PANDUAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH SD KELAS 6
Tema 3 Tokoh dan Penemuan
Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya
Edisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
Nama Siswa : ………
Kelas : VI (Enam)
Sekolah : SDN KERTASARI 01
Buku ini dikumpulkan lagi ke guru kelas sebagai bahan penilaian
Dan untuk siswa yang memiliki Buku Paket Tema 3 tetap diisi di buku temanya sebagai bahan belajar siswa
Pembelajaran 1
Halaman 61
Perkembangan kehidupan masyarakat tentunya banyak dipengaruhi oleh beragam penemuan. Seperti penemuan televisi yang kemudian mampu mengubah peradaban dunia.
Baca teks eksplanasi ilmiah berikut dengan teliti!
Ayo Membaca
Si Kotak Ajaib
John Logie Baird lahir di Skotlandia, 13 Agustus 1888. Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar hidup dapat ditransmisikan melalui pesawat yang sekarang dikenal sebagai televisi. Baird mendemonstrasikan televisi di depan para bapak-bapak dan ibu-ibu, di Royal Institute-London untuk pertama kalinya pada tahun 1925. Seiring dengan perkembangan teknologi, lalu televisi kemudian terus berkembang hingga menjadi semakin canggih seperti saat ini.
Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektonik dan magnetik menjadi gambar dan suara. Sinyal tersebut berupa gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang terdiri atas medan magnet dan medan listrik. Gelombang elektromagnet dapat merambat, dipantulkan, dan dibiaskan tanpa media perantara. Gambar yang kita lihat di layar televisi adalah hasil produksi dari sebuah kamera. Pada awalnya, objek gambar yang ditangkap kamera akan diubah menjadi sinyal gelombang elektromagnetik. Sinyal tersebut akan ditransmisikan oleh pemancar ke pesawat penerima pada televisi. Pesawat televisi akan mengubah sinyal yang diterima menjadi objek gambar yang utuh sesuai dengan objek yang ditranmisikan, dalam bentuk hitam putih atau berwarna.
Jadi, televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Kata “televisi” merupakan gabungan dari bahasa Yunani “tele” artinya jauh dan bahasa Latin “visio” artinya penglihatan. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan”. Penemuan televisi juga dikategorikan sebagai penemuan besar yang mampu mengubah peradaban dunia.
Halaman 62
Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada diagram berikut!
Paragraf 1: Topik Masalah
............................................................
Jawaban: John Logie Baird sang penemu televisi
Paragraf 2: Deret Penjelas
............................................................
Jawaban: Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektonik dan magnetik menjadi gambar dan suara. Sinyal tersebut berupa gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang terdiri atas medan magnet dan medan listrik.
Paragraf 4: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
............................................................
Jawaban: Televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara.
Penemuan televisi juga dikategorikan sebagai penemuan besar yang mampu mengubah peradaban dunia.
Halaman 63
Perhatikan penggalan-penggalan kalimat bercetak miring pada teks tersebut. Tuliskan pada kolom berikut untuk didiskusikan pada pembelajaran berikutnya.
1. penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya
2. di depan para bapak-bapak dan ibu-ibu
3. lalu televisi kemudian terus berkembang
Ayo Berdiskusi
Jawaban:
Halaman 65
Ayo Mengamati
Renungkan sikapmu selama ini terhadap keberadaan televisi di rumah.
Tuliskan rencana ke depan untuk memiliki sikap lebih bertanggung jawab dalam menggunakan pesawat televisi di rumah, sehingga akan memberikan manfaat positif bagi kehidupanmu!
Jawaban:
- Menonton televisi secukupnya saja
- Ketika waktu belajar, pastikan televisi sudah dimatikan
- Menonton televisi dengan meminta bimbingan orang tua
- Menghindari tayangan yang tidak sesuai dengan moral seorang pelajar
Halaman 67
Ayo Menulis
Buatlah laporan dari percobaan membuat rangkaian paralel sederhana yang kamu lakukan!
