum air yang tercemar kuman penyebab penyakit?
Jawaban: Kita akan sakit perut. Oleh karena itu, kita sebaiknya meminum air yang sudah dimasak sampai mendidih dan disimpan kemudian dalam wadah yang tertutup.
3. Apa yang terjadi pada ikan-ikan di sungai yang menjadi tempat pembuangan limbah cair dari industri?
Jawaban: Kehidupan sungai akan terganggu. Ikan dan tumbuhan sungai akan mati.
4. Apa yang dapat kalian simpulkan dari jawaban pertanyaan-pertanyaan di atas?
Jawaban: Kualitas air mempengaruhi kehidupan manusia, hewan maupun tumbuhan.
Halaman 105-106 Ayo Membaca
Judul bacaan "Hari Air Sedunia"
Halaman 106
Berdasarkan teks "Hari Air Sedunia" di atas, lengkapilah tabel berikut.
Pada setiap tanggal berapakah diperingati hari air sedunia?
Hari air sedunia (world water day) diperingati setiap tanggal 22 Maret.
Faktor-faktor apa yang menyebabkan persediaan air bersih berkurang?
Penyebab persediaan air bersih berkurang karena cadangan air tanah berkurang.
Apa akibat kekurangan air bersih?
Berkurangnya cadangan air tanah mengakibatkan banyak mata air kering. Sumur-sumur gali pun cepat kering pada musim kemarau. Akibatnya, penduduk di daerah perdesaan kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Hasil panen pun jauh berkurang karena tanaman pangan kekeringan.
Upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi krisis air bersih?
- Menghemat penggunaan air.
- Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.
- Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.
Halaman 107 Ayo Mengamati
Halaman 108 Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu
Jawaban: Ya, gambar tersebut mendukung cerita.
2. Jika jawabanmu "Ya", apa alasanmu? Jika jawabanmu "Tidak", apa pula alasanmu?
Jawaban: Karena mampu membuat pembaca mudah memahami jalan cerita dengan bantuan gambar tersebut.
Halaman 109 Ayo Menulis
Kamu telah melihat contoh karya gambar cerita. Apa ciri-ciri karya gambar cerita? Tulislah dalam kotak berikut:
Jawaban :
Ciri-ciri karya gambar cerita :
1. Memudahkan pembaca dalam memahami tentang suatu penjelasan atau cerita
2. Mampu memberikan gambaran singkat isi tulisan atau cerita yang disampaikan
3. Mampu menambah nilai keindahan sajian sebuah tulisan atau cerita
4. Gambar sederhana sehingga memudahkan pembaca mengerti tentang karakter masing-masing tokoh
5. Gambar mampu membuat pembaca terlibat secara emosional
Halaman 109 Ayo Mencoba
Tentukan satu tema yang kamu pilih untuk membuat gambar cerita. Kamu dapat mengingat-ingat pengalamanmu yang paling berkesan atau kamu dapat mengambil beberapa contoh tema berikut.
1. Lingkunganku sehat airku bersih
2. Aku menjaga sungaiku bersih
3. Indonesia beragam, Indonesia kaya
Jawaban:
Contoh tema gambar cerita:
Contoh tema gambar cerita:
Aku menjaga sungaiku bersih
Contoh tema gambar cerita:
Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan
Pembelajaran 3 (Hari Rabu, 07 April 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 112-114 Ayo Membaca
Judul bacaan Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat.
Halaman 115 Ayo Mencoba
Berdasarkan teks bacaan "Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat" buatlah peta pikiran yang isinya memuat informasi-informasi penting dari teks tersebut.
Halaman 116 Ayo Mengamati
Bersama dengan kelompokmu, amatilah berbagai kegiatan produksi dan distribusi yang ada di lingkungan sekitarmu. Identifikasilah orang-orang yang juga diuntungkan dari setiap usaha tersebut. Tulislah hasil pengamatan kalian dalam tabel berikut ini.
- Kegiatan: Pabrik kerupuk
Jenis: Produksi
Orang yang Diuntungkan: Masyarakat yang suka makan kerupuk
Keuntungan yang Diperoleh: Makan jadi lebih lahap
- Kegiatan: Menjual pasir
Jenis: Distribusi
Orang yang Diuntungkan: Masyarakat yang sedang membangun rumah
Keuntungan yang Diperoleh: Pembangunan rumah berjalan lancar
- Kegiatan: Nelayan
Jenis: Produksi
Orang yang Diuntungkan: Masyarakat yang membutuhkan ikan
Keuntungan yang Diperoleh: Kebutuhan makanan terpenuhi
- Kegiatan: Membeli makanan cepat saji
Jenis: Konsumsi
Orang yang Diuntungkan: Pembeli makanan cepat saji
Keuntungan yang Diperoleh: Kebutuhan makanan terpenuhi
- Kegiatan: Menjual alat tulis
Jenis: Distribusi
Orang yang Diuntungkan: Siswa-siswi di sekolah
Keuntungan yang Diperoleh: Kebutuhan alat tulis terpenuhi
Halaman 116 Ayo Berdiskusi
Keragaman jenis usaha ekonomi menimbulkan keragaman sosial dalam masyarakat. Apa keuntungan dari kondisi ini? Diskusikan bersama teman-teman kelompokmu. Tulislah hasilnya dalam tabel berikut.