Jawaban
Nama Percobaan :
Membuat Rangkaian Lampu Paralel Sederhana
Tujuan Percobaan :
Mengenal rangkaian dasar listrik
Mengetahui proses aliran arus listrik rangkaian paralel
Melatih kreativitas
Alat-alat :
Alat : Tang dan cutter
Bahan : Papan triplek, bohlam, fitting lampu, saklar, baterai, kabel, lem, dan solasi.
Pembelajaran 2
Halaman 70
Ayo Membaca “Penemuan Jam Mekasik”.
Halaman 71
Ayo Berdiskusi
1. Mengapa penemuan jam berkembang dari waktu ke waktu?
Jawaban: Karena manusia terus melakukan inovasi untuk memiliki penunjuk waktu yang semakin tepat dan dapat digunakan sesuai kebutuhan pribadi.
2. Apa manfaat jam dalam kehidupan sehari-hari?
Jawaban: Sebagai penunjuk waktu dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
Ayo Mengamati:
“Jam, Membantu Siti Tepat Waktu”.
Halaman 72-73
Berdasarkan cerita Siti di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1. Hal baik apa yang sudah dilakukan Siti?
Jawaban: Hal baik yang sudah dilakukan Siti adalah tidak pernah terlambat datang ke sekolah, disiplin terhadap waktu, rajin belajar, rajin mengerjakan PR, mengumpulkan tugas-tugas tepat waktu, rajin beribadah, dan melakukan kegiatan sehari-hari dengan teratur.
2. Apakah Siti mengatur waktunya dengan teratur?
Jawaban: Ya, Siti mengatur waktunya sehari-hari dengan teratur.
3. Mengapa Siti mengatur waktunya dengan teratur?
Jawaban: Siti mengatur waktunya dengan teratur supaya menjadi pribadi yang disiplin terhadap waktu.
4. Apa manfaat yang Siti dapatkan ketika ia mengatur waktunya dengan teratur?
Jawaban: Manfaat yang Siti dapatkan ketika ia mengatur waktunya dengan teratur adalah ia dapat mengumpulkan tugas-tugasnya tepat waktu dan tidak pernah terlambat datang ke sekolah.
5. Menurutmu, apakah Siti adalah pelajar yang baik?
Jawaban: Ya, Siti adalah pelajar yang baik.
6. Apakah Siti melaksanakan kewajibannya sebagai pelajar? Mengapa?
Jawaban: Ya, Siti melaksanakan kewajibannya sebagai pelajar karena Siti datang ke sekolah tepat waktu, rajin belajar, mengerjakan PR, dan mungumpulkan tugas-tugas tepat waktu.
Datang ke sekolah dan mengumpulkan tugas tepat waktu adalah kewajiban seorang pelajar. Mengapa hal tersebut merupakan kewajiban? Apa dampaknya ketika kita tidak melakukannya? Siapa saja yang akan kita rugikan?
Jawaban:
Tulislah contoh-contoh kewajibanmu!
Jawaban:
Halaman 74
Apa itu kewajiban?
Jawaban: Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan pernuh rasa tanggung jawab.
Halaman 76
Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1. Jika keliling lingkaran semakin besar, apa yang terjadi dengan diameter?
Jawaban: Besar atau panjangnya keliling lingkaran dipengaruhi oleh panjang pendeknya diameter lingkaran.
2. Jika keliling lingkaran semakin kecil, apa yang terjadi dengan diameter?
Jawaban: Keliling merupakan perbandingan lurus antara π dikali d, maka jika K semakin kecil ,maka d juga akan kecil.
Halaman 77
Hasil dari keliling dibagi diameter mendekati 3,14 atau 22/7. Nilai tersebut dinamakan π(phi).
Keliling lingkaran dilambangkan dengan K, diameter lingkaran d, serta perbandingan keliling dan diameter adalah π.
1. Tulislah hubungan antara K, d, dan π!
Jawaban: Keliling adalah phi x diameter
2. Tulislah hubungan antara K, r, dan π!
Jawaban: Keliling lingkaran = 2πr, dengan k = keliling lingkaran, π = 22/7, r = jari-jari lingkaran.
3. Tulislah rumus keliling lingkaran dalam (d)!
Jawaban: Rumus keliling lingkaran π (phi) × diameter
4. Tulislah rumus keliling lingkaran dalam (r)!
Jawaban: Rumus keliling lingkaran 2 × π (phi) × r
Halaman 78
Ayo Berlatih
1. Sebuah lingkaran mempunyai jari-jari 10 cm. Hitunglah keliling lingkaran tersebut!
Jawaban:
K = 2 x π x r
K = 2 x 3,14 x 10
K = 62,8 cm
Jadi, keliling lingkaran tersebut adalah 62,8 cm.
2. Sebuah lingkaran mempunyai keliling 44 cm. Hitunglah diameter lingkaran!
Jawaban:
K = π x d
44 = 22/7 x d
d = 44 x 7/22
d = 14 cm
Jadi, diameter lingkaran tersebut adalah 14 cm.
3. Sebuah lingkaran mempunyai keliling 628 cm. Hitunglah jari-jari lingkaran tersebut!
Jawaban:
K = 2 x π x r
628 = 2 x 3,14 x r
628 = 6,28 x r
r = 628 / 6,28
r = 100 cm
Jadi, jari-jari lingkaran tersebut adalah 100 cm
4. Jari-jari sebuah lingkaran adalah 28 cm. Berapakah kelilingnya?
Jawaban:
K = 2 x π x r
K = 2 x 22/7 x 28
K = 2 x 88
K = 176 cm
Jadi, kelilingnya adalah 176 cm.
Pembelajaran 3
Ayo Mencoba
Halaman 80-82
Halaman 83-84
Ayo Membaca “Si Paralel Penyelamat Jalan”.
Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada digram berikut!
Jawaban:
- Paragraf 1: Topik Masalah
Garret Augustus Morgan adalah penemu lampu lalu lintas.
- Paragraf 2: Deret Penjelas
Lampu lalu lintas temuan Morgan mengunakan rangkaian paralel yaitu disusun secara berderet. Jika salah satu/lebih komponen rusak atau dicabut, komponen lainnya tetap berfungsi karena masing-masing lampu terhubung dengan sumber energi.
- Paragraf 3 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Tujuan Morgan sangat mulia karena lampu lalu lintas ciptaannya bermanfaat bagi banyak orang di jalan raya.
Halaman 87
Ayo Menulis
Buatlah laporan dari percobaan membuat rangkaian paralel sederhana yang kamu lakukan!
Jawaban:
Laporan Kegiatan Percobaan
Nama Percobaan:
Membuat Lampu Lalu Lintas Sederhana
Tujuan Percobaan:
Mengetahui sebab lampu lalu lintas tidak mati semua ketika salah satu/lebih mati
Mengenal rangkaian lampu lalu lintas sederhana
Melatih kreativitas
Alat-alat:
Bahan:
• Kardus bekas sepatu
• 3 buah bola lampu kecil
• 3 buah baterai tegangan 1,5v
• 3 buah sakelar
• 3 buah dudukan bola lampu
• Kabel ukuran sedang, dengan panjang kurang lebih 2 meter
• 1 buah kantong plastik atau kertas transparan warna merah, kuning dan hijau
Alat :
•Gunting kecil
•Isolasi plastik
Langkah kerja:
1. Siapkan kardus dan buka tutup atasnya.
2. Buat 3 lubang berbentuk lingkaran pada permukaan kardus bawah.
3. Buat sekat pembatas antara setiap lubang (akan terdapat 2 sekat). Teman-teman bisa menggunakan potongan kardus lain sebagai sekat.
4. Potong masing-masing kertas warna yang luasnya bisa menutupi masing-masing lubang tadi.
5. Kemudian tempelkan kertas untuk menutupi lubang sesuai urutan lampu lalu lintas yaitu merah, kuning, dan paling bawah hijau. Kertas ditempel pada permukaan dalam kardus sepatu.
6. Buat rangkaian listrik paralel menggunakan 3 bola lampu. Setiap lampu akan berada pada sekat di setiap satu lubang.
7. Buat lubang untuk menempatkan saklar di sisi samping dari kardus sepatu.
8. Rangkai kabel untuk menghubungkan setiap komponen. Lapisi setiap sambungan kabel dengan solasi.
9. Pastikan rangkaian telah bekerja baik dan lampu dapat menyala.
Kesimpulan:
Rangkaian lampu lalu lintas terdiri dari 3 rangkaian yaitu rangkaian lampu 1 (merah), lampu 2 (kuning), dan lampu 3 (hijau). Ketiga rangkaian tersebut langsung terhubung dengan baterai sehingga jika salah satu/lebih rangkaian dimatikan atau rusak, tidak mempengaruhi rangkaian lain.