Keragaman sosial akibat berbagai jenis usaha menimbulkan keuntungan, yaitu :
1. Dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan warga
2. Dapat untuk memenuhi kebutuhan warga yang bermacam-macam
3. Dapat meningkatkan kebersamaan dengan saling mengenal satu dengan lain
4. Dapat meningkatkan sikap saling menghargai antar sesama warga
5. Dapat meningkat rasa persatuan dan kesatuan warga
Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan
Pembelajaran 4 (Hari Kamis, 08 April 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 119 Ayo Mengamati
Amati kegiatan usaha ekonomi di sekitar tempat tinggalmu
Bagaimana sikap pelaku usaha ekonomi dalam menjalin hubungan dengan pesaingnya?
Sikap saling menghargai
1. Apakah terjalin sikap saling menghargai satu sama lain?
Jawaban: Ya, terjalin sikap saling menghargai
2. Apakah di antara mereka saling bersaing dengan ketat hingga terjadi permusuhan?
Jawaban: Tidak, tidak ada persaingan yang menimbulkan permusuhan, yang ada adalah persaingan sehat (persaingan dengan tetap menjunjung etika)
Diskusikan hasil pengamatanmu bersama teman-temanmu!
Jawaban: Sikap tetap menghormati, pesaing bukan untuk dimusuhi, tetapi pesaing dijadikan sebagai pemicu untuk selalu berkreasi lebih baik dan lebih inovatif agar mampu memenangkan persaingan usaha dengan cara meningkatkan pelayanan dan meningkatkan kualitas produk.
Halaman 120-121 Ayo Membaca
Judul bacaan "Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain"
Halaman 121 Ayo Mencoba
Informasi-informasi penting apa yang dapat kamu peroleh dari teks "Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain"?
Tulislah dalam diagram berikut.
Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain:
- Menumbuhkan persaingan usaha yang sehat dalam kegiatan perekonomian
- Menghormati usaha ekonomi orang lain dengan tidak iri atas keberhasilannya
- Menjunjung tinggi setiap jenis pekerjaan yang dilakukan orang lain
- Meneladani keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut
Halaman 122 Ayo Berdiskusi
Produksi pakaian melibatkan banyak pihak: petani kapas, pemintal benang, pabrik tekstil, dan penjahit. Setiap pihak memiliki peran penting. Namun, mereka juga mendapat keuntungan. Identifikasikan peran dan keuntungan yang diperoleh petani kapas, pemintal benang, pabrik tekstil, dan penjahit. Diskusikan bersama kelompokmu, lalu tulislah dalam bentuk tabel berikut.
Jenis Usaha
Petani Kapas
Peran
Menyediakan ketersediaan bahan baku (Kapas)
Keuntungan yang diperoleh
Keuntungan dari penjualan bahan baku/kapas berupa uang
Jenis usaha
Pemintal Benang
Peran
Mengolah bahan baku menjadi bahan setengah jadi (dari kapas menjadi benang)
Keuntungan yang diperoleh
Keuntungan diperoleh dari penjualan benang (dapat berupa upah atau dapat berupa laba penjualan benang)
Jenis usaha
Pemilik pabrik tekstil
Peran
Mengolah bahan baku/mentah (benang) menjadi bahan jadi (kain)
Keuntungan yang diperoleh
Laba perusahaan/keuntungan dari hasil penjualan bahan jadi (kain)
Jenis usaha
Pegawai pabrik tekstil
Peran
Memperlancar kegiatan produksi
Keuntungan yang diperoleh
Upah/gaji dari produsen (pemilik pabrik tekstil)
Jenis usaha
Penjahit
Peran
Mengolah/membuat kain menjadi pakaian
Keuntungan yang diperoleh
Keuntungan dari pemesanan/pembuatan/penjualan pakaian
Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan
Pembelajaran 5 (Hari Jum'at, 09 April 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 125 Ayo Mencoba
Mengetahui Tingkat Pemborosan Air
Halaman 126 Ayo Membaca
Judul bacaan: Penghematan Air
Ayo Berdiskusi
1. Diskusikan bersama teman-teman sekelompokmu mengenai tindakan-tindakan penghematan air yang dapat kalian lakukan
Jawaban:
• Mandi dengan shower, daripada dengan gayung atau bathtub
• Mempersingkat waktu mandi
• Mematikan keran ketika mencuci tangan, gosok gigi
• Kurangi konsumsi barang yang 'menyedot' air
• Pakai sedikit deterjen untuk mencuci
• Siram tanaman di pagi hari
• Membuat lubang biopori
• Memperbaiki kebocoran pipa
2. Selanjutnya, buatlah buklet berisi cerita ajakan untuk melakukan tindakan-tindakan penghematan air
3. Lengkapi cerita dengan gambar yang mendukung. Perhatikan langkah-langkah pembuatan gambar cerita
Buklet tindakan penghematan air
(dream, kumparan, hellosehat,pxhere,jalaberita,a-pradana)
Halaman 127 Ayo Membaca
Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita
Halaman 128 Ayo Berkreasi
Buatlah sketsa gambar cerita berdasarkan tema yang telah kamu tentukan pada pembelajaran 2
Lingkunganku sehat airku bersih
(buku.kemdikbud.go.id)
Aku Menjaga Sungaiku Bersih
Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan
Pembelajaran 6 (Hari Sabtu, 10 April 2021)