Pembelajaran 4
Halaman 90-91
Ayo Menulis
Kapan kamu terlambat datang ke sekolah?
Jawab: Ketika awal-awal masuk sekolah SD.
Mengapa kamu terlambat?
Jawab: Saya masih awal-awal masuk belum terbiasa, kemudian pagi harinya perlu mempersiapkan keperluan sekolah di malam hari.
Siapa saja yang kamu rugikan saat kamu terlambat?
Jawab: Guru, teman, dan penjaga sekolah.
Ketika kamu terlambat, adakah dampaknya bagi kamu?
Jawab: Ada, saya tertinggal materi pelajaran.
Apakah ketika kamu terlambat, kamu sudah mengambil hak temanmu untuk belajar dengan nyaman?
Jawab: Iya, saya sudah mengambil hak teman untuk belajar dengan nyaman.
Apakah ketika kamu terlambat, kamu sudah mengambil hak gurumu untuk mengajar dengan nyaman?
Jawab: Ya, saya sudah mengambil hak guru untuk mengajar dengan nyaman.
Apakah ketika kamu terlambat, kamu belum melaksanakan kewajiban untuk menjadi pelajar yang disiplin?
Jawab: Ya, saya belum melaksanakan kewajiban untuk menjadi pelajar yang disiplin.
Apa yang menjadi rencanamu supaya kamu tidak terlambat lagi?
Jawab: Saya tidur tepat waktu dan tidak larut malam lagi. Kemudian, mempersiapkan keperluan untuk sekolah sebelum tidur.
Halaman 92
Amatilah gambar-gambar berikut. Apakah mereka sudah melaksanakan kewajibannya dengan tanggung jawab?
Apa dampak dari yang mereka lakukan?
Jawaban:
Jawaban:
Halaman 94-95
Ayo Berlatih
Sekarang ubahlah kalimat tidak efektif yang kamu temukan pada teks “Si Kotak Ajaib” menjadi kalimat efektif.
Jawaban
Apakah kamu sudah menulis dengan kalimat efektif?
Jawab: Sudah
Bagian mana dari tulisanmu yang masih perlu diperbaiki?
Jawab: Tidak ada
Pembelajaran 5
Halaman 98
Ayo Membaca: “Charles Babbage, Mengubah Dunia dengan Komputernya”.
Halaman 99
1. Apa yang dilakukan oleh Charles Babbage?
Jawaban: Beliau menggagas penemuan komputer.
2. Apa dampak penemuannya bagi dunia?
Jawaban: Menekan kemungkinan kesalahan menghitung saat itu serta memberi gagasan kepada penemu lain untuk mengembangkan komputer hingga menjadi komputer seperti sekarang ini.
3. Apakah kamu merasakan manfaat komputer saat ini? Manfaat apa yang kamu rasakan?
Jawaban: Dapat mencari ilmu lebih luas lagi, mempermudah ketika menyusun tulisan, mengerjakan tugas menjadi lebih mudah, bisa menonton video, menyetel musik, bermain game, dan mengobrol lewat media sosial.
Halaman 100
Bagaimana perkembangan komputer? Jelaskan jawabanmu!
Jawaban: Awalnya komputer berupa alat untuk menghitung, kemudian berkembang menjadi komputer listrik, lalu komputer dengan mouse serta keyboardnya, kemudian home computer murah, lalu komputer dengan akses jaringan internet, hingga menjadi komputer multifungsi seperti sekarang.
Mengapa komputer terus berkembang?
Jawaban: Untuk memudahkan pekerjaan manusia serta mengikuti kebutuhan zaman yang semakin maju.
Apa dampak perkembangan komputer bagi manusia?
Jawaban: Memudahkan beberapa pekerjaan manusia seperti mengetik, mencari sesuatu di internet, sebagai alat transaksi, menyimpan dokumen-dokumen penting, dan sebagainya.