Lihat di buku tema kalian halaman 131 Ayo Membaca
Judul bacaan Tahap Mewarnai Gambar dalam Membuat Gambar Cerita
Halaman 132-133 Ayo Membaca
Judul Bacaan Uniknya Keragaman Budaya Indonesia dalam Festival Kuwung 2016
Halaman 134 Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu
1. Peristiwa apa yang terjadi pada teks "Uniknya keragaman Indonesia dalam Festival Kuwung 2016"?
Jawaban: Peristiwa peringatan hari jadi kota Banyuwangi (Harjaba) ke 245 yang dimeriahkan dengan acara pesta rakyat yang berisi acara pentas seni dan budaya
2. Keragaman apa yang ditampilkan pada teks tersebut?
Jawaban:Tentang keragaman berbagai seni budaya etnis dan suku yang ada di Banyuwangi berupa tarian, tradisi dan adat istiadat, pakaian adat
3. Sikap apa yang dapat kalian tiru dari teks?
Jawaban: Dengan mempelajari berbagai adat istiadat dan kesenian daerah untuk membantu melestarikan budaya Indonesia, serta sikap saling menghormati dan menghargai antar suku/etnis yang ada sehingga timbul sikap kerukunan dalam usaha meningkatkan persatuan dan kesatuan di Indonesia.
Bacalah hasil diskusi di depan kelompok lain dan Bapak/Ibu Guru
Uniknya Keragaman Budaya Indonesia Dalam
Acara Festival Kuwung 2016 yang diadakan di Banyuwangi dalam rangka Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) merupakan acara seni dan budaya yang juga menjadi acara pesta rakyat Banyuwangi. Berbagai kesenian daerah ditampilkan, juga terdapat pawai mobil dengan aneka lampu hias serta diiringi musik tradisional.
Festival Kuwung menampilkan berbagai etnis yang ada di Banyuwangi, antara lain Suku Using yang merupakan suku asli Banyuwangi, suku Jawa Matraman, Suku Mandar, Suku Madura, Etnis Tionghoa, Etnis Arab, Etnis Bali. Masing-masing suku/etnis menampilkan salah satu kesenian khas daerah masing-masing. Selain itu juga terdapat penampilan perwakilan dari beberapa kota di luar Banyuwangi, seperti kota Bogor, Kediri, Sleman, Probolinggo hingga Sumbawa Barat.
Halaman 135 Ayo Mencoba
Identifikasikan keragaman dari seni dan budaya yang terdapat pada bacaan teks "Uniknya Keragaman Indonesia dalam Festival Kuwung 2016". Tuliskanlah hasil dari identifikasimu di dalam tabel berikut ini.
Suku: Using
Kesenian yang ditampilkan: Cerita "Sarine Kembang Bakung"
Suku: Madura
Kesenian yang ditampilkan: Pakaian khas daerah
Suku: Jawa
Kesenian yang ditampilkan: Fragmen yang berjudul "Cungkup Tapanrejo"
Suku: Mandar
Kesenian yang ditampilkan: Tradisi Saulak
Suku: Tionghoa
Kesenian yang ditampilkan: Fragmen bertema "Liong Harmoni Tionghoa"
Suku: Bali
Kesenian yang ditampilkan: Tradisi Melasti Bali Banyuwangen
Penilaian Harian (PH)
Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan
JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Mendukung usaha pelestarian lingkungan merupakan tanggung jawab ….
2. Menanam pohon sangat bermanfaat untuk menjaga ketersediaan air bersih, karena akar pohon dapat ….
3. Gas chlorine banyak dimanfaatkan manusia dengan dimasukkan ke dalam tandon air dengan takaran yang tepat, hal itu bertujuan untuk ….
4. Pensil dan krayon adalah contoh peralatan yang digunakan menggambar dengan teknik ….
5. Pelukis bisa menghasilkan gambar yang bagus untuk dijual, kegiatan tersebut dalam ekonomi termasuk kegiatan ….
6. Orang yang menyalurkan barang dari produsen ke konsumen dinamakan ….
7. Kegiatan memakai atau menggunakan nilai suatu barang dinamakan ….
8. Bu Dwi seorang pembuat krupuk, ia setiap hari membuat krupuk di rumahnya untuk dijual ke pasar. Kegiatan yang dilakukan Bu Dwi tersebut dalam kegiatan ekonomi dinamakan kegiatan ….
9. Setiap pekerjaan yang dimiliki tetangga kita punya peran dan manfaat masing-masing, maka kita harus bisa saling ….
10. Kisah keberhasilan seseorang dalam menjalankan usahanya bisa untuk kita ….
KUNCI JAWABAN
1.
2.
No comments:
Post a Comment