Apa yang terjadi jika komputer tidak ditemukan?
Jawaban: Pekerjaan manusia tidak semudah ketika ada komputer karena pekerjaan dilakukan secara manual. Sehingga, kemungkinan terjadinya kesalahan pekerjaan lebih besar. Contohnya kesalahan menghitung.
Apa dampak ditemukan komputer dalam bidang pendidikan?
Jawaban: Mendukung kegiatan belajar siswa, mengerjakan tugas sekolah menjadi lebih mudah, sebagai media pelaksanaan ujian (UNBK), dan membantu guru melaksanakan tugasnya sebagai pengajar.
Apa dampak ditemukan komputer dalam bidang iptek?
Jawaban: Iptek akan terus mengalami perkembangan. Kemampuan pemrograman komputer dapat digunakan untuk mengembangkan robot otomatis dalam berbagai bidang seperti industri.
Pembelajaran 6
Halaman 105-106
Ayo Membaca: “Pensil, Si Kecil yang Amat Penting”.
Halaman 107
Temukan informasi penting pada teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan pensil tersebut.
Tuliskan jawabanmu pada diagram berikut, sesuai dengan urutan paragrafnya:
Jawaban:
•Paragraf 1: Topik Masalah
Pertanyaan tentang penemuan dan perkembangan pensil.
•Paragraf 2 : Deret Penjelas
Jaman dulu manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan pisau ke batang pohon atau menggoreskan logam pada batu atau daun papirus.
Perkembangan pensil dimulai dari penemuan grafit yang mampu membuat goresan hitam pekat namun lunak dan mudah patah. Kemudian grafit dibungkus tali dari kulit domba. Sejak ditemukan cara memasukkan grafit di antara dua bilah kayu, alat tulis bernama pensil dikenal.
•Paragraf 3 : Deret Penjelas
Pembuatan pensil secara massal dimulai tahun 1662 di Nuremberg, Jerman. Kemudian, mulai abad 19, banyak perusahaan yang mengembangkan pensil sebagai alat tulis secara pesat.
Pada jaman modern, pensil dibuat dari bubuk hasil penghancuran grafit dan tanah liat. Lalu campuran ini dicetak menjadi bentuk tipis panjang yang dilapisi kayu seperti pensil saat ini.
•Paragraf 4 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Pensil menjadi benda penting karena tanpa pensil kita akan akan kesulitan belajar dan tidak bisa membuat karya tulis.
Halaman 108
Tuliskan semua kata bercetak miring tersebut untuk pembelajaran berikutnya.
Jawaban:
Gimana sih, Buat, Bikin, Hancurkan, Moderen, Sama, Jaman, Banget, Dipakai, Kalo gak ada, Gampang, Bakal, Terus, Waktu lagi, Dibikin, Gak bisa bikin, Ngembangkan.
Ayo Mengamati
Halaman 109-110
Kewajiban dan Tanggung Jawab
Jawaban:
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita tersebut!
1. Sebutkan hak Ani dalam cerita tersebut!
Jawaban: Hak mendapatkan pendidikan, mendapatkan makanan yang sehat, dan mendapat perhatian dari orang tua.
2. Apakah Ani telah mendapatkan haknya? Jelaskan dan berikan contoh!
Jawaban: Ya, karena orang tuanya telah memberikan perhatian yang cukup untuk Ani. Contohnya hak bersekolah untuk mendapat pendidikan, mendapat peralatan sekolah untuk mendukung sekolahnya, dan bekal makanan yang sehat untuk menjaga kesehatannya.
3. Apa manfaat hak tersebut bagi masa depan Ani?
Jawaban: Ia akan menjadi orang yang berpendidikan dan sehat sehingga ketika dewasa ia dapat mencapai cita-cita.
4. Apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
Jawaban: Ya, karena perhatian orang tuanya tidak ia sia-siakan. Hal tersebut tercermin dari sikapnya yaitu selalu mematuhi nasihat orang tua, rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan tugas.
5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap haknya? Jelaskan dan berikan contoh!
Jawaban: Orang tuanya akan kecewa, Ani akan terperangkap dalam kebodohan, serta akan merusak masa depannya.
No comments:
Post a Comment